free hit counter code Lanjutkan Tren Kemenangan - JuaraNews Inspirasi Semangat Muda web stats service from statcounter

Hot News


Daftar Pemain


    Editorial


      Jadwal Liga


      Lanjutkan Tren Kemenangan
      (juaranews) Persib Bandung menjamu Bai United

      PERSIB BANDUNG VS BALI UNITED

      Lanjutkan Tren Kemenangan

      JuaraNews, Bandung - Tim Persib Bandung bakal melakoni laga berat pada Pekan 6 Liga 1 2023-2024 ini dengan menjamu Bali United di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Kota Bandung, Kamis (3/8/2023) malam.

       

      Kemenangan menjadi target mati pasukan Maung Bandung yang tak boleh ditawar-tawar lagi. Namun tugas yang diemban Marc Klok dan kawan-kawan dipastikan tidaklah mudah. Persib selalu dibayang-bayangi kutukan tak pernah menang atas Bali United dalam 7 tahun terakhir ini.


      Di luar rekor pertemuan kedua tim, program Bali United pun lebih moncer dibanding Persib. Bali yang kini bertengger di posisi 4 dengan 9 poin, sukses meraih 3 kemenangan beruntun, setelah pada 2 laga sebelumnya menuai kekalahan. Di laga terakhirnya, Bali sukses mengandaskan perlawanan pemuncak klasemen Dewa United dengan skor 3-1.


      Sedangkan Maung Bandung baru bangkit dari keterpurukan di Pekan 5 setelah berhasil mengalahkan Persik Kediri 2-1. Sementara di 4 laga sebelumnya Persib menuai hasil kurang memuaskan dengan menderita sekali kekalahan, dan 3 kali bermain imbang. Persib pun masih tertahan di papan tengah, berada di posisi 11 dengan raihan 6 poin.


      Kendati demikian, Caretaker Pelatih Persib Yaya Sunarya memastikan, seluruh pemain dalam kondisi siap tempur menghadapi Bali United. Untuk menghadapi Balli United, jelas Yaya, timnya telah melakukan persiapan matang, termasuk sesi latihan resmi Rabu (2/8/2023) pagi.


      Para pemainnya, tegas Yaya, bertekad bulat untuk melanjutkan tren kemenangan setelah pada laga pekan lalu diraih pasukannya.


      "Pagi ini, kami sudah melakukan official training di Stadion Gelora Bandung Lautan Api. Ini merupakan persiapan terakhir kita menjelang pertandingan melawan Bali united besok," ungkap Yaya dalam sesi konferensi pers jelang laga di Stadion GBLA, Rabu (2/8/2023).


      Yaya mengatakan pemainnya dalam kondisi siap tempur. Pasukannya pun cukup percaya diri bisa menghadirkan kemenangan perdana di kandang, setelah pada laga pekan lalu mengalahkan Persik.


      "Kami juga bermain di rumah sendiri. Dukungan bobotoh di stadion akan melipatgandakan energi pemain dan tim," ujar Yaya.


      Kemenangan kali ini, memang sangat dibutuhkan Maung Bandung. Selain agar tidak bisa terus merangkak ke papan atas, kemenangan juga akan memperbaiki catatan pertemuan Persib yang selalu kesulitan mengalahkan Bali United.


      Yaya pun menyadari, Persib seakan-akan mendapat kutukan tak pernah menang dari Bali United dalam 7 tahun terakhir, termasuk saat Bali ditangani Pelatih Stefano 'Teco' Cugurra. Di bawah tangan dingin pelatih asal Brasil tersebut, Bali United bertransformasi menjadi tim yang berbahaya, termasuk bagi Maung Bandung.


      "Sejak Teco datang, mereka (Bali United) melakukan revolusi. Kita pun mengalami perubahan, tapi hasilnya belum meraih kemenangan. Tentunya itu sebuah statistik yang menjadi motivasi buat kita untuk bisa memecahkannya di pertandingan besok," kata Yaya.


      Kemenangan Persib atas Persik pada laga pekan lalu, menurut Yaya, bakal menjadi modal penting bagi timnya untuk bisa mematahkan rekor Bali.


