blog counter

Daftar Pemain


    Editorial


      Hot News


      Jadwal Liga


        BORNEO FC VS PERSIB BANDUNG: Misi Kembali ke Jalur Kemenangan

        • Selasa, 18 Januari 2022 | 07:29:00 WIB
        • 0 Komentar


        BORNEO FC VS PERSIB BANDUNG: Misi Kembali ke Jalur Kemenangan

        JuaraNews, Gianyar – Tim Persib Bandung bertekad memperbaiki penampilannya di ajang Liga 1 2022 dengan meraih kemenangan pada laga Pekan 20 kontra Borneo FC di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Selasa (18/1/2022) petang.

         

        Tekad tersebut dicanangkan Pelatih Persib Robert Rene Alberts agar Maung Bandung bisa tetap berada di papan atas klasemen sementara Liga 1. Saat memasuki Pekan 19, Persib berada di puncak klasemen dengan raihan 37 poin. Kendati poinnya sama dengan Arema FC dan Bhayangkara FC, skuat Maung Bandung berada di puncak karena unggul selisih gol.

         

        Namun pada laga ke-19, Persib kalah 0-1 dari Bali United hingga akhirnya posisi Maung Bandung merosot ke peringkat 4 karena di pekan bersamaan, Arema, Bhayangkara, dan Persebaya Surabaya  berhasil mengalahkan lawan-lawannya. Arema dan Bhayangkara total mengoleksi 40 poin, diikuti Persebaya dengan 39 poin. Bahkan memasuki Pekan 20, Persib turun lagi ke peringkat 5, disalip Bali United yang pada laga ke-20 sukses menekuk Persita Tangerang 1-0, hingga mengoleksi 38 poin.

         

        Upaya Persib ke puncak klasemen pun lumayan berat, karena akan bersaing ketat dengan 4 tim lainnya, yakni Arema, Bhayangkara, Persebaya, dan Bali United. Saat ini, Persib sendiri terpaut 4 poin dari pemimpin klasemen sementara Arema FC yang mengoleksi 41 poin setelah pada laga ke-20 bermain imbang 0-0 dengan PSIS Semarang.

         

        Usai Operasi Jantung, Robert Rene Alberts Bahas Rencananya bersama Persib  Halaman all - Kompas.com

        Pelatih Persib Robert Rene Alberts 

         

        Coach Robert Alberts pun menegaskan, timnya masih dalam jalur persaingan untuk meraih trofi juara pada akhir musim nanti. Karena itu, Robert mencanangkan misi kemenangan saat timnya berhadapan dengan Borneo FC, agar Persib bisa tetap berada di papan atas dan menjaga peluang meraih gelar juara.

         

         

        "Latihan sudah berjalan dengan baik sejauh ini. Kami bertekad untuk mengumpulkan 3 poin besok, karena itu (kemenangan) akan mempertahankan kami di papan atas. Kami masih dalam persaingan untuk menjadi juara yang merupakan target kami," ungkap Robert dalam sesi konferensi pers virtual jelang laga, Senin (17/1/2022).

         

        "Pemenang Liga tidak ditentukan sekarang tetapi di akhir dan kami ingin terus melaju. Kami percaya pada diri sendiri, kami harus melakukan yang lebih baik karena kami harus memenangkan pertandingan," ucapnya.

         

        Robert mengatakan, pada pemainnya akan bertarung habis-habisan untuk kembali ke jalur kemenangan, selain ingin kembali ke posisi puncak klasemen. Dia pun berharap, semua yang telah dipersiapkan dalam latihan bisa berjalan dengan baik pada laga nanti. "Karena kami punya keinginan kuat untuk mendapatkan tiga poin, kami terpacu untuk terus ada di papan atas," tegas Robert.

         

        "Karena jika melihat jadwal, tim sesama penghuni papan atas akan saling bertemu dalam waktu dekat dan banyak hal mungkin terjadi," imbuhnya.

         

        Robert menyadari misi kemenangan yang dicanangkanya tersebut bukanlah hal mudah dilakukan. Pasalnya Borneo sedang dalam performa yang meningkat, belum terkalahkan pada 3 laga terakhir. Borneo mampu mengumpulkan 8 poin dari 5 laga terakhirnya. Pada laga terakhir, Borneo FC berhasila mengalahkan Barito Putera 2-0. Saat ini, Borneo berada di posisi 7 dengan 30 poin.

