free hit counter code DPRD Jabar Harap Pupuk Olahan KPSBU Dapat Digunakan Pada Tingkat Sekolah - JuaraNews Inspirasi Semangat Muda web stats service from statcounter

Editorial


    Hot News


    • Bawa Pulang Voucher Belanja
      Bawa Pulang Voucher Belanja
      • 28 Maret 2024 | 15:15:00 WIB

      BANK bjb terus melakukan inovasi berupa program yang memberikan kemudahan dan keuntungan bagi nasabah.

    Opini


      DPRD Jabar Harap Pupuk Olahan KPSBU Dapat Digunakan Pada Tingkat Sekolah

      DPRD Jabar Harap Pupuk Olahan KPSBU Dapat Digunakan Pada Tingkat Sekolah

       

      JuaraNews, Bandung - Komisi II DPRD Jawa Barat mengapresiasi Koperasi Peternak Sapi Bandung Utara (KPSBU) Lembang Kabupaten Bandung Barat yang memiliki jam terbang yang sudah lama, karena itu menentukan pengalaman dalam menjalankan roda organisasi sebagai koperasi.

       

      Anggota Komisi II DPRD Jawa Barat, Abdul Muiz menyebut, koperasi ini berpotensi dapat lebih baik lagi dimasa yang akan datang, berkaitan dengan kebijakan krusial dan juga produk yang di hasilkan oleh KPSBU itu sendiri.

       

      Selain itu, Koperasi ini juga bisa menjadi pilot project dalam pengelolaan secara keseluruhan. Dengan jumlah anggota yang sudah banyak hingga mencapai 7000 anggota dapat diindikasikan bahwa koperasi ini sehat.

       

      “Pencapaian ini sangat berdampak positif khususnya bagi keanggotaan KPSBU, terlebih bagi peternak yang juga sekaligus sebagai anggota koperasi yang banyak mendapatkan keuntungan secara organisasi,” ujar Abdul Muiz di KPSBU Lembang, Kabupaten Bandung Barat.

       

      Dirinya menambahkan, hal lain yang berpotensi untuk dikembangkan yakni pemanfaatan produk olahan KPSBU berupa pupuk yang dapat dikerjasamakan dengan lingkungan pemerintah Provinsi Jawa Barat sesuai dengan kewenangannya, misalnya untuk mendorong seluruh SMK/SMA di Jabar agar menggunakan pupuk dari KPSBU tersebut.

       

      “Bukan soal bisnisnya tetapi lebih kepada pendekatan pemberdayaan ekonomi yang berbasis koperasi. Tentunya diharapkan akan berdampak signifikan terhadap perekonomian di Jawa Barat,” katanya.

       

      Sektor lainnya, lanjut dia, yang menjadi kendala bagi KPSBU ialah ketersediaan lahan untuk pakan ternak sangat terbatas. Karena itu, dirinya mendorong pemerintah daerah untuk mewujudkan lahan yang dibutuhkan, hal ini memerlukan koordinasi dan pendataan lintas lembaga yang harus dikaji lebih luas agar semua mendapatkan manfaat dari hasil kerja sama tersebut.

       

      “Sehingga kedepan para peternak dapat meningkatkan produksi produk susu yang dihasilkan, atau produk lain dari peternakan sapi seperti biogas dan sebagainya,” tandasnya. (*)

       

      bas

      0 Komentar

      Tinggalkan Komentar


      Cancel reply

      0 Komentar


      Tidak ada komentar

      Berita Lainnya


      Komisi V: Program TOSS Bisa Jadi Role Model
      Pembangunan Terminal Cikarang Harus Dikebut
      DPRD Jabar Terima Studi Banding BK DPRD Jambi
      Sekwan Jabar Ajak Pegawai Rutin Terapkan Eco Green
      DPRD Harap Sinergitas Barnas Adjidin Dengan Dewan