free hit counter code Target Kemenangan Dua Tim dengan Misi Berbeda - JuaraNews Inspirasi Semangat Muda web stats service from statcounter

Hot News


Daftar Pemain


    Editorial


      Jadwal Liga


      Target Kemenangan Dua Tim dengan Misi Berbeda
      (juaranews) Persikabo 1973 menjamu Persib pada Pekan 29 Liga 1

      Persikabo vs Persib Bandung

      Target Kemenangan Dua Tim dengan Misi Berbeda

      JuaraNews, Bandung – Laga Pekan 29 Liga 1 2023-2024, antara Persikabo 1973 kontra Persib Bandung di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar Bali, Jumat (15/3/2024) mulai pukul 20.30 WIB, mempertemukan 2 tim dengan target yang sama namun mengusung misi berbeda.

       

      Persib yang bercokol di peringkat 2 klasemen sementara dengan raihan 51 poin, bernafsu ingin segera memastikan 1 tiket ke Championship Series. Kemenangan pada laga nanti dipastikan lebih melapangkan jalan bagi Maung Bandung untuk tampil di babak Semifinal, dan meninggalkan rival-rivalnya di papan atas.

       

      Skuat Maung Bandung pun sedang dalam kepercayaan diri tinggi, setelah belum terkalahkan di 6 laga terakhirnya. Bahkan dalam 3 laga terakhirnya, tim asuhan Pelatih Bojan Hodak meraih hasi sempurna, seelah mengalahkan Persija Jakartan (2-1), membantai RANS Nusantara (4-0) dan PSIS Semarang (3-0).

       

      Sementara bagi Persikabo, kemenangan sangat dibutuhkan agar asa tetap tampil di Liga 1 musim depan tetap ada. Saat ini, tim Laskar Pajajaran terpuruk di dasar klasemen atau peringkat 18 dengan 17 poin. Persikabo tercatat tidak pernah meraih kemenangan dalam 10 laga, dengan 4 laga terakhir berujung kekalahan. Kemenangan terakhir Persikabo diraih saat menekuk RANS Nusantara 2-1 pada 4 November 2023 silam.

       

      Gara-gara rentetan hasil minor tersebut pula, akhirnya manajemen Persikabo memutuskan memecat Pelatih Aji Santoso, dan menggantikannya oleh Djadjang Nurdjaman. Kehadiran Janur -sapaan akrab Djadjang Nurdjaman- diharapkan bisa menyelamatkan Persikabo dari jeratan degradasi pada kompetisi Liga 1 yang menyisakan 6 laga lagi tersebut.

       

      Karena jika sampai Persikabo kembali menelan kekalahan, ancaman degradasi hampir dipastikan menghampiri. Pasalnya, para pesaingnya, khususnya di peringkat 16, 17, dan 18 yang ditempati Persita Tangerang, Arema FC, dan PSS Sleman, telah mengoleksi 31 poin sehingga akan semakin sulit dikejar oleh Persikabo di sisa kompetisi ini.

       

       Persib Waspadai Semangat Persikabo di Tangan Janur

      Pelatih Persib Bandung Bojan Hodak dalam sesi konferensi pers jelang laga kontra tuan rumah Persikabo 1973 di Denpasar Bali, Kamis (14/3/2024). (foto: persib.co.id)

       

      Bojan Hodak Waspadai Semangat Persikabo di Tangan Janur

      Menghadapi laga tandang kontra Persikabo in, Coach Hodak sendiri tetap meningkatkan kewaspadaannya. Salah satu hal yang diwaspadai Hodak dari Persikabo yakni kehadiran Janur yang merupakan mantan pelatih Persib. Janur yang sebelumnya pernah menangani Persikabo, juga pernah mengantarkan Persib menjadi juara Indonesia Super League (ISL) 2014 dan Piala Presiden 2015. Karena itu, Hodak menilai, laga nanti tak kan berjalan mudah bagi timnya untuk meraih kemenangan.

       

      “Semoga besok menjadi pertandingan yang menarik. Besok bukan pertandingan mudah apalagi Persikabo juga mendatangkan pelatih baru yang tidak asing buat mereka,” ungkap Hodak dalam sesi konferensi pers jelang laga di Bali, Kamis (14/3/2024).

