free hit counter code Misteri Gunung Kunci Sumedang Jawa Barat - JuaraNews Inspirasi Semangat Muda web stats service from statcounter

Hot News


  • Target Angka Penurunan Stunting  Masih Jauh
    Target Angka Penurunan Stunting Masih Jauh
    • 22 April 2024 | 17:41:00 WIB

    TARGET prevalansi stunting masih jauh dari angka yang ditetapkan. Kementerian kesehatan menetapkan targat prevalansi stunting pada 2024 sebesar 14 persen.

Opini


    Misteri Gunung Kunci Sumedang Jawa Barat
    Ilustrasi

    Misteri Gunung Kunci Sumedang Jawa Barat

    • Sabtu, 4 November 2023 | 10:14:00 WIB
    • 0 Komentar

    JuaraNews, Bandung - Sumedang memang terkenal memiliki segudang sejarah bahkan hingga sekarang ada beberapa peninggalan yang dijadikan sebagai destinasi wisata salah satu contohnya adalah Gunung Kunci, yang merupakan taman Hutan Raya atau Tahura yang berlokasi di Kotakulon Sumedang Selatan Jawa Barat.

     

    Gunung Kunci sendiri merupakan wisata sejarah yang bisa di kunjungi sebagai destinasi wisata Sumedang,  pengunjung akan disuguhkan dengan rimbunnya pepohonan teduh dan sejuknya udara serta benteng  menakjubkan yang telah dibangun pada zaman penjajahan Belanda.

     

    Namun di balik keindahan dan nilai sejarahnya, warga Sumedang meyakini jika Gunung Kunci ini menyimpan banyak misteri dan sering terjadi keanehan yang bersifat mistis, karena keangkeran ini pula Gunung Kunci sering menjadi lokasi uji nyali sejumlah program stasiun televise, melalui program uji nyali di stasiun televisi sejumlah warga yang menjadi peserta uji nyali mengaku mendengar dan melihat tentara besar berawakkan besar layaknya bule, sejumlah peserta lainnya mengaku sempat melihat sesosok perempuan dengan tampilan menyeramkan.

     

    Misteri keangkeran Gunung kunci juga menyimpan mitos yang jadi pantangan remaja yang tengah mabuk asmara konon katanya jika sepasang kekasih datang ke Gunung Kunci untuk sekedar melepas penat atau menghabiskan waktu liburan maka tak lama setelah berkunjung ke sini mereka akan putus banyak remaja yang percaya dengan mitos ini sehingga jarang sekali ada yang sepasang remaja yang berkunjung ke Gunung Kunci ini.

     

    Menurut cerita yang beredar dari warga setempat Gunung Kunci dahulu kala merupakan benteng pertahanan pemerintah kolonial Belanda yang dibangun pada masa penjajahan, hal ini terbukti dengan adanya sejumlah gua yang saling menyambung di lokasi tak hanya itu di Gunung Kunci juga terdapat bunker dan benteng lengkap dengan kubah meriam dan senapan mesin.

     

    Namun sejumlah bangunan bersejarah peninggalan Belanda ini kini sudah tak utuh lagi sebagian rusak seolah tak terawat, lembab dan gelap meski di sekelilingnya masih rindang dengan pepohonan terutama pohon pinus yang mendominasi di Gunung Kunci ini, tak heran bila kondisi ini membuat Gunung Kunci menjadi tempat angker yang makhluk astral sukai.

     

    Konon katanya selain sebagai benteng pertahanan Belanda Gunung Kunci juga menjadi tempat penyiksaan, pemerkosaan hingga pembantaian warga pribumi oleh penjajah Belanda tak hanya pribumi Gunung Kunci menjadi tempat pembantaian antara Belanda dan Jepang yang ingin merebut tempat strategis ini, entah berapa ratus nyawa yang melayang di Gunung kunci ini di masa penjajahan itu.

     

    Terlepas dari misteri mitos dan keangkeran yang melekat pada tempat ini Gunung Kunci juga menyuguhkan pemandangan yang sangat indah, rimbunnya pepohonan teduh dan sejuknya udara di area Gunung Kunci membuat nyaman siapa saja yang mengunjunginya. (*)

    Rdsp

    0 Komentar

    Tinggalkan Komentar


    Cancel reply

    0 Komentar


    Tidak ada komentar

    Berita Lainnya


    Inilah Beberapa Daerah Bersuhu Dingin di Indonesia
    Misteri Penghuni Jin Kota Gaib Padang 12 Kalbar
    iBooming, Solusi Sukses Afiliasi di TikTok
    Sesar Lembang, Pahami Patahan di Tanah Parahyangan
    Ini Prediksi Fenomena Badai Matahari Akan Terjadi


    sponsored links