free hit counter code Berburu Kemenangan di Laga Pamungkas Putaran 1 - JuaraNews Inspirasi Semangat Muda web stats service from statcounter

Hot News


Daftar Pemain


    Editorial


      Jadwal Liga


      Berburu Kemenangan di Laga Pamungkas Putaran 1
      (juaranews) Persib Bandung menjamu PSS Sleman di Stadion GBLA

      Persib Bandung vs PSS Sleman

      Berburu Kemenangan di Laga Pamungkas Putaran 1

      • Sabtu, 28 Oktober 2023 | 15:00:00 WIB
      • 0 Komentar

      JuaraNews, Bandung - Tim Persib Bandung bakal melakoni laga pamungkas Putaran 1 Liga 1 2023-2024 dengan menjamu PSS Sleman di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Kota Bandung, Sabtu (28/10/2023) mulai pukul 19.00 WIB.


      Maung Bandung pun bertekad mempertahankan tren positif dengan tidak terkalahkan dalam 9 laga terakhirnya, setelah bermain imbang 1-1 dengan Borneo FC pada laga Pekan 16, Sabtu (21/10/2023) lalu.


      Kemenangan memang dibutuhkan tim asuhan Pelatih Bojan Hodak tersebut agar bisa menutup putaran pertama ini dengan bertengger di posisi 4 Besar. Saat ini, Persib bertengger di peringat 4 dengan raihan 28 poin. Namun posisi Marc Klok dan kawan-kawan rentan disalip rival-rivalnya di papan atas. Pasalnya dengan koleksi 28 poin, Persib hanya unggul 1 poin dari 2 tim di peringkat 5 dan 6, PSIS Semarang dan Bali United yang sama-sama mengemas 27 poin.

       

      Dengan demikian, jika Persib terpeleset ataupun kembali meraih hasil imbang saat menghadapi PSS, posisinya di papan klasemen bakal disalip oleh PSIS atau Bali, dan Maung Bandung terlempar dari 4 Besar pada akhir Putaran 1 nanti.


      Hal tersebut bisa terjadi jika PSIS dan Bali berhasil mengalahkan lawan-lawannya pada laga pamungkas putaran pertama, yang mengakibatkan Persib bakal turun ke posisi 6. Untuk itu, agar bisa finis di posisi Big Four, Persib wajib menang atas PSS.


      Selain menjaga posisi di 4 Besar, tambahan 3 poin pun memberi peluang bagi Marc Klok dan kawan-kawan untuk kembali ke urutan 3, mengambil alih kembali posisi yang kini ditempati RANS. Peluang tersebut terbuka, jika RANS kalah atau minimal bermain imbang dengan PSM Makassar pada Senin (30/10/2023) mendatang. Bahkan Persib bisa saja melesat ke posisi 2, jika Madura United juga kalah oleh Arema, Senin (30/10/2023) nanti. Pasalnya, perbedaan poin dengan Madura yang mengoleksi 30 poin, cukup dekat, yakni hanya 2 angka, sementara jika menang atas PSS, Persib akan mengoleksi 31 poin..

       

      Persib sendiri memiliki modal yang cukup untuk mengandaskan perlawanan PSS. Hal tersebut bisa dilihat dari penampilan di sepanjang Putaran 1 ini yang lebih baik dibanding PSS. Saat ini Persib bertengger di posisi 4 dengan raihan 28 poin, sementara PSS menempati posisi 14 dengan 15 poin.


      Dalam 5 laga terakhir, Persib tampil baik dengan berhasil mengemas 4 kemenangan dan sekali imbang. Empat kemenangan tersebut terjadi saat Persib berhasil menaklukkan Persikabo 1973 2-0 (16/9/2024), Bhayangkara FC 2-1 (23/9/2024), Persita Tangerang 5-0 (1/10/2024), dan Persebaya Surabaya 3-2 (7/10/2024). Hasil imbang terjadi saat Maung Bandudng ditahan Borneo FC 1-1 pada 21 Oktober 2023. Persib pun mencatatkan rekor belum terkalahkan dalam 9 laga terakhirnya, dengan meraih 6 kemenangan dan 3 kali imbang.

       

      Di pihak lain, PSS hanya mampu mengoleksi 3 hasil imbang dan 3 kekalahan. Dua hasil imbang tersebut terjadi saat PSS Sleman bertemu dengan Madura United 1-1 (24/9/2024) dan Persik Kediri 2-2 (21/10/2024). Tiga kekalahan dialami saat Super Elja berhadapan dengan Borneo FC 0-1 (17/9/2024), Arema FC 1-2 (30/9), dan Dewa United 1-3 (6/10/2024). PSS pun tercatat belum pernah meraih kemenangan dalam 7 laga terakhirnya.

