free hit counter code DPD RI: Pemerintah Perlu Optimalkan Penanganan Covid-19 - JuaraNews Inspirasi Semangat Muda web stats service from statcounter
DPD RI: Pemerintah Perlu Optimalkan Penanganan Covid-19
JuaraNews/Istimewa Komite III DPD RI, Eni Sumarni

DPD RI: Pemerintah Perlu Optimalkan Penanganan Covid-19

  • Jumat, 13 November 2020 | 14:55:00 WIB
  • 0 Komentar

JuaraNews, Bandung - Pemerintah selama ini telah melakukan berbagai upaya untuk mengatasi pandemi Covid-19 seperti sosialisasi penguatan protokol kesehatan, peningkatan kapasitas penanganan pandemi Covid-19 baik pra maupun selama di rumah sakit.


Demikian disampaikan, Komite III Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI, Eni Sumarni dalam keterangan resminya, Jumat (13/11/2020).


Meski demikian, Eni mendorong agar upaya penanganan dari segi kebijakan maupun implementasi kesehatan perlu terus ditingkatkan. "Apalagi saat ini terdapat 323 tenaga kesehatan meninggal akibat Covid-19," ujarnya.


Sehingga, kata dia perlu difikirkan kebijakan untuk memastikan keamanan dari tenaga kesehatan saat menangani pasien Covid-19, sehingga Keberadaan tenaga kesehatan sangat penting. "Sebab, untuk satu orang dokter saja melayani 30.000 orang. Dengan demikian, wafat seorang dokter akan menghilangkan layanan kesehatan sebesar di atas," tuturnya.

Pada Masa Sidang II Tahun 2020, Komite III Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Republi Indonesia memfokuskan salah satu materi pengawasan berkenaan dengan Pelaksanaan Undang-Undang Nomor 36 Tahun 2009 tentang Kesehatan, khususnya terkait penanganan dampak pandemi Coronavirus Deseases 2019 (Covid-19).


Untuk itu, kata Eni, perlu dilakukan pelbagai kegiatan untuk memperoleh informasi, data dan pemikiran baik melalui kegiatan reses, rapat dengar pendapat, rapat kerja serta kunjungan kerja ke daerah.

Seningga, Hal ini diharapkan akan menjadi masukan bagi pemerintah mengingat ketentuan Pasal 14 UU Kesehatan menegaskan pemerintah bertanggungjawab merencanakan, mengatur, menyelenggarakan, membina, dan mengawasi penyelenggaraan upaya kesehatan, khususnya pada pelayanan publik.


Eni berharap kapitalisasi langkah-langkah pemerintah yang masif, fokus dan terukur. Seperti penguatan penyiapan ketersediaan vaksin anti Covid-19, intensivikasi penelitian kombinasi obat corona yang baru, penegakan protokol kesehatan dan ketegasan sanksi bagi pelanggarnya serta dukungan kelengkapan sarana prasarana layanan kesehatan, tenaga kesehatan dan insentif memadai untuk penanganan Covid-19.


Dia menambahkan saat pandemi Covid-19 ini, Komite III DPD mengharapkan solidaritas dan gotong royong dari semua pihak, serta selalu menjaga kesehatan dan menjalankan protokol kesehatan yang telah disampaikan Kementerian Kesehatan, juga untuk mengikuti imbauan Pemerintah dalam rangka memutus mata rantai penyebaran Covid-19. "Terpenting adalah sosialisasi dan pelibatan publik agar berempati serta saling bahu membahu mengatasi masalah pandemi Covid-19,"tutup Eni. (*)

bas

0 Komentar

Tinggalkan Komentar


Cancel reply

0 Komentar


Tidak ada komentar

Berita Lainnya


SAH! Prabowo-Gibran Presiden & Wapres 2024-2029
Bey Ingin Sumedang Kembali Jadi Paradijs van Java
Bonus Demografi Sumber Daya Pembangunan Produktif
Target Angka Penurunan Stunting  Masih Jauh
Bey Machmudin Lantik Tiga Penjabat Kepala Daerah

Editorial



    sponsored links