free hit counter code Hubungkan Pantai Pangandaran dan Batuhiu, Pemprov Jabar Bakal Bangun Jembatan Karang Tirta - JuaraNews Inspirasi Semangat Muda web stats service from statcounter
Hubungkan Pantai Pangandaran dan Batuhiu, Pemprov Jabar Bakal Bangun Jembatan Karang Tirta
(humas pemprov jabar) Gubernur Jabar Ridwan Kamil saat meresmikan Alun-alun Pangbagea yang lokasinya tepat berada di depan kantor Pemkab Pangandaran, Minggu (20/2/2022).

Hubungkan Pantai Pangandaran dan Batuhiu, Pemprov Jabar Bakal Bangun Jembatan Karang Tirta

  • Minggu, 20 Februari 2022 | 21:11:00 WIB
  • 0 Komentar

JuaraNews, Pangandaran – Pemprov Jabar berencana membangun jembatan yang akan menghubungkan Pantai Pangandaran dengan Batuhui di kawasan Karang Tirta, Kabupaten Pangandaran.

 

Gubernur Jabar Ridwan Kamil mengungungkapkan, pada tahun ini Pemprov mengelontorkan anggaran Rp85 miliar untuk pembangunan jembatan yang diberi nama Jembatan Karang Tirta.

 

"Tahun ini, Pemprov juga gelontorkan Rp85 miliar untuk pembangunan jembatan di Karang Tirta menyambungkan Pangandaran-Batu Hiu yang selama ini harus mutar jauh," ungkap Emil di sela-sela peresmian Alun-alun Pangbagea yang berlokasi i depan kantor Pemkab Pangandaran, Minggu (20/2/2022).

 

Bahkan jembatan tersebut akan didesain khusus oleh Kang Emil menggunakan ornamen-ornamen yang istimewa. "Saya ikut terlibat, pokoknya bagus, ada ornamen-ornamen yang membuat istimewa. Inilah rasa sayang dan dukungan kepada Pangandaran," ujar Emil.

 

Nama Pangbagea sendiri diambil dari akronim Pangandaran, Bagja, Endah, dan Asri yang diberikan oleh Gubernur Ridwan Kamil. "Saya kasih nama Pangbagea, yang artinya bahagia atau rindu," ucap Emil.

 

Emil mengatakan, Alun-alun Pangbagea menjadi pusat pemerintahan Kabupaten Pangandaran yang membanggakan. Menurutnya, kebanggaan sebuah daerah yaitu memiliki Alun-alun yang menjadi ikon. Apalagi Pangandaran merupakan daerah pemekaran paling bungsu di Jabar.

 

"Pelan-pelan sebagai kabupaten pemekaran paling bungsu di Jabar harus lengkap pusat pemerintahannya, karena kebanggaan sebuah daerah salah satunya ada di wajah alun-alunnya," ujar Emil.

 

Dari sejumlah alun-alun yang sudah diresmikan di sejumlah daerah, Emil menilai Alun-alun Pangbagea merupakan yang termegah. Dibangun dari anggaran bantuan keuangan Pemprov Jabar senilai Rp24 miliar selama 2 tahun, Pangbagea memiliki 2 lantai.

 

"Sudah lebih dari 13 alun-alun yang kita resmikan dan itu bantuan dari Provinsi dan yang ini (Alun-alun Pangbagea) salah satu yang paling megah dan besar," ungkapnya.

 

Alun-alun yang berada di Kecamatan Parigi tersebut memiliki fasilitas jogging track, taman bermain, ampiteater, pelataran pandang, area hijau, area UMKM, foodcourt, area parkir dan lapangan upacara. Lantainya juga istimewa menggunakan pola lantai yang mencerminkan ombak yang didesain langsung oleh Kang Emil.

 

"Ini desain dari saya pake pola lantai yang mencerminkan ombak, tidak garis-garis seperti Alun-alun lain," sebutnya.

 

Sebelum diresmikan Gubernur, Alun-alun Pangbagea sudah dibuka untuk kegiatan. Emil pun berpesan kepada masyarakat untuk tetap menjaga protokol kesehatan.

 

"Saya dengar dari Pak Bupati, (Alun-alun)  sudah jadi kebanggaan masyarakat dan sudah dipakai untuk kegiatan publik. Saya titip uang rakyat harus kembali ke rakyat maka harus penuh dengan kegiatan asal prokes," tuturnya. (*)

jn

0 Komentar

Tinggalkan Komentar


Cancel reply

0 Komentar


Tidak ada komentar

Berita Lainnya


Agus Mulyana Optimistis Timnas Menang Lawan Korsel
SAH! Prabowo-Gibran Presiden & Wapres 2024-2029
Bey Ingin Sumedang Kembali Jadi Paradijs van Java
Bonus Demografi Sumber Daya Pembangunan Produktif
Target Angka Penurunan Stunting  Masih Jauh

Editorial



    sponsored links