         

        “Borneo tim yang punya tren bagus belakangan ini. Mereka melakukan banyak passing dan bergerak dengan penguasaan bola yang sangat bagus," kata pelatih berpaspor Belanda ini.

         

        Hasil berbeda dialami Persib yang menelan kekalahan pada laga terakhir dari Bali United. "Inilah sepak bola. Kadang sesuatu tak berjalan sesuai dengan yang diinginkan dan Anda harus menerimanya. Kita tahu kami tidak bisa memenangi pertandingan itu. Jadi, kami harus menjalani pertandingan ini dengan lebih baik," tegasnya.

         

        Namun Robert menegaskan, timnya takkan ciut menghadapi situasi tersebut. Dia mengaku sudah mengantongi kelemehan tim asuhan Pelatih Risto Vidakovic Savic tersebut. “Tapi mereka juga kelemahan dan tentu itu menjadi hal yang ingin kami manfaatkan,” tandas Robert.

         

        "Kami terus berjalan dan percaya terhadap kemampuan yang kami miliki. Tentu, kami harus bermain lebih baik karena itu menjadi cara untuk memenangi pertandingan. Tapi jika tidak (menang), kami akan memperbaikinya lagi," imbuhnya.

        Robert Alberts pun percaya diri menghadapi laga nanti, karena sudah bisa kembali menurunkan gelandang kreatif Marc Klok dan bek kiri Ardi Idrus, yang absen pada laga sebelumnya kontra Bali United. Kendati pada laga nanti, Robert harus kehilangan Achmad Jufriyanto yang baru sembuh dari cedera dan Zalnando yang terkena hukuman akumulasi kartu kuning.

         

        "Zalnando harus menepi padahal ia bermain dengan sangat baik di laga kemarin menghadapi striker yang sangat bagus. Namun dengan kembalinya Marc juga Ardi tampak terlihat cukup bagus (untuk tim)," tandasnya.

         

        Selain hadirnya Klok dan Ardi, pelatih 67 tahun ini pun menilai duet striker barunya, David da Silva dan Bruno Cantanhede semakin padu. Duo Brasil itu beradaptasi dengan baik bersama rekan-rekannya selama di Bali. Da Silva hanya butuh mencetak 1 gol agar bisa kembali ke puncak penampilannya sebagai gol getter.

         

        “Kedua penyerang asing juga sudah semakin menyesuaikan diri setelah berada lebih dari 2 pekan bergabung, saya rasa terlihat bagus,” ucapnya.

         

        Pelatih Borneo FC Turut Bersimpati atas Insiden Kiper Persik - INDOSPORT

        Pelatih Borneo FC Risto Vidakovic 

         

        Berharap Ulangi Kesuksesan di Laga Sebelumnya

        Dari kubu lawan, Pelatih Risto Vidakovic  pun menargetkan kemenangan saat menghadapi Persib. Menurut Risto, kemenangan atas Barito Putera pada laga sebelumnya menjadi modal yang sangat bagus untuk menghadapi Maung Bandung.

         

        Dia berharap, saat menghadapi Persib, para pemainnya bisa mereplikasi permainan saat mengalahkan Barito Putera sehingga poin penuh bisa diamankan. "Saya harap kami bisa bermain dengan baik dan tidak ada yang perlu dikhawatirkan. Jika kami bermain seperti kemarin kami bisa menang," ucap Risto dalam sesi konferensi pers virtual jelang laga, Senin (17/1/2022).

         

        Namun Risto agak mengeluhkan mepetnya waktu persiapan jelang laga kontra Persib. Tim Pesut Etam praktis hanya memiliki waktu persiapan 3 hari setelah menghadapi Barito Putera, Jumat (14/1/2022).

         

        "Tidak banyak waktu untuk persiapan, karena kami kemarin main, kami hanya bisa pemulihan dan ini hari pertama kami untuk latihan taktik," ujar Risto.

         

        Kendati demikian, pelatih asal Bosnia tersebut tak mau menjadikannya sebagai alasan Borneo tidak tampil maksimal. Dia memastikan, pasukannya siap bertanding dan bakal memberikan permainan terbaiknya.

         

        "Memang tidak ada waktu yang cukup untuk persiapan, tapi pemain sudah tahu bagaimana rencana kami apalagi mereka memiliki motivasi tinggi, kami pasti persiapan untuk berjuang besok," katanya.

