free hit counter code Gerhana Bulan Total Akan Terlihat di Sejumlah Wilayah Indonesia Pada 8 November 2022 - JuaraNews Inspirasi Semangat Muda web stats service from statcounter
Gerhana Bulan Total Akan Terlihat di Sejumlah Wilayah Indonesia Pada 8 November 2022
(istimewa) Ilustrasi

Gerhana Bulan Total Akan Terlihat di Sejumlah Wilayah Indonesia Pada 8 November 2022

  • Jumat, 4 November 2022 | 23:45:00 WIB
  • 0 Komentar

JuaraNews, Bandung – Pada 8 November 2022 mendatang, gerhana bulan total akan terlihat di Jawa Barat. Gerhana bulan itu akan terjadi pada pukul 17.59 WIB. Tak hanya Jawa Barat, warga di beberapa provinsi lain pun akan dapat menyaksikan fenomena itu.


“Berdasarkan data astronomis, gerhana bulan total akan terjadi di seluruh wilayah Indonesia,” kata Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam Kementerian Agama Kamaruddin Amin di Jakarta, Jumat (4/11/2022).


Di Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, dan Bengkulu, sebut Kamaruddin, gerhana bulan total dapat dilihat pada kontak Umbra 3 (U3) pukul 18.42 WIB. Sementara masyarakat di Riau, Jambi, Kepulauan Riau, Bangka Belitung, Sumatera Selatan, Lampung, Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Timur, dan Kalimantan Barat, dapat melihat gerhana pada waktu puncak gerhana, yakni 17.59 WIB.


Sedangkan wilayah Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Bali, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Gorontalo, Sulawesi Utara, Maluku Utara, Maluku, gerhana dapat dilihat pada kontak Umbra 2 (U2) pukul 17.16 WIB/18.16 WITA/19.16 WIT.


"Masyarakat Papua dan Papua Barat dapat melihat Gerhana Bulan Total pada kontak Umbra 1 (U1) pukul 18.08 WIT," jelasnya.


Dengan kemunculan gerhana bulan ini, Kementerian Agama mengajak seluruh umat Islam di Indonesia untuk melaksanakan Salat Khusuf.


"Pelaksanaan salat gerhana disesuaikan dengan situasi dan kondisi daerahnya masing-masing," katanya.


Kamaruddin mengatakan seruan untuk menggelar salat gerhana sudah disampaikan kepada para Kepala Kanwil Kemenag untuk diteruskan kepada jajarannya lain di bawahnya, termasuk aparatur pemerintah daerah, ulama, hingga imam masjid.


"Kami juga mengimbau masyarakat memperbanyak zikir, istighfar, sedekah dan amal saleh lainnya, serta mendoakan kesejahteraan dan kemajuan bangsa," jelasnya.(*)

Aep

0 Komentar

Tinggalkan Komentar


Cancel reply

0 Komentar


Tidak ada komentar

Berita Lainnya


Wapres Ma'ruf: Optimalkan Teknologi dalam Mitigasi
Agus Mulyana Optimistis Timnas Menang Lawan Korsel
SAH! Prabowo-Gibran Presiden & Wapres 2024-2029
Bey Ingin Sumedang Kembali Jadi Paradijs van Java
Bonus Demografi Sumber Daya Pembangunan Produktif

Editorial



    sponsored links