free hit counter code Buru Kemenangan demi Tiket Championship Series - JuaraNews Inspirasi Semangat Muda web stats service from statcounter

Hot News


Daftar Pemain


    Editorial


      Jadwal Liga


      Buru Kemenangan demi Tiket Championship Series
      (juaranews) Persib jamu Bhayangkara di Pekan 30 Liga 1 2023-24

      Persib Bandung vs Bhayangkara

      Buru Kemenangan demi Tiket Championship Series

      JuaraNews, Bandung - Laga menarik bakal tersaji pada Pekan 30 Liga 1 2023-2024 di Stadion si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Kamis (28/3/2024) mulai pukul 20.30 WIB, saat Persib Bandung menjamu Bhayangkara FC.

       

      Kedua tim mengusung target kemenangan, dengan misi yang berbeda. Skuat Maung Bandung bernafsu meraih 3 poin agar lebih cepat memastikan tiket Championship Series. Saat ini, tim asuhan Pelatih Bojan Hodak menempati posisi 2 dengan raihan 54 poin. Tambahan 3 poin dibutuhkan agar bisa lebih menjauh dari rival-rivalnya yang memperebutkan posisi 4 Besar, khususnya Madura United dan PSIS Semarang di perinkat 4 dan 5 yang sama-sama mengemas 46 poin. Jika berhasil memenangi, dan di laga lain MU dan PSIS gagal meraih poin, maka Persib bisa memastikan tiket Championship lebih cepat pada pekan depan.

       

      Sementara bagi Bhayangkara, kemenangan dibutuhkan agar bisa terhindar dari ancaman degradari. Berada di peringkat 17 dengan raihan 19 poin, tim asuhan Pelatih Emral Abus butuh tambahan poin agar bisa untuk mengejar pesaing mereka di peringat 16, 15, dan 14 yang ditempati Persita Tangerang, Arema FC, dan PSS Sleman yang sama-sama mengemas 31 poin. Jika sampai kalah dari Persib, dan di laga lain ketiga tim pesaingnya meraih poin, dipastikan BFC terdegradasi ke Liga 2 musim depan.

       

      Targetkan 3 Poin, Persib Waspadai Kebangkitan BFC 

      Pelatih Persib Bandug Bojan Hodak dalam sesi konferensi pers jelang laga di Graha Persib, Jalan Sulanjana Kota Bandung, Rabu (27/3/2024). (foto: persib.co.id)

       

      Persib Waspadai Kebangkitan Bhayangkara

      Caoch Hodak sendiri meningkatkan kewaspadaanya saat timnya menjamu Bhayangkara FC. Skuat Maung Bandung tak mau menganggap enteng BFC yang saat ini berada di zona degradasi. Kondisi BFC yang terancam degradasi ke Liga 2 musim depan, justru bisa memantik semangat dan motivasi anak-anah asuh Pelatih Emral Abus tersebut.

       

      Pasukan The Guardians dipastikan akan tampil habis-habisan untuk meraih kemenangan. Pasalnya, jika sampai kalah oleh Persib, BFC terancam terdegrasasi musim depan. Coach Hodak pun memprediksi tim lawannya tidak akan selamat bertahan di kompetisi kasta tertinggi sepak bola Tanah Air. 

       

      "Mengenai lawan, Bhayangkara berada di posisi kedua terbawah dan kemungkinan mereka akan terdegradasi karena saya yakin tim lain (pesaing di papan bawah) akan mendapatkan beberapa poin," ungkapn Hodak dalam sesi konferensi pers jelang laga di Graha Persib, Jalan Sulanjana Kota Bandung, Rabu (27/3/2024).

       

      Namun karena situasi tersebut, menurut Hodak, anak-anak asuhnya harus waspada. Karena I Putu Gede dan kawan-kawan akan bermain lepas dan all out tanpa tekanan. Permainan tanpa beban itu yang bisa jadi ancaman bagi Persib.

       

      "Bhayangkara kecil kemungkinan untuk bertahan dan karena itu, mereka tidak akan mendapatkan tekanan. Saya yakin ini akan jadi laga yang sulit," terang pelatih berusia 52 tahun tersebut.

       

      Di sisi lain, Hodak juga menilai, BFC memiliki barisan pemain berkualitas yang wajib diwaspdai. "Mereka memiliki Radja (Nainggolan, (Junior) Brandao, Witan dan masih ada beberapa pemain bagus lainnya," ucapnya.