         

        Soal kekuatan lawan, Risto menyebut tim Persib memiliki lini serang yang bagus. Selain itu, Persib, memiliki keunggulan para pemain yang memiliki kecepatan dan kekuatan. "Persib adalah tim kuat dengan beberapa pemain depan yang cepat dan kuat. Di lini manapun, mereka kuat,” jelas Risto.

         

        "Tetapi mereka juga harus mengantisipasi kami karena kami bermain baik di laga sebelumnya," sambungnya.

         

        Skor Kacamata Warnai Laga Persib Vs Borneo FC-0

        Marc Klok saat memperkuat Persib menghadapi Borneo FC pada laga Pekan 4 Liga 1 2021-2022 di Stadion Indomilk Arena, Tangerang, Banten, 23 September 2021. Pada pertemuan pertama tersebut, laga berakhir dengan skor imbang 0-0. 

         

        Imbang dalam Statistik Pertemuan

        Dalam sejarah pertemuan kedua tim, Persib dan Borneo sendiri relatif seimbang, setidaknya dalam 14 laga terakhir sejak 2015 lalu. Dari 12 laga tersebut, kedua tim masing-masing berhasil memenangi 5 laga, dan 4 laga lainnya berakhir dengan hasil imbang.

         

        Pertemuan terakhir kedua pada Putaran 1 Liga 1 2021-2022 yang digelar di Stadion Indomilk Arena Tangerang pada 23 September 2021 lalu, juga berakhir dengan hasil imbang 0-0.

         

        Dari 14 laga tersebut, kedua tim juga mencetak gol dengan jumlah yang relatif sama, yakni 21. Di luar gol penalti pada Semifinal Piala Presiden 2017, dengan skor 5-3 untuk keunggulan Borneo, di laga dengan menit normal, Persib mencetak 18 gol, sedangan Pesut Etam dengan 16 gol.

         

        Persib sendiri pernah kalah menyakitkan oleh Borneo, saat disingkirkan di ajang Piala Presiden 2017 dan Piala Indonesia 2019.

         

        Di ajang Piala Presiden 2017, Persib tersingkir oleh Borneo di babak Semifinal. Maung Bandung gagal melangkah ke final, setelah dikalahkan Borneo FC dalam drama adu penalti di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, 5 Maret 2017 lalu. Maung Bandung sebenarnya mampu mengakhiri laga Babak II dengan kemenangan 2-1 berkat gol yang dicetak Shohei Matsunaga pada menit 32 dan Atep menit 73. Sedangkan gol balasan tim tamu disumbangkan Dirkir Glay menit -53

         

        Namun hasil itu tak cukup mengantarkan Persib melangkah ke partai puncak turnamen pramusim tahunan tersebut.  Pasalnya, Leg 1 di Stadion Segiri, 2 Maret 2017, juga berakhir dengan skor 2-1 untuk kemenangan Pesut Etam. Agregat 3-3 mengharuskan pertandingan untuk dilanjutkan melalui babak tambahan waktu 2x15 menit, yang berakhir tanpa terjadinya gol hingga laga harus diselesaikan dengan adu penalti.

         

        Dalam adu penalti, 5 eksekutor Pesut Etam mampu menundukkan kiper I Made Wirawan. Sementara dari 4 eksekutor Persib, Kim Jeffrey Kurniawan gagal menaklukkan penjaga gawang Wawan Hendrawan.  Skor 5-3 pun membuat Persib harus mengakui keunggulan Borneo FC di kandang sendiri dan terhenti di semifinal.

         

        Sementara di Piala Indonesia 2019, Persib tunduk oleh Borneo pada babak Perempat Final. Pada leg 2 pada 4 Mei 2019 yang merupakan laga debut bagi Robert Rene Alberts, Persib menang tipis 3-2. Namun kemenangan tersebut tak cukup mengantarkan Maung Bandung menuju Semifinal, karena pada Leg 1 sebelumnya pada 24 April 2019, Persib kalah 1-2, hingga agregat menjadi 4-4. Namun Borneo berhak melaju ke babak selanjutnya karena unggul gol tandang.

