Daftar Pemain


    Editorial


      Hot News


      Jadwal Liga


        PERSIB BANDUNG VS PSM MAKASSAR: Buru Kemenangan di Laga Terakhir Seri 1



        PERSIB BANDUNG VS PSM MAKASSAR: Buru Kemenangan di Laga Terakhir Seri 1

        JuaraNews, Bandung – Tim Persib Bandung bakal melakoni laga keenam atau terakhir di Seri 1 Liga 1 2021, kontra PSM Makassar di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang Kabupaten Bekasi, Sabtu (2/10/2021) mulai pukul 20.45 WIB.

         

        Maung Bandung pun bertekad menutup seri pertama ini dengan kemenangan. Untuk meraih target tersebut, Robert Alberts sudah melakukan evaluasi dan pembenahan dalam latihan selama yang digelar selama sepekan ini, setelah hanya meraih hasil imbang pada 3 laga terakhir Maung Bandung. Pada 2 laga awal, Persib sendiri meraih poin penuh 6, sehingga total mengolesi 9 poin dan bertengger di posisi 4 klasemen sementara Liga 1.

         

        Robert Alberts pun tak hanya menginginkan kemenangan, tapi juga permainan atraktif untuk menghibur bobotoh yang akan menyaksikan laga dari rumah. "Saya harap, kami bisa memenuhi target lebih dari sekadar 3 poin. Persiapan yang kami lakukan sejauh ini sudah berjalan dengan baik selama sepekan ini," kata Robert dalam jumpa pers jelang laga, yang digelar secara virtual, Jumat (1/10/2021).

         

        Robert persikabo 27092021 barly

        Pelatih Persib Bandung Robert Alberts saat mendampingi timnya menghadapi Persiabo 1973 pada laga Pekan 5 Liga 1 2021, Senin (27/9/2021). (foto;persib.co.id) 

        Kemenangan pun akan kembali menaikkan posisi Persib di papan klasemen. Jika menang Maung Bandung berpotensi naik ke posisi runner-up sembari berharap Bali United yang hanya unggul 2 poin, tumbang di Pekan 6 ini.

         

        Kemenangan memang menjadi harga mati bagi Persib pada nanti. Jika kembali bermain imbang, apalagi sampai kalah, maka tekanan dari bobotoh dipastikan akan semakin kuat. Sayangnya komposisi tim Maung Bandung tidak lengkap. Nick Kuipers dan Victor Igbonefo dipastikan absen karena hukuman akumulasi kartu kuning dan dipanggil Tim Nasional Indonesia.

         

        Robert pun telah menyiapkan pemain pengganti bagi kedua pemain tersebut, yakni Indra Mustafa dan Achmad Jufriyanto. Robert juga membuka peluang untuk memainkan Supardi Nasir sebagai bek tengah. Meski berposisi naturalnya bek kanan, Supardi sempat bermain sebagai center bek beberapa musim lalu.

         

        "Jadi kami akan menurunkan line up berbeda lagi di lini belakang dengan dua bek tengah baru," kata Robert.

         

        "Supardi menjadi salah satu opsi. Kami masih punya satu kesempatan latihan lagi dan kami akan melihat itu pada sesi latihan terakhir sebelum mengambil keputusan siapa yang akan bermain di posisi bek tengah. Tetapi Supardi menjadi salah satu opsi tentunya. Karena dia saat ini merupakan pemain paling berpengalaman di tim," papar Robert.

         

        Absennya Kuipers dan Igbonefo juga dimaknai Robert sebagai ajang pembuktian bagi kedalaman skuatnya. "Saya rasa ini akan menarik. Ini menjadi kesempatan kami menunjukkan kedalaman tim meski kehilangan 2 bek tengah adalah hal yang tidak terpikirkan sebelumnya," ucap Robert.

         

        "Di waktu yang bersamaan, ini menarik karena membuat kami memberi kesempatan bagi pemain lain untuk membuktikan kualitasnya dan menunjukkan tim ini tangguh pada semua departemen. Jadi saya melihat ke depan mengenai itu," sambungnya.

         

        Beruntungnya, di saat kehilangan 2 bek, Robert bisa kembali menurunkan 2 strikernya yang pada 2 laga sebelumnya absen, yakni Ezra Walian dan Geoffrey Castillion. Menurut Robert, hadirnya kedua pemain tersebut menjadi tambahan kekuatan untuk mendongkrak performa tim.

         

        "Ezra sudah mulai berlatih kembali yang mana itu hal positif. Geoffrey sudah dinyatakan fit oleh tim medis karena dia cukup lama absen dan bagus baginya bisa berlatih lagi. Namun sepertinya dia belum siap sepenuhnya," ujar.

