blog counter

Daftar Pemain


    Editorial


      Hot News


      Jadwal Liga


        BORNEO FC VS PERSIB BANDUNG: Bangkit di Laga Tandang

        • Minggu, 7 Agustus 2022 | 12:59:00 WIB
        • 0 Komentar


        BORNEO FC VS PERSIB BANDUNG: Bangkit di Laga Tandang
        Borneo FC kontra Persib Bandung pada laga Pekan 3 Liga 1 2022-2023 di Stadion Segiri, Samarinda, Minggu (7/8/2022) sore. (net)

        JuaraNews, Samarinda - Tim Persib Bandung bakal melakoni laga tandang Pekan 3 Liga 1 2022-2023 kontra Borneo FC di Stadion Segiri, Samarinda, Minggu (7/8/20220) sore.

        Pada laga nanti, Maung Bandung menargetkan meraih kemenangan. Target meraih kemenangan kali ini lebih menggebu dibanding laga-laga tandang biasanya. Pasalnya, Maung Bandung menuai hasil negatif pada 2 laga awal Liga 1 musim ini. Marc Klok dan kawan-kawan hanya mengemas 1 poin dari 6 poin maksimal yang bisa diraih. Akibatnya, Persib terpuruk di peringkat 16 atau berada di zona degradasi klasemen sementara.


        Pelatih Persib Robert Rene Alberts tak mau timnya kembali kehilangan poin pada laga ketiga ini, agar Maung Bandung bisa memperbaiki posisinya di papan klasemen. Karena itu, 3 poin menjadi harga mati bagi Maung Bandung pada laga nanti.


        “Di awal musim kami gagal meraih poin penuh dan ini laga penting bagi kami untuk memastikan bisa pulang dengan mambawa poin dari Samarinda," ungkap Robert dalam sesi konferensi pers jelang laga di Samarinda, Sabtu (6/8/2022).


        Namun 67 tahun ini mengakui, target yang ditetapkannya tersebut bukanlah hal mudah untuk diwujudkan. Karena lawan yang dihadapi merupakan tim kuat saat bermain di kandang dengan disaksikan langsung pada pendukungnya di stadion. Pada Pekan 1, tim asuhan Pelatih Milomir Seslija tersebut sukses membungkam juara Piala Presiden 2022, Arema FC dengan skor 3-0. Ia menilai, laga nanti pun bakal berlangsung ketat hingga tidak mudah untuk meraih poin si Segiri.


        Robert memprediksi laga yang dimulai pukul 16.00 WIB tersebutbakal belangsung sengit dan ketat. Robert berkaca pada laga-laga sebelumnya saat Maung Bandung bertandang ke markas Borneo. Apalagi pada laga nanti, dipastikan tim tuan rumah bakal mendapat dukungan penuh para fans yang akan memenuhi stadion. Berbeda dengan saat lawatan sebelumnya ke markas Bhayangkara FC yang justru lebih banyak dihadiri bobotoh; Karena itu, Robert menilai tak akan mudah bagi timnya untuk meraih kemenangan di Stadion Segiri, sekalipun Persib bakal menurunkan full team.


        "Ketika kami pergi ke Borneo dalam beberapa tahun terakhir, kita tahu jalannya laga selalu ketat. Pertandingannya berjalan dengan intensitas tinggi, meski kami turun dengan kekuatan penuh tapi ini akan tetap sulit,” ujar Robert.


        Namun pelatih asal Belanda ini tak gentar menghadapi Borneo di hadapan pendukungnya. Borneo sendiri, menurutnya, selalu tampil perkasa di markasnya. Untuk itu, timnya akan tampil maksimal untuk meraih kemenangan. Tiga poin wajib diraih agar bisa bangkit dari papan bawah.


        “Jadi kami harus merebut poin sebab tidak boleh terpaut angka jauh dari tim di posisi empat besar pada putaran pertama. Kami tahu misi apa yang sedang diburu, mental kami harus siap, kami juga tentu saja harus kuat secara fisik di sana,” tandas Robert.


        Robert sendiri lebih optimistis menghadapi laga nanti. Ia sudah mempersiapkan timnya secara maksimal, apalagi kali ini sejumlah pemain pilar sudah bisa dimainkan. Seperti Febri Hariyadi, Ricky kambuaya, dan Teja Paku Alam yang diharapkan bisa memberikan kontribusi pada tim Maung Bandung pada laga kandang kedua tersebut. Kendati masih ada pemain kuncil lainnya yang tidak dibawa serta, seperti Ciro Alves dan Bechkam Putra Nugraha.


        “Di tim kami ada beberapa pemain kembali, kekuatan kami semakin bertambah. Ada peningkatan dari keinginan pemain meraih untuk hasil positif. Nampak ada atmosfer positif dalam sesi latihan. Kami tahu Borneo FC adalah tim bagus dan sulit dikalahkan tapi kami siap menghadapinya,” pungkas pelatih 67 tahun tersebut.


