free hit counter code Jaga Posisi 3 Besar, Pertahankan Tren Kemenangan - JuaraNews Inspirasi Semangat Muda web stats service from statcounter

Hot News


Daftar Pemain


    Editorial


      Jadwal Liga


      Jaga Posisi 3 Besar, Pertahankan Tren Kemenangan
      (juaranews) Persebaya menjamu Persib di Pekan 15 Liga 1

      Persebaya vs Persib

      Jaga Posisi 3 Besar, Pertahankan Tren Kemenangan

      JuaraNews, Bandung - Tim Persib Bandung akan melakoni laga krusial pada Pekan 15 Liga 1 2023-2024 ini dengan bertandang ke markas Persebaya Surabaya di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT), Surabaya, Sabtu (7/10/2023) sore.


      Laga ini menjadi penting karena akan menentukan posisi Maung Bandung di papan klasemen pada akhir Putaran 1 ini. Jika berhasil memenangi laga ini, Persib bakal kembali naik ke peringkat 2 menggesar Madura United dan RANS Nusantara, serta berpeluang jadi pemuncak klasemen pada akhir putaran pertama ini. Paling tidak di akhir Pekan 15 nanti, Persib akan cukup nyaman berada di 3 Besar, jika Madura juga memenangi laga ke-15.

       

      Namun jika tumbang di tangan Persebaya, dipastikan posisi Persib di papan atas akan melorot, dan kesempatana jadi pimpinan klasemen sementara hilang.


      Hal tersebut bakal terjadi karena persaingan di papan atas begitu ketat, dengan selisih poin tipis. Sedangkan laga Putaran 1 hanya menyisakan 3 pertandingan lagi. Persib sendiri saat ini berada di posisi 4 dengan raihan 24 poin. Saat memulai Pekan 14, sebenarnya Maung Bandung berada di peringkat 3, namun posisinya disalip RANS Nusantara setelah mereka mengalahkan PSIS Semarang 2-1. Kini RANS mengoleksi 26 poin. Sementara di posisi 2 masih ditempati Madura United dengan 27 poin, yang baru akan melakoni laga pada Minggu (8/10/2023) besok. Sedangkan di puncak klasemen, Borneo makin kokoh setelah berhasil mengalahkan Arema FC dengan skor tipis 1-0.

       

      Dengan demikian, kini Persib tertinggal 7 poin dari pemuncak klasemen. Karena itu sekali laga saja tergelincir, maka Persib tak akan bisa mengejar Borneo FC. Sedangkan jika menang, maka selisih poin dengan Borneo menjadi tinggal 4 poin, dan bakal bisa kembali dipangkas menjadi 1 poin asalnya pada Pekan 16 nanti bisa menumbangkan Borneo. Kalau itu terjadi, penentuan juara paruh musim akan terjadi di Pekan 17. Di laga pamungkas, Persib wajib menang atas PSS Sleman, sambil berharap Borneo kalah oleh Dewa United, dan Madura tak meraih kemenangan di laga pamungkasnya di Putaran 1.


      Skuat Persib sendiri dalam kepercayaan diri tinggi untuk memenangkan laga keempatnya secara beruntun. Sebelumnya, Maung Bandung sukses mengalahkan Persita Tangerang (5-0), Bhayangkara FC (0-2), dan Persikabo 1973 (2-1). Tren penampilan Maung Bandung pun sedang bagus dengan tidak terkalahkan dalam 7 laga terakhir. Dari 7 laga tersebut, tim asuhan Pelatih Bojan Hodak meraih 5 kemenangan dan 2 kali hasil imbang.


      Namun calon lawan Persebaya pun punya catatan cukup bagus pada 5 laga terakhirnya. Tim Bajul Ijo tercatat hanya menderita sekali kekalahan, dan meraih 2 kemenangan, serta 2 kali imbang. Bahkan di 2 laga terakhir, tim asuhan Pelatih Josep Gumbau ini berhasil mengalahkan pimpinan klasemen Borneo 2-1 serta bermain imbang dengan PSS 0-0.


