blog counter

Daftar Pemain


    Editorial


      Hot News


      Jadwal Liga


        PERSEBAYA SURABAYA VS PERSIB BANDUNG: Amankan Posisi Runner-up, Jaga Asa Juara



        PERSEBAYA SURABAYA VS PERSIB BANDUNG: Amankan Posisi Runner-up, Jaga Asa Juara

        JuaraNews, Gianyar  - Persib Bandung akan kembali melakoni laga krusial dalam meniti tangga juara Liga 1 2021-2022, Sabtu (19/3/2022) malam.


        Kali ini lawan yang dihadapi dalam 'final' ketiga pada Pekan 32 di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar tersebut adalah Persebaya Surabaya. Persib wajib menyapu bersih poin pada 3 laga sisa jika ingin tetap menjaga asa meraih gelar juara Liga 1 di akhir musim nanti.


        Namun sebelum meraih trofi juara, target paling dekat Maung Bandung adalah mengamankan posisi runner-up. Dan hanya dengan mengalahkan tim Bajul Ijo, kedua target Persib tersebut bisa tercapai sekaligus.


        Jika berhasil memenangi laga ke-32 ini, raihan nilai Persib menjadi 69 poin. Dengan jumlah poin tersebut, dipastikan Persib tak akan terkejar oleh para pesaingnya untuk menempati posisi 2. Bukan hanya Persebaya yang bakal tersingkir dari perburuan runner-up, tapi juga 2 tim lainnya, yakni Bhayangkara FC dan Arema FC. Karena dengan sisa 2 laga, poin maksimal Persebaya hanya 65. Sedangkan bagi BFC dan Arema sekalipun menyapu bersih 3 laga sisa, poin maksimalnya hanya 68 dan 67.


        Selain bakal memastikan posisi runner-up, tambahan poin bagi Persib bakal tetap menjaga peluang meraih trofi juara karena poinnya akan menyamai pemuncak klasemen Bali United yang baru akan melakoni laga ke-32  pada Senin (21/3/2022) mendatang menghadapi Madura United. Dengan demikian, untuk tampil sebagai juara, Persib tinggal berharap Bali terpeleset di 2 laga.


        Tapi sebaliknya, jika kalah oleh Persebaya, peluang jadi juara makin menipis. Selain itu, Persib harus bersaing kembali dengan 3 rivalnya untuk meraih titel runner-up yang pada musim depan bakal berkiprah di kompetisi level Asia.


        Berdasarkan regulasi AFC, juara Liga 1 2021-2022 akan menjadi wakil Indonesia di babak play-off regional timur Liga Champions Asia 2023/2024. Sedangkan runner-up akan langsung lolos ke fase grup AFC Cup musim depan, sementara posisi 3 masuk sebagai standby club di kompetisi AFC Cup.


        Pelatih Persib Robert Rene Alberts pun memastikan, semua pemainnya siap bermain maksimal.


        Ia menegaskan, pasukannya akan tampil habis-habisan untuk membalas kekalahan 0-3 di Putaran I. Robert mengaku, hasil pertemuan pertama musim ini dengan Bajul Ijo masih membuatnya sakit. Apalagi, ketika itu Persib mendominasi permainan selama 60 menit.


        "Kami masih merasakan sakit ketika putaran pertama, bagaimana gol tercipta setelah kami bermain bagus hampir 60 menit. Statistik juga memperlihatkan itu (Persib unggul). Tapi karena kelengahan kami, Persebaya bisa memanfaatkan itu. Saat itu, kami tidak punya cukup waktu membalikkan keadaan. Besok adalah waktunya kami membalikkan keadaan," kata Robert dalam konferensi pers virtual jelang laga, Jumat (18/3/2022).


        Selain membalas kekalahan, pelatih asal Belanda ini punya misi Persib harus tetap menunjukan ambisi meraih titel juara, dan mengunci poisis runner-up.


        "Kemenangan ini juga akan menunjukkan bagaimana track kami untuk meraih gelar titel masih terbuka. Selanjutnya, dengan mengunci kemenangan pada laga besok, jelas kita mengunci posisi kedua karena tidak akan terkejar lagi oleh tim lainnya yang ada di bawah kami," tandas Robert.


        Namun pada laga nanti, Coach Robert takkan bisa menurunkan Ezra Walian yang terkena hukuman akumulasi kartu. Beruntung David da Silva yang absen pada laga sebelumnya lawan Madura United karena cedera, sudah pulih dan bisa kembali dimainkan. Demikian pula dengan Bruno Cantanhede yang sempat cedera saat lawan MU, dipastikan sudah bugar.