      "Hasil itu menjadi motivasi buat kami untuk mematahkan statistik tersebut. Saya pikir momentum itu bisa kami dapatkan," ujar Yaya yang hadir dalam konferensi pers mewakili Pelatih Bojan Hodak yang berhalangan datang.


      Yaya mengakui, bukan hal mudah untuk menundukkan Bali. Meski begitu, pelatih berlisensi A AFC itu meyakini, Persib sedang berada dalam kepercayaan diri yang tinggi.

       

      "Saya pikir, kita mendapat momentum karena di pertandingan kemarin melawan Persik bisa menghasilkan poin penuh. Itu menjadi modal dan motivasi tambahan. Apalagi kita akan bermain di rumah sendiri yang tentunya dukungan dari Bobotoh di stadion akan semakin meningkatkan mental tim," ungkapnya.


      Waspadai Warna Baru Persib bersama Bojan Hodak
      Sementara itu, Coch Teco meningkatkan kewaspadaanya saat timnya dijamu Persib. Yang jadi perhatian Teco, yakni warna baru tim Maung Bandung di atas lapangan nanti setelah datangnya pelatih anyar Bojan Hodak.


      Menurut Teco, hadirnya pelatih asal Kroasia yang menggantikan Luis Milla tersebut akan membawa perubahan signifikan bagi tim Persib.


      "Sekarang di Persib ada perubahan dengan adanya pelatih baru, jadi kami harus bisa memahami taktik yang akan mereka mainkan. Kita sudah tahu Persib di tangan Milla akan pakai 3 center bek, tapi di tangan pelatih baru, kami harus lihat dulu seperti apa (strateginya)," ujar Teco dalam sesi konferensi pers jelang laga di Stadion GBLA, Rabu (2/8/2023).


      "Saya juga tahu dia (Bojan Hodak) dari Liga Super Malaysia, dan saya juga pernah melawan dia di sana," sambungnya.


      Pelatih yang mengantarkan Bali United juara dalam dua musim beruntun pada 2019 dan 2021-2022 tersebut mengatakan, timnya tidak memiliki banyak waktu untuk melakukan perencanaan optimal menjelang melawan Persib.


      Setelah melawan Dewa United pada Sabtu (29/7/2023), dia lebih fokus agar anak-anak asuhnya melakukan recovery.


      "Kita tahu bahwa Persib Bandung punya kualitas yang sangat bagus, jadi kami harus kerja keras untuk dapatkan hasil positif disini," ujarnya.


      Untuk itu, tegas Teco, pasukannya akan berjuang semaksimal mungkin untuk meraih kemenangan di kandang Maung Bandung.


      "Buat pertandingan ini, kami tidak punya banyak waktu mempersiapkan tim. Kita lebih fokus kepada recovery pemain dan hari ini akan melihat kondisi fisik untuk kita bisa memilih pemain. Kita tahu, Persib adalah tim yang bagus dan harus kerja keras untuk mendapat hasil positif di sini," papar pelatih berpaspor Brasil tersebut.

       


      Sejak 2016, Persib tak Pernah Menang
      Tim Serdadu Tridatu memang menjadi lawan tanggung Persib sejak beberapa musim lalu. Dibanding tim-tim lain, Bali United menjadi salah satu tim yang paling sulit ditaklukkan Maung Bandung. Bahkan tercatat sejak musim 2017 atau 7 tahun silam, dalam 13 pertemuan terakhir kedua tim, Persib tidak menang atas Bali United.


      Dari 13 laga tersebut, Persib menderita 6 kali kekalahaan, sedangkan 7 laga sisanya berakhir imbang. Kemenangan terakhir Persib atas Bali United ini, terjadi pada musim 2016. Pada turnamen TSC 2016, Persib menang pada putaran pertama dengan skor 2-0, namun dibalas Bali United di putaran kedua dengan skor 1-0.


      Secara total, Persib dan Bali sendiri sudah bertemu sebanyak 22 kali, dan laga pada Kamis (3/8/2023) ini akan menjadi yang ke-23 sejak musim 2010 lalu. Dari 22 laga yang telah dilalui, Bali meraih 10 kemenangan, berbanding 4 kali yang dimenangi Persib, sedangkan sisanya berakhir imbang.


