free hit counter code PSM VS PERSIB: Bangkit Raih Kemenangan Perdana - JuaraNews Inspirasi Semangat Muda web stats service from statcounter

Hot News


Daftar Pemain


    Editorial


      Jadwal Liga


      PSM VS PERSIB: Bangkit Raih Kemenangan Perdana
      (juaranews) PSM Makassar vs Persib Bandung

      PSM VS PERSIB: Bangkit Raih Kemenangan Perdana

      JuaraNews, Parepare - Tim Persib Bandung bakal melakoni laga keempatnya musim ini dengan menghadapi PSM Makassar di Stadion BJ Habibie, Parepare, Sabtu (22/7/2023) mulai pukul 19.00 WIB.


      Mengawali Liga 1 2023-2024 ini, kedua tim memang belum berada di performa terbaiknya dengan menuai hasil kurang memuaskan di 3 laga perdana, dan harus terdampar di papan bawah klasemen sementara.


      Pada 3 laga awal, Persib selalu meraih hasil imbang. Berturut-turut Maung Bandung berbagi skor dengan Madura United (1-1), lalu dengan Arema FC (3-3), dan terakhir ditahan imbang Dewa United 2-2 di kandang sendiri. Persib pun hanya mengoleksi 3 poin dan berada di posisi 15 klasemen sementara. Di sisi lain, Persib pun sedang dirundung masalah setelah ditinggal pergi pelatih kepalanya, Luis Milla bersama 3 asistennya.


      Kondisi PSM yang merupakan juara bertahan Liga 1 musim lalu, sedikit lebih baik dibanding Persib. Dari 3 laga yang telah dilakoni tim Juku Eja meraih 4 poin dan menempati posisi 12.


      Setelah kalah 1-2 Dewa United di kandang pada Pekan 2, PSM bangkit dengan mengalahkan Persikabo 1973 dengan skor 1-0. Sedangkan di laga perdana, Wiljan Pluim dan kawan-kawan ditahan imbang Persija 1-1.


      Tentunya kemenangan pertama tersebut menjadi modal berharga PSM saat menjamu Persib. Sedangkan bagi Persib, laga Pekan 4 ini bakal dijadikan moment kebangkitan untuk meraih kemenangan perdananya musim ini.


      Caretaker Pelatih Persib Yaya Sunarya bertekad membawa timnya meraih kemenangan di kandang PSM. Selain meretas jalan kebangkitan bagi Maung Bandung, Yaya pun ingin membalaskan kekalahan timnya dari PSM pada 2 pertemuan musim lalu.


      Yaya pun mengaku sudah menganalisa kekeuatan tim Juku Eja yang akan dihadapi pasukannya nanti.


      "Saya pikir setiap tim di era sekarang memiliki tim di belakangnya. Artinya, ada tim yang bekerja untuk membantu tim. Kita melakukan analisa sebelum melawan Dewa United, dan itu sama dengan pertandingan besok melawan PSM," kata Yaya dalam sesi konferensi pers jelang laga di Stadion BJ Habibie, Jumat (21/7/2023).


      Berdasarkan analisa tersebut, Yaya menegaskan, timnya akan berusaha tampil maksimal dengan harapan membawa pulang 3 poin dari Pare-pare.


      "Data yang didapat menjadi bahan untuk pertandingan besok. Sekarang, kita tinggal fokus terhadap tim kita dengan target kemenangan, dan kita akan berusaha untuk mengejar itu," tandasnya.


      Menurut Yaya, ketiadakan pelatih kepala setelah ditinggal Luis Milla, tak akan mengurangi tekad pasukannya dalam mengejar kemenangan.


      "Sekarang, Milla tidak ada di sini dan tentunya kita enggak melihat musim lalu. Kita hanya melihat ke depan dan mempersiapkan untuk pertandingan. Itu sudah menjadi komitmen kita semua," kata Yaya.


      Yaya pun memastikan semua pemainnya akan bekerja keras untuk berkontribusi terhadap tim. Menurutnya, itu akan menjadi kunci timnya dalam meraih kemenangan, terlepas ada tidaknya pelatih kepala.


      "Kita tidak akan terpengaruh oleh hal-hal seperti itu (tanpa kehadiran pelatih). Sebagai pemain, mereka profesional yang punya sikap. Hal-hal seperti itu yang bahkan menjadikan kita semakin kuat," pungkasnya.

       

      PSM Tingkatkan Kewaspadaan
      Dari kubu tuan rumah, Pelatih PSM Makassar Bernardo Tavares bakal meningkatkan kewaspadaan saat timnya menjamu Persib. Menurut Tavares, setelah Luis Milla hengkang, bisa jadi Persib justru lebih berbahaya.


