free hit counter code Levy Madinda ke Persib, Benjamin Mora Menyusul? - JuaraNews Inspirasi Semangat Muda web stats service from statcounter

Hot News


Daftar Pemain


    Editorial


      Jadwal Liga


      Levy Madinda ke Persib, Benjamin Mora Menyusul?
      (net) Benjamin Mora memegang trofi Liga Super Malaysia

      Levy Madinda ke Persib, Benjamin Mora Menyusul?

      JuaraNews, Bandung - Teki-teki siapa suksesor Luis Milla yang akan menjadi Pelatih Persib Bandung berikutnya, semakin mengerucut.


      Sinyal kuat muncul, saat manajemen Persib memutuskan mendatangkan pemain asing asal Gabon, Levy Clement Madinda dari Johar Darul Ta'zim (JDT) dengan skema peminjaman pada Kamis (20/7/2023). Madinda dipinjam hingga 1 Desember 2023 nanti, sesuai dengan berakhir masa kontraknya dengan JDT. Madinda melengkapi 1 slot pemain asing yang ditinggalkan Tyronne del Pino yang pulang ke Spanyol.


      Deputy CEO PT Persib Bandung Bermartabat (PBB), Teddy Tjahjono mengungkapkan, pemain kelahiran Libreville, 22 Juni 1992 tersebuit didatangkan dengan skema peminjaman dari JDT, setelah sebelumnya juga dipinjamkan ke klub Negeri Sembilan di Liga Malaysia.


      "JDT meminjamkan pemain ini hingga bulan Desember 2023," kata Teddy dikutip laman resmi klub, Kamis (20/7/2023).


      Belum diketahu pasti, atas rekomendasi siapa Madinda didaratkan ke Bandung. Pasalnya, pengumuman dicoretnya Tyronne sendiri baru dilakukan pada Jumat (14/7/2023) oleh Coach Luis Milla seusai Persib menghadapi Dewa United. Namun sehari setelahnya atau pada Sabtu (15//2023), Luis sendiri menyatakan mundur dari Persib.

       

      Kendati Milla sempat menyampaikan ia dan manajemen tengah mencari pemain pengganti Tyronne, sangat diragukan keputusan mendatangkan pemain timnas Gabon tersebut berdasarkan rekomendasi Milla yang notabene sudah tidak di Persib lagi.

       

      Lalu siapa sosok pelatih yang telah merekomendasikan Madinda? Dugaan kuat sosok yang menginginkan Madinda adalah calon kuat pengganti Milla sebagai pelatih kepala Maung Bandung. Siapakah dia?


      Sebelumnya, Komisaris PT PBB Umuh Muchtar menyebutkan, menajemen Maung Bandung tengah menganalisa 4 sosok pelatih yang bakal didatangkan dalam waktu dekat ini ke Bandung.

       

      Umuh pun menyampaikan clue-nya ke awak media. Keempat sosok tersebut, sebut Umuh, merupakan pelatih asing yang belum pernah berkiprah di kancah sepak bola Tanah Air.


      "Kemarin yang disampaikan ke saya ada 4, ada 4 kandidat. Asing semuanya (pelatih). Tapi, nanti bagaimana dari manajemen yang akan memilih," kata Umuh kepada wartawan, Rabu (19/7/2023).

       

      Entah kebetulan atau tidak atau memang sudah direncanakan manajemen Persib, dari sejumlah nama pelatih yang disebut-sebut akan menjadi arsitek Persib berikutnya, ternyata ada nama mantan pelatih JDT, Benjamin Mora asal Meksiko.

       

      Diketahui Mora sempat bekerja sama dengan Levy Madinda di JDT, kendati hanya beberapa hari. Dikutip dari transfermart, Mora bertugas di JDT sejak 1 Desember 2015 dan hengkang pada 27 Juli 2022, dengan alasan personal karena harus pulang ke Meksiko. Sedangkan Madinda bergabung pada 7 Juli 2022 lalu. Madinda sendiri didatangkan JDT di akhir masa kepimpinan Mora. Dan setelah Mora hengkang, Madinda dipinjamkan ke Negeri Sembilan pada 1 Februari 2023 lalu ke Persib pada 20 Juli 2023.


