blog counter

Hot News


Opini


    Indra Thohir: Prinsip, Idealis, Gebrakan untuk Persib Bandung

    • Jumat, 30 September 2022 | 16:30:00 WIB
    • 0 Komentar


    Indra Thohir: Prinsip, Idealis, Gebrakan untuk Persib Bandung
    Indra Thohir (tengah) saat masih melatih Persib Bandung (Foto: Ist)

    Bandung, Juaranews - “MAEN kumaha sia, Latihan kumaha aing,” kata Abah Thohir. Kutipan tersebut cukup menunjukkan bagaimana karakter dari seorang Indra Thohir, Pelatih Persib Bandung yang berhasil membawa banyak gelar dan sejarah. Kampiun liga perserikatan terakhir dan menjuarai Liga Indonesia perdana pada tahun 1994 dan 1995. Sejarah yang patut dibanggakan juga sebagai warga Bandung adalah berhasil membawa Persib Bandung ke perempat final Liga Champion Asia dan menjadi Pelatih Terbaik Bulanan Liga Champion Asia.

    Indra Mochammad Thohir lahir pada tanggal 7 Juli 1941 dari pasangan Bapak Asik dan Ibu Omas. Beliau lahir di Cigereleng, Regol, yang sekarang dikenal sebagai Jalan Mohammad Toha.

    Perjalanan
    Dilansir dari bandungbergerak.id, Abah Thohir sangat mencintai olahraga. beliau melanjutkan studi ke sekolah Guru Pendidikan Djasmani (SGPD) yang berada di jalan Bali, Bandung. Tahun 1962, Indra Thohir nyaris masuk skuad utama Persib untuk kompetisi perserikatan 1964, bahkan sudah sampai ke seleksi tahap akhir. Hanya saja, Indra Thohir saat itu lebih memilih untuk melanjutkan kuliah ke Akademi Pendidikan Djasmani (APD). Suatu jalan yang misterius yang justru berdampak besar pada perjalanan Abah menjadi legenda Persib Bandung.

    Abah menggemari banyak olahraga, seperti bulu tangkis, atletik, softball yang sempat menjadi anggota tim nasional, dan golf sampai sekarang.

    Karir kepelatihannya diawali dengan menukangi PS IKIP yang merupakan salah satu klub intern Persib pada tahun 1982. Berjalan ke tahun 1984, Abah menginjak kaki untuk pertama kalinya di kesebelasan Persib Bandung, menjadi pelatih fisik. Gagal di tahun 1992, Persib melakukan perombakkan, Abah diangkat menjadi pelatih kepala Persib Bandung dibantu dengan Djajang Nurjaman sebagai asisten pelatih.

    Taktikal, Disiplin, Idealis
    Abah langsung membuat suatu gebrakan yang diluar dugaan. Abah menerapkan formasi 3-5-2. Hal tersebut jelas mengejutkan karena pada era tersebut, Persib Bandung dikenal dengan pemain sayapnya dan tim lain pun tidak ada yang memakai formasi tersebut, biasanya menggunakan 4-3-3, 4-2-4-2, 4-2-4. Hal tersebut bukan semata-mata ingin berbeda, tetapi ini adalah hasil pencarian dan pembelajaran beliau.

    Dilansir dari wawancara dalam akun Youtube Halo Biru, Beliau menemukan sebuah metode pelatihan lain yang tidak biasa. Abah menuturkan bahwa metode latihannya dengan porsi yang militan, dimana para pemain diperintahkan untuk lari di dari Kabupaten Subang ke arah Lembang, atau tepatnya Sari Ater.

    Beliau yang hobi bermain golf ini juga memiliki prinsip yang keras, dan sangat kukuh. Prinsip yang Abah pertahankan adalah sama sekali tidak mau menggunakan pemain asing. Hal ini sempat menimbulkan pertikaian, “digulung” oleh anggota dewan. “Saya ingin maju dengan bangsa sendiri,” Tutur Abah.

    Semua keraguan tersebut dibuktikan oleh Abah dengan Inovasi, strategi yang diinringi dengan kedisiplinan yang akhirnya membuahkan hasil dengan deretan gelar dan prestasi yang mentereng menjadi bukti. Indra Thohir juga membuktikan bahwa kualitas putra bangsa juga tidak kalah dengan kualitas pemain luar negeri, bahkan dapat bersaing lebih jauh.

    Pengaruh Abah juga masih berlangsung sampai tahun 2014, ketika ditunjuk lagi sebagai Direktur Teknik, Saat itu Persib Bandung menjuarai ISL 2014 dan Piala Presiden 2015.[jt]

    ude

    0 Komentar
    Tinggalkan Komentar
    Cancel reply
    0 Komentar
    Tidak ada komentar
    Berita Lainnya
    Dipecundangi Arab Saudi, Lionel Messi Tertunduk Lesu
    Dipaksa Tunduk oleh Equador, Qatar Jadi Tuan Rumah Pertama yang Kalah di Laga Perdana
    Penyidik Polda Jatim Cecar Iwan Bule 45 Pertanyaan Selama 5 Jam Terkait Tragedi Kanjuruhan
    Liga Dihentikan, Pemain Persitas Tasikmalaya Diistirahatkan
    Presiden FIFA Gianni Infantino Disambut Jokowi di Istana Merdeka
    Berita Terdahulu

    Editorial


      Jadwal Liga


        Data Statik Covid-19


        DATA COVID-19 INDONESIA

        😷 Positif:

        😊 Sembuh:

        😭 Meninggal:

        (Data: kawalcorona.com)

        Ads


        Klasemen Liga Dunia

        Tim M Point
        1. Manchester City 22 56
        2. Chelsea 22 43
        3. Liverpool 20 42
        4. West Ham United 21 37
        Tampilkan Detail

        Klasemen Liga Indonesia

        Tim M Point
        1 Madura United 10 23
        2 PSM Makassar 9 21
        3 Bali United 10 21