        Dengan demikian, Robert bisa kembali menduetkan kedua striker asal Brasil tersebut. "David terlihat ada kemajuan tapi dia masih ada dalam penanganan. Ini terlihat cukup positif untuk David," kata Robert.

         

        Robert merasa perlu menurunkan Da Silva untuk bisa memetik kemenangan, karena ia adalah mantan pemain Persebaya.


        "Akan menarik jika David bisa bermain untuk menghadapi mantan timnya. Semua tahu, ketika ada pemain bertanding melawan mantan timnya, dengan segala alasan, bisa meningkatkan performa mereka," ucapnya.

         

        Main Habis-habisan demi Tampil di Level Asia

        Dari kubu lawan, Persebaya pun bertekad meraih kemenangan agar bisa menjaga peluang tampil di level Asia. Setelah dipastikan tersingkir dari persaingan juara, kini Pelatih Persebaya Aji Santoso menyasar target antara, yakni merebut posisi runner-up.


        Dengan sisa 3 laga, Perbaya sendiri masih berpeluang finis di peringkat 3 bahkan kedua, dengan syarat bisa mengalahkan Persib. Selanjutnya, Persebaya harus memenangi 2 laga sisa, di lain pihak Persib menuai kekalahan di 2 laga berikutnya.


        "Yang pasti kita akan berjuang keras di 3 pertandingan terakhir. Masih ada kesempatan untuk finis di posisi ketiga atau kedua. Kita akan kejar itu," kata Aji Santoso dalam konferensi pers virtual jelang laga, Jumat (18/3/2022).


        Sayangnya menghadapi laga nanti, skuat Persebaya tak komplet. Bintang muda Marselino Ferdinan dipastikan absen karena akumulasi kartu kuning. Lalu Ricky Kambuaya diragukan bisa tampil karena mengalami cedera saat menghadapi Arema FC (23/2/2022).


        "Semua dalam keadaan baik kecuali Marsel tidak bisa main karena akumulasi kartu. Ricky Kambuaya belum ikut latihan, kami lihat semoga besok," ujar Aji Santoso.


        Untuk merealisasikan misi kemenangan ini, Aji telah menyiapkan timnya. Ia memantapkan taktikal permainan anak-anak asuhnya sebelum menghadapi duel klasik, termasuk menyiapkan pengganti Marselino Ferdinan.


        "Kita kuatkan di sisi taktik. Waktu yang agak longgar juga kita berikan kesempatan pemain untuk recovery," ungkap mantan pelatih timnas Indonesia tersebut.


        "Untuk pengganti Marsel yang pasti kita sudah menyiapkan antisipasi," sambungnya.


        Rekor Pertemuan Berimbang
        Sementara iti dari rekor pertemuan, kedua tim relatif sama kuat dan saling mengalahkan. Dari 13 pertemuan terakhir, Persib dan Persebaya masing-masing memenangkan 6 laga, sementara 1 laga berakhir dengan hasil imbang. Dari 13 laga tersebut, kedua tim pun sama kuat dalam urusan mencetak gol, dengan catatan 25 gol dilesakkan masing-masing tim.



        Pada pertemuan terakhir pada Pekan 16 lalu, Persib kalah 0-3 oleh Persebaya di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Rabu (8/12/2021) malam. Tiga gol tim Bajul Ijo dicetak Taisei Marukawa menit 57 dan 90+1, serta Bruno Moreira Soares menit 70.



        Dari hasil 5 laga terakhir, kedua tim juga berimbang. Baik Persib maupun Persebaya tidak terkalahkan, dengan memenangi 4 laga dan sekali imbang. Namun dari jumlah gol yang dilesakkan, Persib lebih produktif dengan mencetak 11 gol dan kebobolan 6 gol atau selisih +5. Sedangkan Persebaya memasukkan  6 gol dan kemasukan 3 gol.