      Menghadapi laga nanti, Persib sendiri mempunyai modal berharga. Dari rekor pertemuan kedua tim, Persib lebih unggul dibanding Persebaya, dimana dalam 4 laga terakhir, Persib tak pernah, dengan menuai 2 kali menang dan 2 kali imbang. Kekalahan terakhir Persib dari terjadi pada musim 2021-2022, tepatnya pada 8 Desember 2021 dimana Persib kalah telak 3-0. Sementara di 2 pertemuan pada musim lalu, Persib menghasil meraih 1 kemenangan dan sekali imbang.


      Persib menang pada putaran pertama. Laga Pekan 13 di Stadion Jatidiri, Semarang, 10 Desember 2022, berakhir 2-1 untuk kemenangan Persib. Lalu laga Pekan 30 di Stadion Gelora Joko Samudro, Gresik pada 13 Maret 2023 yang berakhir dengan skor 2-2. Bahkan secara keseluruhan, dari 15 pertemuan terakhir kedua tim, Persib mengungguli Persebaya, dengan memenangkan 7 laga berbanding 5 yang dimenangi tim Bajul Ijo, sementara 3 laga sisanya berakhir imbang. 

       

      Persib Siapkan Kejutan untuk Persebaya
      Sementara itu, Pelatih Persib Bojan Hodak mengaku senang dengan gestur anak-anak asuhnya saat menjalani persiapan menghadapi Persebaya. Hodak pun menegaskan pasukannya akan kembali menciptakan kejutan di markas tim Bajul Ijo.


      Dengan persiapan yanag berjalan baik tersebut, menurut Hodak, membuat timnya memiliki target tinggi untuk memenangi laga. Karena hasil pada laga ke-15 tersebut sangat penting untuk mempertahankan posisi Persib untuk di papan atas.


      Meski Persebaya akan tampil dengan karakternya di hadapan pendukungnya sendiri, pelatih berpaspor Kroasia tersebut memastikan para pemainnya tak gentar. Terlebih, pihaknya sudah melakukan analisa untuk menjegal agresivitas tim Bajul Ijo.

       

      "Tentunya kami sudah melakukan persiapan dan kami datang ke sini untuk memenangkan pertandingan. Tapi ini akan jadi laga yang sulit karena Persebaya saat bermain di kandang mereka tampil cukup bagus," ungkap Hodak dalam sesi konferensi pers jelang laga di Surabaya, Jumat (6/10/2023).

      Bukan hanya soal posisi di klasemen, menurut Hodak, laga ini menjadi penting bagi Persib yang kini dalam tren positif. Dia pun berharap, persiapan matang yang dilakukan timnya kembali memberikan kejutan bagi publik sepak bola Tanah Air.


      "Mereka selalu menekan tim lawan di awal dan ketika bermain tandang itu berbeda. Besok di kandang akan dirasa cukup berat. Saya harap mereka bermain terbuka dan kami akan coba memberikan kejutan," tegaskanya


      Untuk meraih kemenangan di GBT, Hodak berharap pasukannya mencetak banyak gol ke gawang tuan rumah. Salah satu pemain yang diyakini bisa membobol gawang Persebaya, yakni top skorer Maung Bandung saat ini, David da Silva yang pekan lalu mencetak hattrick ke gawang Persita Tangerang.


      Bahkan pelatih 52 tahun ini berharap DDS bisa kembali mencetak hattrick ke gawang Persebaya. "Saya sangat berharap, David bisa kembali mencetak hattrick, dan itu akan menghadirkan masalah untuk Persebaya," ujarnya.


      Hodak sendiri berpendapat jika seorang striker sudah mencetak gol secara beruntun, akan sulit dihentikan. Situasi itu yang diharapkan dari Da Silva pada laga di GBT nanti.


      "Kita tahu dia sebelumnya tidak bisa membuat gol (dalam 8 laga). Tapi sekarang dia telah mencetak gol di 3 laga terakhir. Kadang, ketika striker lama tidak mencetak gol, dan ketika sudah buat gol, dia tidak bisa dihentikan," ujar Hodak.