       

      Selain itu, Hodak menyebutkan, tim tuan rumah dipastikan akan tampil lepas menghadapi Maung Bandung. Menurutnya, Yandi Sofyan dan kawan-kawan akan berusaha memberikan yang terbaik untuk memperbaiki posisi di klasemen yang ada di papan bawah. Kendati Persikabo berada di dasar klasemen, Hodak tak mau menganggap enteng Laskar Pajajaran.

       

      “Menghadapi tim yang ada di papan bawah, kami harus tetap menunjukan keinginan memenangkan pertandingan. Bukan mudah tapi kami ingin meraih kemenangan untuk tetap berada di 4 Besar,” tegas Hodak.

       

      Tak ada yang Mustahil, Persikabo Siap Curi Poin

      Pelatih anyar Persikabo 1973 Djadjang Nurdjaman dalam konferensi pers jelang laga di Liga 1. (foto: net)

       

      Tak ada yang Mustahil, Persikabo Siap Curi Poin

      Dari kubu tuan rumah, Janur menegaskan tidak ada yang mustahil dalam sepak bola, termasuk saat timnya harus menghadapi Persib. Menurut Janur, peluang untuk memetik poin pada laga nanti tetap terbuka. Karena itu, Janur menginstruksikan para pasukannya untuk tetap fokus menatap laga nanti.

       

      Tugas Janur sebagai pelatih anyar Laskar Pajajaran memang cukup berat, karena langsung dihadapkan pada laga sulit menghadapi Persib yang kini bertengger di peringkat 2 klasemen sementara, sementara Persikabo kini terpuruk di dasar klasemen.

       

      Karena itu, Persikabo dituntut untuk bangkit dari keterpurukan agar bisa meninggalkan zona degradasi. Tiga poin menjadi misi yang wajib diraih Dimas Drajad dan kawan-kawan, jika tidak, harapan untuk keluar dari zona degradasi bisa sirna.

       

      "Kami bertekad, semua pemain untuk kerja maksimal besok dan bukan tidak mungkin kami bisa meraih 3 poin dari mereka asal kami berjuang penuh. Bukan hal yang mustahil meraih 3 poin," ungkap Janur dalam sesi konferensi pers jelang laga di Denpasar, Kamis (14/3/2024).

       

      Janur menyebut, tugas pertamanya saat tiba di Persikabo yakni membangkitkan motivasi para pemainnya. Dengan kembalinya motivasi dan semangat bertanding, Janur yakin Persikabo bisa memberi perlawanan pada laga nanti.

       

      "Yang paling penting buat saya adalah membangkitkan motivasi mereka (pemain), saya pikir sudah lama mereka tidak meraih kemenangan dan memang perlu dibangkitkan. Faktor mental yang harus diperhatikan apalagi lawannya Persib. Untuk itu, kerja saya di awal adalah membangkitkan motivasi mereka," tegasnya.

       

      Kendala lain yang dihadapi Janur yakni minimnya persiapan. Meski begitu, dia memastikan pasukannya sudah siap bertanding menghadapi sederet bintang di skuat Maung Bandung.

       

      "Persiapan saya khususnya sangat minim sekali karena saya baru datang dua hari lalu, jadi baru 2 kali latihan sama anak-anak. Tentu dengan waktu yang singkat kami persiapan maksimal jelang menghadapi Persib," tutup Janur.

       

      Gol David da Silva Jadi yang ke-997 untuk Persib Bandung, Menuju Angka 1.000

      Striker Persib David da Silva diadang pemain Persikabo 1973 Nikola Kovacevic pada laga Pekan 12 Liga 1 2023-2024 di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Kota Bandung pada 16 September 2023. Pada laga yang berakhir dengan kemenangan Persib 2-0 tersebut, Da Silva mencetak 1 gol, dan 1 gol lainnya disumbangkan Ezra Walian. (foto: antara)

       

      Statistik Pertemuan, Persib Dominasi Persikabo

      Pertemuan Persib kontra Persikabo sendiri merupakan yang ke-17 di era liga profesional, khususnya setelah Laskar Pajajaran diakusisi manajemen baru yang sebelumnya bernama PS TNI. Dari 16 laga yang telah dilakoni, Persib masih unggul dibanding Persikabo, dengan memenangi 7 laga, kalah 3 kali, dan 6 laga sisanya berakhir dengan hasil imbang. Dalam 16 laga tersebut, Persib melesakkan 26 gol berbanding 17 gol yang diciptakan Persikabo.

