free hit counter code DPRD Jawa Barat Dorong Pemanfaatan Aset Sebagai Peningkatan PAD - JuaraNews Inspirasi Semangat Muda web stats service from statcounter
DPRD Jawa Barat Dorong Pemanfaatan Aset Sebagai Peningkatan PAD

DPRD Jawa Barat Dorong Pemanfaatan Aset Sebagai Peningkatan PAD

 

JuaraNews, Bandung - DPRD Jabar terus mendorong peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD), salah satunya adalah mengupayakan Pemprov Jabar memanfaatkan sumber-sumber PAD di semua sektor.

 

Anggota Badan Anggaran DPRD Jabar Yunandar Eka Perwira mengatakan hal itu dikarenakan selama ini PAD Jabar lebih mengutamakan dari pajak kendaraan bermotor.

 

“Ketika PAD yang bersumber dari pajak kendaraan bermotor sudah kesulitan seharusnya pemanfaatan aset bisa menjadi tumpuan utama,” kata Yunandar saat Kunjungan Kerja Badan Anggaran DPRD Jabar ke Kantor Pusat Pengelolaan Pendapatan Daerah (P3D) Kabupaten Bandung Barat, Senin (18/7/2022).

 

Menurutnya, bahwa akibat merebaknya Covid-19, pendapatan dari sektor pajak sempat mengalami penurunan.

 

Dikantakan Yunandar, sebaiknya potensi-potensi dari berbagai sumber seperti pemanfaatan aset harus dapat dimanfaatkan dengan maksimal, guna lebih meningkatkan capaian PAD.

 

Salah satunya bagaimana Bapenda bisa mengelola aset secara produktif untuk memperoleh pendapatan asli daerah,” jelasnya.

 

Yunandar menyebutkan, selama ini pemanfaatan aset sudah berjalan seperti pemanfaatan aset Bapenda menjadi kantin, Gerai ATM dan lainnya.

 

Tak hanya itu, dia juga mendorong agar pemanfaatan aset ini bisa dalam skala yang lebih besar

 

“Kenapa tidak sekalian dalam skala yang lebih besar semisal lahan atau bangunan untuk parkir, itu akan signifikan menjadi penunjang PAD Jawa Barat,” jelasnya.

 

Lebih lanjut, Angggota Fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan ini menekankan bahwa sudah saatnya Pusat Pengelolaan Pendapatan Daerah (P3D) bisa memaksimalkan aset secara produktif.

 

Hal itu untuk meningkatkan pendapatan daerah diluar pajak kendaraan bermotor, karena potensinya yang besar.

 

Potensinya kita ada sekitar 5000 aset Se-Jawa Barat yang bisa kita manfaatkan untuk pendapatan asli daerah dan peningkatan ekonomi masyarakat,” pungkasnya. (*)

 

bas

0 Komentar

Tinggalkan Komentar


Cancel reply

0 Komentar


Tidak ada komentar

Berita Lainnya


Wapres Ma'ruf: Optimalkan Teknologi dalam Mitigasi
Agus Mulyana Optimistis Timnas Menang Lawan Korsel
SAH! Prabowo-Gibran Presiden & Wapres 2024-2029
Bey Ingin Sumedang Kembali Jadi Paradijs van Java
Bonus Demografi Sumber Daya Pembangunan Produktif

Editorial



    sponsored links