free hit counter code Buru 3 Poin untuk Tiket Championship Series - JuaraNews Inspirasi Semangat Muda web stats service from statcounter

Hot News


Daftar Pemain


    Editorial


      Jadwal Liga


      Buru 3 Poin untuk Tiket Championship Series
      (juaranews) Persita jamu Persib di Stadion Kapten Wayan Dipta

      PERSITA VS PERSIB

      Buru 3 Poin untuk Tiket Championship Series

      JuaraNews, Bandung – Tim Persib Bandung dan Persita Tangerang bakal bentrok dalam laga penting pada Pekan 31 Liga 1 2023-2024 di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar Bali, Senin (15/4/2024) mulai pukul 15.00 WIB.

       

      Laga tandang kali ini menjadi kesempatan bagi Maung Bandung untuk memastikan tiket babak Championship Series. Pasalnya, Maung Bandung yang saat ini menempati posisi 2 di klasemen sementara dengan koleksi 55 poin, hanya perlu mengamankan 4 poin atau 1 kemenangan dan 1 hasil imbang untuk masuk ke babak Championship Series.

       

      Hal itu karena peringkat 4 dan 5 yang ditempati Madura United dan PSIS Semarang hanya memiliki 47 poin. Keduanya hanya mampu meraih maksimal 59 poin jika meraih hasil sempurna di 4 laga sisa musim ini. Sementara Persib cukup menambah 4 poin untuk mencapai 59 angka. Dengan demikian, Persib baru bisa memastikan tiket Championship Series pada Pekan 32 mendatang.

       

      Namun bisa saja Persib lebih cepat meraih tiket babak Semifinal tersebut, jika salah satu di antara MU atau PSIS menelan hasil minor pada laga pekan ini. MU sendiri akan menghadapi Borneo, Rabu (17/4/2024), sedangkan PSIS melawan PSM Makassar pada Selasa (18/4/2024) nanti. Jika salah satu dari mereka kalah atau draw, sedangkan Persib memenangi laga, maka dipastikan Maung Bandung melaju ke Championship Series mendampingi Borneo yang telah terlebih dulu lolos. Karena raihan poin Persib tak mungkin lagi dikejar.

       

      Jika salah satu tim yang kalah, maka nilainya akan tetap 47, sementara jika imbang, keduanya hanya memiliki 48 poin, sedangkan Persib akan mengoleksi 58 poin. Dengan sisa laga yang nantinya hanya tingga 3 lagi, sudah tak mungkin MU dan PSIS menyalip Persib.

       

      Sementara bagi Persita, kemenangan juga sangat penting bagi agar tetap menjaga asa bertahan di Liga 1 musim depan. Pasalnya, saat ini Persita menempati posisi 15 dengan 31 poin, dan hanya unggul head to head dengan Arema FC di posisi 16 atau masuk zona degradasi. Jika sampai kalah oleh Persib, maka posisi Persita bisa disalip oleh Arema. Bahkan bukan hanya Arema, peringkat 17 Bhayangkara FC yang mengoleksi 21 poin pun berpontensi menyalip Persita.

       

      Firasat Hodak, Persib Raih Kemenangan atas Persita

      Pelatih Persib Bandung Bojan Hodak saat konferensi pers jelang laga menghadapi Persita Tangerang di Kuta, Bali, Minggu (14/4/2024). (foto: persib.co,id)

       

      Menyikapi situasi tersebut, Pelatih Persib Bojan Hodak menegaskan, timnya akan menurunkan skuat terbaiknya untuk meraih hasil maksimal. Salah satunya strike asal Brasil David da Silva yang sempat absen pada laga laga terakhir melawan Bhayangkara FC pada Pekan 30, Kamis (28/4/2024) lalu.

       

      Hodak pun optimistis, karena para pemain lain yang pekan lalu absen juga sudah bisa diturunkan kembali, seperti kapten tim Marc Klok dan tendemnya di posisi gelandang bertahan, Dedi Kusnandar. Demikian pula dengan Ryan Kurnia yang telah sembuh dari cedera, serta kiper Kevin Ray Mendoza yang sudah kembali setelah membela timnas Filipina pada kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.

