free hit counter code Banyak Peluang Kerja di Jepang, Pemkot Bandung Siapkan Pelatihan SDM - JuaraNews Inspirasi Semangat Muda web stats service from statcounter

Hot News


Opini


  • Pemilu dan Pewarisan Budaya
    Pemilu dan Pewarisan Budaya

    KEBUDAYAAN ialah keseluruhan sistem gagasan, tindakan, dan hasil karya manusia dalam kehidupan masyarakat yang dijadikan milik dengan belajar .

    Banyak Peluang Kerja di Jepang, Pemkot Bandung Siapkan Pelatihan SDM
    Humas/Kota Bandung Wali Kota, Oded M Danial saat Kunjungan ke Jepang

    Banyak Peluang Kerja di Jepang, Pemkot Bandung Siapkan Pelatihan SDM

    • Senin, 10 Februari 2020 | 16:11:00 WIB
    • 0 Komentar

    JuaraNews, Bandung- Wali Kota Bandung, Oded M. Danial segera menugaskan Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) membuat beragam pelatihan. Hal ini guna merespon banyaknya peluang berkarya di luar negeri.

     

    Oded menggali akses untuk bisa mengirimkan Sumber Daya Manusia ke Jepang. Pada kunjungannya ke Jepang 2-8 Februari lalu, Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) menyebut, Negeri Sakura masih kekurangan tenaga kerja. 

     

    “Informasi dari Pak Dubes kemarin menyampaikan Jepang krisis kependudukan. Mereka butuh hampir 300.000 tenaga kerja untuk berbagai macam pekerjaan di Jepang. Kita juga sudah mengirimkan beberapa orang ke Hamamatsu,” ucap Oded di Pendopo Kota Bandung, Jalan Dalem Kaum, Senin (10/2/2020).

     

    Oded mengaku mengejar peluang ini untuk bisa melapangkan jalan SDM Kota Bandung ke Negara Samurai. Akhirnya dia mendapatkan formulasi bahwa Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung harus memberikan modal awal yang kuat dengan pembekalan keterampilan berbahasa Jepang.

     

    “Kemampuan bahasa Jepang dulu. Itu modal utama. Jadi program pelatihan bahasa dulu,” ujarnya.

     

    Dari segi teknis, Oded menyatakan, SDM Kota Bandung bisa dengan mudah diaplikasikan dengan kebutuhan di Jepang. Apalagi SDM dari Indonesia dan Kota Bandung khususnya ini memiliki etos kerja yang tinggi.

     

    “Kebutuhannya macam-macam, ada untuk kesehatan, suster lansia, bengkel, pabrik spare part dan banyak lagi. Kalau tenaga mah dari mana-mana juga banyak, yang menarik karena bukan hanya Pak Kadubes, tapi dari orang Jepangnya itu senang orang Indonesia karena sopan, baik dan ulet,” ungkapnya.

     

    Ketika berada di Jepang, Oded juga menyempatkan berbincang dengan sejumlah Warga Negara Indonesia (WNI). Dia mendapat gambaran bahwa dari prospek ekonomi di Jepang cukup menjanjikan dengan kemampuan menabung sebesar 30-40 persen dari penghasilan.

     

    Oded optimistis SDM dari Kota Bandung akan memiliki peluang besar di Jepang, dengan memanfaatkan bonus demografi Indonesia yang kini banyak terdapat anak muda. Sebab, dia juga mendapati bahwa di Jepang juga masih banyak pekerja dengan rentan usia senja.

     

    “Saya akan dorong lagi dinas terkait seperti banyak membuat pelatihan dengan Disdagin atau Dispora untuk mempersipkan SDM anak muda yang punya skill, termasuk kemampuan berbahasa dulu,” katanya(*)

    bas

    0 Komentar

    Tinggalkan Komentar


    Cancel reply

    0 Komentar


    Tidak ada komentar

    Berita Lainnya


    PMCI Mengutuk Oknum Pengrusakan Aset Eks Cipaganti
    Satu Bangunan Terbawa Longsor di Desa Kertawangi
    Es Cendol Elizabeth, Minuman Legend Sejak 1972
    Ini Prediksi BMKG Soal Awal Musim Kemarau 2024
    Hikmat Ginanjar Ditunjuk Jadi Plh Sekda Bandung

    Editorial


      Info Kota


        Inspirasi