free hit counter code BPS: Inflasi Kota Bandung Terendah di Jawa Barat - JuaraNews Inspirasi Semangat Muda web stats service from statcounter

Hot News


Opini


    BPS: Inflasi Kota Bandung Terendah di Jawa Barat

    BPS: Inflasi Kota Bandung Terendah di Jawa Barat

    JuaraNews Bandung - Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Bandung, Samiran menyebut inflasi Kota Bandung untuk bulan Mei 2023 berada pada posisi paling rendah dibandingkan dengan 7 kota besar lain di Jawa Barat.

     

    Berdasarkan hasil pemantauan, pada Mei 2023 terjadi inflasi sebesar 0,10 persen, atau terjadi kenaikan Indeks Harga Konsumen (IHK) dari 114,80 pada April 2022 menjadi 114,92 pada Mei 2023. 

     

    Tingkat inflasi tahun kalender (Mei 2023) sebesar -0,44 persen dan tingkat inflasi tahun ke tahun (Mei 2023 terhadap Mei 2022) sebesar 3,90 persen.

     

    "Melihat data seperti itu, ini menunjukkan pengendalian inflasi di Kota Bandung berjalan baik. Kota Bandung deflasi," katanya di Balai Kota Bandung, Selasa (20/6/2023).

     

    Beberapa komoditi yang memberi andil inflasi dan deflasi pada bulan Mei 2023, yaitu telur ayam ras sebesar 0,05 persen, rokok kretek filter (0,05 persen), daging ayam ras (0,01 persen), bawang putih (0,01 persen), emas perhiasan (0,01 persen), bawang merah (-0,01 persen), angkutan antar kota (-0,01 persen) dan cabai rawit (-0,02 persen).

     

    Dia mengatakan, menjelang Iduladha dan tahun ajaran baru ada beberapa beberapa komoditas yang perlu diantisipasi terutama komoditas sayuran, bawang merah, dan telur ayam.

     

    "Ada yang perlu diantisipasi melihat kondisi bulan Juni 2023 komoditas sayuran mengalami peningkatan padahal suplainya selalu surplus, ini agak aneh," katanya.

     

    Selain itu, adanya libur panjang juga perlu diantisipasi kesiapan bahan baku untuk restoran dan hotel.

     

    "Ini yang perlu diantisipasi meskipun ketersediaan ada hanya perlu diantisipasi kenaikan harga," ujarnya.

     

    Namun secara keseluruhan, ia menyebut inflasi di kota Bandung sudah cukup terkendali,

     

    "Jadi tidak perlu khawatir saat menghadapi El Nino, dengan berbagai upaya kita optimis inflasi akan terkendali," katanya. (*)

    bas

    0 Komentar

    Tinggalkan Komentar


    Cancel reply

    0 Komentar


    Tidak ada komentar

    Berita Lainnya


    Pendakwah Harus Ikuti Perkembangan Zaman
    Braga Bakal Bebas Kendaraan Tiap Akhir Pekan
    Visi dan Misi Bacalon Bupati KBB di DPC Demokrat
    Kawal Pengiriman 16 Ton RDF ke Pabrik Semen
    Realisasi Dana CSR Jabar Naik Jadi Rp251 Miliar

    Editorial


      Info Kota


        Inspirasi