      "Saya harap, besok dia akan melanjutkannya," pungkasnya.


      Tak Gentar Hadapi Persib, Persebaya Optimistis Menang
      Sedangkan dari kubu tuan rumah, Pelatih Persebaya Josep Gumbau mengungkapkan, timnya sudah siap menghadapi Persib. Meski Maung Bandung mempunyai catatan cukup fantastik dengan belum terkalahkan dalam 7 laga terakhirnya, Josep menegaskan, pasukannya tak akan gentar sama sekali.


      Menurutnya, pertandingan akan dimainkan 11 pemain lawan 11 pemain. Dengan demikian, timnya selalu punya kesempatan untuk menang, apalagi kali ini bermain di kandang yang akan didukung langsung oleh Bonek Mania .


      “Kami tahu mereka kuat dan penyerangannya berbahaya, tapi permainan tetap 11 lawan 11, dan kami bermain di kandang, dengan dukungan tambahan suporter, kami yakin bisa menang,” ungkap Josep dalam sesi konferensi pers jelang laga di Surabaya, Jumat (6/10/2023).


      Pelatih asal Spanyol ini menyebut, Persib memang tim yang penuh historis, namun Persebaya pun sama punya sejarah panjang. Josep tak mau timnya kehilangan poin di kandang, Bajul Ijo harus memaksimalkan dukungan suporter Bonek Mania untuk mengalahkan Persib.


      “Saya tahu mereka itu tim top dan punya sejarah panjang di liga. Tapi juga kami adalah Persebaya, bermain di kandang dan punya sejarah juga," jelas pelatih 47 tahun tersebut,


      Menurutnya, laga kali ini sekaligus menjadi kesempatan Persebaya menghentikan tren positif Persib dalam 7 pertandingan terakhir. Jika berhasil memenangi laga, Persebaya pun akan akan menggeser posisi Persib, dan peringkatnya nailk ke urutan 4. Josep pun optimistis melihat semangat anak-anak asuhnya yang tak gentar menghadapi Persib.


      "Seperti yang saya katakan, kami respek tapi tidak gentar, kami akan berjuang untuk menang. Saya percaya bisa membuat mereka kecewa dan meraih 3 poin,” tegas Josep.


      Namun Josep mengingatkan anak-anak asuhnya bahwa Persib memiliki para pemain berkualitas, bukan hanya David da Silva. Menurutnya, masih ada nama lain yang juga berbahaya dan wajib diwaspadi, seperti Frets Butuan, Ciro Alves, dan Marc Klok.


      Kendati demikian, Josep senang dengan mentalitas pemainnya yang sedang bagus untuk meladeni perlawanan Persib. Dia pun menjanjikan permainan dengan intensitas tinggi untuk meraih kemenangan.

       

      “Saya tahu mereka punya skuat yang bagus, serta lini depan yang bagus juga. Tapi mentalitas pemain besok sudah sangat kuat dan siap memainkan permainan dengan intensitas tinggi untuk memenangi pertandingan,” pungkas Josep.


      Perkiraan Susunan Pemain
      Kedua tim dipastikan mengejar target kemenangan agar bisa bertahan di papan atas dan masuk di 4 Besar. Sayangnya pada laga kali ini, sejumlah pemain pilar dari kedua tim tidak bisa bertanding dengan berbagai alasan.

      Dari kubu tim tamu, Pelatih Bojan Hodak dipastikan tidak bisa menurunkan bek kiri Daisuke Sato yang harus absen karena akumulasi kartu kuning. Selain Sato, beberapa pemain tidak dibawa Coach Hodak ke Surabaya karena masih dalam proses pemulihan cedera, seperti Kakang Rudianto, Febri Hariyadi, Zalnando, dan kiper Reky Rahayu juga pemain muda Ferdiansyah.