        Kendati demikian, Robert mengaku, pasukannya sangat antusias menatap laga nanti. Anak-anak asuhnya pun akan bermain habis-habisan untuk membawa pulang tiga poin ke Bandung. Robert menegaskan tidak ada alasan bagi timnya untuk kembali melepaskan kemenangan.


        “Kami melihat ke depan untuk bisa tampil dalam laga yang menarik besok, kami akan berusaha melakukan yang terbaik untuk memastikan pulang ke Bandung dengan tiga poin,” pungkas Robert.

         

        Amankan Poin di Kandang
        Dari kubu tuan rumah, Pelatih Borneo FC Milomir Seslija menilai, Persib merupakan lawan  kuat yang selalu mengakhiri musim di papan atas. Pada Liga 1 musim lalu, Maung Bandung sendiri menempati posisi runner-up hingga berhak tampil di Piala APC 2023. Karena itu, Coach Milo menaruh hormat kepada anak-anak asuh Robert Alberts tersebut.


        Namun, menurut pelatih asal Bosnia itu, timnya sudah mengantisipasi ancaman Persib, untuk mengamankan pon di kandang, di hadapan pendukungnya sendiri.

        "Saya tahu, beberapa pemain (Persib) yang cedera sudah kembali. Persib adalah tim yang selama 3 sampai 5 tahun terakhir selalu berada di posisi 4 Besar. Mereka masih punya pemain naturalisasi. Tapi kami tidak peduli soal itu. Kami akan bermain di kandang dan mungkin melakukan sedikit perubahan agar bisa bermain lebih baik," ungkap Milo.


        Pada kesempatan berbeda, Asisten Pelatih Miftahudin Mukson mengungkapkan, sama seperti timnya, Persib pun dipastikan menargetkan kemenangan pada laga nanti. Ia pun menilai lawan yang dihadapi bukanlah tim sembarang, sehingga diprediksi laga akan berlansung alot.


        Kendati saat ini berada di papan bawah, namun menurutnya, Persib tidak bisa dianggap enteng. Pasukannya harus tetap mewaspadai kekuatan Maung Bandung. Karena Marc Klok dan kawan-kawan akan termotivasi untuk bangkit dan tampil habis-habisan setelah kehilangan 5 poin atau hanya meraih 1 poin di 2 laga awal.


        "Semua tahu sejarah dan prestasinya Persib. Tapi dalam sepak bola, hanya tim yang paling siap di lapangan akan memenangkan pertandingan," ujar Miftahudin dalam sesi konferensi pers jelang laga di Samarinda, Sabtu (6/8/2022).


        Untuk mewujudkan target tersebut, tim pelatih menginstruksikan skuat Pesut Etam untuk menggempur sejak menit awal, agar Persib tidak bisa mencuri poin. "Melawan Persib kami main di kandang sendiri. Kami akan bermain maksimal sejak menit awal sampai akhir, untuk memastikan kemenangan," tandasnya.


        Kondisi Borneo sendiri sedikit lebih baik dibanding Maung Bandung. Dua pemain asingnya, Javlon Guseynov dan Jonathan Bustos sudah bisa diturunkan kembali menghadapi Persib. Namun tim Pesut Etam masih belum bisa menurunkan gelandang senior Sultan Samma yang harus menjalani perawatan beberapa hari ke depan, setelah mengalami cedera engkel di bagian belakang kaki kirinya.


        Asisten Pelatih Miftahudin Mukson mengaku, kehilangan Sultan dalam beberapa pertandingan jelas sangat merugikan. Pasalnya, Sultan bisa berperan di beberapa posisi. Karena itu, Miftah sangat berharap Bustos benar-benar pulih sehingga bisa mengisi posisi yang ditinggalkan Sultan.


        “Sekarang kami berharap Bustos benar-benar pulih agar kami dari tim pelatih bisa memaksimalkan pemain yang ada,” tegasnya.

         

        Persib Unggul dalam Statistik Pertemuan
        Dalam sejarah pertemuan kedua tim, Persib lebih dominan dari Borneo, setidaknya dalam 15 laga terakhir sejak 2015 lalu. Dari 15 laga tersebut, Persib unggul dibanding Borneo. Maung Bandung berhasil memenangi 7 laga, sedangkan Borneo unggul dalam 4 laga, dan 4 laga lainnya berakhir dengan hasil imbang.


        Dalam 5 pertemuan terakhir pun Persib lebih unggul, dengan catatan tak pernah kalah. Persib menang 3 kali, dan 2 laga lainnya berakhir imbang. Pada pertemuan terakhir di Liga 1 2021-2022, Persib menang 1-0. Borneo sendiri terakhir mengalahkan Persib pada Leg 1 Piala Indonesia 2019, dengan skor 2-1. Dari 15 laga tersebut, Persib pun unggul dalam urusan mencetak gol. Di luar gol penalti, Persib mencetak 19 gol, sedangan Pesut Etam 16 gol. Sedangkan untuk posisi di papan klasemen, Borneo unggul dengan menempati peringkat 8 dengan raihan 3 pon, sementara Persib di posisi 17 dengan 1 poin.