         

        Robert sendiri menilai, PSM memiliki komposisi skuat yang cukup bagus. Baik itu lokal maupun beberapa pemain asing baru. Karena itu, pertandingan melawan PSM akan berjalan sangat menarik karena kedua kesebelasan sama-sama gagal meraih kemenangan di laga terakhir.

         

        “Lalu ada pemain asing baru yang bagus dan mereka bermain dengan solid. Jadi ini akan menjadi laga yang menarik,” katanya.

         

        Namun Robert lebih memilih fokus kepada persiapan Persib yang kini sedang berburu kemenangan. "Kami lebih fokus pada permainan tim sendiri. Fokus Persib sekarang adalah membuat hasil imbang menjadi kemenangan dan itu yang kami cari," pungkas Robert.

         

        Milomir Seslija Puji Sosok Boaz, Segera Gabung PSM Makassar? | Liga Olahraga

        Pelatih PSM Milomir Seslija saat memimpin latihan timnya dalam persiapan menghadapi laga di kompetisi Liga 1 2021. (foto: ligaolahraga.com)

         

        Lakukan Evaluasi, PSM Siap Curi 3 Poin dari Persib
        Dari kubu lawan, Pelatih PSM Milomir Seslija mengaku telah memetik pelajaran berharga dari kekalahan 0-2 timnya dari Barito Putera pada laga kelima. PSM sendiri saat ini mengolesi poin 8 dari hasil 2 kali menang serta 2 kali imbang, dan berada di peringat 5 berada tepat di bawah Persib. Milo pun mengklaim timnya kini sudah semakin baik.

         

        Milo mengungkapkan, anak asuhnya sudah sangat siap untuk menghadapi tim berjuluk Maung Bandung itu dan kini sedang dalam motivasi tinggi. Jika berhasil memenangi duel tersebut, PSM punya kans naik ke peringkat 3 yang saat ini dihuni PSIS yang mengisi posisi tersebut baru mengoleksi 9 poin, hanya berselisih 1 poin dengan Juku Eja.

         

        "Kami sudah belajar dari kesalahan sebelumnya. Kekalahan kemarin, itu sudah berlalu dan jadi pembelajaran untuk lebih baik. Kami punya motivasi yang sangat tinggi berkat bantuan dari manajemen dan suporter," ujar Milo dalam jumpa pers jelang laga, yang digelar secara virtual, Jumat (1/10/2021).

         

        Milo menyebutkan, motivasi yang besar akan sangat penting bagi para pemain untuk pertandingan nanti. Karena itu, Milo ingin Wiljan Pluim dan kawan-kawan terus memelihara motivasi itu hingga pertandingan berakhir.

         

        "Pada saat kami termotivasi kami akan merasa puas dengan apa yang kami lakukan dan kami akan merasakan energi yang besar dan kami tahu apa yang kami harus lakukan dan kami siap untuk itu," tandasnya.

         

        Secara komposisi pemain, Milo menilai Persib memang memiliki skuat yang sangat luar biasa. Mulai dari lini belakang hingga depan, kualitasnya cukup merata. Di bangku cadangan pun Persib memiliki barisan pemain yang sangat berkualitas. Karena itu, absennya Kuipers dan Igbonefo tidak menjadi keuntungan bagi timnya.

         


        Meski demikian, Milo mengingatkan para pemainnya untuk tidak takut dan gentar menghadapi Persib. Sebab dia yakin para pemain mampu bermain melebihi ekspektasi orang-orang selama ini.

         

        "Kami harus bangkit dan menekan diri kami sendiri memberikan usaha yang lebih dari batasan kami dan jika itu kami dapatkan dan kami siap untuk pertandingan. Kami harus dapat tiga poin. Kamk termotivasi, kami hormati mereka tapi kami tidak takut sama mereka. Kami akan mencoba untuk tidak hanya bertahan ketika melawan mereka," tegas Milo.

         


        Milo pun berharap kesalahan pada laga sebelumnya tidak terjadi kembali. Ketika timnya kalah 0-2 dari Barito, menurut Milo, PSM gagal memanfaatkan banyak peluang sehingga lawan mampu memanfaatkannya dengan sangat baik.

         

        "Di laga sebelumnya kami tidak mencetak gol karena kita tidak menggunakan kesempatan kita dan kita membuat kesalahan-kesalahan," katanya.

         

        Selain itu, Milo mengungkapkan pada pertandingan kontra Persib akan ada beberapa pemain yang diragukan tampil. Namun dia yakin, siapapun yang nantinya akan masuk ke starting line up, secara kualitas tidak akan berbeda dan PSM akan tetap bermain baik.

         

        "Saya pikir di tim kami sama, siapa yang diberikan kesempatan untuk bermain mereka akan memanfaatkan kesempatan itu," ucapnya.