       

      Pertemuan pertama kedua tim, terjadi di ajang Piala Sudirman pada 20 November 2015 silam, dimana saat itu PS TNI baru berdiri setelah Mabes TNI membentuk tim Liga dengan mengakusisi PSMS Medan. Pada pertemuan perdana tersebut, PS TNI yang merupakan cikal bakal Persikabo 1973 menang 2-0 atas Persib.

       

      Setelah kemenangan tersebut, Persib lebih mendominasi, terutama di kompetisi resmi di level Liga. Sejak itu, Persikabo tak pernah berhasil mengalahkan Persib. Kemenangan di level Liga, baru terjadi pada laga pamungkas Liga 1 musim 2022-2023. Kala itu, Persib dibantai 4-1 oleh Persikabo saat bermain di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Kota Bandung, pada 15 April 2023. Empat gol Persikabo dicetak Lucao, Lucky Octavianto, Silvio Pereira, dan Pedro Henrique. Sedangkan gol Persib dicetak David da Silva.

       

      Namun kekalahan Persib tersebut berbau kesengajaan, karena tim Maung Bandung yang saat ini masih ditangani Pelatih Luis Milla sudah tidak bernafsu lagi meraih kemenangan setelah dipastikan hanya bisa finis di posisi 3, di bawah juara PSM Makassar dan Persija Jakarta. Barangakali akan berbeda hasilnya, jika kemenangan pada laga tersebut bisa membuat Persib juara Liga.

       

      Kekalahan tersebut pun akhirya dibalas Persib pada pertemuan pertama musim ini, tepatnya di Pekan 12. Saat berlaga di Stadion GBLA, Persib dibawah asuhan Bojan Hodak menghajar Persikabo dengan skor 2-0 pada 16 September 2023. Dua gol Persib saat itu dicetak Da Silva dan Ezra Wallian.

       

      Selain 16 laga mulai dari bernama PS TNI, PS Tira, PS Tira Persikabo, hingga nama saat ini Persikabo 1973, kedua tim pernah beberapa kali bertanding ketika masih bernama Persikabo Bogor. Setidaknya kedua tim bertemu sebanyak 5 lagi mulai 2011 hingga 2014. Dari 5 laga tersebut, Persib memenangi 2 laga, dan 2 kali imbang, serta 1 laga lagi dimenangkan Persikabo. Pada ISL 2011, Persib menang baik di kandang maupun tandang, dengan skor 3-2 dan 2-1. Sedangkan di musim 2012, Persikabo unggul denga menahan imbang 2-2 pada pertemuan pertama, dan menang 2-1 di pertemuan kedua. Dan pertemuan terakhir saat bernama Persikabo Bogor terjadi di ajang Inter Island Cup 2014 pada 19 Januari 2014, dimana kedua tim berbagi angka 0-0.

       

      Sementara itu, kini kedua tim berbeda nasib di putaran kedua Liga 1 yang menyisakan 6 laga lagi tersebut. Saat ini, Persib menempati posisi 2 dengan 51 poin, sementara Persikabo terdampar di dasar klasemen atau peringkat 18 dengan 17 poin. Catatan dalam 5 laga terakhir pun, Persib jauh lebih baik dibanding Persikabo. Persib tercatat tak pernah kalah, dengan memenangkan 3 laga terakhirnya secara beruntun. Yakni menekuk Persija Jakarta (2-1), lalu menghajar RANS Nusantara (4-0), dan PSIS Semarang (3-0). Sedangkan 2 hasil imbang diperoleh saat menghadapi Barito Putera (1-1) dan Persis Solo (2-2).

       

      Nasib terbalik dialami Persikabo yang tak pernah menang dalam 5 laga terakhirnya, dengan menelan 4 kekalahan beruntun, yakni saat bertemu Dewa United (2-1), Arema FC (0-1), Madura United (3-2), dan Borneo FC (2-3). Sedangan 1 laga lagi berakhir imbang saat menghadapi PSS Sleman (2-2).