      Yang diwaspadai Tavares, yakni pola strategi atau taktik Maung Bandung yang diterapkan Caretaker Yaya Sunarya. Menurut Tavares, Persib berpotensi mengubah strateginya di bawah arahan Coach Yaya yang berbeda dengan gaya Milla dan belum diketahui oleh dirinya.


      “Dikarenakan mereka berganti pelatih. Kita tidak tahu apakah mereka tetap memainkan sistem yang telah ditinggalkan Luis Milla atau tidak," ungkap Tavares dalam sesi konferensi pers jelang laga di Stadion BJ Habibie, Jumat (21/7/2023).

       

      "Karena pelatih baru (Yaya Sunarya) bisa saja melakukan perubahan taktik dan itu yang belum kami ketahui,” sambungnya.


      Tavares menilai, gaya permainan baru tanpa sentuhan Milla bisa menjadi sebuah keuntungan bagi Persib yang dapat mengejutkan PSM. Namun Tavares tak ingin mengulangi hasil kekalahan di kandang sendiri seperti saat dikalahkan Dewa United 1-2.


      Sebaliknya, dia ingin tim Juku Eja melanjutkan tren kemenangan setelah pekan lalu mengalahkan Persikabo 1973 dengan skor 1-0.


      “Itu bisa menjadi sebuah keuntungan bagi tim lawan, tapi kami di sisi lain juga ingin memperlihatkan kualitas permainan kami,” sebutnya.


      Pada laga kali ini, menurut pelatih berpaspor Portugal tersebut, Persib akan bermain secara spartan untuk mengejar kemenangan, apalagi Maung Bandung memiliki materi pemain yang berkualitas.


      Kendati demikian, Tavares optimistis anak-anak asuhnya bisa memberikan perlawanan yang setimpal kepada tamunya.


      "Mungkin di laga besok Persib akan bermain dengan tangguh dengan materi pemain mereka, jadi tentu kami juga harus bermain dengan lebih tangguh,” pungkas pelatih 43 tahun tersebut.


      Tuan Rumah Berada di Atas Angin
      Dari rekor pertemuan dalam 2 musim terakhir, PSM berada di atas angin. Dalam 2 kali pertemuan musim lalu, tim asuhan Bernardo Tavares menyapu bersih kemenangan dari Persib.

       

      Kekalahan oleh PSM, bahkan bisa dibilang paling menyakitkan bagi Maung Bandung. Saat bertandang ke Stadion BJ Habibie, Marc Klok dan kawan-kawan dibantai 5-1 oleh tuan rumah. Lima gol saat itu masing-masing dicetak Yacob Sayuri dan Ramadhan Sananta dua gol, dan Wiljan Pluim satu gol.


      Kemenangan PSM terulang pada pertemuan kedua di Stadion Pakansari yang jadi homebase Persib saat itu. Persib yang kala itu dilatih Luis Milla ditekuk dengan skor 2-1 pada 14 Februari 2023. Kekalahan tersebut menghentikan tren positif Persib yang tak terkalahkan dalam 15 laga terakhirrnya saat itu.


      Secara head to head dalam 20 pertemuan terakhir kedua klub, sebenarnya cukup berimbang. Total sejak musim 2007, kedua tim sama-sama memenangkan 7 laga, dan sisa 6 laga lainnya berakhir dengan hasil imbang.


      Dalam urusan mencetak gol, PSM dan Persib pun saling membalas. Dalam 20 pertemuan tersebut, PSM hanya unggul tipis dengan margin 1 gol, dimana tim Juku Eja membobol gawang Persib sebanyak 25 kali, dengan Maung Bandung mencetak 24 gol..


      Sama-sama Kehilangan Pemain Andalan
      Kedua pelatih yang sama-sama menargetkan kemenangan dipastikan akan menurunkan skuat terbaiknya untuk meraih hasil maksimal. Secara umum, tak banyak perubahan komposisi pemain yang akan diandalkan kedua pelatih. Namun ada beberapa pemain yang bakal absen pada laga kali ini.


      Dari kubu Persib, Yaya Sunarya dipastikan tak bisa memainkan winger lincahnya, Febri Hariyadi. Pemain bernomor punggung 13 tersebut absen karena harus menjalani hukuman akibat kartu merah yang diterimakanya pada saat menghadapi Dewa United pekan lalu.


      Selain Febri, Coach Yaya juga kehilangan 1 dari 6 pemain asing, yakni Tyronne del Pino yang resmi dicoret manajemen Persib pada Kamis (20/7/2023) lalu, dan telah kembali ke Spanyol. Sementara sang penggantinya, Levy Madinda asal Gabon belum bisa diturunkan pada laga kali ini karena masih dalam perjalanan menuju Indonesia.


