free hit counter code Boikot Vaksin Ancam Herd Immunity, DPR Tanyakan Stok Vaksin di Indonesia - JuaraNews Inspirasi Semangat Muda web stats service from statcounter
Boikot Vaksin Ancam Herd Immunity, DPR Tanyakan Stok Vaksin di Indonesia
net Ilustrasi vaksin AstraZeneca

Boikot Vaksin Ancam Herd Immunity, DPR Tanyakan Stok Vaksin di Indonesia

JuaraNews--Menteri Kesehatan RI, Budi Gunadi Sadikin mengatakan Indonesia ada di ranking 8 dari 60 negara yang sudah melakukan vaksinasi.

Posisi Indonesia, menurutnya berada sedikit di bawah Jerman, Turki, Brazil, Inggris, India, dan Amerika. Namun saat ini dihadapkan pada tantangan paling besar dalam hal vaksinasi, yaitu ketersediaan vaksin.

"Ada lima negara yang memproduksi vaksin yaitu Amerika, China, India, Inggris, dan Rusia. Negara-negara ini menerapkan kebijakan untuk tidak mengeluarkan vaksin yang diproduksi di negaranya. Contoh AS, semua vaksin yang diproduksinya hanya boleh dipakai di AS saja. Inggris juga begitu," ungkap Menkes Budi Gunadi dalam rapat kerja Komisi IX DPR RI dengan Menteri Kesehatan, dalam keterangannya, Kamis (8/4/2021).

Sementara itu Wakil Ketua Komisi IX DPR Charles Honoris meminta penjelasan pemerintah soal pengadaan vaksin tersebut, mengingat ramainya isu pemboikotan vaksin oleh sejumlah negara produsen.

"Ramai dibicarakan soal kendala pengadaan vaksin khususnya astrazeneca. Komisi IX minta penjelasan ketersediaan vaksin Covid-19 untuk vaksinasi program pemerintah," kata Charles.

Menurutnya, larangan ekspor vaksin Covid-19 yang dilakukan beberapa negara sangat mengganggu ketersediaan vaksin di Indonesia. Padahal Indonesia saat ini sangat membutuhkan stok yang cukup untuk mengejar target herd immunity atau kekebalan kelompok.(*)

Oleh: atep kurniawan / tep

0 Komentar

Tinggalkan Komentar


Cancel reply

0 Komentar


Tidak ada komentar

Berita Lainnya


Sekretariat DPRD Jabar Gelar Halal Bihalal
Pentingnya Insan Perbankan Akan Bahaya korupsi
Ini Jalur Alternatif di Jabar saat Arus Balik
Dishub Jabar Siapkan Contra Flow Arus Balik
Ini 6 Penyakit yang Timbul saat Mudik Lebaran

Editorial



    sponsored links