       

      Namun pada laga kali ini, Coach Hodak harus kehilangan 3 pemainnya, yakni Stefano Beltrame dan Beckham Putra yang mengalami cedera, dan Kakang Rudianto yang telah memperkuat timas Indonesia U-23 di ajang Piala Asia U-23 2024 Qatar.

       

      “Beruntungnya kami memiliki beberapa pemain yang kembali, kecuali Stefano dan Beckham, juga Kakang yang dipanggil timnas. Untuk sisanya (pemain) berada di sini,” ungkap Hodak dalam sesi konferensi pers jelang laga di Kuta, Minggu (14/4/2024).

       

      Namun menurut Hodak, menurunkan para pemain andalannya saja tidak cukup. Sebab ada sosok baru yang menukangi Persita, yaitu Pelatih Luis Edmundo Duran yang bisa memberikan kejutan bagi Persib.

       

      “Mereka memiliki pemain dengan level kualitas individu yang bagus. Mereka punya stiker yang bagus, gelandang yang bagus, pertahanannya juga ada dua bek tengah yang bagus, di lini tengah, ada pemain Korea Selatan (Bae Shin-Yeong) yang sangat skill full,” katanya.

       

      Selain itu, Hodak menilai, Persita memiliki pemain berkualitas yang tidak bisa dianggap remeh. Para pemain Persita pun akan bermain dengan motivasi tinggi agar bisa terhindar dari degradasi musim ini. Jika melihat klasemen sementara, Persita memang berada di papan bawah. Tapi, menuru Hodak, lawannya itu tetap berbahaya dengan materi pemain bagus dan berpengalaman. Karena itu, dia memprediksi laga nanti akan berjalan sangat sengit.

       

      “Kami memprediksi ini akan menjadi laga yang sulit. Mereka mengganti pelatih dan berusaha untuk menghindari degradasi,” kata Hodak.

       

      Kendati diprediksi laga berjalan sengit, Hodak memiliki firasat baik timnya akan meraih kemenangan saat dijamu Persita. Sebab Persib lebih bermain agresif saat laga tandang dibanding kandang. Persib pun punya rekor bagus saat bertanding di Stadion Kapten I Wayan Dipta. Terakhir pada laga tandang Pekan 29, Persib menang atas Persikabo 1973 dengan skor 3-1 di Stadion Kapten I Wayan Dipta, pada 15 Maret 2024 lalu.

       

      “Terkadang, entah bagaimana musim ini kami mendapat hasil lebih baik ketika bermain di luar kandang. Mungkin ketika tim lain datang ke Bandung, mereka menerapkan skema parkir bus dan itu jadi masalah untuk kami. Jadi kandang atau tandang tidak begitu banyak perbedaan musim ini,” jelas Hodak.

       

      Pelatih berpaspor Kroasia ini pun mengaku sudah melakukan evaluasi, terutama di sektor penyerangan setelah timnya ditahan imbang 0-0 Bhayangkara pada pekan lalu. Dengan demikian, Hodak pun makin optimistis timnya bisa bermain maksimal pada aga nanti.

       

      “Laga sebelumnya melawan Bhayangkara FC semuanya sudah berjalan dengan bagus, kecuali penyelesaian akhir. Kami membuat sekitar 20 tembakan tetapi tidak ada yang menghasilkan gol. Ini hal yang perlu dibenahi karena semua bermain sepak bola untuk mencetak gol,” tegasnya.

       

      Pelatih Persita Tangerang Luis Edmundo Duran bersama kiper Kurniawan Kartika Adjie saat konferensi pers jelang laga menghadapi Persib Bandung di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar Bali, Minggu (14/4/2024). (foto: persitafc.com)

       

        

      Persita Optimistis Rebut Poin Penuh dari Persib

      Dari kubu tuan rumah, Coach Luis Duran menegaskan, timnya sudah siap menghadapi Persib. Meski persiapan timnya terbilang singkat, Luis Duran yakin pasukannya siap merebut 3 poin dari Maung Bandung.  Dia pun optimistis, bila semua pemain konsentrasi penuh dan fokus, maka tim Pendekar Cisadane berpeluang merebut 3 poin.

       

      "Persiapan tim sangat bagus, walaupun waktu sangat mepet. Tapi sejauh ini dari hari pertama kita fokus untuk hadapi Persib. Kita tahu Persib adalah tim yang sangat kuat, tapi harapan kita sangat besar,” ungkap Luis Duran dalam sesi komferensi pers jelang laga di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Minggu (14/4/2024).