      Namun di luar kedua pemain tersebut, Yaya masih memiliki skuat yang mumpuni. Dari 22 pemain yang diboyong ke Parepare, Yaya mengikutsertakan kelima pemain asingnya yang hampir diipastikan bakal tampil sebagai starter.

       

      Tiga bek asing bakal dipasang sekaligus, dalam formasi 4-3-3, yakni Nick Kuipers (Belanda), Alberto Rodriguez Martin (Spanyol), dan Daisuke Sato (Filipina). Ketiganya, plus satu pemain lokal, yakni Edo Febriansah akan menjadi benteng kokoh bagi gawang Persib yang diserahkan kepada kapten tim Teja Paku Alam.


      Sedangkan 2 legiun asing lainnya, yakni David da Silva dan Ciro Alves asal Brasil akan menjadi ujung tombak Maung Bandung. Sementara itu di lini tengah, gelandang naturasasi asal Belanda, Marc Klok akan menjadi tumpuan Maung Bandung. Klok akan berkoborasi dengan 3 pemain lokal, seperti Rachmat Irianto, I Putu Gede, dan Bechkam Putra Nugraha..


      Sementara itu, Bernardo Tavares juga kehilangan 3 pemain intinya. Yakni Erwin Gutawa yang menjalani sanksi dari Komite Disiplin (Komdis) PSSI selama 2 laga. Tavares juga tak bisa memainkan Dzaky Asraf yang harus menjalani hukuman kartu merah yang dikoleksinya saat menghadapi Persikabo 1973 pekan lalu.


      Selain Erwin Gutawa dan Dzaky Asraf, PSM pun kehilangan 1 pemain mudanya, yakni Harlan Suardi yang memutuskaan hengkang ke Bekasi FC yang berlaga di Liga 2.


      Kendati ada beberapa pemain yang absen, Tavares tak kehabisan stok pemain yang berkualitas. PSM yang memiliki 6 pemain asing, setidaknya bakal memasang langsung 4 di antara mereka. Di lini belakang, Yuran Fernandes (Portugal) akan mengordinasi lini belakang bersama Safrudin Tahar dan Akbar Tanjung. Ketiganya akan menjadi pengawal bagi M Reza Pratama di bawah mistar gawang.


      Lalu pemain asal Jepang, Kenzo Nambu berada di lini tengah bersama Wiljan Pluim (Belanda) dan Everton Nascimento (Brasil), serta 2 pemain lokal, M Arfa dan Victor Jonhson Dethan. Mereka akan menyokong kinerja dua bersaudara yang menempati lini serang, Yance Sayuri dan Yakob Sayuri.


      Head to Head
      14 Februari 2023             LIGA 1 2022-2023               Persib Bandung 1-2 PSM Makassar
      29 Agustus 2022             LIGA 1 2022-2023               PSM Makassar 5-1 Persib Bandung
      22 Februari 2022             LIGA 1 2021-2022               PSM Makassar 0-2 Persib Bandung
      2 Oktober 2021                LIGA 1 2021-2022               Persib Bandung 1-1 PSM Makassar
      22 Desember 2019          LIGA 1 2019                         Persib Bandung 5-2 PSM Makassar
      18 Agustus 2019             LIGA 1 2019                         PSM Makassar 3-1 Persib Bandung
      24 Oktober 2018              LIGA 1 2018                         PSM Makassar 1-0 Persib Bandung
      23 Mei 2018                     LIGA 1 2018                         Persib Bandung 3-0 PSM Makassar
      26 Januari 2018               PIALA PRESIDEN 2018      Persib Bandung 0-1 PSM Makassar
      15 Oktober 2017              LIGA 1 2017                         PSM Makassar 2-1 Persib Bandung
      5 Juli 2017                        LIGA 1 2017                         Persib Bandung 2-1 PSM Makassar
      6 Februari 2017                PIALA PRESIDEN 2017      Persib Bandung 1-0 PSM Makassar
      29 Oktober 2016              TSC 2016                              PSM Makassar 2-2 Persib Bandung
      2 Juli 2016                        TSC 2016                              Persib Bandung 3-2 PSM Makassar
      30 Mei 2010                      ISL 2009                               Persib Bandung 2-0 PSM Makassar
      14 Oktober 2009              ISL 2009                               PSM Makassar 2-1 Persib Bandung
      14 Februari 2009              ISL 2008                              Persib Bandung 0-0 PSM Makassar
      15 November 2008          ISL 2008                              PSM Makassar 1-1 Persib Bandung
      20 Mei 2007                     DIVISI UTAMA 2007            Persib Bandung 0-0 PSM Makassar