      Namun di sisi lain, skuat Maung Bandung sudah bisa kembali menurunkan Rachmat Irianto dan Robi Darwis yang baru menyelesaikan tugasnya bersama timnas Indonesia U-24 di Asian Games 2023 Hangzhou China.


      Dengan absen Sato, Coach Hodak harus sedikit mengubah komposisi starting elevent-nya. Posisi Sato kemungkinan digantikan Edo Febriansah yang menempati posisi bek kiri. Sedangkan di bek kanan, akan menjadi milik I Putu Gede Juni Antara. Kedua wing bek tersebut akan mengapit dua center bek Alberto Rodriguez dan Nick Kuipers. Keempat pemain tersebut akan melapisi pertahanan depan gawang yang kembali dipercayakan kepada Teja Paku Alam.


      Untuk sektor tengah, kapten tim Marc Klok kembali akan berduet dengan Dedi Kusnandar di sektor gelandang bertahan. Sedikit di depan mereka, ada 3 gelandang serang, yakni Ciro Alves, Levy Madinda, dan Bechkam Putra. Ketiga gelandang tersebut akan menyokong tugas ujung tombak yang ditempati David da Silva.


      Sementara di tim Bajul Ijo, Pelatih Josep Gumbau harus kehilangan Arief Catur Pamungkas yang absen terkena sanksi larangan bermain sebanyak 4 laga dari Komdis PSSI. Selain itu, ada 3 penggawa Persebaya yang mengalami cedera, yakni Aditya Arya, Risky Dwiyan dan Toni Firmansyah.


      Namun seperti halnya Persib, tim Bajul Ijo juga sudah kembali bisa menurunkan 2 pemain yang baru memperkuat timnas Indonesia U-24, yakni kiper Ernando Ari dan George Brown. Ernando kemungkinan bakal menjadi pilihan utama Coach Josep untuk mengawal gawang Persebaya.

       

      Sedangkan George Brown bakal menggantiikan peran Catur Pamungkas di lini pertahanan. Pemain blasteran Indonesia-Inggris tersebut akan bekerja sama dengan 3 bek lainnya, Reva Adi Utama, Kadek Raditya, dan Dusan Stevanovic.

       

      Sementara di lini tengah, Ripal Wahyudi dan Andre Oktaviansyah akan menempati posisi gelandang bertahan. Mereka berada di belakang 3 gelandang serang yang ditempati 3 pemain asing, yakni Sho Yamamoto, Jose Pedro 'Ze' Valente, dan Bruno Moriera Soares. Sedangkan posisi ujung tombak ditempati Paulo Victor Costa Soares,


      Head to Head
      13 Maret 2023               Liga 1 2022-2023            Persebaya Surabaya 2-2 Persib Bandung
      10 Desember 2022       Liga 1 2022-2023            Persib Bandung 2-1 Persebaya Surabaya
      17 Juni 2022                  Piala Presiden 2022       Persebaya Surabaya 1-3 Persib Bandung
      19 Maret 2021               Liga 1 2021-2022            Persebaya Surabaya 1-1 Persib Bandung
      8 Desember 2021          Liga 1 2021-2022            Persib Bandung 0-3 Persebaya Surabaya
      11 April 2021                  Piala Menpora 2021       Persib Bandung 3-2 Persebaya Surabaya
      18 Oktober 2019            Liga 1 2019                      Persib Bandung 4-1 Persebaya Surabaya
      5 Juli 2019                      Liga 1 2019                      Persebaya Surabaya 4-0 Persib Bandung
      7 Maret 2019                  Piala Presiden 2019       Persib Bandung 2-3 Persebaya Surabaya
      20 Oktober 2018            Liga 1 2019                      Persib Bandung 1-4 Persebaya Surabaya
      26 Juli 2018                    Liga 1 2019                      Persebaya Surabaya 2-3 Persib Bandung
      6 September 2015         Piala Presiden 2015       Persib Bandung 2-0 Persebaya Surabaya
      22 Oktober 2014            ISL 2014                           Persib Bandung 3-1 Persebaya Surabaya
      14 Oktober 2014            ISL 2014                           Persebaya Surabaya 1-1 Persib Bandung
      19 Desember 2013       Piala Gubernur Jatim      Persib Bandung 0-1 Persebaya Surabaya
      14 Februari 2010           ISL 2013                           Persebaya Surabaya 2-1 Persib Bandung
      23 Januari 2010            ISL 2013                            Persib Bandung 4-2 Persebaya Surabaya

