free hit counter code 4 Manfaat Kurma Sebagai Makanan Buka Puasa - JuaraNews Inspirasi Semangat Muda web stats service from statcounter

Hot News


Opini


    4 Manfaat Kurma Sebagai Makanan Buka Puasa
    net kurma

    4 Manfaat Kurma Sebagai Makanan Buka Puasa

    JuaraNews Bandung - Jelang bulan Ramadan, masyarakat Muslim di seluruh dunia mempersiapkan diri untuk menjalani ibadah puasa. Salah satu momen yang sangat dinanti adalah saat berbuka puasa, di mana banyak orang berbondong-bondong mencari makanan yang lezat dan menyegarkan untuk mengakhiri puasa seharian.

     

    Dekatnya bulan suci Ramadan menghadirkan tantangan baru bagi umat Muslim, termasuk memilih kudapan yang tepat untuk berbuka puasa. Salah satu kudapan yang popularitasnya tak tergantikan adalah buah kurma. 

     

    Namun, di balik kenikmatannya yang tiada tara, terdapat sejumlah manfaat kesehatan yang tak terbantahkan. Buah kurma merupakan jenis buah yang berasal dari Timur Tengah, yang menjadi buah sunah rasul.  Berikut adalah empat manfaat utama yang menjadikan buah kurma sebagai pilihan ideal untuk kudapan berbuka puasa:

     

    1. Sumber Energi yang Cepat

     

    Buah kurma mengandung gula alami yang memberikan energi instan bagi tubuh setelah seharian berpuasa. Saat berbuka, kita semua merekomendasikan makan makanan yang mudah dicerna terlebih dahulu. Dan kurma adalah buah yang direkomendasikan untuk melancarkan pencernaan. Kurma juga banyak mengandung  nutrisi yang mudah dicerna oleh tubuh sehingga sangat efektif jika dikonsumsi di akhir puasa. Hal ini dikarenakan tubuh kita biasanya kekurangan energi dan membutuhkan  kalori sebagai sumber energi yang dapat cepat diserap oleh tubuh.

     

    1. Mengatasi Dehidrasi

     

    Kurma biasanya dijadikan makanan untuk berbuka puasa. Namun, juga bisa memetik manfaatnya dengan mengonsumsi kurma  saat sahur. Mineral yang kaya pada kurma  membantu mencegah rasa  cepat  haus di hari puasa. Karena Kandungan air tinggi dalam kurma membantu mengembalikan cairan yang hilang selama puasa, mencegah dehidrasi.

     

    1. Penguat Pencernaan

     

    Kurma kaya akan serat makanan yang membantu menjaga kesehatan pencernaan dan mencegah sembelit. Seperti yang telah disebutkan pada poin sebelumnya, kurma memiliki kandungan  serat makanan yang sangat tinggi. Kandungan seratnya yang kaya sangat baik untuk saluran pencernaan, apalagi jika ada yang sering menderita sembelit. Kurma, seperti halnya sayuran, kaya akan serat makanan, yang membantu Anda merasa kenyang lebih lama.

     

    1. Mengatur Kadar Gula Darah

     

    Meskipun manis, indeks glikemik kurma rendah, membantu menjaga kadar gula darah tetap stabil setelah berbuka puasa. Kurma memiliki indeks glikemik rendah, yang membantu mengatur kadar gula darah. Makanan dengan indeks glikemik tinggi menjadi penyebab utama peningkatan kadar gula darah. Mengkonsumsi kurma dapat membantu mengurangi asupan makanan tinggi glikemik dan  menjaga kadar gula darah tetap sehat. (*)

    Oleh: Sheila Mutiara / bas

    0 Komentar

    Tinggalkan Komentar


    Cancel reply

    0 Komentar


    Tidak ada komentar

    Berita Lainnya


    Olahraga Efektif Mengatasi Lemak Pasca Lebaran
    Tiga Daerah Berbahaya yang Kuasai Ilmu Kesaktian
    Waspadai Penyakit Khas Pascalebaran
    Cintanya Agus Mulyana Pada Vespa Tak Sekedar Hobi
    Cegah Ancaman Kesehatan Pasca Lebaran, Lakukan Ini

    Editorial