free hit counter code Munggahan Jadi Tradisi Jelang Ramadan,Ini Maknanya - JuaraNews Inspirasi Semangat Muda web stats service from statcounter

Hot News


Opini


    Munggahan Jadi Tradisi Jelang Ramadan,Ini Maknanya
    net ilustrasi tradisi munggahan

    Munggahan Jadi Tradisi Jelang Ramadan,Ini Maknanya

    JuaraNews, Bandung - Munggahan, yaitu tradisi yang dilakukan masyarakat dalam rangka menyambut kedatangan bulan Ramadan.

     

    Munggahan sendiri berasal dari bahasa Sunda ungguh yang memiliki arti naik, yang bermakna naiknya ke bulan yang suci atau tinggi derajatnya. Tradisi ini dilakukan sebagai bentuk rasa Syukur kepada Allah SWT dan membersihkan diri dari hal-hal buruk selama setahun sebelumnya. Munggahan juga memilikki tujuan agar masyarakat terhindar dari perbuatan tidak baik selama melakukan puasa di bulan Ramadan.

     

    Ada berbagai macam hal yang dapat dilakukan dalam tradisi Munggahan ini seperti melakukan silaturahmi kepada sanak saudara ataupun tetangga sekitar, berkumpul bersama keluarga, makan bersama, berziarah ke makam serta bermaaf-maafan dan berdo’a bersama.

     

    Selain itu masyarakat uga biasanya mengunjungi tempat wisata bersama keluarga atau melakukan kegiatan sedekah menjelang Ramadhan. Mereka juga biasanya akan membersihkan seluruh anggota badan sebagai bentuk amalan sunnah yang di yakini oleh umat muslim.

     

    Masyarakat Sunda khususnya orang muslim yang merantau akan kembali ke tempat asalnya masing-masing pada sehari sebelum bulan Ramadhan atau pada awal Ramadhan agar dapat melaksanakan munggahan bersama keluarga dan kerabat.

     

    Munggahan biasanya akan dilaksanakan pada akhir bulan Sya’ban atau sehari sampai dua hari sebelum Ramadhan. (*)

     

    bas

    0 Komentar

    Tinggalkan Komentar


    Cancel reply

    0 Komentar


    Tidak ada komentar

    Berita Lainnya


    Olahraga Efektif Mengatasi Lemak Pasca Lebaran
    Tiga Daerah Berbahaya yang Kuasai Ilmu Kesaktian
    Waspadai Penyakit Khas Pascalebaran
    Cintanya Agus Mulyana Pada Vespa Tak Sekedar Hobi
    Cegah Ancaman Kesehatan Pasca Lebaran, Lakukan Ini

    Editorial