       

      Bhayangkara Optimistis Bisa Curi Poin dari Persib

      Pelatih Bhayangkara FC Emral Abus bersama penyerang Dendy Sulistyawan dalam sesi konferensi pers jelang laga di Graha Persib, Jalan Sulanjana Kota Bandung, Rabu (27/3/2024). (foto: net)

      Bhayangkara Optimistis Bisa Curi Poin

      Dari kubu tim tamu, Coach Emral Abus menegaskan timnya datang ke Bandung untuk mencari poin. Emral mengakui, tugas pasukannya tidaklah mudah. Pasalnya Persib merupakan tim yang kuat, yang mempunyai kedalaman skuat yang baik.

       

      Menurutnya, kualitas pemain inti dan cadangan tidaklah jauh berbeda. Sehingga kendati ada sejumlah pemain inti yang absen, Maung Bandung tetap merupakan lawan yang berbahaya. Kendati demikian, Emral tetap optimistis timnya bisa meraih poin maksimal pada laga tandang kali ini.

       

      “Persib adalah tim yang kuat. Pemain inti dan cadangan sama saja kualitasnya. Dan Persib berada di peringkat 2 di klasemen sementara, top skorer juga ada di Persib Bandung (David da Silva), dengan 21 gol. Luar biasa,” ungkap Emral dalam sesi konferensi pers jelang laga di Graha Persib, Jalan Sulanjana Kota Bandung, Rabu (27/3/2024).

       

      “Namun kami datang ke sini bukan untuk menyerah. Kami datang untuk mencari poin, memenangkan pertandingan, minimal bisa imbang. Kami akan berusaha memenangkan pertandingan. Tapi jelas ini bukan tugas yang mudah,” sambungnya.

       

      Emral menegaskan, di sisa kompetisi yang tinggal 5 laga tersebut, timnya akan berupaya keras untuk meraih poin maksinal. Menurutnya, peluang BFC terhindar dari degradasi masih terbuka, salah satunya jika bisa memenangkan laga kali ini.

       

      “Di sisa pertandingan ini, mereka (pemain) akan menampilkan kualitas permainan. Kami berharap mereka tidak degradasi. Masih mungkin bisa selamat kalau kita bisa memenangkan pertandingan ini. Tidak ada yang tidak mungkin, kita bisa memenagkan pertandingan,” pungkasnya.

       

       Tekuk BFC 2-1, Persib Merangsek ke Papan Atas

      Ciro Alves merayakan gol kemenangan Persib atas Bhayangkara FC pada laga Pekan 13  di Stadion Patriot Chndrabhaga, Kota Bekasi, Sabtu (23/9/2023) malam. Pada laga yang dimenangkan Persib 2-1 tersebut, Ciro mencetak 1 gol pada menit 90+5. (foto: indospot.com)

       

      Persib Ungguli Bhayangkara dalam Rekor Pertemuan

      Persib sendiri memiliki modal berharga jelang laga kontra Bhayangkara. Pasalnya, dilihat dari rekor pertemuan kedua tim, Maung Bandung lebih unggul dibanding The Guardians. Persib dan Bhayangkara sendiri sudah bertemu sejak musim 2016 lalu, ketika tim milik Mabes Polri tersebut telah menyandang nama Bhayangkara FC.

       

      Namun sebelum musim 2016, Persib pernah bentrok dengan Bhayangkara sebanyak 5 kali, yakni 2 kali di musim 2014, saat masih bernama Persebaya United. Sedangkan 3 laga lainnya, terjadi di ajang Piala Indonesia 2010 dan 2 kali di musim 2009. Ketika itu, Bhayangkara bernama Persebaya Surabaya di bawah naungan PT Mitra Muda Inti Berlian(MMIB). Dimana saat itu terjadi dualisme kepemilikan Persebaya dengan PT Persebaya Indonesia yang memilih berkiprah di Liga Primer Indonesia (LPI).

       

      Dari 19 laga yang telah dilakoni, Persib unggul dibanding tim yang kini memakai nama Bhayangkara Presisi Indonesia FC tersebut dengan memenangi 8 laga dan 5 kali imbang, sedangkan 6 laga lainnya dimenangkan The Guardians. Dari torehan gol pun, Maung Bandung unggul dengan melesakkan 25 gol, sementara BFC sebanyak 22 gol.