         

        Head to Head

        23 September 2021           LIGA 1 2021-2022         Persib Bandung 0-0 Borneo FC

        11 Desember 2019            LIGA 1 2019                  Borneo FC 0-1 Persib Bandung

        14 August 2019                 LIGA 1 2019                  Persib Bandung 2-2 Borneo FC

        4 Mei 2019                       Piala Indonesia               Persib Bandung 3-2 Borneo FC

        24 April 2019                    Piala Indonesia               Borneo FC 2-1 Persib Bandung

        17 September 2018           LIGA 1 2018                   Borneo FC 0-1 Persib Bandung

        21 April 2018                    LIGA 1 2018                   Persib Bandung 3-1 Borneo FC

        8 November 2017             LIGA 1 2017                    Borneo FC 2-1 Persib Bandung

        20 Mei  2017                    LIGA 1 2017                    Persib Bandung 2-2 Borneo FC

        5 Maret 2017                    Piala Presiden 2017         Persib Bandung 2-1 Borneo FC (pen, 3-5)             

        2 Maret 2017                    Piala Presiden 2017         Borneo FC 2-1 Persib Bandung

        14 Desember 2016            TSC 2016                       Persib Bandung 1-0 Borneo FC

        7 Mei 2016                       TSC 2016                       Borneo FC 0-0 Persib Bandung

        Piala Sudirman                  27 November 2015         Persib Bandung 0-2 Borneo FC

         

        5 Pertandingan  Terakhir Borneo FC

        14 Januari 2022               Barito Putera 0-2 Borneo FC

        8 Januari 2022                 Borneo FC 1-1 Persik Kediri

        14 Desember 2021           Madura United 2-2 Borneo FC

        10 Desember 2021           Borneo FC 1-2 Arema FC

        5 Desember 2021             Persiraja Banda Aceh 0-2 Borneo FC

         

        5 Pertandingan  Terakhir Persib Bandung

        13 Januari 2022               Persib Bandung 0-1 Bali United

        7 Januari 2022                 Persib Bandung 1-0 Persita Tangerang

        12 Desember 2021           Persik Kediri 0-1 Persib Bandung

        8 Desember 2021             Persib Bandung 0-3 Persebaya Surabaya

        4 Desember 2021             Madura United 0-1 Persib Bandung

         

        Perkiraan Susunan Pemain

        Borneo FC (3-4-2-1)

        Gianluca Claudio Pandeynuwu; Marckho Sandi Merauje, Wildansyah, M Rifad Marasabessy; Hendro Siswanto, Leo Guntara, Terens Puhiri, Jonathan Ezequiel Bustos, Wahyudi Setiawan Hamisi, Wawan Febrianto; Fransisco Filho

        Pelatih: Risto Vidakovic Savic  

        Persib Bandung (4-4-2)

        Kecewa Karena Kalah, Pelatih Persib Ajak Pemainnya Segera Ban - GenPI.co  JABAR

        Teja Paku Alam; Ardi Idrus, Victor Igbonefo, Nick Kuipers, Henhen Herdiana; Marc Klok, Mohammed Rashid, Febri Hariyadi, Bechkam Putra Nugraha; David da Silva, Bruno Cunha Cantanhede

        Cadangan: Muhammad Natshir; Supardi Nasir, Mario Jardel, Bayu M Fiqri, Indra Mustafa, Dedi Kusnandar, Esteban Vizcarra, Frets Butuan, Ezra Walian, Abdul Aziz, Syafril Lestaluhu, Erwin Ramdhani

        Pelatih: Robert Rene Alberts. (*)

        den

        0 Komentar
        Tinggalkan Komentar
        Cancel reply
        0 Komentar
        Tidak ada komentar
        Berita Lainnya
        Sudah Pulih dari Cedera, Victor Igbonefo Bakal Diturunkan Persib hadapi Persija di Laga El-classico
        Setelah Libur 3 Hari, Persib Kebut Latihan jelang El-classico kontra Persija
        Duet Da Silva-Ciro Alves Makin Padu, Tren Kemenangan Persib Berlanjut
        Hajar Barito Putera 5-2, Persib Raih Kemenangan Ketiga Beruntun
        PERSIB BANDUNG VS BARITO PUTERA: Lanjutkan Tren Kemenangan
        Berita Terdahulu
        KBB

        Data Statik Covid-19


        DATA COVID-19 INDONESIA

        😷 Positif:

        😊 Sembuh:

        😭 Meninggal:

        (Data: kawalcorona.com)

        Ads


        Klasemen Liga Indonesia

        Tim M Point
        1 Madura United 10 23
        2 PSM Makassar 9 21
        3 Bali United 10 21