Hot News


Opini


  • Urgensi Perubahan RTRW Jawa Barat
    Urgensi Perubahan RTRW Jawa Barat

    TERKAIT penataan ruang, amanat Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2020 Tentang Cipta Kerja memang berbeda dengan amanat UU 26 Tahun 2007 Tentang Penataan Ruang.

    Dramatis, Tekuk Singapura 4-2, Indonesia Maju ke Final Piala AFF 2020

    • Sabtu, 25 Desember 2021 | 22:30:00 WIB
    • 0 Komentar


    Dramatis, Tekuk Singapura 4-2, Indonesia Maju ke Final Piala AFF 2020
    Egy Maulana Fikri dan rekan-rekannya merayakan gol keempat Indonesia ke gawang Singapura pada Leg 2 Semifinal Piala AFF 2020 di National Stadium, Singapura, Sabtu (25/12/2021) malam. (pssi)

    JuaraNews, Singapura – Timnas Indonesia memastikan lolos ke partai final Piala AFF 2020 setelah pada babak Semifinal berhasil mengalahkan Singapura dengan agregat 5-3.

     

    Kepastian lolosnya tim Merah Putih diperoleh setelah pada Leg 2 yang digelar di National Stadium, Singapura, Sabtu (25/12/2021) malam, menekuk Singapura dengan skor 3-2. Agregat menjadi 4-3 untuk kemenangan Indonesia setelah pada Leg 1, Rabu (22/12/2021) lalu, kedua tim bermain imbang 1-1.

     

    Kemenangan Irfan Jaya dan kawan-kawan atas The Lions pada pertemuan kedua ini tidak diperoleh dengan mudah. Indonesia harus bersusah payah memenangi laga, kendati sejak menit 70, Singapura harus bermain dengan 9 pemain, setelah 2 pemainya dikartumerah wasit. Bahkan kemenangan Indonesia diperoleh secara dramatis, karena baru terjadi di babak perpanjangan waktu.

     

    Pada Leg 2 ini, Indonesia sendiri unggul lebih dulu lewat gol Ezra Walian pada menit  11. Ezra berhasil menuntaskan umpan tarik Witan Sulaeman dari dalam kotak penalti.  Indonesia pun unggul 1-0.

     

    Memasuki masa injury time Babak I, Singapura harus bermain dengan 10 pemain, setelah Safuwan Baharudin dikartumerah oleh wasit Qasim Matar Ali Al Hatmi karena menerima kartu kuning kedua akibat melakukan protes keras seusai mendorong Rizky Ridho. Bermain dengan 10 pemain, justru Singapura bisa menyamakan kedudukan lewat Song Uiyoung, beberapa detik sebelu laga Babak I usai. Skor imbang 1-1 pun menjadi hasil akhir Babak I.

     

    Memasuki Babak II, Singapura harus bermain dengan 9 pemain, setelah bek Irfan Fandi giliran dikeluarkan wasit dengan kartu merah langsung setelah melanggar Irfan Jaya. Di pihak Indonesia sendiri, Pelatih Shin Tae-yong melakukan pergantian pemain. Memasuki menit 54, Hanis Saghara masuk menggantikan Ezra Walian. Lalu pada menit 65, 3 pemain langsung dimasukkan, yakni Elkan Baggott, Egy Maulana Vikri, dan Irfan Jaya menggantikan Rizky Ridho Ramadhani, Ricky Kambuaya, dan Ramai Rumakiek.

     

    Namun bermain 9 pemain, justru Singapura berhasil membalikkan keadaan menjadi 1-2, lewat gol tendangan bebas  Shahdan Sulaiman yang tak mampu diantisipasi Nadeo Argawinata pada menit 74. Skor pun berubah menjadi 1-2 untuk keunggulan Singapura.

     

    Memasuki menit-menit akhir Babak II, Indonesia sepertinya bakal kalah oleh Singapura. Namun Arhan Pratama menjadi penyelamat Indonesia lewat golnya pada menit 88 memanfaatkan bola rebound yang dilepaskan Egi Maulana. Skor pun menjadi imbang kembali 2-2.

     

    Beberapa saat sebelum laga normal usai, ketika laga Babak II hampir dipastikan berakhir imbang, Singapura mendapatkan hadiah penalti setelah wasit menilai Shahdan Sulaiman dijatuhkan oleh pemain Indonesia. Beruntung kiper Garuda, Nadeo Argawinata tampil sebagai pahlwan setelah mementahkan tendangan Faris Ramli yang mengarah ke kiri bawah gawang. Gawang Indonesia pun selamat dari kebobolan, dan Babak II pun harus berakhir dengan skor imbang 2-2 sehingga laga harus dilanjutkan dengan babak perpanjangan waktu 2x15 menit.

     

    Memasuki paruh pertama perpanjangan waktu, Indonesia langsung menggebrak pertahanan Singappura. Hasilnya laga baru berjalan 2 menit, Irfan Jaya berhasil merobek jala Singapura memanfaatkan kemelut di mulut gawang, dari tendangan Egy Maulana Fikri. Bola yang lepas dari tangkapan kiper Hassan Sunny, menghampiri Irfan Jayayang berada di sudut kanan gawang. Setelah terlebih dulu menyentuh kaki pemain belakang Singapura, bola pun menggelindik masuk ke gawang. Namun wasit menyatakan, gol tersebut diciptakan Irfan Jaya bukan hasil bunuh diri pemain lawan. Skor pun berubah menjadi 3-2 untuk keunggulan tim Merah Putih.

