free hit counter code Terowongan Guoliang Disebut Jalan Menuju Kematian - JuaraNews Inspirasi Semangat Muda web stats service from statcounter

Hot News


Opini


    Terowongan Guoliang Disebut Jalan Menuju Kematian

    Terowongan Guoliang Disebut Jalan Menuju Kematian

    • Minggu, 17 Desember 2023 | 07:27:00 WIB
    • 0 Komentar

    JuaraNews, Bandung - Terowongan Guoliang merupakan salah satu terowongan yang paling terkenal di dunia. Untuk melewati terowongan ini, seseorang harus siap mempertaruhkan nyawa,

     

    Dengan lebar 4 meter dan tinggi 5 meter, terowongan ini muat dilewati mobil berukuran kecil seperti jenis sedan, karena berada di ketinggian 1700 meter dibutuhkan fokus yang sangat tinggi bagi pengendara, bahkan warga lokal mengatakan terjadi sedikit kesalahan saat melewati terowongan ini bisa menyebabkan hilangnya jiwa. 

     

    Terowongan Guoliang adalah sebuah rute pintu masuk dan keluar bagi warga desa Guoliang, terowongan sepanjang 1200 meter ini berada di pegunungan Taihang China. 

     

    Setelah dibangun selama 5 tahun terowongan Ini akhirnya dibuka untuk jalur lalu lintas pada tahun 1977, namun kini terowongan Guoliang berfokus sebagai tempat wisata ekstrem.

     

    Terowongan Guoliang memiliki sejarah panjang, dahulu sebelum adanya terowongan ini warga harus menggunakan tangga berjalan dengan 720 anak tangga dengan posisi yang hampir vertikal. 

     

    Desa Guoliang berada pada ketinggian 1.752 meter di atas tanah, sebanding dengan seperlima dari gunung tertinggi Everest. Pada tahun 1972 para ketua desa bertekad untuk membangun jalan, mereka ingin Desa mereka terhubung dengan dunia luar. 

     

    Dengan alat-alat sederhana 13 orang desa yang kuat mulai mengukir dinding tebing di atas lembah yang curam, selama 5 tahun jalan sepanjang 1,3 KM pun selesai. 

     

    Jalan itu sebagian besar berupa terowongan yang dilengkapi dengan jendela aneka bentuk dan ukuran. Namun ada juga jalan yang terbuka sehingga orang bisa melihat langsung ke lembah dan gunung-gunung lain di sekitarnya.

     

    Meskipun jalan ini jauh lebih baik dari skyleader, membawa kendaraan melewati terowongan Guoliang ini sangat membutuhkan keberanian.

     

    Jalan yang diukir di sisi gunung ini berliku-liku sesuai bentuk tebing. Selain unik jalan dengan koridor terpanjang di dunia ini juga memiliki julukan sebagai jalan yang tidak mentolerir kesalahan, dan ada juga yang menyebutnya sebagai jalan menuju kematian. 

     

    Sebagian besar kecelakaan di terowongan terutama disebabkan oleh kelalaian dari pelancong, namun bagi mereka yang berani, perjalanan melalui terowongan Guoliang adalah sebuah petualangan, karena di sepanjang jalan bisa melihat lembah atau ngarai yang dalam, yang kedalamannya mencapai ratusan meter bahkan ada pula yang lebih dari seribu meter. (") 

    Rdsp

    0 Komentar

    Tinggalkan Komentar


    Cancel reply

    0 Komentar


    Tidak ada komentar

    Berita Lainnya


    Nama Situ Patenggang Berawal Dari Sepasang Kekasih
    Inilah 5 Tempat Menyeramkan di Ciamis Jawa Barat
    Terowongan Guoliang Disebut Jalan Menuju Kematian
    5 Tempat Angker di Cimahi Jawa Barat
    Peristiwa Letusan Gunung Terbesar di Indonesia


    sponsored links