       

      Di laga terakhir pada Pekan 16 lalu, PSS hanya bermain imbang 2-2 dengan Persik Kediri. Sedangkan kemenangan terakhir diperoleh PPS pada 18 Agustus 2023 saat menekuk tuan rumah Persita Tangerang 2-3. Setelah laga itu, PSS menderita 3 kekalahan dan 4 hasil imbang.

       

      Kantongi Kekuatan PSS, Persib Optimistis Menang

      Pelatih Persib Bandung Bojan Hodak. (foto: persib.co.id)

       

      Pelatih Persib Bojan Hodak pun menargetkan kemenangan pada laga pamungkas putaran pertama ini. Hodak tampak optimistis bisa meneruskan tren tak terkalahkan menjadi 10 laga. Pasalnya, dia mengaku sudah mengetahui kekuatan calon lawannya, termasuk titik kelemahan PSS.


      Hodak sendiri menilai laga pamungkas Putaran 1 musim ini tersebut sangat penting untuk dimenangkan timnya. Bukan hanya untuk melanjutkan tren positif, tapi juga menjamin tim Maung Bandung tetap berada di posisi 4 Besar.


      “Besok adalah pertandingan yang sangat penting buat kami. Bermain di rumah sendiri tentu ingin meneruskan tren positif setelah beberapa (9) pertandingan lalu,” ungkap Hodak dalam sesi konferensi pers jelang laga di Graha Persib, Jalan Sulanjana Kota Bandung, Jumat (27/10/2023).


      Kendati sudah mengetahui kekuatan PSS, Bojan mengakui tidak mudah untuk bisa mengamankan poin sempura meski tampil di kandang sendiri. Namun pelatih asal Kroasia tersebut akan mengeksplorasi kelematan calon lawannya yang sudah dia identifikasi agar pemainnya bisa mencetak gol.


      “PSS adalah tim yang bagus. Di setiap posisinya diisi pemain bagus dan berpengalaman. Mereka juga ditangani pelatih yang baru. Tentunya mereka fokus untuk laga ini," katanya.


      Hal tersebut terbukti pada laga sebelumnya, PSS bisa mencetak gol, meskipun gawangnya kebobolan oleh lawan. Pada laga Pekan 16, PSS sendiri bermain imbang 2-2 dengan Persik Kediri. Karena itu, anak-anak asuhnya akan fokus meraih kemenangan.


      "Jadi, saya pikir untuk besok kami akan bermain lebih fokus lagi untuk kemenangan,” pungkasnya.

       

      PSS Tak Gentar Bertarung Di Kandang Maung Bandung

      Pelatih PSS Sleman Bertrand Cr1sson (foto: net)

       

      Bertekad Bangkit, PSS Ingin Curi Poin
      Dari kubu tim tamu, Pelatih PSS Bertrand Crasson bertekad mencuri poin saat timnya dijamu Maung Bandung. Crasson menegaskan, pasukannya dalam kondisi prima dan siap menutup laga pamiungkas Putaran 1 dengan kemenangan.


      Namun pelatih asal Belgia tersebut mengakui menghadapi tim sekelas Maung Bandung tentu tidak mudah bagi tim Super Elang Jawa. Hal itu pun menjadi perhatian khusus Crasson, terlebih selisih peringkat keduanya terpaut jauh.


      Karena itu, menghadapi Maung Bandung, Crasson melakukan persiapan serius, untuk mengimbangi permainan ngotot tuan rumah.


      “Persiapan menghadapi Persib Bandung harus dilakukan dengan baik karena mereka tim yang sangat kuat. Berkaitan dengan hal tersebut, kami pun harus melakukan kalkulasi teknis yaitu akan ada perombakan komposisi pemain,” ungkap Crasson, Jumat (27/10/2023) sore.


      Dia menegaskan, timnya mempunyai misi khusus saat menghadapi Maung Bandung. Crasson ingin timnya bangkit dari keterpurukan, setelah gagal meraih kemenangan dalam 5 laga terakhir.

       

      "PSS pergi ke Bandung dengan persiapan matang dengan ide-ide nyata dan siap mengambil poin dari mereka. Tentu saja ada beberapa perubahan untuk merealisasikan hal tersebut. Kami berangkat ke Bandung dengan harapan yang bagus, percaya diri serta tidak ada keraguan dalam tim ini," papar Crasson.


