free hit counter code Tekuk Turkmenistan, Indonesia Lolos ke Babak Final - JuaraNews Inspirasi Semangat Muda web stats service from statcounter

Hot News


Opini


    Tekuk Turkmenistan, Indonesia Lolos ke Babak Final
    (net) Ivan Jenner merayakan gol ke gawang Turkmenistan

    Piala Asia U-23 2024

    Tekuk Turkmenistan, Indonesia Lolos ke Babak Final

    • Selasa, 12 September 2023 | 21:10:00 WIB
    • 0 Komentar

    JuaraNews, Solo - Timnas Indonesia U-23 mencetak sejarah baru dengan lolos ke babak final Piala Asia U-23 pada 2024 mendatang.


    Sejarah tersebut tercipta setelah pada laga pamungkas fase penyisihan Grup K, tim asuhan Pelatih Shin Tae-yong menang 2-0 atas Turkmenistan U-23 di Stadion Manahan, Solo, Selasa (12/9/2024). Dua gol Indonesia dicetak Ivan Jenner pada menit 43, dan Pratama Arhan menit 90+3.


    Dengan kemenangan ini, tim Garuda Muda tampil sebagai juara Grup K dengan raihan poin 6 dan berhak lolos otomatis ke babak final Piala Asia U-23 2024 yang akan digelar di Qatar pada 15 April hingga 3 Mei 2024 mendatang.


    Sebelumnya, Indonesia menang 9-0 atas Taiwan pada laga perdana. Dengan demikian, Indonesia meraih poin sempurna 6 dengan selisih gol +11. Sementara Turkmenistan harus puas berada di posisi runner-up dengan raihan 3 poin dan selisih gol +2. Satu kemenangan Turkmenistan diraih saat menekuk Taiwan 4-0. Timnas Taiwan sendiri berada di posisi 3 atau juru kunci sehingga otomatis tereliminasi dari fase penyisihan grup. Timnas Turkmenistan sendiri masih berpeluang tampil di Qatar lewat jalur runner-up terbaik. Namun hal tersebut sangat bergantung pada hasil laga di grup lainnya.


    Diketahui, babak final Piala Asia U-23 2024 di Qatar akan diikuti oleh 16 timnas. Satu tempat dipastikan milik Qatar seabagai tuan rumah, yang tidak perlu mengikuti kualifikasi. Sementara 15 tiket lainnya diperebutkan sekitar 40 timnas di babak kualifikasi yang dibagi dalam 11 grup. Sebanyak 11 juara grup otomatis lolos ke Qatar, sementara tiket sisanya diperebutkan oleh 4 runner-up terbaik.


    Partisipasi timnas Indonesia U-23 di babak final Piala Asia U-23 sendiri merupakan yang pertama kali dalam sejarah sepak bola Tanah Air sejak kompetisi usia di bawah 23 tahun tingkat Asia tersebut digelar pada 2013 silam. Indonesia sendiri selalu mengikuti kualifikasi Piala Asia U-23 setiap musimnya.


    Tercatat, Garuda Muda telah mengikuti kualifikasi sebanyak 5 kali, yakni pada 2013, 2016, 2018, 2020, dan 2022. Namu dari 5 edisi yang telah diikuti, Garuda Muda tak pernah lolos ke babak final. Baru pada edisi ke-6 tahun 2024 mendatang, Indonesia bisa mencicipi babak final Piala Asia U-23 untuk pertama kalinya.

     

    Pada 2013, Indoensia yang bergabung di Grup E gagal lolos, setelah hanya menempati peringkat 3. Garuda Muda hanya menang 3 kali saat melawan Timor Leste, Macau, dan Singapura; namun kalah oleh Australia dan Jepang. Irak menjadi juara Piala Asia U-23 edisi perdana yang digelar di Oman tersebut.

     

    Di edisi kedua 2016, Indonesia tersingkir setelah hanya menempati posisi runner-up Grup H, setelah kalah oleh Korea Selatan, kendati pada 2 laga lainnya menang lawan Timor Leste dan Brunei Darussalam. Indonesia pun gagal lolos lewat jalur runner-up terbaik karena kalah selisih gol oleh peringkat 2 di grup lainnya. Pada edisi kedua yang digelar di Qatar tersebut, pemenangnya adalah Jepang.


    Selanjutnya pada 2018, Indonesia yang tergabung dalam Grup H, hanya bisa menempati peringkat 3 setelah menang atas Mongolia, imbang dengan Thailand, dan kalah oleh Malaysia. Uzbekistan menjadi juara Piala Asia U-23 2018 yang berlangsung di China tersebut. Lalu di edisi 2020, Indonesia pun hanya mampu menempati posisi 3 di Grup K, setelah hanya menang sekali atas Brunei, dan kalah saat melawan Vietnam dan Thailand. Pada babak final yang digelar di Thailand tersebut, Korea Selatan tampil sebagai juara.

     

    Sementara di edisi terakhir pada 2022 lalu, Indonesia yang bergabung di Grup G bersama Australia, Brunei Darussalam, dan China. Namun karena saat itu sedang masa pandemi Covid-19, China dan Brunei mengundurkan diri, hingga yang tersisa Indonesia dan Australia.


    Bermain 2 kali melawan Australia, dua-duanya Indonesia menelan kekalahan, hingga gagal melaju ke babak final yang digelar Uzbekistan. Pada edisi 2022 tersebut Arab Saudi tampi juara.

     

    Susunan Pemain
    Indonesia (4-4-2)
    Ernando Ari, Ilham Rio, Komang Teguh Trisnanda, Rizky Ridho, Elkan Baggot, Pratama Arhan, Marcelino Ferdinan, Ivan Jenner, Rafael Struick, Hokky Caraka, Arkhan Fikri.
    Pelatih: Shin Tae-yong

    Turkmenistan (4-2-3-1)
    Ahallytev Rustem, Yhlas Toyjanov, Oraz Orazov, Meylis Durdyyev, Rahman Myratberdiyev, Yagshysahet Dovletgeldiyev, Shamammet Hydyrow, Charyyev Ilyas, Priyev Ruslan, Umarov Salim, Sapargulyyev Arzuvguly
    Pelatih: Pelatih: Ahmed Agamyradov. (*)

    Oleh: deni mulyana sasmita / den

    0 Komentar

    Tinggalkan Komentar


    Cancel reply

    0 Komentar


    Tidak ada komentar

    Berita Lainnya


    SDN 085 & SDN 043 Kota Bandung Raih Titel Jawara
    Siswi SDN 154 & SDN 085 Juarai di Skill Challenge
    Yopi Yakin Sepak Bola Putri Tumbuh &  Berkembang
    STY Optimis Indonesia Bisa Bersaing di Putaran 3
    Ini 17 Timnas Lawan Berat Indonesia di Putaran 3

    Editorial


      Jadwal Liga



      sponsored links


      Klasemen Liga Dunia

      Tim M Point
      1. Manchester City 38 91
      2. Arsenal 38 89
      3. Liverpool 38 82
      4. Aston Villa 38 68
      Tampilkan Detail

      Klasemen Liga Indonesia

      Tim M Point
      1 Borneo FC 34 70
      2 Persib Bandung 34 62
      3 Bali United 34 58