     

    Di sepanjang Babak I masa perpanjangan waktu, anak-anak Indonesia terus menggempur Singapura. Hasilnya, Egy Maulana menambah keunggulan pada menit 105 atau beberapa detik sebelum paruh pertama usai. Lagi-lagi memanfaatkan kemelut di mulut gawang yang berawal dari tendangan penjuru Evan Dimas, Egy menyontek bola dengan kaki kanan merobek jala Singapura untuk kali keempat. Skor menjadi 4-2 untuk keunggulan Indonesia.

     

    Unggulan 4-2 tidak menyusutkan langkah para Garuda untuk menambah skor. Memasuki 15 menit kedua, Egy bersama Evan Dimas dan Irfan Jaya terus melakukan serangan gencar ke pertahanan Singapura.  Memasuki menit 119 atau 1 menit jelang laga usai, Egy mendapatkan peluang menambah skor. Namun gerakan solorun Egy di depan kotak penalti dijegal kiper Hassan Sunny, yang berujung kartu merah untuk kiper Singapura tersebut. Posisi Hassan pun akhirnya digantikan penyerang  Singapura, Irshan Afandi. Laga pun berakhir untuk kemenangan Indonesia 4-2.

     

    Kemenangan di Leg 2 ini, otomatis mengantarkan Indonsia ke partai final, setelah sebelumnya bermain imbang 1-1 pada Leg 1, Rabu (22/12/2021) lalu. Dengan demikian agregat menjadi 5-3 untuk keunggulan Indonesia.  Bagi Indonesia, ini merupakan partai final ke-6 di ajang Piala AFF. Sebelumnya Indonesia sudah 5 kali masuk final, yakni pada tahun 2000, 2002, 2004, 2010, dan 2012, Namun dari 5 kali laga final tersebut, Indonesia selalu gagal meraih trofi Piala AFF.

     

    Di partai final Piala AFF 2020, Indonesia tinggal menunggu lawan dari Semifinal 2 antara Thailand kontra Vietnam. Pada Leg 1, Kamis (23/12/2021) lalu, Thailand menang 2-0 atas Vietnam. Kedua tim akan kembali bertemu pada Leg 2 yang juga merupakan laga penentu, Minggu (26/12/2021) besok.

     

    Susunan Pemain

    Indonesia (5-4-1)

    Nadeo Argawinata; Asnawi Mangkualam, Fachruddin Aryanto, Alfeandra Dewangga/Kadek Agung (107), Rizky Ridho Ramadhani/Elkan Baggott (65), Pratama Arhan; Witan Sulaeman, Rachmat Irianto/Evan Dimas  (94), Ricky Kambuaya/Egy Maulana Vikri (65), Ramai Rumakiek/Irfan Jaya (65); Ezra Walian/Hanis Saghara (54)

    Pelatih: Shin Tae-yong

     

    Singapura (5-4-2)

    18-Hassan Sunny (KM); Zulqarnaen Suzliman/Nazrul Nazari (94), Irfan Fandi (KM), Safuwan Baharudin (KM), Hami Syahin/Shawal Anuar (60), Nur Adam Abdullah/Tajeli Salamat (94); Song Ui-young/Amirul Adli (70), Hariss Harun, Shahdan Sulaiman, Hafiz Nor/Faris Ramli (60); Amy Recha

    Pelatih: Tatsuma Yoshida. (*)

    jn

    0 Komentar
    Tinggalkan Komentar
    Cancel reply
    0 Komentar
    Tidak ada komentar
    Berita Lainnya
    Imbang 2-2 lawan Thailand di Leg 2 Final, Indonesia Gagal Juarai Piala AFF 2020
    PIALA AFF 2020, THAILAND VS INDONESIA: Menunggu Keajaiban
    Dibantai Thailand 4-0 di Leg 1, Juara Piala AFF 2020 jadi Mission Impossible bagi Indonesia
    Ini Susunan Pemain Indonesia vs Thailand
    Tampil sebagai Starter, Egy Maulana Vikri Siap Kerja Keras Kalahkan Thailand
    Berita Terdahulu

    Editorial


      Iklan DPRD KBB Hari Pahlawan 2021

      Jadwal Liga


        Data Statik Covid-19


        DATA COVID-19 INDONESIA

        😷 Positif:

        😊 Sembuh:

        😭 Meninggal:

        (Data: kawalcorona.com)

        Ads


        Klasemen Liga Dunia

        Tim M Point
        1. Manchester City 22 56
        2. Chelsea 22 43
        3. Liverpool 20 42
        4. West Ham United 21 37
        Tampilkan Detail

        Klasemen Liga Indonesia

        Tim M Point
        1 Bhayangkara FC 20 43
        2 Arema FC 20 41
        3 Persib Bandung 20 40