free hit counter code Saatnya Bangkit Kembali ke Jalur Kemenangan - JuaraNews Inspirasi Semangat Muda web stats service from statcounter

Hot News


Daftar Pemain


    Editorial


      Jadwal Liga


      Saatnya Bangkit Kembali ke Jalur Kemenangan
      (juaranews) Barito Putera menjamu Persib Bandung

      Barito Putera vs Pasib Bandung

      Saatnya Bangkit Kembali ke Jalur Kemenangan

      • Jumat, 23 Februari 2024 | 14:45:00 WIB
      • 0 Komentar

      JuaraNews, Bandung - Tim Persib Bandung melanjutkan perjuangannya di Liga 1 2023-2024 dengan menghadapi Barito Putera di Stadion Sultan Agung, Bantul Yogyakarta, Jumat (23/2/2024) mulai pukul 19.00 WIB.

       

      Pada laga tandang kali ini, Hodak mengusung misi bangkit untuk kembali meraih kemenangan setelah dalam 4 laga terakhir tanpa mendapat poin penuh. Selain memutus tren kurang negatif, tambahan 3 poin dibutuhkan untuk menjaga asa untuk tetap berada di posisi 4 Besar dan menjauhi kejaran tim rival.

       

      Saat ini, Persib menempati posisi 3 dengan raihan 41 poin. Maung Bandung tertinggal 16 poin dari pemuncak klasemen sementara Borneo FC yang mengemas 57 poin dari 25 laga. Persib pun masih tertinggal 1 poin dari peringkat 2 PSIS yang mengoleksi 42 poin.  Tambahan 3 poin pun dibutuhkan Persib agar tidak tersalip oleh rivalnya, Bali United di peringkat 4 yang sama-sama mengoleksi 41 poin. Belum lagi, Persib terancam tergusur oleh tim-tim di luar 4 Besar, seperti Persik Kediri di posisi 5 dengan 37 poin, dan Madura United di peringkat 6 dengan 36 poin.

       

      Persib Bertekad Bangkit di Kandang Barito Putera

      Pelatih Persib Bandung Bojan Hodak (foto: persib.co.id)

       

      Meski dalam 4 laga terakhir gagal meraih kemenangan, Coach Hodak tetap optimistis pasukannya bisa bangkit dan bertahan di posisi 4 Besar hingga bisa berlaga di babak Champhionship Series. Hodak menjelaskan, 4 laga terakhir bukanlah hasil yang diharapkan. Dia selalu menargetkan kemenangan di setiap laga, termasuk 4 laga sebelumnya.

       

      "Sebenarnya di beberapa pertandingan terakhir, kami tidak bisa mendapatkan poin yang ditargetkan. Dan hasil itu bukanlah hal yang positif bagi kami," ungkap Hodak dalam sesi konferensi pers jelang laga di Hotel UNY, Yogyakarta, Kamis (22/2/2023).

       

      Diketahui, Maung Bandung hanya mampu meraih 3 hasil imbang dan 1 kekalahan dalam 4 laga terakhir. Naun dengan masa persiapan selama 2 pekan di masa jeda kompetisi, Coach Hodak optimistis Ciro Alves dan kawan-kawan bisa lebih kuat dibanding beberapa laga sebelumnya, karena evaluasi yang telah dilakukan.

       

      "Saya harap besok bisa menampilkan permainan bagus. Tentunya ini akan sulit, karena Barito Putera adalah tim yang berpengalaman. Bahkan saat kami bermain di Bandung ini berjalan sulit. Tapi semoga kami menunjukkan perbaikan dan mendapatkan hasil positif," katanya.

       

      “Persiapan kami berjalan bagus dengan waktu ideal yang dimiliki (untuk persiapan) dibanding beberapa laga sebelumnya. Kami melakukan perjalanan ke sini, maka tentunya kami serius untuk menghadapi laga besok," ujar pelatih asal Kroasia tersebut.

       

      "Di laga sebelumnya (menghadapi Persis Solo), kami juga bermain bagus, tapi sayangnya melakukan 2 kesalahan sehingga gagal meraih kemenangan. Jadi saya berharap para pemain belajar akan hal itu," lanjut Hodak.

