free hit counter code Seventh BaCAA Menarik Seniman Muda Untuk Tetap Berkarya - JuaraNews Inspirasi Semangat Muda web stats service from statcounter

Hot News


Opini


    Seventh BaCAA Menarik Seniman Muda Untuk Tetap Berkarya
    Bas Salah satu karya yang ditampilkan pada ajang penganugerahan BaCAA di Lawangwangi Creative Space Bandung

    Seventh BaCAA Menarik Seniman Muda Untuk Tetap Berkarya

    • Sabtu, 13 Agustus 2022 | 17:02:00 WIB
    • 0 Komentar

     

    JuaraNews, Bandung - Perupa Seni Kontemporer Indonesia FX Harsono mengapresiasi penganugerahan seni Bandung Contemporary Art Award (BaCAA) yang dikelola Artsociates bersama Lawangwangi Creative Space Bandung.

     

    Sebab, sejak diluncurkan pertama kali pada 2020, BaCAA menjadi ruang stimulus bagi para perupa Indonesia terutama seni kontemporer untuk barometer karir mereka.

     

    "Ini menunjukkan BaCAA tidak hanya menarik dalam kegiatan, akan tetapi BaCAA menarik seniman muda dalam seni kontemporer," ucapnya saat menjadi juri penganugerahan Seventh BaCAA di Lawangwangi Creative Space Bandung, Kabupaten Bandung Barat, Jumat (12/8/2022).

     

    Harsono mengatakan seni kontemporer ini harus terus diperkenalkan kembali kepada masyarakat khususnya bagi anak-anak muda, sebab, anak muda sangat berpotensial menjadi seni muda dimasa yang akan datang.

     

    Dia yang sejak dahulu mengamati perkembangan seni kontemporer mulai dari pertama di Institut Teknologi Bandung (ITB) 

    hingga berkembang ke berbagai wilayah di Indonesia, seperti, Surabaya, Jogja, Jakarta dan Bali.

     

    "1975 saat itu saya masih menjadi mahasiswa. Awalnya dari bandung Mahasiswa ITB Sejak itu perkembangan seni kontemporer berkembang di Indonesia," katanya.

     

    Dia menambahkan, seni kontemporer perlu dikembangkan lebih luas lagi, tidak hanya di dunia pendidikan saja, akan tetapi bisa dengan membentuk komunitas seni dan sebagainya.

     

     

    "Karena Pendidikan saat ini tidak menampilkan seni kontemporer. Mara kita kembangkan seni dengan sendirinya," tandasnya.

     

    Sebanyak, 15 Finalis dari Seventh BaCAA telah terpilih yaitu Aditya DP dan Amajid Sinar, Arief Budiman, Asmo Adji, Candrani Yulis, Fransisca Retno Setyowati, Kartika Octarina, Muhammad Sabiq Hibatulbaqi, Nesar Ahmad, Obrelan Monre, Patriot Mukmin, Perempuan Pengkaji Seni, Riyan Kresnadi, Rizal N.Ramadahan. Suvi Wahyudianto, dan Vitoria Kosasie.

     

    Dalam malam penganugerahan Seventh BaCAA, dari lima bei karya yang ditampilkan, terpilih tiga karya terbaik dan mendapatkan hadiah 100.000.000, Residensi seni di intermodes, la Rochelle, Perancis and Art trip ke seni rupa internasional.

     

    Penganugerahan di juri para seniman profesional di bidangnya, FX Harsono, Tom Tandio, Aaron Seet, Evelyn Halim dan Wiyu Wahono ini, Perempuan pengkaji seni menjadi yang terbaik dan berhak mendapatkan hadiah berupa uang tunai sebesar 100.000.000. (*)

     

     

    bas

    0 Komentar

    Tinggalkan Komentar


    Cancel reply

    0 Komentar


    Tidak ada komentar

    Berita Lainnya


    Olahraga Efektif Mengatasi Lemak Pasca Lebaran
    Tiga Daerah Berbahaya yang Kuasai Ilmu Kesaktian
    Waspadai Penyakit Khas Pascalebaran
    Cintanya Agus Mulyana Pada Vespa Tak Sekedar Hobi
    Cegah Ancaman Kesehatan Pasca Lebaran, Lakukan Ini

    Editorial