free hit counter code Asam Lambung Ringan, Coba Obati dengan Ini - JuaraNews Inspirasi Semangat Muda web stats service from statcounter

Hot News


Opini


    Asam Lambung Ringan, Coba Obati dengan Ini

    Asam Lambung Ringan, Coba Obati dengan Ini

    • Jumat, 5 Februari 2021 | 23:30:00 WIB
    • 0 Komentar

     

    JuaraNews, Bandung – Gangguan asam lambung jangan dianggap sepela. Beberapa tokoh mengalami gangguan asam lambung dan cukup merepotkan. Tak sedikit yang berujung pada kematian.

     

    Penyakit asam lambung memiliki beberapa gejala, seperti sakit dada atau nyeri ulu hati, sulit menelan, mulut terasa asam atau pahit, mual dan muntah, serta kurang nafsu makan.

     

    Penyebabnya karena melemahnya katup antara kerongkongan bagian bawah dengan lambung.  Istilahnya dikenal dengan GERD. Beberapa hal dapat meningkatkan resiko GERD, di antaranya  kondisi medis tertentu, seperti radang kerongkongan, radang lambung, dan perlambatan gerakan lambung (gastroparesis).

     

    Kondisi lain adalah kelainan bawaan di lambung, seperti hernia hiatus dan gastroschisis. Faktor lain adalah obesitas dan kebiasaan merokok.

     

    Penyakit asam lambung yang bersifat ringan umumnya masih bisa ditangani sendiri di rumah. Berikut obat yang bisa digunakan untuk penyakit asam lambung.

    1. Jahe

    Jahe memiliki sifat antiradang yang secara alami dapat mengatasi nyeri ulu hati. Tanaman ini juga dapat mengatasi masalah pencernaan lain, seperti perut kembung dan mual. Untuk mengatasi gejala GERD, jahe diolah menjadi minuman hangat.

    1. Akar Manis

    Licorice atau disebut juga akar manis diketahui dapat meredakan gejala nyeri ulu hati atau heartburn akibat GERD. Ini berkat kandungan zat di dalam licorice yang bersifat antioksidan dan antiradang sehingga bisa mengurangi pembengkakan, peradangan, serta luka di lambung dan kerongkongan akibat peningkatan asam lambung.

     

    1. Teh chamomile

    Teh chamomile sering digunakan untuk meredakan nyeri perut dan ulu hati, mual dan muntah, serta secara tradisional dipercaya dapat mengatasi susah tidur. Ramuan herbal ini mungkin dapat menjadi cara alami dan efektif untuk mengurangi gejala GERD.

     

    Selain 3 jenis bahan alamai tadi, beberapa jenis makanan dapat dikonsumsi untuk meredakan gejala asam lambung, seperti sayuran hijau, Oatmeal dan roti gandum, buah-buahan manis, daging tanpa lemak.

    Yang perlu dihindari dalam pengobatan penyakit asam lambung adalah

    Hindari terlalu banyak mengonsumsi makanan atau minuman yang dapat memicu masalah pada asam lambung, seperti makanan pedas, cokelat, kopi, dan alkohol.

    • Hentikan kebiasaan merokok dan jauhi asap rokok.
    • Hindari memakai baju atau celana yang terlalu ketat karena dapat menekan lambung.
    • Cukupi waktu tidur, yaitu selama 7–9 jam setiap malam.
    • Tidur dengan posisi kepala dan dada lebih tinggi.

    (*)

    ude

    0 Komentar

    Tinggalkan Komentar


    Cancel reply

    0 Komentar


    Tidak ada komentar

    Berita Terkait


    Berita Lainnya


    Olahraga Efektif Mengatasi Lemak Pasca Lebaran
    Tiga Daerah Berbahaya yang Kuasai Ilmu Kesaktian
    Waspadai Penyakit Khas Pascalebaran
    Cintanya Agus Mulyana Pada Vespa Tak Sekedar Hobi
    Cegah Ancaman Kesehatan Pasca Lebaran, Lakukan Ini

    Editorial