free hit counter code Untuk Jawa Barat Sehat, Cerdas, dan Sejahtera - JuaraNews Inspirasi Semangat Muda web stats service from statcounter
Untuk Jawa Barat Sehat, Cerdas, dan Sejahtera

Biben Fikriana

Untuk Jawa Barat Sehat, Cerdas, dan Sejahtera

  • Selasa, 24 Januari 2023 | 09:40:00 WIB
  • 0 Komentar

 

JuaraNews, Bandung - Nama Ketua Asosiasi Purna Pekerja Migran Indonesia (APPMI) Biben Fikriana, S.Kep, Ners.,M.Kep. ke depan akan menghiasi dinamika demokrasi di Indonesia. Pada kontestasi Pemilu 2024 Biben mencalonkan menjadi anggota DPD (Dewan Perwakilan Daerah) RI.

 

Akhir Desember 2022 lalu ia mendaftar ke KPU Jawa Barat dan diterima langsung oleh Ketua KPU Jabar Rifki Ali Mubarok. Biben Fikriana sebenarnya bukan siapa-siapa di Jawa Barat. Ia adalah tokoh muda Jabar yang kiprahnya ada di sana-sini. Sebagai mantan pekerja migran, ia didaulat menjadi Ketua APPMI sejak beberapa tahun lalu. Sebelumnya Ia pernah bekerja sebagai perawat di Fukuoka Memorial Hospital, Jepang.

 

Pengalaman kerjanya di luar negeri mengantarkannya menjadi ketua Asosiasi Purna Pekerja Migran Indonesia. Biben juga aktif menjadi Direktur Lembaga Pemberdayaan Kesehatan, Wanita, Anak dan Lansia di Majelis Pimpinan Pusat ICMI Muda (Ikatan Cendikiawan Muslim Indonesia Muda).

 

Namun, jabatan di organisasinya tak membuat lupa kepada pekerjaan awalnya sebagai perawat. Dunia keperawatan tetap dia tekuni sampai saat ini dan menjadi dosen keperawatan & Kepala International Office di STIKes Dharma Husada Bandung.

 

Tak heran bila kemudian ia diminta untuk menjadi pengurus Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) Kota Bandung. Pada Maret 2023 nanti, Biben menjadi Ketua Panitia PPNI ke-49 tahun tingkat Jawa Barat. Persiapannya sudah dimulai dari sekarang dan puncak kegiatannya pada Maret nanti.

 

Tahun 2023 tepatnya tanggal 17 Maret organisasi profesi Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) akan memperingati hari jadinya yang ke 49 Tahun dan perayaan HUT ini diselenggarakan serentak diseluruh provinsi di Indonesia. Pada tahun ini DPW PPNI JAWA BARAT mendaulat DPD PPNI Kota Bandung untuk menjadi tuan rumah perayaan tingkat Propinsi.

 

Perayaan HUT 49 ini adalah kali pertama setelah pandemi COVID-19 berakhir dengan ditandai dicabutnya kebijakan atau aturan PPKM oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo. Oleh karena itu seluruh anggota perawat khususnya di kota Bandung mengharapkan pergelaran perayaan HUT tahun ini bisa digelar dengan meriah.

 

Menurut Ganjar Wisnu Budiman,S.Kep.,Ners (Ketua DPD PPNI Kota Bandung) *"Dewan Pengurus Daerah Kota Bandung memberikan mandat kepada saudara Biben Fikriana, S. Kep., Ners., M. Kep untuk menjadi Ketua Panitia HUT PPNI ke 49 tingkat Jabar yang dilaksanakan di kota Bandung.

 

Pemilihan beliau bukan tanpa alasan, pengurus menilai bahwa beliau akan mampu mewujudkan harapan yang diinginkan oleh anggota dengan segala kemampuan dan sepak terjangnya selama ini. Pengurus PPNI KOTA BANDUNG berharap beliau bisa menciptakan warna baru dalam perayaan HUT PPNI kali ini setelah 3 tahun lamanya tidak merayakan secara akbar."

 

"Kota Bandung tahun ini ditunjuk sebagai tuan rumah HUT PPNI ke-49 untuk Wilayah Jawa Barat Dan saya ditunjuk sebagai sebagai Ketua Panitia. Nanti berbagai kegiatan ilmiah, karnaval, kegiatan sosial hingga Panggung hiburan akan kita selenggarakan," kata Biben , saat dihubungi disela-sela kesibukannya.

 

Khitan Praktis

Sebagai perawat, Biben punya keahlian khusus yang lain. Ia terbiasa dan ahli dalam khitan, baik anak-anak maupun orang dewasa. Ia mendirikan Yayasan Sehat Cerdas Mulia, yang diantaranya melakukan aktivitas Sosial khitanan Gratis dan Pemberdayaan Lansia.