       

      Di pertemuan terakhir pada putaran pertama lalu, Persib juga unggul. Pada laga yang digelar 23 September 2023, Persib menang 2-1 atas Bhayangkara saat bertanding  di Stadion Patriot Chndrabhaga, Kota Bekasi. Dua gol Maung Bandung dicetak David da Silva pada menit 27 dan Ciro Alves pada menit 90+5. Sedangkan gol BFC dilesakkan Matias Mier menit 35.

       

      Sedangkan pada musim lalu saat Persib masih dilatih Luis Milla, Maung Bandung berhasil menahan imbang BFC dengan skor 2-2 pada putaran pertama di Stadion Stadion Wibawa Mukti, Cikarang, 24 Juli 2022; dan menang 2-1 pada putaran kedua di Stadion Pakansari, Cibinong Kabupaten Bogor. Namun rekor Persib saat menjamu Bhayangkara di kandang terbilang buruk. Dalam 6 laga terakhir di kandang, Persib hanya meraih 2 kemenangan, sedangkan sisanya berakhir dengan 3 kekalahan dan sekali imbang.

       

      Sementara itu untuk catatan pertandingan masing-masing tim dalam 5 laga terakhir, Persib jauh lebih unggul. Tecatat, Maung Bandung merain 4 kemenangan beruntun, serta sekali imbang. Kemenangan diraih saat menekuk Persikabo 1973 (3-1), Persija Jakarta (2-1), RANS Nusantara (4-0), dan PSIS Semarang (3-0). Sedangkan hasil imbang diraih saat menghadapi Barito Putera (1-1).

       

      Sementara itu, hasil buruk menaungi Bhayangkara dalam 5 laga terakhirnya. BFC kalah 4 kali, yakni dari Dewa United (2-3), Madura United (3-2), dan Borneo FC (4-0), dan PSS Sleman (1-4). Sedangkan 1 laga lainnya berakhir imbang 0-0 dengan Arema FC.

       

      Perkiraan Susunan Pemain

      Sayangnya pada laga kali ini, baik Persib maupun Bhayangkara tidak bisa menurunkan skuat terbaik. Sejumlah pemain inti dari kedua tim tidak bisa diturunkan dengan berbagai alasan. Dari kubu Maung Bandung, setidaknya 5 pemain bakal absen, dan 3 pemain lainnya masih diragukan bisa tampil.

       

      Dedi Kusnandar dan Marc Klok tidak bisa tampil karena hukuman kartu. Dado terkena hukuman kartu merah, sedangkan Klok karena akumulasi kartu kuning. Selain akumulasi kartu, Klok juga mengalami cedera dan tengah melakukan pengobatan di Singapura.  Tiga pemain lainnya yang bakal absen, yakni para pemain yang bergabung dengan tim nasional. Edo Febriansah dan Rachmat Irianto baru selesai membela timnas Indoensia di ajang kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia, kontra Vietnam. Juga kiper Kevin Ray Mendoza bergabung dengan timnas Filipina yang juga berlaga di kualifikasi Piala Dunia. Edo dan Irianto baru pulang ke Tanah Air pada Rabu (27/3/2024), Sedangkan Kevin masih belum ada kabar. Untuk Edo dan Irianto, Pelatih Persib Bojan Hodak masih harus memantau kondisi terakhir sebelum memutuskan memasukkan keduanya dalam daftar susunan pemain (DSP).

       

      "Besok akan menjadi pertandingan yang sulit karena kehilangan beberapa pemain. Baru dalam perjalanan kembali, Edo dan Irianto baru tiba hari ini dan akan dilihat di latihan bagaimana kondisinya," ungkap Hodak dalam sesi konferensi pers jelang laga di Graha Persib, =Jalan Sulanjana Kota Bandung, Rabu (27/3/2024).

       

      Selain 5 pemain tersebut, 3 pemain lainnya juga masih diragukan bisa tampil. Penyerang andalan Persib, David da Silva dan Ryan Kurnia bisa jadi diparkir oleh Coach Hodak, karena sedang sakit dan mengalami cedera. "David masih sakit. Ryan Kurnia juga kemungkinan masih cedera. Ini adalah pemain yang tidak akan tampil besok. Jadi tentu saya harus banyak mengubah komposisi pemain," jelasnya.