       

      "Kita sudah atur semua rencana permainan yang harus kita lakukan untuk bisa dapat poin penuh lawan Persib. Mudah-mudahan semua rencana yang kita lakukan untuk pemain besok bisa berjalan dengan baik agar bisa mendapat poin maksimal," sambungnya.

       

      Pelatih berpaspor Chile yang baru ditunjuk jadi pelatih Persita pada 4 April lalu tersebut membeberkan, dari sekian banyak rencana yang telah dibuatnya, salah satu yang terpenting adalah mengantisipasi penyerang Persib, seperti David da Silva dan Ciro Alves. Bagi Edmundo, kedua sosok tersebut bisa membuat lini pertahanan timnya goyah. Karena itu, dia telah menyiapkan rencana kejutan untuk mengantisipasi hal tersebut.

       

      "Kami tahu bahwa Persib tim besar. Mereka punya semua pemain berkualitas di depan. Tapi kami sudah mengatur untuk menghadapi mereka. Kami juga sudah berbicara dengan pemain belakang untuk bagaimana mengatasinya. Jadi mudah-mudahan rencananya bisa berjalan dengan baik," katanya.

       

      Meski tidak menjabarkan detail strategi itu, Coach Luis memberi sinyal bahwa dirinya sudah memberikan penekanan kepada seluruh pemain khususnya tim belakang agar tidak mudah kebobolan.

       

      Persib Pesta Gol, Hodak Apresiasi Semua Pemain

      Para pemain Persib Bandung merayakan gol yang dicetak David da Silva ke gawang Persita Tangerang pada laga Pekan 14 Liga 1 2023-2024 di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Kota Bandung, Minggu (1/10/2023) malam. DDS mencetak hattrick pada laga yang berakhir dengan skor 5-0 untuk Persib tersebut. (foto: simamaung)

       

      Selama 17 Tahun, Persita Hanya Sekali Kalahkan Persib

      Menghadapi laga nanti, skuat Persib sendiri memiliki modal yang cukup berharga. Pasalnya, menilik rekor pertemuan kedua tim, yang sudah bertemu sebanyak 16 kali, Persib lebih mendominasi dalam 17 tahun terakhir ini. Dari 16 laga tersebut, Maung Bandung meraih 13 kemenangan, Persita hanya sekali, dan sisanya 2 laga berakhir imbang.

       

       

      Menghadapi laga nanti, skuat Persib sendiri memiliki modal yang cukup berharga. Pasalnya, menilik rekor pertemuan kedua tim, yang sudah bertemu sebanyak 16 kali, Persib lebih mendominasi dalam 17 tahun terakhir ini. Dari 16 laga tersebut, Maung Bandung meraih 13 kemenangan, Persita hanya sekali, dan sisanya 2 laga berakhir imbang.

       

      Satu-satunya kemenangan Pendekar Cisadane terjadi pada putaran kedua musim lalu. Saat ini, Persita menang besar dengan skor 4-0. Namun kemenangan tersebut langsung dibalas pada putaran pertama musim 2023-2024 ini. Skornya pun tak kalah besar, yakni 5-0. Kala itu, 5 gol Persib disumbangkan David da Silva yang mencetak hattrick, serta Edo Febriansah dan Frets L Butuan masing-masing 1 gol.

       

      Selain unggul dalam posisi di klasemen, Persib juga lebih baik penampilannya dalam 5 laga terakhir. Persib tercatat mengoleksi 4 kemenangan dan sekali imbang, dengan 8 laga terakahir tanpa terkalahkan. Empat kemenangan tersebut didapatkan Persib, saat melawan Persikabo 1973 (15/3/2024), Persija Jakarta (9/3/2024), RANS Nusantara (3/3/2024), dan PSIS Semarang (27/3/2024). Sedangkan untuk hasil imbangnya didapat saat menjamu Bhayangkara FC pada Kamis, 28 Maret 2024.

       

      Sedangkan Persita tengah berusaha merintis kembali tren positifnya, setelah hanya mampu mengoleksi 1 kemenangan, 1 imbang, dan 3 kekalahan.  Satu kemenangan yang diraih Persita, yakni saat melawan Arema FC (13/3/2024). Hasil imbang terjadi ketika menghadapi PSIS Sleman (27/3/2024). Sedangkan 3 kali kekalahan diderita dari Dewa United (27/3/2024), Madura United (6/3/2024), dan Borneo FC (2/3/2024).