       

      Hodak sendiri menilai, Barito Putera diperkuat para pemain berpengalaman yang memiliki kekuatan di lini serangnya. Karena itu, ia telah meminta anak-anak asuhnya untuk tetap waspada dengan serangan balik yang dilakukan dan tidak memberikan ruang buat lawan menciptakan peluang.

       

      “Kami harus mencegah penyerangan mereka, karena tim mereka dihuni pemain-pemain berpengalaman. Ada banyak pemain berpengalaman dan jika memberikan ruang maka kami bisa berada dalam bahaya,” ucapnya.

       

      Hodak pun memperkirakan, laga nanti akan berjalan tidak mudah bagi kedua tim. Pasalnya, selain berlangsung di tempat netral, kedua tim memiliki kualitas yang cukup seimbang di setiap lini sektor permainannya.

       

      Kendati demikian, ia telah melakukan analisa terhadap kelebihan dan kekurangan tim lawan untuk bisa dimanfaatkan timnya. Ia pun berharap timnya yang bisa membawa pulang 3 poin. "Saya berharap besok kedua tim bisa menampilkan yang terbaik, tapi akhirnya kami yang bisa meraih tiga poin," katanya.

       

      Barito Optimistis Bisa Curi Poin dari Persib 

      Pelatih Barito Putera Rahmad Darmawan (foto: vivagoal.com)

       

      Barito Optimistis Bisa Curi Poin dari Persib

      Dari kubu tuan rumah, Pelatih Barito Rahmad Darmawan memastikan kesiapan pasukannya untuk menjamu Persib. Menurut RD, kedua tim berada dalam situasi yang sama, yakni harus segera bangkit dan kembali pada peforma terbaik setelah menjalani libur panjang kompetisi. RD pun memiliki kepercayaan diri bahwa timnya akan tampil maksimal untuk menghadapi Persib dan membawa pulang 3 poin ke Kota Banjar, markas Barito.

       

      Apalagi dalam 2 laga terakhir, tim Laskar Antasari mampu menunjukkan tren positif setelah meraih kemenangan atas Arema FC (1-0) dan bermain imbang kontra Dewa United (2-2).

       

      "Secara keseluruhan, sama seperti tim lain, pasca-kita libur cukup panjang setelah kita main pertama sebelum Pemilu kemarin, dan kondisi pemain hingga saat ini. Semoga sampai pertandingan besok bisa mendapatkan kesehatan," ungkap RD dalam sesi konferensi pers jelang laga di Hotel UNY, Yogyakarta, Kamis (22/2/2023).

       

      Menurutnya, meski bermain di tempat netral, tidak menyurutkan motivasi timnya untuk bisa memberikan penampilan yang terbaik, layaknya bermain di rumah sendiri, di Stadion Demang Lehman, Kota Banjar.

       

      "Semua (pemain) siap untuk menghadapi pertandingan Persib di kandang kita, yang pertama kali dilaksanakan di Stadion Sultan Agung Bantul ini. Tentu saya berharap (perpindahan) ini tidak ada kendala apapun, saya menginginkan pemain bisa bermain seyogyanya bermain di kandang sendiri," ucapnya.

       

      RD pun mengklarifikasi bahwa hasil imbang melawan Dewa United di laga sebelumnya, telah sesuai dengan rencana dan target yang diusung timnya sebelum petandingan digelar. Bahkan, dalam laga tesebut, para anak asuhnya menunjukkan kinerja kolektivitas permaianan secara tim yang cukup baik. Sebab, menurutnya selalu tidak mudah memperoleh poin di kandang lawan.

       

      "Mungkin saya koreksi, hasil pertandingan kemarin, hasil 2-2 di pertandingan away menurut saya bukan hal yang tidak memuaskan. Karena sesuai dengan target yang sudah kita kemain sampaikan dan sepakati. Jadi saya apresiasi itu," ujarnya.

       

      "Apalagi dengan pertandingan yang menggunakan jeda yang panjang, kita akhirnya melakukan persiapan dengan dua kali uji coba, dan itu sudah kita lakukan. Dan saya melihat pemain cukup punya motivasi dengan uji coba dengan masa persiapan yang cukup panjang," sambungnya.

