free hit counter code Cegah Penyebaran Covid-19, Satgas Nasional Gelar Program Satu Juta Masker - JuaraNews Inspirasi Semangat Muda web stats service from statcounter
Cegah Penyebaran Covid-19,  Satgas Nasional  Gelar Program Satu Juta Masker
(bnpb.go.id) Program Sejuta Masker Satgas Nasional

Cegah Penyebaran Covid-19, Satgas Nasional Gelar Program Satu Juta Masker

Bantu Cegah Penyebaran Covid-19,  Satgas Nasional  Gelar Program Satu Juta Masker

JuaraNews, Jakarta – Penularan virus SARS-CoV-2 masih terus berlangsung di wilayah Indonesia. Upaya pencegahan terus dilakukan berbagai pihak, salah satunya protokol kesehatan, seperti cuci tangan dengan sabun dan air mengalir, jaga jarak dan pakai masker.

 

Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 atau Satgas Nasional mendukung protokol tersebut dengan membuat program satu juta masker. Target pendistribusian satu juta masker menyasar komunitas di rumah-rumah ibadah di DKI Jakarta, komunitas seniman komedi di Indonesia, pegawai di lingkungan pemerintah daerah Jawa Timur, Nusa Tenggara Barat, Papua, Papua Barat, Maluku dan Maluku Utara.

 

Program Satu Juta Masker yang digagas Kepala BNPB, Doni Monardo, ini untuk mendukung adaptasi kebiasaan baru (AKB). Gagasan ini selanjutnya ditindaklanjuti oleh unit kerja di Deputi Bidang Penanganan Darurat Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

 

Kemudian pada 19 Juni 2020 lalu, langkah pertama berlangsung dengan mengundang unsur Kodam Jayakarta, Polda Metro dan kelompok sukarelawan PMI, resimen mahasiswa PKN Mapala dan Chakra Abhipraya. Setelah pembagian wilayah distribusi ditentukan, BNPB memberikan bantuan masker secara bertahap melalui beberapa kali droppint.

 

“Dropping pertama pada Senin, (27/7/2020) sebanyak 120.ribu  buah, masing-masing kelompok 30 ribu. Kemudian dropping kedua pada Rabu (29/7/2020) sebanyak 80 ribu buah masing-masing kelompok sebanyak 20 Ribu buah,” ujar Direktur Sumber Daya Darurat BNPB Jarwansah melalui pesan digital, Jumat (31/7.2020).

 

Jarwansah menambahkan, waktu pelaksanaan ditargetkan berlangsung 10 hari dengan alokasi 4 hari untuk pendistribusian ke tempat – tempat ibadah dan beberapa tempat umum lainnya selama 6 hari. Awal Agustus 2020 target pendistribusian total satu juta masker terselesaikan oleh BNPB yang didukung berbagai unsur tadi.

 

BNPB berharap unsur pentaheliks, yang terdiri dari pemerintah, pakar dan akademisi, masyarakat, dunia usaha serta media massa, untuk turut berkontribusi secara konkret dalam mencegah penularan covid-19 di tengah masyarakat. Berbagai upaya dapat dilakukan oleh setiap heliks sesuai dengan tugas dan fungsi masing-masing.

 

Ketua Satgas Nasional, Doni Monardo, selalu mengingatkan bahwa upaya kolektif sangat dibutuhkan untuk memutus mata rantai penularan virus SARS-CoV-2. Meskipun diri sendiri mampu untuk menerapkan disiplin secara tinggi protokol Kesehatan, orang lain di sekitar tetap akan berpengaruh terhadap potensi penularan. (*)

Oleh: JuaraNews / ayi

0 Komentar

Tinggalkan Komentar


Cancel reply

0 Komentar


Tidak ada komentar

Berita Lainnya


Pentingnya Insan Perbankan Akan Bahaya korupsi
Ini Jalur Alternatif di Jabar saat Arus Balik
Dishub Jabar Siapkan Contra Flow Arus Balik
Ini 6 Penyakit yang Timbul saat Mudik Lebaran
Bey: Jaga Kerukunan untuk Jabar Damai dan Nyaman

Editorial



    sponsored links