free hit counter code Tonggak Sejarah Kota, Sumur Bandung Segera Direvitalisasi Menjadi Destinasi Wisata - JuaraNews Inspirasi Semangat Muda web stats service from statcounter
Tonggak Sejarah Kota, Sumur Bandung Segera Direvitalisasi Menjadi Destinasi Wisata
(humas kota bandung) Yana Mulyana meninjau salah satu sumur

Tonggak Sejarah Kota, Sumur Bandung Segera Direvitalisasi Menjadi Destinasi Wisata

JuaraNews, Bandung –  Pemkot Bandung berencana merevitalisasi lahan eks Palaguna Alun-alun Kota Bandung. Di sana terdapat dua sumur bersejarah yang dapat menjadi destinasi wisata baru.

 

Wakil Wali kota Bandung Yana Mulyana mengatakan, situs Sumur Bandung tersebut memiliki nilai sejarah tinggi. Sumur tersebut merupakan salah satu tonggak berdirinya Kota Bandung.

 

"Mudah-mudahan sumur ini bisa menjadi tujuan wisata. Karena memang memiliki nilai sejarah yang cukup tinggi untuk Kota Bandung," kata Yana saat peninjauan sumur, Selasa (7/7/2020).

 

Yana mengaku, pihak terkait seperti PT Jaswita Jabar dan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Bandung akan berinovasi untuk membangun wisata di ruang terbuka. Salah satunya sumur tersebut.

 

"Pemkot Bandung dan pihak terkait akan mengaktivasi tujuan wisata outdoor. Insya Allah, aman meski di tengah pandemi," katanya.

 

Sumur Bandung merupakan bagian dari sejarah Kota Bandung. Konon, cikal bakal sumur dari tancapan nyere (lidi) oleh RAA Wiranatakusumah II saat beristirahat dalam perjalanan Subang ke Dayeuhkolot tahun 1811 untuk mencari Ibu Kota baru.

 

Terlepas dari kisah yang menyertainya, sumur tersebut telah digunakan untuk segala keperluan masyarakat Bandung.

 

Ada 7 Sumur Bandung di Kota Bandung, yaitu di bangunan bank tertua di Kota Bandung yang sekarang menjadi gedung Bank Mandiri, Masjid Cipaganti, Gedung PLN Cikapundung. Dua lainnya berada di lahan De Vries dan Gedung De Zon. Sumur Bandung yang ada di Gedung De Zon tidak diketahui nasibnya setelah gedung tersebut dibongkar.

 

Wakil Wali kota mengatakan, Pemkot Bandung masih berkoordinasi bersama pihak terkait untuk mengaktivasi lokasi wisata tersebut.

 

"Saat ini volume airnya cukup tinggi. Tapi ada sumur yang perlu dibersihkan. Historis berdirinya Kota Bandung salah satunya dari sumur ini, karena air adalah sumber peradaban kota," ujarnya. (*)

Oleh: JuaraNews / ayi

0 Komentar

Tinggalkan Komentar


Cancel reply

0 Komentar


Tidak ada komentar

Berita Lainnya


Agus Mulyana Optimistis Timnas Menang Lawan Korsel
SAH! Prabowo-Gibran Presiden & Wapres 2024-2029
Bey Ingin Sumedang Kembali Jadi Paradijs van Java
Bonus Demografi Sumber Daya Pembangunan Produktif
Target Angka Penurunan Stunting  Masih Jauh

Editorial



    sponsored links