free hit counter code 5 Tahun, Investasi di Jabar capai Rp685,35 Triliun - JuaraNews Inspirasi Semangat Muda web stats service from statcounter

Hot News


Opini


    5 Tahun, Investasi di Jabar capai Rp685,35 Triliun
    (humas pemprov jabar) Kepala DPMPTSP Jabar Nining Yuliastiani

    5 Tahun, Investasi di Jabar capai Rp685,35 Triliun

    JuaraNews, Bandung - Selama 5 tahun kepemimpinan Gubernur Jabar Ridwan Kamil dan Wagub Uu Ruzhanul Ulum realisasi investasi, baik dalam negeri maupun luar negeri mencapai Rp685,35 triliun.


    Dengan rincian investasi tahun 2018 sebesar Rp116,96 triliun, 2019 Rp116,96 triliun, dan 2020 mencapai Rp120,43 triliun. Kemudian pada 2021 sebesar Rp136,14 triliun dan  2022 Rp174,6 triliun.


    Investasi 2020 sempat turun karena pandemi Covid-19. Namun kembali rebound pada 2021, investasi ke Jabar kembali menggeliat dan menjadi nomor satu secara nasional setiap tahunnya dalam 5 tahun terakhir.


    Investasi dipastikan semakin moncer pada 2023 ini. Meski baru berjalan setengah tahun, realisasi investasi di Jabar sudah mencapai Rp103,6 triliun atau separuh lebih dari target investasi yang dicanangkan Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu  (DPMPTSP) Jabar, yakni Rp188 triliun.


    Jika terealisasi, maka nilai investasi hingga akhir kepemimpinan Gubernur Jabar Ridwan Kamil tahun 2023 ini dapat mencapai hampir Rp875 triliun.


    Kepala DPMPTSP Jabar Nining Yuliastiani optimistis target investasi pada tahun ini akan tercapai seperti tahun-tahun sebelumnya.


    Berbagai upaya sudah disiapkan sejak awal tahun untuk mencapai target investasi senilai Rp188 triliun itu. Salah satunya melalui ajang West Java Investment Summit (WJIS), yang pada tahun ini bakal dilaksanakan 9 Agustus 2023 hasil kerja sama Pemprov Jabar dengan Bank Indonesia (BI).


    Nining mengungkapkan, secara historis selama periode 2018-2022 capaian realisasi investasi secara konsisten melampaui target yang ditetapkan Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) RI dan berturut-turut menempati peringkat satu nasional. 


    "Melihat perkembangan pemulihan perekonomian Jabar tentunya kami optimis tahun 2023 capaian realisasi dapat kembali memenuhi target nasional dan mempertahankan reputasi Jabar dengan capaian realisasi investasi tertinggi di Indonesia," ujar Nining dalam acara Jabar Punya Informasi (JAPRI) Vol 130 bertema WJIS 2023: Invest in Sustainable Growth di Aula Timur Gedung Sate, Jalan Diponegooro Kota Bandung, Senin (7/8/2023).


    Nining menambahkan, sebagai destinasi utama investasi di Indonesia, peluang investasi di Jabar terus bertumbuh didukung oleh berbagai keunggulan yang ditawarkan melalui iklim investasi yang kondusif, konektivitas infrastruktur terbaik, produktivitas tenaga kerja yang tinggi, potensi pasar yang besar, extensive supply chain serta pelayanan investasi terbaik.


    Pada WJIS 2023, proyek-proyek yang akan ditawarkan merupakan proyek yang telah memenuhi persyaratan ready to offer, yakni 10 proyek dengan total nilai investasi lebih dari Rp70 triliun.


    Dari 10 proyek yang ditawarkan itu, antara lain Special Economic Zone of Lido Bogor, Electric Motorcycle Industry for Electric Vehicles, dan industri roda pesawat di kawasan Metropolitan Rebana.


    "Pak Gubernur rajin door to door, terakhir ke China. Beberapa investor dari China dipastikan akan datang di WJIS untuk ikut melihat potensi yang ditawarkan," tuturnya.


    Deputy Kepala Perwakilan BI Jabar Bambang Pramono menambahkan, pada 2023 merupakan event WJIS ke-5, dimana tahun ini WJIS mengusung tema Invest in Sustainable Growth yang berfokus kepada 4 isu utama, yakni hilirisasi, energi baru terbarukan, vocational education, dan new investment area.


    "Tema tersebut menunjukkan perhatian kami bersama Pemprov Jabar terhadap penggalian potensi dan promosi investasi pada sektor-sektor tersebut, yang tak hanya ditujukkan untuk mengakselerasi pertumbuhan nilai investasi, namun juga peningkatan kualitas investasi yang berdampak luas kepada masyarakat," tutur Bambang.


    Berbeda dengan pelaksanaan WJIS sebelumnya, selain promosi investasi, pada WJIS 2023, sejalan dengan ke-ketua-an Indonesia pada ASEAN 2023 juga diselenggarakan pararel event WJIS dalam bentuk ASEAN Lecture Series.


    ASEAN Lecture Series mengangkat topik yang sangat berhubungan dengan tema besar WJIS 2023, yaitu Recovery and Rebuild: Challenges and Opportunities of ASEAN Interconnection and Sustainable Growth in Indonesia .


    Tema tersebut diangkat sejalan dengan semangat Indonesia yang ingin menjadikan ASEAN tetap penting dan relevan serta menjadi kawasan yang memiliki peran penting bagi dunia, khususnya Jabar. (*)

    den

    0 Komentar

    Tinggalkan Komentar


    Cancel reply

    0 Komentar


    Tidak ada komentar

    Berita Lainnya


    Wasapada, Peredaran Uang Palsu Pasca Lebaran
    Pengguna KAI Comummter Naik 7% Selama Lebaran 2024
    Cerita Pegawai PLN Tak Mudik Demi Amankan Listrik
    Dirut PLN Lakukan Inspeksi SPKLU Jalur Mudik
    Layanan Operasional Terbatas & Weekend Banking

    Editorial



      sponsored links