free hit counter code Pembangunan Kesehatan Tanggungjawab Semua Pihak - JuaraNews Inspirasi Semangat Muda web stats service from statcounter

Editorial


    Hot News


    Opini


      Pembangunan Kesehatan Tanggungjawab Semua Pihak

      Kesehatan

      Pembangunan Kesehatan Tanggungjawab Semua Pihak

      JuaraNews, Bandung - Anggota Komisi V DPRD Jawa Barat, Yod Mintaraga menegaskan bahwa pembangunan kesehatan jangan cuma mengandalkan anggaran pemerintah semata.

      Partisipasi masyarakat dan pihak swasta pun harus sama-sama aktif dalam pembangunan bidang kesehatan ini.

      Anggota Fraksi Golkar ini mengatakan, pemerintah pusat maupun daerah punya kewajiban untuk merealisasikan program kerjanya masing-masing.

      Akan tetapi, peran aktif masyarakat dan swasta akan menciptakan pembangunan yang lebih sempurna.

      "Pembangunan bidang kesehatan tidak saja dilakukan oleh pemerintah pusat dan daerah, tetapi bisa juga melibatkan partisipasi masyarakat,” katanya.

      Terlebih anggaran kesehatan pemerintah yang relatif masih terbatas meski selalu mendapat porsi lebih besar daripada sektor lainnya selain pendidikan.

      Denga demikian pelibatan non pemerintah dan masyarakat sangat penting dilakukan demi mengakselerasi peningkatan pelayanan kesehatan yang akan terlihat pada meningkatnya indeks kesehatan. 

      Guna memudahkan prosesnya, butuh kebijakan di berbagai bidang, mulai dari kebutuhan informasi, rekomendasi sampai dengan perizinan di setiap tingkatan mulai dari daerah propinsi dan pusat.

      Untuk diketahui, data BPS menunjukkan, tahun 2022 lalu indeks kesehatan Jawa Barat di angka 82,34. Angka ini mengalami kenaikan dalam tiga tahun terakhir sejak 2020.

      Pada 2020 indeks kesehatan Jawa Barat berada di angka 81,60; kemudian terjadi sedikit peningkatan pada tahun 2021 yang mencapai 81,89 di 2021.(*)

      tep

      0 Komentar

      Tinggalkan Komentar


      Cancel reply

      0 Komentar


      Tidak ada komentar

      Berita Terkait


      Berita Lainnya


      DPRD Jabar & Sumsel Bahas Prosedur Prosedur Reses
      Komisi V: Program TOSS Bisa Jadi Role Model
      Pembangunan Terminal Cikarang Harus Dikebut
      DPRD Jabar Terima Studi Banding BK DPRD Jambi
      Sekwan Jabar Ajak Pegawai Rutin Terapkan Eco Green