ITB Gelar Kontes Robot Indonesia, Tahun Ini Diselenggarakan Online



ITB Gelar Kontes Robot Indonesia, Tahun Ini Diselenggarakan Online

JuaraNews, Bandung – Merebaknya wabah pandemi Covid-19 memaksa masyarakat harus mengubah gaya hidup sehingga menjadi suatu kesetimbangan baru.

 

Kegiatan Kontes Robot Indonesia (KRI) yang telah berjalan selama 17 tahun, turut terkena dampaknya.

 

Dalam upaya memacu kreativitas, inovasi dan menjaga semangat mahasiswa dan terutama juga para penggiat robotika untuk tetap produktif beraktivitas dan berkarya dalam kondisi pandemi Covid-19, maka pelaksanaan Kontes Robot Indonesia tahun 2020 dicoba untuk diselenggarakan secara daring.

 

Kompetisi robot daring ini menjadi konsep kegiatan pertama, baik di Indonesia maupun di dunia, yang diselenggarakan secara live. Kontes Robot Indonesia adalah kegiatan tahunan yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, yang diikuti oleh mahasiswa dari perguruan tinggi di Indonesia.

 

Pada 2020 ini, Kontes Robot Indonesia diselenggarakan oleh Pusat Prestasi Nasional bersama-sama dengan Institut Teknologi Bandung (ITB).

 

ITB pernah menjadi tuan rumah Kontes Robot Indonesia pada 2012. Dan pada 2020 ini kembali menjadi tuan rumah Kontes Robot Indonesia dengan konsep baru, yang diselenggarakan secara daring.

 

Para peserta bertanding di tempatnya masing-masing yang ditayangkan secara daring melalui mekanisme video conference. Sementara juri dibantu oleh panitia memandu pelaksanaan KRI serta melakukan proses penilaian secara terpusat di perguruan tinggi yang menjadi tuan rumah.

 

Pelaksanaan KRI secara daring ini juga menekankan protokol kesehatan yang harus dipatuhi baik di kampus peserta masing-masing maupun di lokasi ruang kendali penjurian.

 

Selain terkait dengan protokol kesehatan, dua tantangan utama yang harus dihadapi dalam pelaksanaan KRI Daring 2020 adalah fairness dan fairplay. Fairness berarti semua tim memiliki kemampuan teknologi dan infrastuktur pendukung yang sama.

 

Sementara fairplay yakni semua tim yang mengikuti kontes bisa bermain dengan jujur dan tanpa melakukan kecurangan apapun. Bentuk pertandingan dan penilaian disesuaikan dengan kondisi pelaksanaan secara daring tanpa mengurangi faktor kompetitif dan daya tarik masing-masing divisi.

 

Kontes Robot Indonesia diselenggarakan dalam beberapa tahap. Pada tahap awal seluruh calon peserta melalui dua kali seleksi (seleksi proposal dan seleksi kemajuan robot). Peserta yang lolos seleksi diundang untuk mengikuti Kontes Robot Indonesia Tingkat Wilayah. Tim peserta dengan prestasi terbaik pada tingkat wilayah, diundang untuk mengikuti Kontes Robot Indonesia Tingkat Nasional. (*)

ude

0 Komentar
Tinggalkan Komentar
Cancel reply
0 Komentar
Tidak ada komentar
Berita Lainnya
DPRD Jabar Minta Perubahan APBD Kota Tasikmalaya Dikonsultasikan ke Mendagri
Momentum Sumpah Pemuda, Uu Ruzhanul Ajak Pemuda Satukan Visi Membangun
Gubernur dan 6 Kepala Daerah Sepakat Kelola Bersama TPPAS Regional Legok Nangka
Wujudkan Program 'Link and Supermatch',BBPPMPV BMTI  Susun Rencana Kerja dengan Dunia Industri
Akhmad Marzuki Dilantik jadi Plt Bupati Bekasi
Berita Terdahulu

Editorial


    Pos Indonesia kanan

    Data Statik Covid-19


    DATA COVID-19 INDONESIA

    😷 Positif:

    😊 Sembuh:

    😭 Meninggal:

    (Data: kawalcorona.com)

    Ads