      Pada laga nanti, Crasson mewaspadai sejumlah pemain Persib yang berpotensi merepotkan lini pertahanan timnya, salah satunya bomber asal Brasil, David da Silva. Menurutnya, DDS memiliki kekuatan fisik yang prima dam sangat ambisius saat berada di kotak penalti.

       

      “Saya sudah melihat beberapa pertandingan dari Persib, mereka sangat luar biasa. Permainan mereka ditunjang kekuatan fisik para pemainnya dan mereka memainkan sepak bola menyerang,” ujarnya.

       

      Selain DDS, dia juga menilai pemain lainnya pun patut diwaspadai. “Persib Bandung benar-benar tim yang kuat dengan para pemain andalannya seperti, Marc Klok, Da Silva, dan Madinda. Selain itu, mereka juga diperkuat para pemain lokal yang bagus,” ujarnya.

       

      Dia pun telah mempersiapkan anak-anak asuhnya untuk membendung agresivitas para pemain Persib, termasuk ketiga pemain kunci tim tuan rumah.

       

      "Mengawali latihan pada pekan ini, kami dari jajaran pelatih memberikan materi latihan berupa kekuatan dan kecepatan. Kami melakukannya dengan menggunakan metode sirkuit untuk menambah kelincahan para pemain,” ujarnya.


      Selain mengasah kekuatan dan kecepatan, Crasson mengungkapkan, timnya melakukan sedikit evaluasi setelah ditahan imbang 2-2 oleh Persik di Stadion Maguwoharjo, Sabtu (21/10/2023) lalu. Crasson pun memberikan perhatian khusus terhadap hasil laga Persib kontra Persita yang berakhir dengan kemenangan Maung Bandung 5-0 di kandangnya. Dia tak tidak ingin kejadian serupa menimpa pasukannya.


      “Pertandingan tersebut mengajarkan kepada PSS jangan sampai berbuat kesalahan yang sama seperti yang dilakukan Persita. Karena kita berangkat ke Bandung dengan harapan yang bagus, percaya diri serta tidak ada keraguan dalam tim ini,” pungkasnya.

       

       Brace Ciro Alves Bawa Persib Kembali ke Puncak Klasemen

      Striker Persib, Ciro Allves bersama Rachmat Irianto merayakan golnya ke gawang PSS pada laga Pekan 22 Liga 1 2022-2023 di Stadion GBLA, Kota Bandung, Minggu (5/1/2023) sore. (foto: persib.co.id)

       


      Persib tak Pernah Kalah oleh PSS sejak 2004
      Sementara itu, dari rekor pertemuan kedua timnya, hingga saa ini Persib masih mendominasi atas PSS. Sejak pertama kali bersua pada musim 2004, Persib tak pernah mengalami kekalahan. Dari 17 pertemuan, Persib memenangi 12 laga, dan 5 kali hasil imbang. Dari 17 laga tersebut, Maung Bandung melesakkan 32 gol dan hanya kebobolan 15 kali.


      Namun catatan tersebut dihitung saat laga melalui waktu normal 90 menit. Persib pernah menelan kekalahan dari PSS, melalui adu penalti. Hasil tersebut tercipta di ajang Piala Presiden 2022 pada 1 Juli 2022 silam. Kala itu, Persib dan PSS bermain 1-1 di waktu normal. Gol PSS dicetak Biaz Salossa, sedangkn gol Persib diciptakan Marc Klok. Karena tak ada babak perpanjangan waktu, untuk menentukan pemenang di babak semifinal tersebut, laga dilanjutkan dengan adu penalti. Dan babak adu penalti tersebut PSS menang dengan skor 4-2. atau total skor menjadi 4-3.


      Setelah kekalahan menyakitkan di Piala Presiden tersebut, dalam 2 laga di Liga 1 musim 2022-2023, Persib meraih hasil sempurna. Pada pertemuan pertama, Persib menang 1-0. Gol tunggal Maung Bandung saat itu dicetak David da Silva. Sedangkan pada putaran kedua menekuk PSS dengan skor 2-0. Dua gol Persb saat itu diborong Ciro Alves,


      Perkiraan Susunan Pemain
      Kemenangan menjadi target Persib Bandung dan PSS pada kali ini. Namun pada laga kali ini, ada sejumlah pemain yang tidak bisa diturunkan kedua pelatih. Di tim tuan rumah, Coach Hodak tidak bisa menurunkan center bek andalannya, Nick Kuipers karena terkena hukuman akumulasi kartu kuning.