      Bali United pun begitu superior dalam 5 pertemuan terakhirnya dengan Persib. Dari 5 laga tersebut, Bali memenangi 2 laga, sedangkan 3 lainnya berakhir imbang. Duel terakhir kedua tim yang terjadi di Stadion Maguwoharjo, Sleman (10/2/2023) berakhir imbang 1-1. Sedangkan pada pertemuan sebelumnya di Putaran 1 musim 2022-2023, Persib menyerah 2-3 yang terjadi di kandang Maung Bandung di Stadion GBLA pada 23 Agustus 2022.


      Laga Pekan 6 musim ini pun bisa menjadi dejavu bagi kedua tim. Karena situasi serupa pun terjadi di musim lalu, yakni kedua kesebelasan saling berhadapan di lokasi yang sama dan pekan yang sama. Bahkan, menjelang duel tersebut, kedua tim pun sama-sama baru saja meraih kemenangan. Dan hasilnya, Persib harus menyerah dari Bali United dengan skor 2-3.


      Kondisi kedua tim saat ini pun relatif sama, setelah keduanya meraih kemenangan. Pada pekan lalu, tuan rumah berhasil mengalahkan Persik 2-1. Dimana ini menjadi kemenangan perdana Persib musim ini, setelah pada 4 laga sebelumnya hanya meraih 3 kali imbang dan menderita sekali kalah.


      Pada Pekan 4, Persib harus rela dihajar PSM Makassar dengan skor telak 4-2. Sedangkan pada 3 laga awal, Maung Bandung bermain imbang saat menghadapi Madura United (1-1), Arema FC (3-3), dan Dewa United (2-2).


      Sementara itu, Bali United sedang on fire setelah meraih 3 kemenangan beruntun, yakni menekuk Dewa United (3-1), Arema FC (3-1), dan Madura United (2-1). Tiga kemenangan tersebut diraih setelah pada 2 laga sebelumnya menderita kekalahan, dari Borneo FC (3-1) dan PSS Sleman (1-0).


      Coach Teco sendiri enggan melihat data statistik terkait rekor timnya yang belum terkalahkan oleh Persib. Menurutnya, ia dan Bali United hanya akan fokus pada pertandingan yang akan berlangsung nanti oleh kedua kesebelasan.


      "Kami hanya ingin berpikir untuk laga besok saja. Apalagi kami tahu kualitas dari lawan, yang punya banyak pemain berkualitas di lini depan. Jadi kami harus bagus dalam bertahan dan juga saat kami punya bola. Kami harus berani untuk cetak gol ke mereka," ujar Teco.


      Turunkan Skuat Terbaik untuk Raih Kemenangan
      Pada partai bigmatch ini, kedua tim yang sama-sama mengincar kemenangan, dipastikan menurunkan skuat terbaiknya di lapangan nanti. Namun ada beberapa pemain yang tidak bisa diturunkan oleh kedua pelatih.


      Dari kubu tuan rumah, Coach Yaya Sunarya mengungkapkan, pada kaga kali ini, Maung Bandung tidak akan diperkuat 3 pemainnya, yakni Kakang Rudianto, penjaga gawang Reky Rahayu, dan Frets Listanto Butuan.


      Kakang sedang mengikuti pendidikan Polisi, Reky dan Frets tengah menjalani tugas di TNI. Keduanya sedang melaksanakan tugas memperkuat tim TNI AD dalam Piala Panglima.


      Di luar ketiga pemain tersebut, Yaya meyakinan, semua anak-anak asuhnya dalam kondisi baik dan siap berjuang meraih kemenangan pada laga kandang ketiga musim ini tersebut.


      "Semua pemain sehat, tidak ada masalah cedera dan semua siap untuk bertanding besok. Kecuali 3 pemain dipastikan tidak akan masuk ke dalam line up, yaitu Kakang Rudianto, Reky, dan Frets," kata Yaya.


      Absennya ketiga pemain tersebut pun tampaknya tidak akan berpengaruh banyak pada kekuatan Maung Bandung, apalagi dari 3 nama tersebut, hanya Frets Butuan yang secara reguler tampil sebagai starter Persib, sedangkan 2 lainnya lebih banyak duduk di bangku cadangan.