       

      Satu lagi pemain yang juga diragukan bisa tampil, yakni bek kanan Henhen Herdiana karena mengalami cedera saat menjalani latihan. Namun kondisi Henhen lebih baik, dia sudah bisa kembali bergabung dalam latihan. Namun untuk kepastian diturunkan tidaknya pada laga nanti, Coach Hodak harus memantaunya beberapa jam sebelum kick-off.

       

      Dengan kondisi tersebut, Hodak bakal melakukan rotasi pemain. Di bawah mistar gawang, Teja Paku Alam akan menggantikan Kevin. Dalam formasi 4-2-3-1, Teja akan dikawal 4 bek, yakni Henhen Herdiana, Nick Kuipers, Alberto Rodriguez, dan Rezaldi Hehanussa. Untuk menggantikan duet Klok-Dado, Coach Hodak bisa menurunkan Ezra Walian yang dipasangkan dengan Abdul Aziz.  Sementara posisi Ryan Kurnia bisa digantikan Bechkam Putra Nugraha, yang akan kembali bekerja sama denga Stefano Beltrame dan Ciro Alves. Dan untuk ujung tombak, kemungkinan masih dipercayakan kepada David da Silva.

       

      Sementara itu dari kubu tamu, Coach Emral Abus juga kehilangan 2 pemain karena akumulasi kartu kuning. Keduanya yakni Matias Mier dan Wahyu Subo Seto. Witan Sulaeman yang baru pulang dari Timnas Indonesia, juga masih diragukan bisa tampil karena kelelahan setelah bermain di kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia, menghadapi Vietnam.

       

      “Para pemain kami sudah siap, walaupun tidak turun dengan kekuatan penuh. Seperti Matias Mier karena kartu kuning. Ada juga pemain yang cedera. Namun pemain lain siap menggantikan pemain tersebut. Dan hal ini pernah kami eksperimen di beberapa pertandingan, tanpa pemain asing, pemain lokal juga bisa menamilkan kualitasnya, bahkan bisa lebih berapi-api,” ungkap Emral dalam sesi konferensi pers jelang laga di Graha Persib, Jalan Sulanjana Kota Bandung, Rabu (27/3/2024).

       

      Menghadapi Persib, Emral kemungkinan masih menerapkan formasi 4-4-2. Absennya Witan, bakal digantikan oleh Dendy Sulistyawan yang akan berduet dengan Jose Brandao Goncalves Junior. Sedangkan absennya Matias Mier bisa digantikan M Hargianto. Di lini tengah, Hargianto akan bekerja sama dengan Radja Nainggolan, M Reza Kusuma, dan M Zulfahmi. Sementara di barisan belakang tidak banyak berubah. Kiper Awan Seto Raharjo akan dikawal 4 bek, yakni sang kapten Anderson Aparecido Salles, Andik Rendika Rama, Arif Satria, dan I Putu Gede Juni Antara.

       

       