       

      Perkiraan Susunan Pemain

      Sementara itu, dengan target yang sama, yakni meraih 3 poin, kedua pelatih dipastikan menurunkan skuat terbaiknya pada debry Jabar tersebut. Dari Persib, Coach Hodak kemungkinan bakal mempertahankan the winning team-nya yang sukses meraih kemenangan di 3 laga terakhirnya. Hodak pun cukup nyaman untuk meracik komposisi timnya karena tak ada pemain inti yang cedera ataupun terkena hukuman akumulasi kartu. Hanya Rachmat Irianto yang tidak dibawa ke Bali, karena masih dalam pemulihan cedera pada mata kaki kirinya. Sisanya dalam kondisi bugar untuk kembali meraih kemenangan.

       

      Pada misi meraih kemenangan keempat kalinya tersebut, Hodak masih akan menerapkan formasi andalannya 4-2-3-1. Nick Kuipers kembali berduet dengan Alberto Rodriguez di posisi center bek, dengan diapit 2 wing bek, Henhen Herdiana di kanan dan Rezaldi Hehanussa di sisi kiri. Keempat bek ini akan mengawal pertahanan sebelum lawan mendekati gawang yang akan kembali dijaga Kevin Ray Mendoza.

       

      Di lapangan tengah, duet Marc Anthony Klok dan Dedi Kusnandar masih belum tergantikan untuk memainkan peran sebagai penyeimbang serangan dan pertahanan. Sedangkan di sektor gelandang serang, Ryan Kurnia akan kembali bekerja sama dengan Ciro Alves dan Stefano Beltrame. Sementara ujung tombak tetap dipercayakan kepada top skorer sementara musim ini, David da Silva yang total telah mengoleksi 19 gol.

       

      Sementara itu dari kubu tuan rumah, Coach Janur diperkirakan menerapkan formasi 4-4-2, dengan menempatkan 2 strikernya, Dimas Drajad berduet dengan Pedro Augusto Cabral Carvalho. Di belakangan kedua penyerang tesebut, akan berdiri 4 gelandang asing, seperti Caique Medeiros Basilio, Joao Pedro Oliviera Santos, Keven Steven Aleman Bustos, dan Myat Kaung Khant. Sementara di barisan belakang, kiper Husna Al Malik Riwani Saputra akan mendapat pengawalan daeri 4 bek, yani Didik Wakyu Wijayance, Eduardo de Sousa Santos, M Kemaluddin, dan Syahrul R Lasinari

       

      Head to Head

      16 September 2023        Liga 1 2023-2024            Persib Bandung 2-0 Persikabo 1973

      15 April 2023                 Liga 1 2022-2023            Persib Bandung 1-4 Persikabo 1973

      24 Desember 2022         Liga 1 2022-2023            Persikabo 1973 1-1 Persib Bandung

      29 Januari 2022             Liga 1 2021-2022            Persib Bandung 1-0 Persikabo 1973

      27 September 2021        Liga 1 2021-2022            Persikabo 1973 0-0 Persib Bandung

      14 Septem­­­­­ber 2019        Liga 1 2019                     PS Tira Persikabo 1-1 Persib Bandung

      18 Juni 2019                  Liga 1 2019                     Persib Bandung 1-1 PS Tira Persikabo

      2 Maret 2019                 Piala Presiden 2019          Persib Bandung 1-2 PS Tira Persikabo

      30 Juli 2018                   Liga 1 2018                     PS Tira Persikabo 2-3 Persib Bandung

      26 Maret 2018               Liga 1 2018                     Persib Bandung 1-1 PS Tira Persikabo

      5 Agustus 2017              Liga 1 2017                     Persib Bandung 3-1 PS TNI

      22 April 2017                 Liga 1 2017                     PS TNI 2-2 Persib Bandung

      9 Desember 2016           TSC 2016                        Persib Bandung 4-0 PS TNI

      21 Agustus 2016            TSC 2016                        PS TNI 0-3 Persib Bandung

      24 Maret 2016               Bhayangkara Cup             PS TNI 0-2 Persib Bandung

      30 November 2015         Piala Sudirman                Persib Bandung 0-2 PS TNI

      19 Januari 2014             Inter Island Cup 2014      Persib Bandung 0-0 Persikabo Bogor

      24 Agustus 2013            ISL 2012-2013                Persib Bandung 1-2 Persikabo Bogor

      31 Januari 2013             ISL 2012-2013                Persikabo Bogor 2-2 Persib Bandung

      5 Juli 2012                     ISL 2011                        Persikabo Bogor 1-2 Persib Bandung

      3 Desember 2011           ISL 2011                        Persib Bandung 3-2 Persikabo Bogor

       