       

      Perkiraan Susunan Pemain

      Kedua tim membidik kemenangan pada laga nanti dengan misi yang berbeda. Persib membutuhkan 3 poin untuk memuluskan jalan meraih tiket Championship Series pekan ini. Untuk mencapai target kemenangan tersebut, kedua pelatih tim pun memboyong para pemain terbaiknya ke Gianyar.

       

      Luis Duran membawa 22 pemainnya pada laga kandang yang digelar di Bali kali ini.  Persita pun akan  turun dengan kekuatan penuh karena tidak ada pemain yang absen karen cedera atau hukuman kartu.

       

      Enam pemain asing bisa diturunkan, termasuk bek asal Uzbekistan Javlon Guseynov yang sempat absen pada laga sebelumnya karena akumulasi kartu kuning.  Begitu juga dengan gelandang Ichsan Kurniawan. Lalu bek asal Filipina, Christian Rontini juga sudah tersedia setelah membela tim nasionalnya pada Pekan 30 melawan Dewa United. Gelandang Rifky Dwi Septiawan yang tidak masuk ke skuat final Timnas Indonesia U-23 untuk Piala Asia U-23 2024  Qatar juga siap diturunkan melawan Persib.

       

      Dengan formasi 4-2-3-1, Coach Luis Duran akan menempatkan 2 pemain asingnya di lini pertahanan, yakni Javlon Gusyenov dan Cristian Rontini. Kedua akan bekerja sama dengan 2 ek lokal, Muhammad Toha dan Mario Jardel, untuk mengawal kiper Kurniawan Kartika Ajie. Sementara di lini tengah, 5 gelandang siap bertarung, seperti duet Bae Shin-Yeong dan Rifky Dwi Septiawan sebagai penyeimbang, bersama 3 gelandang serang, Esal Sahrul, Ezequiel Vidal, dan Irsyad Maulana. Ketiga gelandang tersebut akan mendukung dan menyuplai bola bagi ujung tombak Ramiro Fergonzi,

       

      Dari kubu tim tamu, Coach Hodak juga membawa 22 pemainnya dari Bandung. Skuat Maung Bandung pun relatif lengkap pada laga kali ini. Para pemain yang sebelumnya saat menghadapi Bhayangkara FC absen, kini sudah bisa dimainkan. Sosok yang paling ditunggu yakni striker asal Brasil, David da Silva yang pada laga Pekan 30 lalu, absen.

       

      Di posisi penjaga gawang, Hodak akan Kembali mempercayakannya kepada Kevin Ray Mendoza, setelah pada pekan lalu posisinya digantikan Teja Paku Alam. Dalam formasi 4-2-3-1, di depan Kevin, 4 bek akan dipasang. Posisi center bek tetap menjadi milik menara kembar, Alberto Rodriguez dan Nick Kuiper. Keduanya akan didampingi Henhen Herdiana di posisi bek kanan, dan Rezaldi Hehanusa di sisi kanan.

       

      Lalu di sektor tengah, posisi gelandang bertahan kembali menjadi milik duet Klok dan Dado. Di depan kedua akan bermain 3 gelandang serang. Absen Stefano akan menjadi kesempatan bagi Ezra Walian untuk menunjukkan taringnya sebagai second striker. Dia akan bekerja sama dengan Ciro Alves di wing kiri dan Ryan Kurnia di kanan. Ketiganaya akan melayani striker tunggal David da Silva sebagai ujung tombak.

       

