free hit counter code Kenali Apa itu Pneumonia, Penyakit Yang Sering Menimpa Balita - JuaraNews Inspirasi Semangat Muda web stats service from statcounter
Kenali Apa itu Pneumonia, Penyakit Yang Sering Menimpa Balita
net Ilustrasi Penyakit Pneumonia

Kenali Apa itu Pneumonia, Penyakit Yang Sering Menimpa Balita

 

JuaraNews, Bandung - Pneumonia sampai saat ini masih merupakan penyebab terbesar kematian pada anak di bawah lima tahun atau Balita.


Guru Besar Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran Prof Dr Cissy B Kartasasmita, SpA(K), MSc, PhD mengatakan pada tahun 2013 diperkirakan pneumonia menyebabkan kematian 938.000 balita, yang merupakan 15% dari semua kematian balita, termasuk di Indonesia.


"Indonesia mendudukli tempat ke 8 kematian Balita karena pneumonia," katanya saat dalam Media Gathering bertajuk Ayo Imunisasi, STOP Pneumonia bersama Save the Children, Kamis (15/7/2021).


Prof Dr Cissy B Kartasasmita, mengatakan Pneumonia adalah penyakit infeksi saluran pernapasan bagian bawah


Menurutnya, Dengan adanya peradangan pada paru mengakibatkan tertimbunnya eksudat di paru paru , mengakibatkan gangguan pertukaran gas. "Akibatnya penderita akan me mengalami sesak napas," katanya.


Prof Dr Cissy B Kartasasmita menjelaskan, secara umum penderita pneumonia akan merasakan gejala, seperti demam, lemas, tak mau makan atau minum, kesadaran menurun, gejala saluran cerna.


Sementara itu gejala saluran napas penderita pneumonia, seperti batuk, napas cepat, merintih, cuping hidung kembang kempis, tarikan dinding dada, kebiruan sekeliling mulut , dan crackles saat di pasang stetoskop.


"Saturasi oksigen yang menurun (Sp02) juga bisa menjadi gejala pneumonia atau kematian akibat pneumonia pada anak,"


Cissy menyebutkan Anak dapat dilindungi dari pneumonia, dengan menghindari faktor risiko dan memberikan imunisasi. "Telah tersedia vaksin untuk mencegah Pneumonia, diantaranya PCV 13," tutupnya. (*)

bas

0 Komentar

Tinggalkan Komentar


Cancel reply

0 Komentar


Tidak ada komentar

Berita Lainnya


Wapres Ma'ruf: Optimalkan Teknologi dalam Mitigasi
Agus Mulyana Optimistis Timnas Menang Lawan Korsel
SAH! Prabowo-Gibran Presiden & Wapres 2024-2029
Bey Ingin Sumedang Kembali Jadi Paradijs van Java
Bonus Demografi Sumber Daya Pembangunan Produktif

Editorial



    sponsored links