free hit counter code Kementan Pastikan Komoditas Pangan Tersedia Jelang Ramadan - JuaraNews Inspirasi Semangat Muda web stats service from statcounter
Kementan Pastikan Komoditas Pangan Tersedia Jelang Ramadan

Kementan Pastikan Komoditas Pangan Tersedia Jelang Ramadan

  • Minggu, 26 Februari 2023 | 17:20:00 WIB
  • 0 Komentar

JuaraNews Bandung -  Kementerian Pertanian (Kementan) memastikan stok pangan jelang ramadan. Selain itu kementan Kementan terus memastikan harga dan ketersediaan 12 komoditas pangan strategis aman di pasaran.

 

Adapun 12 komoditas pangan strategis meliputi beras, minyak goreng, gula, telur, daging ayam, daging sapi, cabai merah, cabai rawit, cabai keriting, bawang merah, bawang putih, dan kedelai. 

 

Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP) pada Kementan RI, Dedi Nursyamsi mengatakan, berdasarkan pantauannya di pasar Kota Bandung serta Pasar Sehat Soreang, Kabupaten Bandung, dipastikan 12 komoditas pangan aman baik secara harga maupun ketersediaan pasokannya.

 

"Secara keseluruhan, harga 12 komoditas pangan stabil. Bahkan beberapa komoditas terdapat penurunan harga, seperti beras, bawang merah, dan telur," ucap Dedi, Minggu (26/2/2023).

 

Dedi menuturkan, penurunan harga komoditas merupakan dampak baik dari adanya panen raya. Di samping itu, pihaknya juga turut memastikan sumber pasokan bahan pokok ke setiap pedagang.

 

"Alhamdulillah, para pedagang tadi menyampaikan tidak ada kesulitan dari pemasok bahan pokok," ujarnya.

 

Kendati demikian, dia mengungkapkan, terdapat komoditas yang mengalami kenaikan yakni pada daging ayam yang berada di kisaran Rp 32.500/kg.

 

"Saat ini kami melihat ada beberapa komoditas yang naik, namun kenaikannya tidak banyak dan tidak ada lonjakan harga,” katanya.

 

Kepala BPPSDMP melakukan pemantauan di Pasar Sehat Soreang, Kabupaten Bandung didampingi Kepala Balai Besar Pelatihan Pertanian (BBPP) Lembang, Ajat Jatnika, Pengawas Harga Pangan UPTD Pasar Sehat Soreang, Lukman Nulhakim, Perwakilan Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan Kabupaten Bandung, Acep Rohana, dan Enumerator Panel Harga Pangan/Pasokan Harga Pangan, Aris. 

 

Berdasarkan pantauan saat berkeliling dan berkomunikasi dengan pedagang sembako dan sayuran serta daging di Pasar Sehat Soreang, didapati harga beras Rp10.500/kg, jagung Rp8.000/kg, bawang merah Rp35.000/kg, bawang putih Rp 31.000/kg, cabai besar Rp40.000/kg, cabai rawit Rp70.000/kg, daging sapi Rp130.000/kg, daging ayam Rp32.500/kg, telur ayam Rp25.500/kg, gula pasir Rp14.000/kg, minyak goreng Rp16.000/kg, dan kedelai Rp16.000/kg. (*)

bas

0 Komentar

Tinggalkan Komentar


Cancel reply

0 Komentar


Tidak ada komentar

Berita Lainnya


Tegaskan Komitmen Pelayanan Terbaik dan Inovasi
PLN Sukses Hadirkan Listrik Tanpa Kedip KTT WWF
Komitmen bank bjb Gerakkan Ekonomi & Pariwisata
Pertamax Green 95 BBM Baru, Paduan Dari Tetes Tebu
LPI Jadi Inisiator Periksa Hoaks Pilkada 2024

Editorial



    sponsored links