free hit counter code Tips Aman Saat Petir Menyambar di Kala Hujan - JuaraNews Inspirasi Semangat Muda web stats service from statcounter

Hot News


Opini


    Tips Aman Saat Petir Menyambar di Kala Hujan
    Ilustrasi

    Tips Aman Saat Petir Menyambar di Kala Hujan

    • Kamis, 26 Oktober 2023 | 11:55:00 WIB
    • 0 Komentar

    JuaraNews, Bandung -  Petir di kala hujan turun merupakan muatan listrik negatif yang terkumpul di bagian bawah awan saat muatan tersebut semakin besar bisa jadi listrik akan mendekat ke muatan positif yang ada di bumi karena itu petir muncul dan selalu mengarah ke bumi.

     

    Listrik pada petir ini sangat kuat dan berbahaya karena itu penting untuk selalu berhati-hati saat hujan deras turun. Petir tidak hanya berbahaya saat berada di luar rumah, tapi juga bisa merusak peralatan  elektronik yang berada di dalam rumah.

    Berikut beberapa tips aman yang bisa di lakukan saat hujan petir muncul.

     Matikan TV

    Ada 4 Alasan Mengapa Matikan TV Bisa Irit Pengeluaran

    Saat hujan di sertai  petir jangan lupa untuk segera  mematikan tv  karena alat elektronik ini bisa tersambar petir dan menyebabkan kerusakan, karena posisi antena yang tersambar petir akan mengalirkan Tegangan Tinggi ke tv dan menyebabkan kerusakan. Beda halnya kalau antenna tv berada di dalam rumah atau memakai tv kabel walau pun keadaan tv sedang menyala alat elektronik ini tidak akan jadi masalah dan aman -aman saja.

    Mencabut Colokan Alat Listrik Menghemat Banyak Biaya?

    Cabut Kabel Alat Elektronik

    Selain tv dengan antena luar sebaiknya juga mencabut kabel listrik pada alat-alat elektronik yang lainnya, karena  saat hujan dibarengi petir muncul kilat itu dapat menyambar tiang listrik dan meningkatkan tegangan listrik ke dalam rumah, alat elektronik pun bisa mendapat peningkatan daya listrik yang tinggi secara tiba-tiba dan menyebabkan kerusakan karena itu sebaiknya jangan gunakan alat elektronik selama hujan yang disertai petir.

    Termasuk Berjauhan dengan Orang Lain, Ini Tips Menghindari Sambaran Petir -  Solopos.com | Panduan Informasi dan Inspirasi

    Hindari Kolam Renang dan Tempat Terbuka

    Hal berbeda harus dilakukan ketika berada di luar ruangan bila hujan deras disertai petir muncul pada saat sedang berenang sebaiknya cepat keluar dari kolam dan sebaiknya segera mengeringkan diri dan masuk ke dalam ruangan, karena air merupakan media penghantar listrik yang baik dan kolam renang adalah area terbuka yang bisa tersambar petir dengan mudah.

    Alasan Kalau Hujan Jangan Berlindung di Bawah Pohon, Nanti Kesambar Petir!  - Indozone Fadami

    Jangan Berlindung di Bawah Pohon

    Saat hujan deras muncul diusahakan jangan berteduh di bawah pohon rindang ini bisa mengakibatkan  potensi tersambar petir karena pohon yang tersambar petir ini bisa merambat ketubuh kita ketika sedang berteduh di bawahnya.

    5 Hal yang Tidak Boleh Dilakukan di Rumahmu ketika Terjadi Petir

    Segera Masuk Rumah

    Tips selanjutnya yang harus dilakukan adalah segera masuk ke dalam rumah saat hujan dengan petir bila sedang berada di luar, atau bisa masuk ke dalam mobil atau berlindung di dalam sebuah bangunan terdekat.

    Naik Motor Saat Hujan Lanjut Apa Harus berhenti Berteduh ? Begini  Rekomendasi Ahli Keselamatan page all

    Berhenti Mengendarai Sepeda Motor

    Disaat  hujan deras baik dengan petir atau pun tidak, alangkah baiknya untuk menghentikan sepeda motor dan menepi serta berlindung di tempat aman  sampai hujan reda karena berkendara dengan motor saat hujan deras bisa berbahaya untuk diri sendiri maupun banyak orang.

     

    Itulah beberapa tips aman yang dirangkum dari beberapa sumber untuk menghindari terjadinya kecelakaan di saat hujan deras yang di sertai dengan petir yang menyambar. (*)

    Rdsp

    0 Komentar

    Tinggalkan Komentar


    Cancel reply

    0 Komentar


    Tidak ada komentar

    Berita Lainnya


    Inilah Beberapa Daerah Bersuhu Dingin di Indonesia
    Misteri Penghuni Jin Kota Gaib Padang 12 Kalbar
    iBooming, Solusi Sukses Afiliasi di TikTok
    Sesar Lembang, Pahami Patahan di Tanah Parahyangan
    Ini Prediksi Fenomena Badai Matahari Akan Terjadi


    sponsored links