      Kendati demikian, Hodak tidak terlalu risau. Pasalnya, menurut Hodak, Maung Bandung memiliki kedalaman skuat cukup baik. Karena itu, absennya Kupers bisa ditutupi oleh pemain lainnya. Pada laga nanti, sejumlah pemain yang absen pada laga sebelumnya, sudah mulai bergabung dalam latihan dan siap diturunkan menghadapi PSS.


      Salah satu alasan Hodak tak terlalu khawatir, karena beberapa pemain yang absen di laga sebelumnya sudah mulai berlatih, di antaranya Edo Febriansah. Selain Edo, pelatih asal Kroasia itu juga cukup tenang karena Daisuke Sato terus menunjukan progres pada kondisi cederanya. "Sato juga kemungkinan sudah pulih besok atau lusa. Jadi perlahan pemain sudah kembali," jelas Hodak.


      Hodak pun senang Hodak pun senang dengan penampilan Rezaldi Hehanusa yang tampil sebagai starter saat Persib kontra Borneo FC. Hodak menilai, Rezaldi yang bermain selama 77 menit sebelum digantikan Ezra Walian bermain baik dalam menggalang pertahanan di sebelah kiri.

       

      Tidak adanya Kuipers, Coach Hodak kemungkinan bakal menduetkan Alberto Ridriguez dengan Victor Igbonefo, didampingi 2 wing bek, I Putu Gede di sisi kanan dan Daisuke Sato di kiri. Keempat bek ini akan mengawal lini pertahanan dan membentengi gawang yang dikawal Teja Paku Alam.


      Sementara di sektor tengah, kapten tim Marc Klok akan kembali berduet dengan Dedi Kusnandar menempati posisi gelandang bertahan. Keduanya akan menyokong tugas 3 gelandang serang, yakni Levy Madinda, Ciro Alves, Beckham Putra. Sementara untuk ujung tombak, pilihannya tetap jatuh pada David da Silva.


      Dari kubu PSS, Coach Crasson memboyong 21 pemain terbaiknya. Para pemain asing andalannya pun dibawa serta, yakni Thales Lira, Jihad Ayoub, Jonathan Bustos, Todd Rivaldo Ferre, dan Kei Sano. Sementara striker Yevhen Bokhashvili tidak dibawa karena kondisi fisiknya belum bugar.


      Bustos yang berposisi sebagai gelandang serang, berpeluang kembali tampil sebagai starter. Pada laga sebelumnya kontra Persik, Bustos baru dimainkan pada menit 60 menggantikan Rivaldo.


      "Untuk Jonathan Bustos kita tahu dia sedang mengalami cedera lutut 3 minggu lalu jadi tidak banyak berlatih. Jadi agak susah untuk memasangnya sejak menit awal," kata Crasson.

       

      Namun kini kondisi Bustos sudah bugar sehingga siap ditampilkan sejak menit awal. Menghadapi Persib, Crasson mengaku akan melakukan perubahan komposisi pemainnya. Pasalnya, Persib memiliki pola permainan menyerang, sehingga rotasi perlu dilakukan pada laga nanti.


      Bustos sendiri akan mengisi sektor gelandang dengan ditemani Todd Rivaldo dan Esteban Vizcarra. Ketiganya akan mendukung kinerja 3 penyerang PSS, seperti Hokky Caraka, Ikhram Zahrul Mila, Kei Sano.

       

      Sementara di lini pertahanan, Coach Crasson akan mempercayakkan kepada Johad Ayoub untuk menggalang rekan-rekannyaa, seperti Ibrahim Sanjaya, Nur Diansyah, dan Thales Natansel dos Santos. Keempat bek tersebut akan membentengi kiper Anthony Pinthus.

