free hit counter code Banyak Desa di Jabar Belum Mengajukan Dana Bangdes - JuaraNews Inspirasi Semangat Muda web stats service from statcounter
Banyak Desa di Jabar Belum Mengajukan Dana Bangdes
bas Wakil Ketua DPRD Jabar, Ade Ginanjar

Banyak Desa di Jabar Belum Mengajukan Dana Bangdes

  • Selasa, 7 Desember 2021 | 13:51:00 WIB
  • 0 Komentar

 

JuaraNews, Bandung - DPRD Jabar terus mensosialisasikan program bantuan pembangunan desa (Bangdes). Pasalnya, saat ini masih banyak Desa di Jabar belum mengajukan Bangdes.


Wakil Ketua DPRD Jabar, Ade Ginanjar mengatakan Bangdes merupakan program baru dari Pemprov Jabar untuk menyalurkan dana desa yang di peruntukan untuk pembangunan infrastruktur Desa.


"Karena Bangdes ini program baru. Semisal di Kabupaten Garut saja baru 5 Desa yang lolos dapat bantuan Bangdes," kata Ade saat kegiatan reses di Kabupaten Garut, pekan lalu.


Legislator Partai Golkar ini menyebutkan, dana pembangunan infrastruktur sebelumnya diatur di dana Desa dan dana Inprastruktur Pedesaan (IP) tidak tercover dengan maksimal. Maka dari, kata Ade diharapkan dengan program Bangdes semua dana bantuan dapat optimalkan dengan baik.

 

Menurutnya, proses usulan melalui Bangdes ini tidak seperti IP atau dana Desa, dimana harus mengajukannya semua secara rinci terutama terkait dengan Rincian Anggaran Biaya (RAB).


"Jadi tidak seperti IP yang tanpa diusulkan keluar dengan sendirinya sudah menjadi kewajiban pemerintah provinsi memberikan dana IP besarnya 130 juta per tahun di masing-masing desa," tandasnya.


Ade menambahkan, salah satu kendala masih banyaknya yang belum mengajukan dana Bangdes, selain program baru juga banyak Desa yang belum memahami tahapan-tahapan pengajuannya yang dilakukan secara online melalui sistem pemerintahan daerah (sipd).


"Belum mengusai bagaimana menggunakan SIPD karena sipd di provinsi baru tahun ini di berlakukannya. Jangankan Desa banyak Kabupaten/Kota Bapeda masih kesulitan di dalam menyusun sipd secara online itu yang terjadi di lapangan saat sekarang ini," tutupnya. (*)

bas

0 Komentar

Tinggalkan Komentar


Cancel reply

0 Komentar


Tidak ada komentar

Berita Lainnya


Bey Ingin Sumedang Kembali Jadi Paradijs van Java
Bonus Demografi Sumber Daya Pembangunan Produktif
Target Angka Penurunan Stunting  Masih Jauh
Bey Machmudin Lantik Tiga Penjabat Kepala Daerah
Legislator Minta Permasalah RKB Segera Diatasi

Editorial



    sponsored links