       

      5 Laga Terakhir Persebaya Surabaya
      26 Agustus 2023            PSS Sleman 0-0 Persebaya Surabaya
      3 September 2023         Persebaya Surabaya 2-1 Borneo FC
      17 September 2023       Madura United 3-0 Persebaya Surabaya
      23 September 2023       Persebaya Surabaya 3-1 Arema FC
      30 September 2023       Dewa United 1-1 Persebaya Surabaya


      5 Laga Terakhir Persib Bandung
      1 Oktober 2023               Persib Bandung 5-0 Persita Tangerang
      23 September 2023       Bhayangkara FC 1-2 Persib Bandung
      16 September 2023       Persib Bandung 2-0 Persikabo 1973
      2 September 2023          Persija Jakarta 1-1 Persib Bandung
      26 Agustus 2023            Persib Bandung 2-1 RANS Nusantara


      Klasemen

      TIM

      MAIN

      MENANG

      SERI

      KALAH

      JUMLAH GOL

      POIN

      Persib Bandung 

      14

      6

      6

      2

      16-18

      24

      Persebaya Surabaya

      14

      6

      4

      4

      17-17

      22



      Perkiraan Susunan Pemain
      Persebaya Surabaya (4-2-3-1)
      Ernando Ari; Reva Adi Utama, Kadek Raditya, Dusan Stevanovic, George Brown; Ripal Wahyudi, Andre Oktaviansyah; Sho Yamamoto, Jose Pedro 'Ze' Valente, Bruno Moriera Soares; Paulo Victor Costa Soares,
      Cadangan: Andhika Ramadani; Yohanes Kaidaimu, Lalu Muhammad Rizky, Ferdinan Alfred, Mochammad Wildan, Muhammad Hidayat, Muhammad Iqbal, Song Ui-young, Muhammad Alwi Slamat, Muhammad Kasim Botan, Ahmad Nuri Pasya, Riswan H Lauhim
      Pelatih: Josef Gombau Balague


      Persib Bandung (4-2-3-1)
      Teja Paku Alam, Putu Gede Juni Antara, Nick Kuipers, Alberto Rodriguez, Edo Febriansah; Marc Klok, Dedi Kusnandar; Ciro Alves, Levy Madinda, Beckham Putra, David da Silva.
      Cadangan: Fitrul Dwi Rustapa; Rezaldi Hehanusa, Victor Igbonefo, Edo Febriansah, Achmad Jufriyanto, Robi Darwis, Ryan Kurnia, Arsan Makarin, Frets LButuan, Ezra Walian
      Pelatih: Bojan Hodak. (*)

      Oleh: deni mulyana sasmita / den

      0 Komentar

      Tinggalkan Komentar


      Cancel reply

      0 Komentar


      Tidak ada komentar

      Berita Lainnya


      Dibantai Persib 3-0,Madura United Tetap Optimistis
      Menang di Leg 1, Persib Langsung Fokus ke Leg 2
      Perjuangan Belum Selesai, Hodak tak Mau Selebrasi
      Persib Menang 3-0, Pesta Juara Menggema di Bandung
      Susunan Pemain Persib Bandung vs Madura United

      Klasemen Liga Indonesia

      Tim M Point
      1 Borneo FC 34 70
      2 Persib Bandung 34 62
      3 Bali United 34 58

      Klasemen Liga Dunia

      Tim M Point
      1. Manchester City 38 91
      2. Arsenal 38 89
      3. Liverpool 38 82
      4. Aston Villa 38 68
      Tampilkan Detail