free hit counter code Lanjutkan Tren Positif, Jaga Posisi di Papan Atas - JuaraNews Inspirasi Semangat Muda web stats service from statcounter

Hot News


Daftar Pemain


    Editorial


      Jadwal Liga


      Lanjutkan Tren Positif, Jaga Posisi di Papan Atas
      (juaranews) Borneo FC menjamu Persib Bandung

      Borneo FC vs Persib Bandung

      Lanjutkan Tren Positif, Jaga Posisi di Papan Atas

      • Sabtu, 21 Oktober 2023 | 07:49:00 WIB
      • 0 Komentar

      JuaraNews, Samarinda - Tim Persib Bandung bakal melakoni laga krusial pada Pekan 16 Liga 1 2023-2024 ini menghadapi pemuncak klasmeen sementara Borneo FC, Sabtu (21/10/2023) malam.


      Laga yang digelar di Stadion Segiri, Samarinda tersebut menjadi penting karena akan menjadi ujian tersendiri bagi Persib yang sedang dalam tren positif. Tim Maung Bandung belum terkalahkan dalam 8 laga terakhir, dengan meraih 6 kemenangan dan 2 kali imbanhg. Bahkan Persib mencatatkan 5 kemenangan beruntun.


      Di pihak lain, Borneo juga dalam kondisi bagus setelah meraih kemenangan dalam 4 laga terakhirnya. Catatan kandang tim Pesut Etam juga ciamik. Dalam 7 laga di Stadion Segiri, Borneo tak pernah menelan kekalahan, dengan mencatatkan 6 kali kemenangan.

       

      Namun Persib pun datang ke Sagiri dengan modal cukup baik saat malakoni laga tandang. Dari 8 laga di luar Bandung, tim asuhan Pelatih Bojan Hodak mencatatkan 4 kemenangan, 2 kali imbang, dan 2 kali kalah. Dari 8 laga tersebut, Persib mencetak 16 gol, dan kebobolan 15 gol.


      Persib pun berpeluang merusak rekor kandang Borneo, sekaligus menipiskan jarak di papan klasemen. Saat ini, Borneo mengemas 31 poin, berbeda dengan 4 angka dengan Persib. Dan jika bisa memenangi laga ke-16 tersebut, Persib bisa memangkas jarak menjadi 1 poin.


      Pelatih Bojan Hodak pun mengakui laga kontra Borneo sarat tantangan. Menurut pelatih asal Kroasia tersebut, pasukannya butuh motivasi berlipat untuk mengalahkan Borneo FC, apalagi tim tuan rumah memiliki pertahanan yang kuat. Borneo sendiri tercatat sebagai tim yang paling sedikit kebobolan, dengan hanya kemasukan 13 gol.


      “Ini akan menjadi laga yang sulit. Mereka merupakan tim dan pertahanan terbaik di Liga. Jumlah kebobolannya paling minim di antara tim lainnya. Mereka punya pertahanan yang bagus dan bisa dilihat dalam 4 pertandingan terakhirnya mereka, hasilnya 1-0, 2-1, 1-0, 1-0. Itu artinya mereka tidak kebobolan banyak gol,” ungkap Hodak dalam sesi konferensi pers jelang laga di Samarinda, Jumat (20/10/2023).


      Untuk itu, Hodak meminta anak-anak asuhnya lebih waspada, meskipun catatan Persib di laga tandang tidalah buruk, dengan catatan tak terkalahkan dalam 4 laga tandang terakhir. Kendati demikian, barisan pertahanan yang digalang Nick Kuipers dan Alberto Rodriguez harus hati-hati dengan skema serangan balik yang biasa dilakukan Borneo.


      Hodak sendiri memprediksi duel kontra Borneo akan berjalan sangat ketat. Pasalnya, kondisi Persib dan Borneo sama-sama dalam tren positif pada beberapa laga terakhir. Dilihat dari oorganisasi permainan, menurut Hodak, karakter permainan Borneo FC berbeda jauh dengan timnya yang menunggu peluang untuk mencetak gol.