      5 Laga Terakhir Persikabo 1973

      7 Maret 2024                 Dewa United 2-1 Persikabo 1973

      1 Maret 2024                 Persikabo 1973 0-1 Arema FC

      26 Februar1 2024           Madura United 3-2 Persikabo 1973

      22 Februar1 2024           Persikabo 1973 2-3 Borneo FC

      4 Februari 2024              PSS Sleman 2-2 Persikabo 1973

       

      5 Laga Terakhir Persib Bandung

      9 Maret 2024                  Persib Bandung 2-1 Persija Jakarta

      3 Maret 2024                  RANS Nusantara 0-4 Persib Bandung

      27 Februari 2024            Persib Bandung 3-0 PSIS Semarang

      23 Februari 2024            Barito Putera 1-1 Persib Bandung

      4 Februari 2024              Persib Bandung 2-2 Persis Solo

       

      Perkiraan Susunan Pemain

      Persikabo 1973 (4-4-2)

      Foto Tim PERSIKABO 1973Husna Al Malik Riwani Saputra; Didik Wakyu Wijayance, Eduardo de Sousa Santos, M Kemaluddin, Syahrul R Lasinari; Caique Medeiros Basilio, Joao Pedro Oliviera Santos, Keven Steven Aleman Bustos, Myat Kaung Khant; Pedro Augusto Cabral Carvalho, M Dimas Drajad  (C)

      Cadangan: Iman Arief Fadillah; Yandi Sofyan Munawar, Frengky Deaner Missa, M Syamsul Rifa'i, Dona Saputra, Lucky Octavianto, Reza Irfana, Roni Sugeng Ariyanto, Syahrul Trisna Fadillah, Andy Setyo Nugroho

      Pelatih: Djadjang Nurdjaman

       

      Persib Bandung (4-2-3-1)

      Jelang Duel Persib vs Persikabo 1973. Bojan Fokus Matangkan Strategi, Djanur Ngaku di Posisi Sulit

      Kevin Ray Mendoza; Henhen Herdiana, Nick Kuipers, Alberto Rodriguez, Rezaldi Hehanussa; Marc Anthony Klok (C), Dedi Kusnandar; Ryan Kurnia, Stefano Beltrame, Ciro Alves; David da Silva

      Cadangan: Teja Paku Alam; Kakang Rudianto, Victor Igbonefo, Zalnando, Bechkam Putra Nugraha, Edo Febriansah, Febri Hariyadi, Arsan Makarim, Adzikri Fadillah, Ezra Walian

      Pelatih: Bojan Hodak. (*)

       

      Hasil Pekan 28, 3 Tim Berebut Puncak Klasemen

      Oleh: deni mulyana sasmita / den

      0 Komentar

      Tinggalkan Komentar


      Cancel reply

      0 Komentar


      Tidak ada komentar

      Berita Lainnya


      Tekuk Borneo 2-0. Persib Segel Posisi Runner-up
      Gol David da Silva Bawa Persib Ungguli Borneo 1-0
      Ini Susunan Pemain Persib Bandung vs Borneo FC
      Duet DDS-Ciro Andalan Persib di Championship Serie
      Persib Lebih Fokus Songsong Championship Series

      Klasemen Liga Indonesia

      Tim M Point
      1 Borneo FC 32 70
      2 Persib Bandung 32 59
      3 Bali United 32 55

      Klasemen Liga Dunia

      Tim M Point
      1. Liverpool 28 64
      2. Arsenal 28 64
      3. Manchester City 28 63
      4. Aston Villa 29 56
      Tampilkan Detail