        Head to Head
        18 Januari 2022                Liga 1 2022-2023        Borneo FC 0-1 Persib Bandung
        23 September 2021          Liga 1 2021-2022        Persib Bandung 0-0 Borneo FC
        11 Desember 2019           Liga 1 2019                   Borneo FC 0-1 Persib Bandung
        14 August 2019                 Liga 1 2019                   Persib Bandung 2-2 Borneo FC
        4 Mei 2019                         Piala Indonesia             Persib Bandung 3-2 Borneo FC
        24 April 2019                     Piala Indonesia             Borneo FC 2-1 Persib Bandung
        17 September 2018          Liga 1 2018                   Borneo FC 0-1 Persib Bandung
        21 April 2018                     Liga 1 2018                   Persib Bandung 3-1 Borneo FC
        8 November 2017             Liga 1 2017                   Borneo FC 2-1 Persib Bandung9
        20 Mei  2017                     Liga 1 2017                    Persib Bandung 2-2 Borneo FC
        5 Maret 2017                     Piala Presiden 2017    Persib Bandung 2-1 Borneo FC (pen, 3-5)            
        2 Maret 2017                     Piala Presiden 2017    Borneo FC 2-1 Persib Bandung
        14 Desember 2016          TSC 2016                       Persib Bandung 1-0 Borneo FC
        7 Mei 2016                        TSC 2016                       Borneo FC 0-0 Persib Bandung
        27 November 2015          Piala Sudirman             Persib Bandung 0-2 Borneo FC

        5 Laga Terakhir Borneo FC
        30 Juli 2022                 Liga 1 2022-2023               Barito Putera 3-1 Borneo FC
        24 Juli 2022                 Liga 1 2022-2023               Borneo FC 3-0 Arema FC
        17 Juli 2022                 Piala Presiden 2022           Borneo FC 0-0 Arema FC
        14 Juli 2022                 Piala Presiden 2022           Arema FC 1-0 Borneo FC
        11 Juli 2022                 Piala Presiden 2022           Borneo FC 4-0 PSS Sleman


        5 Laga Terakhir Persib Bandung
        30 Juli 2022                  Liga 1 2022-2023              Persib Bandung 1-3 Madura United
        24 Juli 2022                  Liga 1 2022-2023              Bhayangkara FC 1-1 Persib Bandung
        1 Juli 2022                    Piala Presiden 2022          PSS Sleman 1-1 Persib Bandung (pen 4-2)
        21 Juni 2022                Piala Presiden 2022           Bhayangkara FC 0-1 Persib Bandung
        17 Juni 2022                Piala Presiden 2022           Persebaya Surabaya 1-3 Persib Bandung
         

        Perkiraan Susunan Pemain
        Borneo FC (4-2-3-1)
        Angga Saputro; Muhammad Fajar Fathurrahman, Agung Prasetyo, Diego Michiels, Irsan Rahman Lestaluhu; Hendro Siswanto, Kei Hirose, Ahmad Nur Hardianto; Matheus dos Santos, Terens Puhiri, Stefano Lilipaly
        Cadangan: Shahar Ginanjar; Indra Mustafa, M Rifad Marasabesi, Wildansyah, Arya Putra Gerryan L, Sihran H Amarullah, Javlon Guseynov, Jonathan Bustos, Wahyu Setiawan Hamisi, M Andy Harjito, M Hambali Tolib
        Pelatih: Milomir Seslija


        Persib Bandung (4-3-3)
        Teja Paku Alam; Rachmat Irianto, Nick Kuipers, Daisuke Sato, Zalnando; Marc Anthony Klok, Ricky Kambuaya, Erwin Ramdani; Frets L Butuan, Ezra Walian, David da Silva
        Cadangan: I Made Wirawan, Reky Rahayu;  Bayu M Fiqri, Achmad Jufriyanto, Kakang Rudianto, Dedi Kusnandar; Arsan Makarim, David Kevin Rumakiek, Abdul Aziz Lufti Akbar, Robi Darwis, Febri Hariyadi
        Pelatih: Robert Rene Alberts. (*)

        jn

        0 Komentar
        Tinggalkan Komentar
        Cancel reply
        0 Komentar
        Tidak ada komentar
        Berita Lainnya
        Setelah Libur 3 Hari, Persib Kebut Latihan jelang El-classico kontra Persija
        Duet Da Silva-Ciro Alves Makin Padu, Tren Kemenangan Persib Berlanjut
        Hajar Barito Putera 5-2, Persib Raih Kemenangan Ketiga Beruntun
        PERSIB BANDUNG VS BARITO PUTERA: Lanjutkan Tren Kemenangan
        Patah Tulang Bahu, Erwin Ramdani Terancam Absen Bela Persib hingga Akhir Putaran 1 Musim Ini
        Berita Terdahulu

        Data Statik Covid-19


        DATA COVID-19 INDONESIA

        😷 Positif:

        😊 Sembuh:

        😭 Meninggal:

        (Data: kawalcorona.com)

        Ads


        Klasemen Liga Indonesia

        Tim M Point
        1 Madura United 10 23
        2 PSM Makassar 9 21
        3 Bali United 10 21