       

      Head to Head
      5 Februari 2023        Liga 1 2022-2023          Persib Bandung 2-0 PSS Sleman
      19 Agustus 2022      Liga 1 2022-2023          PSS Sleman 0-1 Persib Bandung
      1 Juli 2022               Piala Presiden 2022       Persib Bandung 1-1 PSS Sleman (2-4, pen)
      11 Februari 2022      Liga 1 2021-2022          PSS Sleman 1-2 Persib Bandung
      22 Oktober 2021      Liga 1 2021-2022          Persib Bandung 4-2 PSS Sleman
      19 April 2021           Piala Menpora 2021       PSS Sleman 1-1 Persib Bandung
      16 April 2021           Piala Menpora 2021       Persib Bandung 2-1 PSS Sleman
      15 Maret 2020         Liga 1 2020                   Persib Bandung 2-1 PSS Sleman
      7 Desember 2019     Liga 1 2019                  PSS Sleman 0-0 Persib Bandung
      30 Agustus 2019      Liga 1 2019                   Persib Bandung 1-0 PSS Sleman
      18 Februari 2016      Bali Island Cup 201       Persib Bandung 4-2 PSS Sleman
      20 Oktober 2007      Ligina                           PSS Sleman 1-1 Persib ­Bandung
      22 Maret 2007         Ligina                           Persib Bandung 2-1 PSS Sleman
      24 Juli 2005             Ligina                           Persib Bandung 3-0 PSS Sleman
      10 April 2005           Ligina                           PSS Sleman 0-1 Persib Bandung
      30 November 2004   Ligina                           Persib Bandung 2-1 PSS Sleman
      9 Mei 2004              Ligina                            PSS Sleman 3-3 Persib Bandung

       

      5 Laga Terakhir Persib Bandung
      21 Oktober 2023       Persib Bandung 1-1 Borneo FC
      7 Oktober 2023         Persebaya Surabaya 2-3 Persib Bandung
      1 Oktober 2023         Persib Bandung 5-0 Persita Tangerang
      23 September 2023   Bhayangkara FC 1-2 Persib Bandung
      16 September 2023   Persib Bandung 2-0 Persikabo 1973

       

      5 Laga Terakhir PSS Sleman
      21 Oktober 2023       PSS Sleman 2-2 Persik Kediri
      6 Oktober 2023         Dewa United 3-1 PSS Sleman
      30 September 2023   Arema FC 2-1 PSS Sleman
      24 September 2023   PSS Sleman 1:1 Madura United
      17 September 2023   Borneo FC 1-0 PSS Sleman

       

      Foto Tim PERSIB BANDUNG

      Perkiraan Susunan Pemain
      Persib Bandung (4-2-3-1)
      Teja Paku Alam, Putu Gede Juni Antara, Nick Kuipers, Victor Igbonefo, Daisuke Sato;; Marc Klok, Dedi Kusnandar; Levy Madinda, Ciro Alves, Beckham Putra; David da Silva
      Cadangan: Fitrul Dwi Rustapa; Achmad Jufriyanto, Kakang Rudianto, Rezaldi Hehanusa, Ferdiansyah, Edo Febriansah, Febri Haryadi, Frets L Butuan, Arsan Makarin, Ryan Kurnia, Robi Darwis, Ezra Walian
      Pelatih: Bojan Hodak

       

      Foto Tim PSS SLEMAN
      PSS Sleman (4-3-3)
      Anthony Pinthus; Ibrahim Sanjaya, Jihad Ayoub, Nur Diansyah, Thales Natansel dos Santos; Esteban Vizcarra, Todd Rivaldo, Ezequel Jonathan Bostos; Hokky Caraka, Ikhram Zahrul Mila, Kei Sano
      Cadangan: M Ridwan; Leonardo Tupamahu, Kim Jeffrey Kurniawan, Wahyudi Setiawan, Bayu Setiawan, Riki Dwi Saputro, Ricky Sawor, I Nyoman Nikson Ansanay, M Abdul Lestaluhu, Kevin Gomes de Oliveira
      Pelatih: Bertrand Crasson

       

      Hasil Pekan 16, RANS Salip Persib di Peringkat 3


      . (*)

      Oleh: deni mulyana sasmita / den

      0 Komentar

      Tinggalkan Komentar


      Cancel reply

      0 Komentar


      Tidak ada komentar

      Berita Lainnya


      Persib Juara Lebih Luar Biasa dibanding Juventus
      Libur 1 Bulan, Persib Bersiap Lakoni Play-off ACL2
      Sabtu Hari Ini, Bandung Gelar Pesta PERSIB JUARA
      Kapten Persib Persembahkan Juara untuk Bobotoh
      Hodak Senang Persembahkan Trofi Juara bagi Persib

      Klasemen Liga Indonesia

      Tim M Point
      1 Borneo FC 34 70
      2 Persib Bandung 34 62
      3 Bali United 34 58

      Klasemen Liga Dunia

      Tim M Point
      1. Manchester City 38 91
      2. Arsenal 38 89
      3. Liverpool 38 82
      4. Aston Villa 38 68
      Tampilkan Detail