      Pada laga kali ini, Persib sendiri masih bakal mengandalkan 2 ujung tombaknya di lini serang, yakni David da Silva dan Ciro Alves. Kinerja duo Brasil tersebut akan didukung oleh barisan gelandang yang dipimpin dirijen lapangan tengah Marc Klok. Dia akan mengoordinasi rekan-rekannya, seperti Rachmat Eriyanto, Bechkam Putra.


      Sementara di barisan pertahanan, adaa akan 2 bek asing, Nick Kuipers, Alberto Rodriguez, bersama pemain naturalisasi Victor Igbonefo dan I Putu Gede. Empat bek ini akan membentengi gawang Persib yang dikawal kapten tim Teja Paku Alam.


      Di pihak lain, tim Bali United diprediksi belum dapat menurunkan gelandang mudanya, Made Tito Wiratama, yang sempat mengalami cedera jari kelingking kaki kirinya. Coach Tecco sendiri memboyong 21 pemain terbaiknya untuk menghadapi Maung Bandung.

       

      “Kami membawa 21 pemain pada laga tandang kali ini. Fokus kami dalam persiapan ada pada latihan recovery dan taktikal,” ungkap Teco.


      Di daftar the winning team-nya, Caoch Teco masih akan mengandalkan Privat Mbraga bersama Jeffeerson Mateus, dan Rahmat di lini serang. Sedangkan di tengah, kehadiran mantan pemain Persib Mohammed Rashid bakal menjadi kekuatan tersendiri Bali. Rashid akan kembali berkolabarasi dengab Eber Bessa, dan M Sidik Saimima.


      Sedangkan di bawah mistar gawang, ada Adilson dos Santos yang dibentengi para bek, seperti Kadek Arel Priyatna, Novri Setiawan, Ricky Pajrin, dan Jusef Elias Dolah


      Head to Head
      10 Februari 2023           Liga 1 2022-2023               Bali United 1-1 Persib Bandung
      23 Agustus 2022           Liga 1 2022-2023               Persib Bandung 2-3 Bali United
      12 Juni 2022                  Piala Presiden 2022           Persib Bandung 1-1 Bali United
      13 Januari 2022            Liga 1 2021-2022                Persib Bandung 0-1 Bali United
      18 September 2021      Liga 1 2021-2022               Bali United 2-2 Persib Bandung
      24 Maret 2021               Piala Menpora 2021           Persib Bandung 1-1 Bali United
      28 November 2019       Liga 1 2019                          Bali United 3-2 Persib Bandung
      26 Juli 2019                   Liga 1 2019                          Persib Bandung 0-2 Bali United
      30 Oktober 2018            Liga 1 2018                         Persib Bandung 1-1 Bali United
      27 Mei 2018                   Liga 1 2018                          Bali United 0-0 Persib Bandung
      21 September 2017      Liga 1 2017                          Persib Bandung 0-0 Bali United
      31 Mei 2017                   Liga 1 2017                          Bali United 1-0 Persib Bandung
      18 September 2016      TSC 2016                             Bali United 1-0 Persib Bandung
      14 Mei 2016                   TSC 2016                             Persib Bandung 2-0 Bali United
      30 Juni 2013                  ISL 2012-2013                     Persib Bandung 4-1 Bali United
      16 Februari 2013           ISL 2012-2013                     Bali United 2-1 Persib Bandung
      16 Desember 2012        Inter Island Cup 2012        Persib Bandung 0-2 Bali United
      6 Juni 2012                     ISL 2011                              Persib Bandung 0-0 Bali United
      17 Januari 2012             ISL 2011                              Bali United 2-1 Persib Bandung
      13 April 2011                  ISL 2010                              Persib Bandung 4-1 Bali United
      20 Januari 2011             ISL 2010                              Bali United 1-0 Persib Bandung
      20 Februari 2010            ISL 2009                              Persib Bandung 2-0 Bali United
      19 Januari 2010             ISL 2009                              Bali United 2-1 Persib Bandung

       