       

      5 Laga Terakhir PSM Makassar
      14 Juli 2023                     Liga 1 2023-2024                            Persikabo 1973 0-1 PSM Makassar
      8 Juli 2023                       Liga 1 2023-2024                            PSM Makassar 1-2 Dewa United
      3 Juli 2023                       Liga 1 2023-2024                            Persija Jakarta 1-1 PSM Makassar
      10 Juni 2023                    Play-off Liga Champions Asia      PSM Makassar 1-1 Bali United (pen 4-5)
      6 Juni 2023                      Play-off Liga Champions Asia       Bali United 1-1 PSM Makassar

       

      5 Laga Terakhir Persib Bandung
      14 Juli 2023                     Liga 1 2023-2024                             Persib Bandung 2-2 Dewa United
      7 Juli 2023                       Liga 1 2023-2024                             Arema FC 3-3 Persib Bandung
      1 Juli 2023                       Liga 1 2023-2024                             Persib Bandung 1-1 Madura United
      25 Juni 2023                    Uji Coba                                             PSS Sleman 1-1 Persib Bandung
      15 Juni 2023                    Uji Coba                                             Persib Bandung 2-1 Dewa United.

       


      Perkiraan Susunan Pemain
      PSM Makassar (3-5-2)
      Muhammad Reza Pratama; Yuran Fernandes, Safrudin Tahar; Kenzo Nambu, Akbar Tanjung, M Arfa, Wiljan Pluim; Victor Jonhson Dethan, Everton Nascimento, Yance Sayuri, Yakob Sayuri
      Cadangan: Rizky Pellu, Sultan Zaky Pratama, Ricky Pratama, Ananda Raehan, Enrique Linares Fernandes, Adilson Gancho da Silva, Muhammad Rizky Eka Pratama, Donald Bissa,
      Pelatih: Bernardo Tavares.

      Persib Bandung (4-3-3)
      Teja Paku Alam; Nick Kuipers, Alberto Rodriguez, Daisuke Sato; Edo Febriansah, Marc Klok, Rachmat Irianto, I Putu Gede Juni Antara; Beckham Putra, Ciro Alves, David da Silva
      Cadangan: Fitrul Dwi Rustapa; Achmad Jufriyanto, Zalnando, Victor Igbonefo, Rezaldi Hehanussa; Ryan Kurnia, Robi Darwis, Dedi Kusnandar, Frets Butuan; Ezra Walian.
      Pelatih: Yaya Sunarya (caretaker).

       

      Klasemen hingga Pekan 3
                                                        M     M   S     K  Gm-Gk   P
      1. Dewa United                        4     3     1     0     8-3       10
      2. Barito Putera                       4     2     1     1     7-4        7
      3. Borneo FC                            4     2     1     1     7-5        7
      4. PSIS Semarang                   4     2     1     1    7-5         7
      5. RANS Nusantara                3     2     0     1     4-3        6
      6. Persita Tangerang              3     2     0     1     3-2        6
      7. Bali United                           4     2     0     2     6-6        6
      8. Persija Jakarta                   3     1     2     0     5-2        5
      9. PSS Sleman                        4     1     2     1     6-7        5
      10. Persis Solo                       3     1     1     1     6-6        4
      11. Madura United                 3     1     1     1     5-6        4
      12. PSM Makassar                3     1     1     1     3-3        4
      13. Persik Kediri                     4     1     1     2     8-9        4
      14. Persebaya Surabaya       3     1     1     1     4-5        4
      15. Persib Bandung               3     0     3     0     2-3        3
      16. Persikabo 1973                3     0     1     2     1-3        1
      17. Arema FC                          4     0     1     3     6-12      1
      18. Bhayangkara FC               3     0     0     3     3-9        0. (*)

      den

      0 Komentar

      Tinggalkan Komentar


      Cancel reply

      0 Komentar


      Tidak ada komentar

      Berita Lainnya


      Kemenangan atas Borneo Bekal Persib di Final Four
      Menang atas Borneo, Persib Masih Sisakan Catatan
      Tekuk Borneo 2-1, Persib Segel Posisi Runner-up
      Gol David da Silva Bawa Persib Ungguli Borneo 1-0
      Ini Susunan Pemain Persib Bandung vs Borneo FC

      Klasemen Liga Indonesia

      Tim M Point
      1 Borneo FC 33 70
      2 Persib Bandung 33 62
      3 Bali United 33 58

      Klasemen Liga Dunia

      Tim M Point
      1. Liverpool 28 64
      2. Arsenal 28 64
      3. Manchester City 28 63
      4. Aston Villa 29 56
      Tampilkan Detail