       

      Kembali Imbang, Persib Tertahan di Zona Degradasi 

      Bek Persib Bandung Nick Kuipers mencoba membobol gawang Barito Putera pada Putaran 1 Liga 1 2023-2024 di Stadion Geloara Bandung Lautan Api (GBLA), Kota Bandung, 13 Agustus 2023. (foto: persib.co.id) 

       

      Persib Unggul Statistik Pertemuan, Barito Superior di Kandang
      Laga Barito kontra Persib sendiri merupakan pertemuaan ke-18 bagi kedua tim di kompetisi resmi. Di atas kertas, Persib lebih unggul dibanding Barito jika dilihat dari statistik pertemuan kedua tim. Tercatat dalam 17 pertemuan terakhir, Persib berhasil memenangi 6 laga, sedangkan Barito 3 laga, sementara 8 laga sisanya berakhir imbang.

       

      Namun dari 6 kemenangan Persib tersebut, hanya 1 kali yang diraih di kandang Barito. Sementara Barito bisa meraih poin penuh saat menjamu Persib sebanyak 3 kali dari 8 laga kandangnya. Sedangkan sisanya sebanyak 4 laga berakhir dengan hasil imbang. Dengan demikian, secara statistik pertemuan di kandang, Barito masih memimpin di atas Persib.

       

      Demikian pula dengan perolehan gol. Dari 8 laga di markas Barito, Persib hanya bisa melesakkan 9 gol dan kebobolan 10 kali. Namun untuk total gol dalam 17 pertemuan, Persib memimpin dengan 27 kali membobol gawang Barito, berbanding 19 gol Laskar Antasari ke jala Maung Bandung.

       

      Pada pertemuan terakhir pada putaran pertama lalu, kedua tim bermain imbang 1-1 saat bertarung di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Kota Bandung, 13 Agustus 2023 lalu. Saat itu, gol Persib dicetak Levy Madinda yang kini telah hengkang, pada menit 41 yang disamakan oleh Murilo Octavio Mendes menit 61.

       

      Kedua tim sendiri menuai hasil kurang memuaskan dalam 5 laga terakhirnya. Persib tercatat tak pernah meraih kemenangan dalam 4 laga terakhirnya. Maung Bandung hanya meraih 3 hasil imbang, saat melawan PSM Makassar (0-0), Bali United (0-0), dan di laga terakhir menghadapi Persis Solo (2-2), serta satu kekalahan dari Persik Kediri (0-13). Kemenangan terakhir yang diraih Persib saat membantai Dewa United 5-1.

       

      Hasil kurang memuaskan juga diraih Barito dalam 5 laga terakhirnya. Laskar Antasari hanya memenangi 1 laga saat menekuk Arema FC 1-0, sedangkan 4 laga sisanya berakhir dengan 2 hasil imbang menghadapi Borneo FC (0-0) dan Dewa United (2-2) pada laga terakhir. Lalu 2 laga lainnya berakhir dengan kekalahan dari Madura United (1-4) dan PSS Sleman (1-2).

       

      Perkiraan Susunaan Pemain

      Sementara itu, kedua tim yang menargetkan kemenangan tersebut pun dipastikan menurunkan komposisi pemain terbaiknya. Dari kubu Maung Bandung, Coach Hodak tak menemui kendala berarti dalam menentukan starting eleven-nya. Hanya ada satu nama yang dipastikan tidak bisa diturunkan, yakni anggota timnas Indonesia Edo Febriansah yang terkena hukuman akumulasi kartu kuning. Selain itu, Hodak juga tak membawa serta bek senior Achmad Jufriyanto yang akan mengikuti kursus kepelatihan Lisenci B AFC yang digelar PSSI selama 2 pekan ke depan.