         

        Akhiri Kompetisi, Persib Tekuk PSM Makassar 5-2

        Pertemuan terakhir Persib Bandung dengan PSM Makassar terjadi pada Putaran II Liga 1 2019 di Stadion Jala Harupat, Kabupaten Bandung, 22 Desember 2019 lalu. Persib memenangan laga dengan skor 5-2, dimana 4 gol di antaranya dicetak Ezechiel N'Doaussel. (foto: persib.co.id) 

         

        Head to Head
        22 Desember 2019 Liga 1 2019 Persib Bandung 5-2 PSM Makassar
        18 Agustus 2019 Liga 1 2019 PSM Makassar 3-1 Persib Bandung
        24 Oktober 2018 Liga 1 2018 PSM Makassar 1-0 Persib Bandung
        23 Mei 2018 Liga 1 2018 Persib Bandung 3-0 PSM Makassar
        26 Januari 2018 Piala Presiden 2018 Persib Bandung 0-1 PSM Makassar
        15 Oktober 2017 Liga 1 2017 PSM Makassar 2-1 Persib Bandung
        5 Juli 2017 Liga 1 2017 Persib Bandung 2-1 PSM Makassar
        6 Februari 2017 Piala Presiden 2017 Persib Bandung 1-0 PSM Makassar
        29 Oktober 2016 TSC 2016 PSM Makassar 2-2 Persib Bandung
        2 Juli 2016 TSC 2016 Persib Bandung 3-2 PSM Makassar
        30 Mei 2010 ISL 2009/2010 Persib Bandung 2-0 PSM Makassar
        14 Oktober 2009 ISL 2009/2010 PSM Makassar 2-1 Persib Bandung
        14 Februari 2009 ISL 2008/2009 Persib Bandung 0-0 PSM Makassar
        15 November 2008 ISL 2008/2009 PSM Makassar 1-1 Persib Bandung
        11 Agustus 2004 ISL 2004 Persib Bandung 3-0 PSM Makassar
        1 Februari 2004 ISL 2004 PSM Makassar 3-0 Persib Bandung

         

        5 Laga Terakhir Persib Bandung
        27 September 2021 Persikabo 1973 0-0 Persib Bandung
        23 September 2021 Persib Bandung 0-0 Borneo FC
        18 September 2021 Bali United 2-2 Persib Bandung
        11 September 2021 Persita Tangerang 1-2 Persib Bandung
        4 September 2021 Persib Bandung 1-0 Barito Putera. (*)

         

        5 Laga Terakhir PSM Makassar
        27 September 2021 PSM Makassar 0-2 Barito Putera
        23 September 2021 Persik Kediri 2-3 PSM Makassar
        18 September 2021 PSM Makassar 3-1 Persebaya Surabaya
        12 September 2021 Madura United 1-1 PSM Makassar
        5 September 2021 PSM Makassar 1-1 Arema FC

         

        Perkiraan Susunan Pemain

        Persib Bandung (4-4-2)
        Teja Paku Alam; Supardi, Achmad Jufriyanto, Ardi Idrus, Bayu M Fiqri; Marc Klok, Mohammed Rashid, Beckham Putra Nugraha, Febri Hariyadi; Wander Luiz, Ezra Walian

         


        PSM Makassar (3-4-2-1)
        Syaful; Zulkifli Syukur, Hasyim Kipauw, Erwin Gutawa; Abdul Rahman, Rasyid Assahid Bakri, Sutanto Tan, Willem Jan Pluim; Ilham Udin Armaiyn, Anco Jansen, Yakob Sayuri. (*)

         

        den

        0 Komentar
        Tinggalkan Komentar
        Cancel reply
        0 Komentar
        Tidak ada komentar
        Berita Lainnya
        Robert Alberts Bertekad Jadikan Persib Satu-satunya Tim Tak Terkalahkan
        Ini Hasil dan Jadwal Pertandingan serta Klasemen Liga 1 2021 hingga Pekan 9
        Wander Luiz Eksekusi Penalti, Ini Alasan Robert Alberts Palingkan Muka
        Cetak 2 Kali Brace, Rashid Top Skorer Sementara Persib
        Sebabkan Gawang Persib Kebobolan, Jupe Siap Perbaiki Kesalahan
        Berita Terdahulu
        Pos Indonesia kanan
        walikota

        Data Statik Covid-19


        DATA COVID-19 INDONESIA

        😷 Positif:

        😊 Sembuh:

        😭 Meninggal:

        (Data: kawalcorona.com)

        Ads


        Klasemen Liga Indonesia

        Tim M Point
        1 Bhayangkara FC 8 19
        2 PSIS Semarang 8 18
        3 Persib Bandung 8 16