free hit counter code Pick up Masuk Jurang di Ciamis, Diduga akibat Rem Blong - JuaraNews Inspirasi Semangat Muda web stats service from statcounter
Pick up Masuk Jurang di Ciamis, Diduga akibat Rem Blong
(Foto: Humas Polres Ciamis) Polisi memeriksa mobil pick up yang dikendarai Epeng yang masuk jurang di Panjalu, Ciamis.

Pick up Masuk Jurang di Ciamis, Diduga akibat Rem Blong

  • Kamis, 11 Agustus 2022 | 13:05:00 WIB
  • 0 Komentar

BANDUNG, JuaraNews - Peristiwa masuknya sebuah mobil pick up ke jurang di Ciamis yang menewaskan 8 orang diperkirakan polisi disebabkan oleh tidak berfungsinya rem. Kesimpulan sementara itu diperoleh berdasarkan hasil olah tempat kejadian perkara (TKP) dan penyelidikan dengan metode Traffick Accident Analysis (TAA).

"Ini (rem blong-Red) baru simpulan sementara. Berdasarkan hasil pengecekan data teknisnya ada kelainan pada kondisi teknis pengereman," kata Kabid Humas Polda Jabar, Kombes Pol Ibrahim Tompo di Mapolda Jabar, Jalan Soekarno-Hatta, Bandung, Kamis (11/8/2022).

Dari saksi korban yang berada di mobil pick up, Tompo menambahkan, kronologi kecelakaan itu berawal berangkat dengan rombongan pada Senin (8/8/2022) sekitar pukul 05.30 WIB dari Jatiwangi, Majalengka menuju ke Ciamis.

"Saat tiba di Panjalu, Ciamis (Jalan Raya Sukamantri-Panjalu, Sukamantri, Kabupaten Ciamis-Red), terjadi kecelakaan itu," ujar Kombes Pol Ibrahim Tompo.

Dari pemeriksaan awal dan kesimpulan sementara, tutur Kabid Humas, pick up Mitsubishi Colt T120 SS berpelat nomor polisi (nopol) E 8393 YJ yang dikemudikan Epeng, saat meluncur di jalur tersebut sempat mati mesin.

"Dalam keadaan mati mesin itu kemudian sopir sempat berupaya menginjak rem namun kecepatan kendaraan tidak berkurang juga sehingga akhirnya jatuh masuk ke dalam jurang," tutur Kabid Humas Polda Jabar.

Menurut hasil pemeriksaan sementara, tambah Tompo, sudah dilakukan pemeriksaan terkait dengan kondisi teknis kendaraan karena mesin tiba-tiba mati saat kejadian. Terkait kondisi mesin mobil pick up masih dilakukan pendalaman.

"Namun dari kondisi teknis pengereman memang ada kerusakan. Maka diambil simpulan sementara bahwa terjadi ketidakstabilan pengereman saat terjadi mati mesin. Ini ini masih bersifat simpulan sementara," paparnya.

Kesimpulan sementara itu, ujar Kabid Humas, masih perlu dicocokkan dengan beberapa keterangan yang akan dilakukan kepada sopir Epeng. Namun saat ini kondisi sopir masih luka berat sehingga masih belum bisa dilakukan pemeriksaan atau BAP.

"Jadi masih perlu data untuk membuat simpulan terkait faktor penyebab kecelakaan ini," ujarnya.

Korban Luka Berat Dirawat di RSUD Ciamis

Diberitakan sebelumnya, kecelakaan maut mobil pick up terjun ke jurang terjadi di Jalan Raya Sukamantri-Panjalu, Sukamantri, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, Senin (8/8/2022). Kecelakaan tersebut mengakibatkan delapan orang tewas dan sembilan lainnya luka-luka.

Kedelapan korban tewas itu antara lain, Alimudin, Elis Erlinda. Mohamad Faris, Ade Enis, dan Rapidin. Mereka merupakan satu keluarga, yang tinggal di Blok Selasa, Desa Burujul Wetan, Kecamatan. Tiga korban tewas lainnya yaitu, Mohamad Romli asal Desa Tolengas, Kabupaten Sumedang; almarhum Yudi, warga Blok Rabu, Desa Burujul Wetan, dan Akbar, asal Desa Ranji Wetan, Kecamatan, Jatiwangi. Sedangkan tiga korban luka berat, salah satu di antaranya Epeng, sopir pick up, masih dirawat di RSUD Ciamis.

Sementara, korban luka ringan sudah diperbolehkan pulang setelah mendapatkan perawatan di Puskesmas Sukamantri.[aw]

Aep

0 Komentar

Tinggalkan Komentar


Cancel reply

0 Komentar


Tidak ada komentar

Berita Lainnya


Wapres Ma'ruf: Optimalkan Teknologi dalam Mitigasi
Agus Mulyana Optimistis Timnas Menang Lawan Korsel
SAH! Prabowo-Gibran Presiden & Wapres 2024-2029
Bey Ingin Sumedang Kembali Jadi Paradijs van Java
Bonus Demografi Sumber Daya Pembangunan Produktif

Editorial



    sponsored links