       

      Di luar kedua pemain tersebut, semua pemain Persib dalam keadaan bugar dan siap tempur menghadapi Barito, termasuk center bek Nick Kuipers yang telah lepas dari hukuman akumulasi kartu kuning pada pekan lalu. Hodak tinggal memilih para pemain yang paling bugar untuk bisa dimainkan. Hodak sendiri membawa 21 pemain terbaiknya untuk menghadapi tim Laskar Antasari

       

      Di barisan pertahanan, Hodak bakal Kembali menduetkan Alberto Rodriguez dengan Nick Kuipers. Absen Kuipers pekan lalu disebut-sebut sebagai salah satu penyebab gagalnya Persib meraih kemenangan saat menjau Persis Solo, 4 Februari lalu. Untuk mendampingi Menara kembar tersebut, Henhen akan menempati posisi bek kanan yang berpasangan dengan Rezaldi Hehanussa di sektor bek kiri. Keempat bek tersebut akan menjadi tembok bagi gawang Maung Bandung yang akan Kembali dipercayakan kepada kiper asal Filipina, Kevin Ray Mendoza.

       

      Dengan formasi 4-2-3-2-1, Hodak akan kembali menduetkan Marc Klok dengan Dedi Kusnandar yang akan menjaga keseimbangan dalam proses serangan dan pertahanan. Di depan Klok dan Dado, ditempatkan 3 gelandang serang, yakni Bechkam Putra di sayap kiri, Ciro Alves di kanan, dan Stefano Beltrame yang berdiri tepat di belakangan striker Tunggal yang ditempati David da Silva.

       

      Sementara itu dari kubu tuan rumah, Pelatih Barito Rahmad Darmawan berpotensi kehilangan pemain andalannya, Charlie de Murga. Pemain timnas Filipina tersebut diragukan tampil karena kurang bugar. Bahkan Charlie absen saat Barito menghadai Dewa United Pekan 24 lalu.

       

      Dalam laga besok, Persib Bandung dan Barito Putera kemungkinan tidak akan diperkuat oleh salah seorang pemainnya yang berlabel tim nasional. Persib harus kehilangan Edo Febriansah akibat sanksi akumulasi empat kartu kuning yang dikoleksinya musim ini.

       

      Adapun Barito Putera berpeluang belum dapat dipekuat Carli De Murga yang sempat mengalami masalah kebugaran. Bahkan, punggawa Timnas Filipina tersebut sempat absen saat menghadapi Dewa United.

       

      RD yang juga diprediksi menerapkan formasi 4-2-3-1, bakal menempatkan 4 bek yang dikomandoi Renan Silva, didampingi Buyung Ismu Lessy, Muhammad Firly, dan Bagas Kaffa. Keempatnya akan menjadi pengawal bagi Ega Rizky Parama di bawah mistar gawang.

       

      Di lini tengah, ada 5 gelandang yang siap bertarung dengan pemain Persib. Bayu Pradana akan berduet dengan Natanael Siringoringo sebagai penghubung, sedangkan 3 gelandang serang ditempati Murilo Mendes, Mike Ott, dan Bagus Kahfi. Sementara ujung tombak dipercayakan kepada Gustavo Tocantins.

       

      Head to Head
      13 Agustus 2023         Liga 1 2023-2024       Persib Bandung 1-1 Barito Putera

      27 Februari 2023         Liga 1 2022-2023       Barito Putera 2-1 Persib Bandung
      16 September 2022     Liga 1 2022-2023       Persib Bandung 5-2 Barito Putera
      31 Maret 2022             Liga 1 2021-2022       Barito Putera 1-1 Persib Bandung
      4 September 2021       Liga 1 2021-2022       Persib Bandung 1-0 Barito Putera
      24 November 2019      Liga 1 2019                Persib Bandung 0-0 Barito Putera
      4 Agustus 2019            Liga 1 2019               Barito Putera 1-0 Persib Bandung
      8 Desember 2018        Liga 1 2018                Persib Bandung 3-3 Barito Putera
      22 Juli 201                  Liga 1 2018                Barito Putera 2-2 Persib Bandung
      9 Oktober 2017           Liga 1 2017                Persib Bandung 0-0 Barito Putera
      18 Juni 2017               Liga 1 2017                Barito Putera 1-0 Persib Bandung
      4 Desember 2016        TSC 2016                   Barito Putera 1-1 Persib Bandung
      13 Agustus 2016         TSC 2016                   Persib Bandung 2-0 Barito Putera
      10 Juni 2014               ISL 2014                    Persib Bandung 3-1 Barito Putera
      9 Maret 2014              ISL 2014                    Barito Putera 0-2 Persib Bandung
      26 Juli 2013                ISL 2012-2013           Barito Putera 2-2 Persib Bandung
      3 April 2013                ISL 2012-2013           Persib Bandung 3-2 Barito Putera

