free hit counter code Pemprov Jabar Segera Tindak Lanjuti Laporan Hasil Pemeriksaan BPK - JuaraNews Inspirasi Semangat Muda web stats service from statcounter
Pemprov Jabar Segera Tindak Lanjuti Laporan Hasil Pemeriksaan BPK
(humas pemprov jabar) Wagub Jabar Uu Ruzhanul Ulum saat menerima Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) BPK Perwakilan Jabar di Gedung BPK Perwakilan Jabar, Kota Bandung, Jumat (8/1/2021).

Pemprov Jabar Segera Tindak Lanjuti Laporan Hasil Pemeriksaan BPK

JuaraNews, Bandung - Wakil Gubernur Jabar Uu Ruzhanul Ulum mengatakan, Pemprov Jabar akan menindaklanjuti rekomendasi Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Perwakilan Jabar.

 

BPK Perwakilan Jabar menyerahkan LHP kepada Pemprov dan DPRD Jabar di Gedung BPK Perwakilan Jabar, Kota Bandung, Jumat (8/1/2021). Hasil koreksi dan rekomendasi yang diserahkan BPK terdiri dari tiga LHP.

 

Pertama, kepatuhan atas belanja infrastruktur Tahun Anggaran (TA) 2019 dan TA 2020. Kedua, kepatuhan atas penanganan pandemi Covid-19 tahun 2020. Terakhir, kinerja atas penanganan pandemi Covid-19 bidang kesehatan TA 2020.

 

“Saya mengucap syukur alhamdulillah hasil pemeriksaan BPK secara mayoritas dianggap baik. Sekalipun ada rekomendasi-rekomendasi karena memang tidak ada yang sempurna. Oleh karena itu, kami akan segera menindaklanjuti,” kata Wagub Uu.

 

“Kalau ini tidak segera ditindaklanjuti, kami khawatir akan terbawa lagi rekomendasinya pada tahun berikutnya, apalagi waktu (untuk menindaklanjuti LHP) hanya 60 hari dari penyerahan hari ini,” imbuhnya.

 

Wagub berharap anggaran tahun 2021 segera dilaksanakan. Tujuannya untuk mempercepat pemulihan ekonomi di Jabar.

 

“Harapan kami anggaran provinsi terealisasi, kabupaten/kota terealisasi, ekonomi Jabar akan segera bangkit,” ucapnya.

 

Uu pun mengapresiasi BPK Perwakilan Jabar yang mampu melaksanakan pemeriksaan TA 2019 dan 2020 dengan maksimal.

 

“Kami tidak mau rekomendasi hari ini disebutkan lagi di tahun yang akan datang,” katanya.

 

Ketua DPRD Jabar Taufik Hidayat pun mengapresiasi kinerja BPK Perwakilan Jabar. Menurutnya, pemeriksaan yang dilakukan BPK Perwakilan Jabar dalam rangka tata kelola pemerintahan yang baik dan bersih.

 

“LHP bidang belanja infrastruktur rutin setiap tahun, tapi terkait pandemi Covid-19, baru tahun ini,” kata Taufik.

 

Sementara itu, Kepala Perwakilan BPK Jabar Agus Khotib mengatakan, berdasarkan UU No 15 Tahun 2004 tentang Pemeriksaan Pengelolaan dan Tanggung Jawab Keuangan Negara, rekomendasi harus ditindaklanjuti selambat-lambatnya 60 hari setelah LHP diterima.

 

"Khusus DPRD, jika terdapat kekurangjelasan isi materi LHP dapat mengusulkan pertemuan konsultasi,” kata Agus.

 

“Besarnya manfaat dari pemeriksaan ini, tidak terletak pada temuan pemeriksaan yang dilaporkan atau rekomendasi yang dibuat, tetapi terletak pada efektivitas pimpinan Pemda dalam menindaklanjuti rekomendasi pemeriksaan,” imbuhnya. (*)

Oleh: ridwan / rid

0 Komentar

Tinggalkan Komentar


Cancel reply

0 Komentar


Tidak ada komentar

Berita Lainnya


Pelaksanaan Mudik di Jabar Dipastikan Lancar
Pemprov Jabar Diminta Selesaikan Sertifikasi Aset
44 Anggota DPRD Jabar Belum Laporkan LHKPN
KPK Ingatkan Pemprov  Soal Pencegahan Korupsi
Perluasan Wolbachia Jabar tunggu Hasil Ujungberung

Editorial



    sponsored links