 

Berbagai tempat telah didatanginya untuk melakukan kegiatan khitanan Gratis. Ribuan anak telah dikhitan oleh timnya yang tergabung dalam Tim Khitan Praktis, dibawah Yayasan Sehat Cerdas Mulia. Yayasan ini tak hanya dalam melakukan aktivitas khitan Gratis secara massal namun juga melayani Khitan Gratis setiap hari khusus untuk anak Yatim, Anak Du'afa hingga Mu'alaf.

 

Bahkan akan segera membuka pendaftaran untuk program NGADOR (NgaKhitan Door to door), yaitu kegiatan sosial mengKhitan secara Gratis yang dilakukan on the spot (di rumah Pasien) nya secara langsung.

 

Adapun issue yang akan diangkat oleh biben saat nanti terpilih sebagai DPD RI diantaranya:

1. Memperjuangkan Hak Status dan Kesejahteraan Tenaga Kesehatan

2. Memperjuangkan Hak & Kesejahteraan PMI (Pekerja Migran Indonesia)

3. Memperjuangkan Hak & Kesejahteraan Guru & Dosen

4. Memperjuangkan Hak & Kesejahteraan Petani Jawa Barat

5. Memperjuangan hak-hak & Kesejahteraan Wanita, Anak & Lansia

6. Memperjuangkan Hak & Keaejahteraan Disabilitas

7. Memperjuangkan Hak & Kesejahteraan Rakyat Jabar pada umumnya terutama dalam bidang KESEHATAN, PENDIDIKAN, TENAGA KERJA & KESEJAHTERAAN SERTA TRANSPORTASI (yang aman dan Nyaman) **

 

Biodata Biben Fikriana

 

Nama : BIBEN FIKRIANA,S.Kep.,Ners.,M.Kep.,CWCCA.,QWP

Lahir di SUMEDANG

Alamat: Bandung Timur

Pendidikan: -

  • SD Ciporeat 3 Ujung berung
  • Alumni SDN Nilem 2 Bandung -
  • Alumni SMP N 2 Bandung - Alumni SMA N 10 Bandung - Alumni Poltekkes Depkes RI -
  • Alumni FIK UNPAD - Alumni AOTS Osaka Jepang
  • Alumni Pasca Sarjana UNPAD 
  • Alumni ESQ156 - Alumni Wocare Training Center 
  •  Perawat di Fukuoka Memorial Hospital, Jepang - Project Officer JICA (Japan International Cooperation Agency) for Indonesia (Penyusunan Jenjang Karir Perawat)
  • Dosen & Kepala International Office STIKes Dharma Husada Bandung - Tim Research - Economic Research Institute for ASEAN and East Asia (ERIA) & Nagasaki University (Non Aktif Sementara)
  • Center for Family Development and Ageing Studies (CeFAS-URINDO ) (Non aktif sementara)
  • CEO PT. Priyaga Mitra Konsultan - CEO KHITAN.PRAKTIS - Founder Yayasan Sehat Cerdas Mulia - CEO NURSBIZZ - Konsultan Ketenagakerjaan Luar Negeri - Konsultan Kesehatan & Pemberdayaan Lansia
  •  - Ketua Umum APPMI (Asosiasi Purna Pekerja Migran Indonesia) -
  • Direktur Lembaga Pemberdayaan Kesehatan Wanita, Anak dan Lansia, Majelis Pimpinan Pusat ICMI (Ikatan Cendikiawan Muslim Indonesia) MUDA -
  • Pengurus Harian Pusat PDRI (Persaudaraan Dosen Republik Indonesia)
  • Wakil Ketua IKA (Ikatan Alumni) SMA N 10 Bandung - Wakil Direktur Indonesia Ramah Lansia (IRL) Jawa Barat (Non Aktif Sementara)
  • Tim Pendiri Sekolah Lansia di Jawa Barat - Sekretaris PPHS (Pendamping Perawat Honorer & Swasta) DPW PPNI Jawa Barat - Ketua Divisi Diklat DPD PPNI Kota Bandung
  • Pengurus BEEC (Bandung Economic Empowernment Center) -
  • Pengurus MES (Masyarakat Ekonomi Syariah) Kota Bandung.
  • Pengurus Ikatan Alumni (IKA) Fakultas Keperawatan UNPAD
  • Pengurus IPKKI (Ikatan Perawat Kesehatan Komunitas Indonesia) Jawa Barat (2017-2022) 
  • Pengurus IPEGERI (Ikatan Perawat Geriatri Indonesia) Jawa Barat - Pembina FKHF (Forum Komunikasi Honorer Fasyankes seJawa Barat)
  • Pembina & Founder Komunitas HAST (Honda Astrea Supra Team) - DLL ***

Oleh: ude gunadi / ude

0 Komentar

Tinggalkan Komentar


Cancel reply

0 Komentar


Tidak ada komentar

Berita Lainnya


Pentingnya Insan Perbankan Akan Bahaya korupsi
Ini Jalur Alternatif di Jabar saat Arus Balik
Dishub Jabar Siapkan Contra Flow Arus Balik
Ini 6 Penyakit yang Timbul saat Mudik Lebaran
Bey: Jaga Kerukunan untuk Jabar Damai dan Nyaman

Editorial



    sponsored links