      Head to Head

      1 Oktober 2023           Liga 1 2022-2023         Persib Bandung 5-0 Persita Tangerang

      9 April 2023                Liga 1 2022-2023         Persita Tangerang 4-0 Persib Bandung

      1 Desember 2022        Liga 1 2022-2023         Persib Bandung 1-0 Persita Tangerang

      7 Januari 2022            Liga 1 2021-2022         Persib Bandung 1-0 Persita Tangerang

      11 September 2021     Liga 1 2021-2022         Persita Tangerang 1-2 Persib Bandung

      29 Maret 2021            Piala Menpora 2021       Persita Tangerang 1-3 Persib Bandung

      31 Agustus 2014         ISL 2014                      Persita Tangerang 1-2 Persib Bandung

      5 Februari 2014           ISL 2014                     Persib Bandung 2-1 Persita Tangerang

      13 Januari 2014           Inter Islan Cup 2014    Persib Bandung 7-1 Persita Tangerang

      25 Mei 2013                ISL 2012-2013             Persita Tangerang 2-2 Persib Bandung

      15 April 2013              ISL 2012-2013              Persib Bandung 5-1 Persita Tangerang

      17 April 2010              Piala Indonesia 2010     Persib Bandung 4-1 Persita Tangerang

      21 April 2009              ISL 2008                       Persita Tangerang 2-4 Persib Bandung

      8 November 2008        ISL 2008                       Persib Bandung 2-0 Persita Tangerang

      15 Desember 2007      Divisi Utama 2007          Persita Tangerang 1-1 Persib Bandung

      18 Februari 2007         Divisi Utama 2007         Persib Bandung 2-0 Persita Tangerang

       

      5 Laga Terakhir Persita Tangerang

      27 Maret 2024            Dewa United 4-1 Persita Tangerang

      13 Maret 2024            Persita Tangerang 4-3 Arema FC

      6 Maret 2024              Madura United 3-2 Persita Tangerang

      2 Maret 2024              Persita Tangerang 0-1 Borneo FC

      27 Februari 2024         PSS Sleman 3-3 Persita Tangerang

       

      5 Laga Terakhir Persib Bandung

      28 Maret 2024             Persib Bandung 0-0 Bhayangkara FC

      15 Maret 2024             Persikabo 1973 1-3 Persib Bandung

      9 Maret 2024               Persib Bandung 2-1 Persija Jakarta

      3 Maret 2024               RANS Nusantara 0-4 Persib Bandung

      27 Februari 2024          Persib Bandung 3-0 PSIS Semarang

       

      Perkiraan Susunan Pemain

      Persita Tangerang (4-2-3-1)

      Foto Tim PERSITA TANGERANGKurniawan Kartika Ajie; Muhammad Toha, Javlon Gusyenov, Cristian Rontini, Mario Jardel; Bae Shin-Yeong, Rifky Dwi Septiawan; Esal Sahrul, Ezequiel Vidal, Irsyad Maulana; Ramiro Fergonzi.

      Cadangan: Aditya Harlan; Andrean Benyamin, Charisma Fathoni, Ichsan Kurniawan, Ambrizal Umanailo, Badrian Ilham, Jack Brown, Fahreza Sudin, Hassan Nader, Heri Susanto, Hanis Sagara

      Pelatih: Luis Edmundo Duran.

       

      Persib Bandung (4-2-3-1)

      Ada FIFA Matchday, Tim Persib Diliburkan 3 Hari Kevin Ray Mendoza; Henhen Herdiana, Nick Kuipers, Alberto Rodriguez, Rezaldi Hehanussa; Dedi Kusnandar, Marc Anthony Klok; Ryan Kurnia, Ezra Walin, Ciro Alves; David da Silva

      Cadangan: Teja Paku Alam; Victor Igbonefo, Zalnando, Achmad Jufriyanto, Rachmat Irianto, Edo Febriansah, Ferdiansyah, M Azdikry Fadillah, Arsan Makarin, Febri Hariyadi, Abdul Aziz

      Pelatih: Bojan Hodak. (*)

      Oleh: deni mulyana sasmita / den

      0 Komentar

      Tinggalkan Komentar


      Cancel reply

      0 Komentar


      Tidak ada komentar

      Berita Lainnya


      Persiapan lawan MU, Persib Latihan Lagi Selasa Ini
      Masih Ada 2 Laga Final, Klok Belum Mau Selebrasi
      Kondisi 2014 Terulang, Peluang Persib Juara 2024
      Ini Kunci Kemenangan Persib atas Bali United
      Jadi Top Skorer, DDS Prioritaskan Persib Juara

      Klasemen Liga Indonesia

      Tim M Point
      1 Borneo FC 34 70
      2 Persib Bandung 34 62
      3 Bali United 34 58

      Klasemen Liga Dunia

      Tim M Point
      1. Manchester City 37 88
      2. Arsenal 37 86
      3. Liverpool 37 79
      4. Aston Villa 37 68
      Tampilkan Detail