      Datangnya Levi Madinda ke Persib, pun memunculkan spekulasi Benjamin Mora pun akan berlabuh ke Bandung menggantikan Milla. Dugaan tersebut, salah satunya datang dari mantan pemain Persib, Yudi Guntara. Pesepak bola yang turut mengantarkan Persib juara Ligina 1 1994-1995 tersebut mempertanyakan apakah datangnya Madinda atas rekomendasi Mora.

       

      "Apakah ini Rekomendasi Benjamin Mora?," tulis Yudi Guntara di akun instagram pribadinya, @yudiguntara5, Jumat (21/7/2023) siang.

       

      Dalam postingannya itu, Yudi memasang foto Madinda yang masih berkostum tim Negeri Sembilan. Pernyataan pria yang semasa bermain di Persib sering menjadi supersub tersebut pun mengundang komentar bobotoh yang sebagian besar mengiyakan pendapat Yudi Guntara.

       

      Pasalnya, pihak manajemen Persib dinilai tidak akan seenaknya merekrut pemain, tapi diipastikan karena ada rekomendasi orang yang dipercaya. Dan orang yang terpercaya tersebut diduga kuat adalah calon pelatih kepala Persib, Benjamin Mora.


      Prestasi pelatih 44 tahun tersebut di Liga Super Malaysia terbilang moncer. Bersama JDT pada musim 2022-2023, pria bernama lengkap Benjamin Mora Mendivil itu total memimpin dalam 59 laga dengan meraih 44 kemenangan, 9 seri, dan hanya 4 kali menelan kekalahan. 

       

      Bahkan pelatih yang menggantikan Mario Gomez pada 2015 hingga 2022 tersebut berhasil membawa JDT meraih 4 trofi juara Liga Super Malaysia, 1 trofi Malaysia Cup, dan membawa JDT ke fase gugur Liga Champions Asia 2022/2023.

       

      Rumor mendaratnya Mora ke Persib, sebenarnya sudah ada sejak pertengahan musim 2022-2023 lalu. Saat itu, Mora sempat diisukan menjadi kandidat pengganti Roberts Rene Alberts yang menyatakan mundur pada Agustus 2022 lalu. Namun akhirnya manajemen Persib merekrut Luis Milla sebagai suksesor Roberts Alberts, karena Mora masih menghormati kontrknya dengan JDT.

       

      Jika memang dugaan Mora bakal menyusul Madinda ke Bandung, bisa jadi dalam waktu dekat ini Persib akan mengumumkan Mora sebagai pelatih anyar Maung Bandung. Namun masih patut dikonfirmasi, karena hingga saat ini, Mora masih tercatat sebagai pelatih tim klub Atlas Guadalajara yang berkompetisi di Liga MX Apentura atau liga utama Meksiko. Mora menduduki kursi pelatih Atlas sejak 6 Oktober 2022, dan belum diketahui kapan kontraknya berakhir. Kita tunggu saja. (*)

      den

      0 Komentar

      Tinggalkan Komentar


      Cancel reply

      0 Komentar


      Tidak ada komentar

      Berita Lainnya


      Kondisi 2014 Terulang, Peluang Persib Juara 2024
      Ini Kunci Kemenangan Persib atas Bali United
      Jadi Top Skorer, DDS Prioritaskan Persib Juara
      Gagal ke Final, Teco Akui Persib Tampil Lebih Baik
      Bojan Hodak Sebut Persib Layak Lolos ke Final

      Klasemen Liga Indonesia

      Tim M Point
      1 Borneo FC 34 70
      2 Persib Bandung 34 62
      3 Bali United 34 58

      Klasemen Liga Dunia

      Tim M Point
      1. Manchester City 37 88
      2. Arsenal 37 86
      3. Liverpool 37 79
      4. Aston Villa 37 68
      Tampilkan Detail