       

      5 Laga Terakhir Barito Putera
      6 Februari 2024           Dewa United 2-2 Barito Putera

      17 Desember 2023      Barito Putera 1-0 Arema FC

      10 Desember 2023      Madura United 4-1 Barito Putera

      2 Desember 2023        Barito Putera 0-0 Borneo FC

      26 November 2023      PSS Sleman 2-1 Barito Putera

       

      5 Laga Terakhir Persib Bandung

      4 Februari 2024           Persib Bandung 2-2 Persis Solo

      18 Desember 2023      Bali United 0-0 Persib Bandung
      10 Desember 2023      Persib Bandung 0-2 Persik Kediri
      4 Desember 2023        Persib Bandung 0-0 PSM Makassar

      26 November 2023      Dewa United 1-5 Persib Bandung

       

      Perkiraan Susunan Pemain

      Barito Putera (4-2-3-1)

      Foto Tim PS BARITO PUTERA

      Starting line up Barito Putera. (foto: ligaindonesiabaru.com)

       

      Ega Rizky Parama; Buyung Ismu Lessy, Muhammad Firly, Renan da Silva Alves, Bagas Kaffa; Bayu Pradana, Natanael Siringoringo; Murilo Otavip Mendes, Mike Ott Rigoberto, Bagus Kahfi; Gustavo Tocantins.

      Cadangan: Nor Halid; Frendi Saputra, Ilham Zusril Mahendra, Muhamad Firli, Hasim Kipauw, Rizky Pora, Devid de Santana Silva, Nazar Nurzaidein, Eksel Timothy, Ferdiyansyah, Yuswanto Aditya

      Pelatih: Rahmad Darmawan

       

      Persib Bandung (4-2-3-1)

      Starting Persib Bandung dalam laga pekan ke-22 Liga 1 2023-2024 melawan Persik Kediri, Minggu (10/12/2023) di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA). Starting line up Persib saat menghadapi Persis Solo pada putaran pertama Liga 1 2023-2024 di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Kota Bandung, 4 Februari 2024. (foto: kompas.com)

       

      Kevin Ray Mendoza; Henhen Herdiana, Nick Kuipers, Alberto Rodriguez, Rezaldi Hehanussa; Marc Klok, Dedi Kusnandar; Beckham Putra, Stefano Beltrame, Ciro Alves; David da Silva

      Cadangan: Teja Paku Alam; Victor Igbonefo, Zalnando, Kakang Rudianto, Rachmat Irianto, Ryan Kurnia, Arsan Makarim, Febri Hariyadi; Ezra Walian, Adzikry Fadillah
      Pelatih: Bojan Hodak

       

      Klasemen
                                      M       M       S        K        Gm-Gk          P
      3. Persib Bandung      24      10      11      3          44-29          41

      7. Barito Putera          24     8         9       7          33-27          33. (*)

      Oleh: deni mulyana sasmita / den

      0 Komentar

      Tinggalkan Komentar


      Cancel reply

      0 Komentar


      Tidak ada komentar

      Berita Lainnya


      Duet DDS-Ciro Andalan Persib di Championship Serie
      Persib Lebih Fokus Songsong Championship Series
      Ini Kunci Kemenangan Persib Bandung atas Persebaya
      Tekuk Persebaya 3-1,Persib Segera Amankan Posisi 2
      Babak I, Gol DDS Bawa Persib Ungguli Persebaya 1-0

      Klasemen Liga Indonesia

      Tim M Point
      1 Borneo FC 32 70
      2 Persib Bandung 32 59
      3 Bali United 32 55

      Klasemen Liga Dunia

      Tim M Point
      1. Liverpool 28 64
      2. Arsenal 28 64
      3. Manchester City 28 63
      4. Aston Villa 29 56
      Tampilkan Detail