       

      “Mereka memang tidak mencetak banyak gol, tapi mereka menunggu peluang. Jadi kami harus berhati-hati karena mereka bermain di kandang. Tapi catatan kami di laga tandang juga bagus,” ucapnya.


      Pada laga nanti, Hodak mengaku sudah mengantongi kekuatan Borneo. Dia menyebut ada satu pemain yang patut diantisipasi, yakni Stefano Lilipaly. Pemain naturalisasi keturunan Belanda tersebut sudah mencetak 6 gol sehingga harus diantisipasi oleh anak-anak asuhnya. Apalagi kinerja Fanoakan didukung dengan sejumlah pemain berpostur tinggi saat mengambil tendangan bebas.


      "Stefano (Lilipaly) adalah pemain dengan catatan gol dan assist terbanyak. Mereka juga berbahaya dari situasi set piece karena ada pemain yang bertubuh tinggi," kata pelatih 52 tahun tersebut.


      Namun Hodak memastikan, konsentrasi Persib tak hanya akan tertuju pada Fano. Pasalnya, kreativiitas serangan Borneo juga bisa muncul lewat lini pertahanan yang memiliki naluri menyerang sama baiknya.

       

      "Mereka juga punya dua full back yang bisa naik membantu serangan. Leo Guntara saya mengenal dirinya sejak di PSM ketika melatih di sana. Bek kanannya juga bisa maju ke depan dan punya naluri menyerang yang tinggi. Jadi ini yang membuat kami harus pintar menghadapi mereka," papar Hodak.


      Hodak juga menilai sektor gelandang juga patut diantisipasi. Baginya, kedua tim akan berusaha mengambil alih sektor tengah agar memperbesar peluang untuk mendapatkan kemenangan. "Gelandang mereka juga bagus, dari 5 pemain di sana kebanyakan posturnya cukup pendek tapi sangat cepat. Jadi siapa yang bisa memenangi duel di lini tengah saya rasa akan mampu memenangkan pertandingan," pungkasHodak.

      Dari kubu tuan rumah, Pelatih Borneo Pietr Huistra meyakini barisan pertahanan timnya bisa mengantisipasi serangan-serangan tim Maung Bandung. Menurut pelatih asal Belanda tersebut, keberhasilan Borneo menjadi tim dengan pertahanan terbaik merupakan kinerja kolektif.


      "Tetapi keberhasilan mencatatkan kebobolan paling sedikit bukan hanya berkat 4 pemain bertahan. Ini adalah hasil kerja sama seluruh pemain yang bisa saling mengisi, tahu porsi kapan harus mengambil inisiatif serangan ataupun bertahan," ungkap Huistra.


      Huistra mengaku, menghadapi Persib akan menjadi ujian bagi timnya untuk membuktikan sebagai tim dengan kualitas pertahanan mumpuni. Sebab, Persib sejauh ini tercatat sebagai tim paling produktif dengan 29 gol dan memiliki penyerang asal Brasil, David da Silva dalam 4 laga terakhir mencetak 10 gol.


      "Mereka punya penyerang yang berbahaya, karena punya catatan bagus. Tetapi kami terus berkembang setiap waktu. Ini akan menjadi pertandingan yang menarik," tegasnya.


      Perkiraan Susunan Pemain
      Kedua pelatih sendiri dipastikan menurunkan skuat terbaiknya untuk meraih hasil maksimal pada laga nanti. Namun kedua kubu pun kehilangan sejumlah pemain andalananya. Di kubu Persib, Coach Hodak tak bisa menurunkan 3 pemain timnas, yakni Edo Febriansah yang masih dalam pemulihan cedera, Daisuke Sato sedang sakit setelah membela timnas Filipina, lalu Rachmat Irianto yang terkena hukuman akumulasi kartu kuning. Selain itu, kiper Fitrul Dwi Rustapa juga tidak bisa dimainkan karena kondisinya kurang bugar.