      Head to Head

      23 September 2023          Liga 1 2022-2023           Bhayangkara FC 1-2 Persib Bandung

      24 Maret 2023                  Liga 1 2022-2023          Persib Bandung 2-1 Bhayangkara FC

      24 Juli 2022                     Liga 1 2022-2023           Bhayangkara FC 2-2 Persib Bandung

      21 Juni 2022                    Piala Indonesia 2022      Bhayangkara FC 0-1 Persib Bandung

      6 Februari 2022                Liga 1 2021-2022           Persib Bandung 0-1 Bhayangkara FC

      16 Oktober 2021              Liga 1 2021-2022           Bhayangkara FC 0-2 Persib Bandung

      23 Ocktober 2019             Liga 1 2019                   Bhayangkara FC 0-0 Persib Bandung

      30 Juni 2019                    Liga 1 2019                   Persib Bandung 1-2 Bhayangkara FC

      3 November 2018             Liga 1 2018                   Bhayangkara FC 1-2 Persib Bandung

      31 Mei 2018                     Liga 1 2018                   Persib Bandung 0-1 Bhayangkara FC

      24 September 2017          Liga 1 2017                   Persib Bandung 1-1 Bhayangkara FC

      4 Juni 2017                      Liga 1 2017                   Bhayangkara FC 2-0 Persib Bandung

      12 Oktober 2016              TSC 2016                      Persib Bandung 2-1 Bhayangkara FC

      11 Juni 2016                    TSC 2016                      Bhayangkara FC 4-1 Persib Bandung

      22 Oktober 2014              ISL 2014                      Persib Bandung 3-1 Persebaya United

      14 Oktober 2014              ISL 2014                      Persebaya United 1-1 Persib Bandung

      13 Mei 2010                     Piala Indonesia 2010     Persebaya Surabaya 0-0 Persib Bandung

      14 Februari 2010              ISL 2009                      Persebaya Surabaya 2-1 Persib Bandung

      23 Januari 2010               ISL 2009                      Persib Bandung 4-2 Persebaya Surabaya

       

      5 Laga Terakhir Persib Bandung

      15 Maret 2024                 Persikabo 1973 1-3 Persib Bandung

      9 Maret 2024                   Persib Bandung 2-1 Persija Jakarta

      3 Maret 2024                   ANS Nusantara 0-4 Persib Bandung

      27 Februari 2024             Persib Bandung 3-0 PSIS Semarang

      23 Februari 2024             Barito Putera 1-1 Persib Bandung

       

      5 Laga Terakhir Bhayangkara FC

      16 Maret 2024                 Bhayangkara FC 2-3 Dewa United

      6 Maret 2024                   Arema FC 0-0 Bhayangkara FC

      1 Maret 2024                   Bhayangkara FC 3-2 Madura United

      26 Februari 2024             Borneo FC 4-0 Bhayangkara FC

      22 Februari 2024             Bhayangkara FC 1-4  PSS Sleman

       

       

      Perkiraan Susunan Pemain

      Persib Bandung (4-2-3-1)

      Ada FIFA Matchday, Tim Persib Diliburkan 3 Hari

      Teja Paku Alam; Henhen Herdiana, Nick Kuipers (C), Alberto Rodriguez, Rezaldi Hehanussa; Abdul Aziz, Ezra Walian; Bechkam Putra Nugraha, Stefano Beltrame, Ciro Alves; David da Silva

      Cadangan: Fitrul Dwi Rustapa; Kakang Rudianto, Victor Igbonefo, Zalnando, Achmad Jufriyanto, Arsan Makarin, Ferdiansyah, Ezra Walian, Febri Hariyadi, M Adzikri Fadillah

      Pelatih: Bojan Hodak

       

      Bhayangkara FC (4-4-2)

      Foto Tim BHAYANGKARA PRESISI INDONESIA FC

      Awan Seto Raharjo; Anderson Aparecido Salles (C), Andik Rendika Rama, Arif Satria, I Putu Gede Juni Antara; M Hargianto, M Reza Kusuma, M Zulfahmi, Radja Nainggolan; Jose Brandao Goncalves Junior, Dendy Sulistiawan

      Cadangan: M Aqil Savik; Indra Kahfi, Osvaldo Haay, Dimas Juliono Pamungkas, Mohamad Ragil, Luis Marcelo Herrera, TM Ichsan, Alsan Putra Masat Sanda, Sani Rizki Fauzi, Muhammad Fatchu Rochman

      Pelatih: Emral Abus.

       

      Pekan 29: Borneo Peringkat 1, Persikabo Degradasi

       

      (*)

      Oleh: deni mulyana sasmita / den

      0 Komentar

      Tinggalkan Komentar


      Cancel reply

      0 Komentar


      Tidak ada komentar

      Berita Lainnya


      Duet DDS-Ciro Andalan Persib di Championship Serie
      Persib Lebih Fokus Songsong Championship Series
      Ini Kunci Kemenangan Persib Bandung atas Persebaya
      Tekuk Persebaya 3-1,Persib Segera Amankan Posisi 2
      Babak I, Gol DDS Bawa Persib Ungguli Persebaya 1-0

      Klasemen Liga Indonesia

      Tim M Point
      1 Borneo FC 32 70
      2 Persib Bandung 32 59
      3 Bali United 32 55

      Klasemen Liga Dunia

      Tim M Point
      1. Liverpool 28 64
      2. Arsenal 28 64
      3. Manchester City 28 63
      4. Aston Villa 29 56
      Tampilkan Detail