      5 Laga Terakhir Persib Bandung
      28 Juli 2023               Persik Kediri 1-2 Persib Bandung
      22 Juli 2023               PSM Makassar 4-2 Persib Bandung
      14 Juli 2023               Persib Bandung 2-2 Dewa United
      7 Juli 2023                 Arema FC 3-3 Persib Bandung
      2 Juli 2023                 Persib Bandung 1-1 Madura United

       

      5 Laga Terakhir Bali United
      29 Juli 2023              Bali United 3-1 Dewa United
      21 Juli 2023              Arema FC 1-3 Bali United
      15 Juli 2023              Bali United 2-1 Madura United
      8 Juli 2023                Borneo FC 3-1 Bali United
      1 Juli 2023                Bali United 0-1 PSS Sleman

       

      Perkiraan Susunan Pemain
      Persib Bandung (4-3-1-2)
      Teja Paku Alam; Victor Igbonefo, Nick Kuipers, Alberto Rodriguez, I Putu Gede,Marc Klok; Rachmat Irianto, Beckham Putra, Febri Hariyadi; Ciro Alves, David da Silva
      Cadangan; Fitrul Dwi Rustapa; Daisuke Sato, Zalnando, Edo Febriansah, Levy Madinda, Robi Darwis, Eryanto, Dedi Kusnandar, Ryan Kurnia, Ezra Walian
      Pelatih: Bojan Hodak

       

      Bali United (4-4-2)
      Adilson dos Santos; Kadek Arel Priyatna, Novri Setiawan, Ricky Pajrin, Jusef Elias Dolah; Eber Bessa, M Sidik Saimima, Mohammed Rasahid; Privat Mbarga, Jeffeerson Mateus, Rahmat
      Cadangan: Muhammad Ridho; Jajang Mulyana, Fadil Haudi Abdillah, Ardi Idrus, Ilija Spasojevic, I Made Andhika, Irfan Jaya, I Kadek Agung, Taufik Hidayat
      Pelatih: Stefano Cugurra

       

      Klasemen hingga Pekan 5
                                                   M  M  S   K  Gm-Gk   P
      1. Dewa United                   5   3   1   1      9-6      10
      2. Madura United               5   3   1   1    11-9      10
      3. Persita Tangerang         5   3   1   1      6-4      10
      4. Bali United                      5   3   0   2       9-7      9
      5. Persija Jakarta               5   2   2   1       6-3      8
      6. Borneo FC                       5   2   2   1       7-5      8
      7. PSIS Semarang              5   2   2   1       7-5      8
      8. PSM Makassar              5   2   2   1        7-5     8
      9. RANS Nusantar              5   2   2   1       6-5     9
      10. Barito Putera                5   2   1   2       8-6      7
      11. Persib Bandung           5   1   3   1     10-11   6
      12. PSS Sleman                  5   1   3   1       6-7      6
      13. Persikabo 1973            5   1   2   2       6-6      5
      14. Persis Solo                    5   1   2   2     10-11   5
      15. Persebaya Surabaya    5   1   2   2       6-8     5
      16. Persik Kediri                  5   1   1   3       9-11   4
      17. Arema FC                       5   0   2   3       7-13   2
      18. Bhayangkara FC            5   0   1   4      4-12    1. 

      (*)

      den

      0 Komentar

      Tinggalkan Komentar


      Cancel reply

      0 Komentar


      Tidak ada komentar

      Berita Lainnya


      Dibantai Persib 3-0,Madura United Tetap Optimistis
      Menang di Leg 1, Persib Langsung Fokus ke Leg 2
      Perjuangan Belum Selesai, Hodak tak Mau Selebrasi
      Persib Menang 3-0, Pesta Juara Menggema di Bandung
      Susunan Pemain Persib Bandung vs Madura United

      Klasemen Liga Indonesia

      Tim M Point
      1 Borneo FC 34 70
      2 Persib Bandung 34 62
      3 Bali United 34 58

      Klasemen Liga Dunia

      Tim M Point
      1. Manchester City 38 91
      2. Arsenal 38 89
      3. Liverpool 38 82
      4. Aston Villa 38 68
      Tampilkan Detail