      Kendati demikian, Hodak tidak terlalu pusing untuk menentukan komposisi pemainnya. Di bawah mistar gawang, Hodak masih mengandalkan Teja Paku Alam yang akan dilapisis oleh kiper muda Sheva Putra Sanggasi. Di depan Teja, ada 2 center bek yang akan mengawalnya, yakni Nick Kuipers yang berduet dengan Alberto Rodriguez. Absennya Sato, akan digantikan oleh bek muda Kakang Rudianto di sisi kiri, dan I Putu Gede mengisi pos bek kanan.

       

      Sementara di lini tengah, kapten tim Marc Klok yang menjadi andalan bersama Dedi Kusnandar sebagai gelandang bertahan. Lalu ada 3 gelandang serang yang akan mengalirkan bola ke lini depan, yakni Levy Madinda, Bechkam Putra Nugraha, dan Ciro Alves. Ketiganya akan menyookong kinerja ujung tombak yang diserahkan kepada David da Silva.

       

      Sementara itu dari kubu Borneo, Coach Huistra sudah bisa menurunkan gelandang Kei Kirose dan bek naturalisasi Diego Michiels. Kedua pemain yang sempat mengalami cedera, sudah menunjukkan perkembangan positif. Keduanya pun berpeluang diturunkan saat menjamu Maung Bandung. Selain Kirose dan Diego, tim Pesut Etam bisa kembali diperkuat kiper mereka, Angga Saputro sudah berlatih dengan skuat utama. Nama Angga sempat menghilang dalam beberapa laga terakhir Borneo FC. karena cedera lengan. Namun saat ini, pemain yang akrab disapa Cecep tersebut sudah dinyatakan pulih oleh tim dokter. Cecep pun bisa menjadi pelapi bagi kiper utama Nadeo Argawinata.


      Namun sayangnya Coach Huistra kemungkinan kehilangan strikernya, Felipe Cadenazzi yang masih diragukan bisa tampil menghadapi Persib. Pasalnya, Cadenazzi masih harus menjalani pemulihan cedera hamstring yang dialaminya pada Pekan 15 lalu. Meski cederanya tidak terlalu parah, namun pemain asal Argentina tersebut masih butuh waktu untuk pemulihan cederanya.

       

      Dengan absennya Cadenazzi, lini depan tim Pesut Etam kemungkinan diisi Terens Puhiri, dengan didampingi 3 gelandang serang, seperti Ahmad Nur Hardianto, M Sihran, dan Stefano Lilipaly. Sementara untuk menjaga keseimbang di lini tengah, Coach Huistra menempatkan Adam Alis dan Hendro Siswanto. Untuk posisi lini pertahanan, ada 4 bek tangguh yang akan menjadi pengawal kiper Nadeo Argawinata. Keempat bek tersebut, yakni Leo Guntara, Leonardo Silva Lelis, M Fajar Fathurrachman, dan Silverio Junio Goncalves da Silva.


      Head to Head
      26 Januari 2023           Liga 1 2022-2023            Persib Bandung 1-0 Borneo FC
      7 Agustus 2022            Liga 1 2022-2023            Borneo FC 4-1 Persib Bandung
      18 Januari 2022           Liga 1 2021-2022            Borneo FC 0-1 Persib Bandung
      23 September 2021     Liga 1 2021-2022            Persib Bandung 0-0 Borneo FC
      11 Desember 2019      Liga 1 2019                       Borneo FC 0-1 Persib Bandung
      14 August 2019            Liga 1 2019                      Persib Bandung 2-2 Borneo FC
      4 Mei 2019                    Piala Indonesia                Persib Bandung 3-2 Borneo FC
      24 April 2019                Piala Indonesia                Borneo FC 2-1 Persib Bandung
      17 September 2018     Liga 1 2018                      Borneo FC 0-1 Persib Bandung
      21 April 2018                Liga 1 2018                       Persib Bandung 3-1 Borneo FC
      8 November 2017        Liga 1 2017                      Borneo FC 2-1 Persib Bandung
      20 Mei 2017                  Liga 1 2017                      Persib Bandung 2-2 Borneo FC
      5 Maret 2017                Piala Presiden 2017        Persib Bandung 2-1 Borneo FC (pen, 3-5)
      2 Maret 2017                Piala Presiden 2017       Borneo FC 2-1 Persib Bandung
      14 Desember 2016      TSC 2016                         Persib Bandung 1-0 Borneo FC
      7 Mei 2016                    TSC 2016                         Borneo FC 0-0 Persib Bandung
      27 November 2015     Piala Sudirman                Persib Bandung 0-2 Borneo FC