         

        Head to Head
        8 Desember 2021          Liga 1 2021-2022        Persib Bandung 0-3 Persebaya Surabaya    
        11 April 2021                  Piala Menpora 2021        Persib Bandung 3-2 Persebaya Surabaya
        18 Oktober 2019             Liga 1 2019                   Persib Bandung 4-1 Persebaya Surabaya
        5 Juli 2019                      Liga 1 2019                   Persebaya Surabaya 4-0 Persib Bandung
        7 Maret 2019                  Piala Presiden 2019        Persib Bandung 2-3 Persebaya Surabaya
        20 Oktober 2018             Liga 1 2019                   Persib Bandung 1-4 Persebaya Surabaya
        26 Juli 2018                    Liga 1 2019                   Persebaya Surabaya 2-3 Persib Bandung
        6 September 2015           Piala Presiden 2015        Persib Bandung 2-0 Persebaya Surabaya
        22 Oktober 2014             ISL                                Persib Bandung 3-1 Persebaya Surabaya
        14 Oktober 2014             ISL                                Persebaya Surabaya 1-1 Persib Bandung
        19 Desember 2013          Piala Gubernur Jatim       Persib Bandung 0-1 Persebaya Surabaya
        14 Februari 2010             ISL                                Persebaya Surabaya 2-1 Persib Bandung
        23 Januari 2010              ISL                                Persib Bandung 4-2 Persebaya Surabaya

        5 Laga Terakhir Persebaya Surabaya
        10 Maret 2022        Persebaya Surabaya 1-0 Persik Kediri
        6 Maret 2022          Persita Tangerang 1-1 Persebaya Surabaya
        28 Februari 2022   Madura United 1-2 Persebaya Surabaya
        23 Februari 2022   Persebaya Surabaya 1-0 Arema FC
        19 Februari 2022   Persiraja Banda Aceh 0-1 Persebaya Surabaya

        5 Laga Terakhir Persib Bandung
        13 Maret 2022        Persib Bandung 3-2 Madura United
        9 Maret 2022           Arema FC 1-2 Persib Bandung
        5 Maret 2022           Persib Bandung 3-1 Persiraja Banda Aceh
        1 Maret 2022           Persija Jakarta 0-2 Persib Bandung
        25 Februari 2022    Persib Bandung 1-1 Persela Lamongan


        Perkiraan Susunan Pemain
        Persebaya Surabaya (4-3-1-2)
        Ernando Ari Sutaryadi; Ady Setiawan,
        Alie Sesay, Reva Adi Utama, Arif Satria; Muhammad Hidayat, M Alwi Slamat; Bruno Moreira Soares, Taisei Marukawa, Arsenio Jermaine Cedric, Rizky Ridho Ramahani

        Cadangan: Andhika Ramadhani; Syamsul Arif, Rendi Irwan Saputra, Moch Supriadi, Rachmat Irianto, Franc Rikhart Sokoy, Koko Ari Araya,
        Muhammad Hambali Tolib, Akbar Frimansyah, Jose Wilkson Teizeira Rocha.

        Pelatih: Aji Santoso


        Persib Bandung (4-4-2)
        Teja Paku Alam; Henhen Herdiana, Victor Igbonefo, Nick Kuipers, Ardi Idrus; Erwin Ramdani, Marc Klok, Mohammed Rashid, Beckham Putra; David da Silva, Bruno Cantanhede

        Cadangan: Muhammad Natshir; Supardi Nasir, Achmad Jufriyanto, Bayu M Fiqri, Zalnando, Dedi Kusnandar, Abdul Aziz, Abdul Aziz, M Syafril Lestaluhu, Puja Abdillah, Esteban Vizcarra, Febri Hariyadi, Frets Butuan

        Pelatih: Robert Rene Alberts. (*)

        den

        0 Komentar
        Tinggalkan Komentar
        Cancel reply
        0 Komentar
        Tidak ada komentar
        Berita Lainnya
        Syafril Lestaluhu Akhirnya Tinggalkan Persib
        Latihan Digelar 16 Mei, 3 Pemain Asing Segera Merapat ke Bandung
        Gantikan Deden Natshir, Fitrul Ambil Alih Nomor Pungung 1 Persib
        Persib Targetkan Datangkan Pemain Asing Asia sebelum Latihan Perdana Digelar
        Pindah ke Persib, David Rumakiek Tetap Kenakan Nomor Punggung 18
        Berita Terdahulu
        Lebaran Fraksi PKB Jawa Barat
        Iklan Lebaran Pemkot Bandung

        Data Statik Covid-19


        DATA COVID-19 INDONESIA

        😷 Positif:

        😊 Sembuh:

        😭 Meninggal:

        (Data: kawalcorona.com)

        Ads


        Klasemen Liga Indonesia

        Tim M Point
        1 Bali United 34 75
        2 Persib Bandung 34 69
        3 Bhayangkara FC 34 66