free hit counter code Jabar - DKI Jakarta Perkuat Kolaborasi Atasi Masalah Perbatasan - JuaraNews Inspirasi Semangat Muda web stats service from statcounter
Jabar - DKI Jakarta Perkuat Kolaborasi Atasi Masalah Perbatasan

Jabar - DKI Jakarta Perkuat Kolaborasi Atasi Masalah Perbatasan

  • Rabu, 21 Desember 2022 | 14:09:00 WIB
  • 0 Komentar

JuaraNews Jakarta - Pemdaprov Jawa Barat dan DKI Jakarta memperkuat kolaborasi mengatasi permasalahan di perbatasan utamanya banjir, akses air bersih, hingga kependudukan. 

 

Kolaborasi kedua daerah ditandai dengan pertemuan Gubernur Ridwan Kamil dengan Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono di Balai Kota DKI Jakarta, Selasa (20/12/2022).

 

"Ada permasalahan di perbatasan, kami  sinkronisasi," ujar Ridwan Kamil. 

 

Ridwan Kamil mencontohkan banjir Jakarta sebagian airnya berasal dari Jawa Barat. Sehingga Pemda DKI Jakarta memberikan dukungan dana dari APBD DKI Jakarta untuk tiga daerah hulu yakni Depok-Bogor-Bekasi. 

 

Bantuan dari Pemda DKI Jakarta perlu diapresiasi. Menurut Ridwan Kamil, untuk mengatasi banjir dibutuhkan kerja sama antardaerah. 

 

"Kami mengucapkan terima kasih ada bantuan keuangan dari APBD DKI Jakarta untuk Depok-Bogor-Bekasi untuk mengatasi permasalahan air kebijakan memperbaiki danau sungai dan sebagainya, sehingga ke Jakarta lebih aman," ujar Ridwan Kamil. 

 

Ridwan Kamil berpandangan hubungan yang baik ini dapat memuluskan upaya mengatasi banjir perbatasan. 

 

"Ini contoh hubungan antardaerah itu.  Harus saling memahami saling mendukung. Kalau beres di Jawa Barat urusan air di Jakartanya juga beres. Urusan banjir tidak hanya dicegat di Jakartanya tapi dicegat di Jawa Barat," jelasnya. 

 

Gubernur juga menyampaikan bahwa kebutuhan air bersih warga Jakarta disokong oleh Bendungan Jatiluhur yang berada di wilayah Jawa Barat. Ini menurutnya menunjukkan simbiosis mutualisme kedua daerah dalam hal penyediaan air bersih, begitupun penanganannya. 

 

"Jadi ini bukan soal uang, tapi NKRI ini dikelola dengan saling membantu. Wajar kalau ada kesepahaman agar hidup berdampingan ini menjadi maslahat, menjadi kebaikan," tambahnya.

 

Sementara itu Penjabat Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono mengemukakan pertemuan Ridwan Kamil yang merupakan sahabat baiknya untuk menyelaraskan kerja sama antardaerah. 

 

Heru menyebut akan membantu Pemdaprov Jabar menanam pohon di  wilayah perbatasan Jakarta - Jabar. Hal itu dilakukan agar kolaborasi dan sinergi semakin erat. 

 

"Tadi saya sampaikan juga untuk contohnya tadi kami akan bantu penghijauannya di sekitar Jakarta dan banyak lagi yang kami diskusikan supaya kami sinergi," kata Heru. (*)

bas

0 Komentar

Tinggalkan Komentar


Cancel reply

0 Komentar


Tidak ada komentar

Berita Lainnya


Pelaksanaan Mudik di Jabar Dipastikan Lancar
Pemprov Jabar Diminta Selesaikan Sertifikasi Aset
44 Anggota DPRD Jabar Belum Laporkan LHKPN
KPK Ingatkan Pemprov  Soal Pencegahan Korupsi
Perluasan Wolbachia Jabar tunggu Hasil Ujungberung

Editorial



    sponsored links