       

      5 Laga Terakhir Borneo FC
      6 Oktober 2023          Arema FC 0-1 Borneo FC
      1 Oktober 2023          Madura United 1-2 Borneo FC
      25 September 2023   Borneo FC 1-0 PSM Makassar
      17 September 2023   Borneo FC 1-0 PSS Sleman
      3 September 2023     Persebaya Surabaya 2-1 Borneo FC

       

      5 Laga Terakhir Persib Bandung
      7 Oktober 2023          Persebaya Surabaya 2-3 Persib Bandung
      1 Oktober 2023           Persib Bandung 5-0 Persita Tangerang
      23 September 2023   Bhayangkara FC 1-2 Persib Bandung
      16 September 2023   Persib Bandung 2-0 Persikabo 1973
      2 September 2023      Persija Jakarta 1-1 Persib Bandung

       

      Klasemen
                                           M  M  S  K  Gm-Gk    P
      1. Borneo FC              15  9  4   2    22-13    31
      3. Persib Bandung    15  7  6   2     29-20   27

       

      Perkiraan Susunan Pemain
      Borneo FC (4-2-3-1):
      Nadeo Argawinata; Leo Guntara, Leonardo Silva Lelis, M Fajar Fathurrachman, Silverio Junio Goncalves da Silva; Adam Alis, Hendro Siswanto; Ahmad Nur Hardianto, M Sihran, Stefano Lilipaly; Terens Puhiri
      Cadangan: Angga Saputro, Yogi Hermawan; Diego Michiels, Agung Prasetyo, Ikhsan Nul Zikrak, Taufanny Muslihudin, Rivaldo Enero Pakpahan, Jelle Joost Goselink, Win Naing Tun, Rizky Dwi Febrianto, Kei Hirose
      Pelatih: Pieter Egge Huistra

       

      Persib Bandung (4-2-3-1)
      Teja Paku Alam, Putu Gede Juni Antara, Nick Kuipers, Alberto Rodriguez, Kakang Rudianto; Marc Klok, Dedi Kusnandar; Levy Madinda, Ciro Alves, Beckham Putra; David da Silva.
      Cadangan: Sheva Putra Sanggasi; Rezaldi Hehanusa, Victor Igbonefo, Achmad Jufriyanto, Robi Darwis, Ryan Kurnia, Frets L Butuan, Ferdiansyah, Arsan Makarin, Ezra Walian
      Pelatih: Bojan Hodak. (*)

      Oleh: deni mulyana sasmita / den

      0 Komentar

      Tinggalkan Komentar


      Cancel reply

      0 Komentar


      Tidak ada komentar

      Berita Lainnya


      Persib Makasimalkan Raih Kemenangan di Kandang
      Perkiraan Susunan Pemain Persib vs Madura United
      Head to Head, 3 Musim Terakhir Persib Ungguli MU
      Jamu MU, Persib Buru Kemenangan untuk Bekal Leg 2
      Tiket Final Habis, Motivasi Tim Persib Terdongkrak

      Klasemen Liga Indonesia

      Tim M Point
      1 Borneo FC 34 70
      2 Persib Bandung 34 62
      3 Bali United 34 58

      Klasemen Liga Dunia

      Tim M Point
      1. Manchester City 38 91
      2. Arsenal 38 89
      3. Liverpool 38 82
      4. Aston Villa 38 68
      Tampilkan Detail