blog counter

Daftar Pemain


    Editorial


      Hot News


      Jadwal Liga


        BHAYANGKARA FC VS PERSIB BANDUNG: Buru Kemenangan Perdana



        BHAYANGKARA FC VS PERSIB BANDUNG: Buru Kemenangan Perdana

        JuaraNews, Bandung - Laga sengit akan tersaji saat 2 tim papan atas Liga 1 musim lalu, Bhayangkara FC menjamu Persib Bandung di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang Kabupaten Bekasi, Minggu (24/7/2022) mulai pukul 20.30 WIB.


        Kedua tim dipastikann akan bermain habis-habisan untuk meraih kemenangan pada laga perdana Liga 1 2022-2023 tersebut.


        Pelatih Persib Robert Rene Alberts mengungkapkan, timnya punya keinginan besar meraih kemenangan pada laga perdana. Menurutnya, kemenangan di laga pertama sangat penting bagi sebuah tim karena akan menjadi modal berharga dalam menatap laga-laga selanjutnya.


        Bahkan bukan hanya laga perdana, menurutnya, kemenangan diperlukan tim dalam beberapa laga awal berikutnya. Karena itu, Robert memastikan timnya melakukan persiapan sebaik mungkin agar bisa meraih hasil maksimal dalam 5 laga pertama.


        "Jadi, penting untuk sebuah tim mendapat hasil terbaik pada 4-5 laga awal. Karena itu akan membangun kepercayaan diri pemain dan memulihkan kebugarannya dengan nyaman," ungkap Robert seusai memimpin latihan di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Kota Bandung, Kamis (21/7/2022).


        Namun, pelatih asal Belanda itu menyebut, keinginan serupa juga pasti dimiliki tim lawan. Sehingga, pertandingan pertama tersebut diyakini akan berlangsung dengan ketat dan tensi tinggi.


        "Setiap laga pertama di Liga di manapun itu, selalu membuat gugup kedua tim. Karena ketika kick off, keduanya berkeinginan mendapat tiga poin. Di awal Liga, biasanya butuh 4-5 pertandingan untuk sebuah tim menemukan ritme pertandingannya," jelasnya.


        Namun pelatih berpaspor Belanda ini mengaku sudah mengetahui kelebihan dan kelemahan calon lawannya tersebut. Kedua tim terakhir bertemu di fase penyisihann Grup C Piala Presiden 2022 yang berakhir dengan kemenangan Maung Bandung 1-0. Robert Alberts pun mewaspadai kekuatan Bhayangkara yang kini ditangani pelatih baru Widodo Cahyono Putro, dan hadirnya sejumlah pemain anyar.


        “Kami sudah bertemu dengan Bhayangkara beberapa pekan ke belakang dan tentunya untuk pelatihnya, dia (Widodo) adalah sosok pelatih yang dihormati. Dia juga mendapat tambahan pemain setelah pertemuan terakhir kami,” ujar Robert dalam sesi konferensi pers jelang laga di Bekasi, Sabtu (23/7/2022).


        Menurutnya, tiap tim tentu memiliki kekuatan yang harus diwaspada. Namun Bhayangkara pun punya kelemahan yang bisa dimanfaatkan anak-anak asuhnya.


        “Kami tahu kekuatannya, kami tahu kualitas mereka karena adalah tim yang selalu berada di papan atas Liga. Tetapi kami juga tahu mereka tentunya memiliki kelemahan, setiap tim tentu punya keunggulan dan kelemahan. Dan kami harus memastikan punya kekuatan memanfaatkan kelemahan mereka,” tandasnya.


        Salah satu potensi yang harus diwaspadai dari The Guardians, yakni situasi direct free kick. Karena Bhayangkara memilkiki Anderson Salles yang dikenal punya tendangan akurat dan mematikan. Bek asal Brasil tersebut dikenal sebagai eksekutor jitu dan banyak gol yang dihasilkannya dari tendangan bebas.


        “Pemain yang masuk ke lapangan sudah tahu mengenai itu. Kami menunggu bagaimana komposisi line up terakhir dari Bhayangkara. Dan tentu kami mengantisipasi keunggulan set piece yang sangat berbahaya dari Bhayangkara,” tandasnya.


        Robert menyebut Bhayangkara merupakan salah satu pesaing dalam perebutan gelar juara Liga 1 2022-2023 ini.


        "Kami menaruh hormat kepada para pelatih Bhayangkara FC yang sudah menambah sejumlah pemain baru ke dalam tim. Jadi, kami tahu kekuatan dan kualitas yang mereka miliki. Ini adalah tim yang siap berjuang untuk berada di papan atas klasemen Liga," kata pelatih asal Belanda tersebut.

         

        6 Pemain Kunci Persib Absen
        Sayangnya pada laga nani, Persib tak akan diperkuat sejumlah pemain kuncinya. Setidaknya ada 6 pilar yang absen pada laga tandang pertama Maung Bandung tersebut.  Selain Ciro Alves, Victor Igbonefo, dan kiper Teja Paku Alam yang sudah cukup lama tak merumput, Maung Bandung kehilangan Febri Hariyadi, Ezra Walian, dan Ricky Kambuaya yang juga dalam proses pemulihan cedera.


        “Ini bukan hanya Ciro dan Victor tapi juga Teja, Ezra, Ricky. Jadi mereka adalah pemain yang seharusnya bisa bersaing untuk menjadi pemain utama tapi kini menderita cedera,” kata Robert.


        Ciro Alves dan Igbonefo menderita cedera parah saat tampil di Piala Presiden 2022 lalu. Ciro mengalami patah tulang bahu, sedangkan Igbonedo mengalami cedera di tulang pipi. Igbonefo diperkirakan baru bisa dimainkan pada putaran kedua, sedangkan Ciro diprediksi bisa bermain satu pekan lagi.


        “Victor dipastikan absen dalam periode yang lama karena dia mengalami cedera yang serius. Untuk Ciro, dia proses pemulihannya berdasarkan pemantauan tim medis berlangsung selama 4-6 pekan dan ini adalah pekan terakhir pemulihan dia. Fraktur di tulangnya sudah mulai pulih,” jelas Robert.


        Sementara Ricky Kambuaya bermasalah dengan pangkal paha, Ezra menderita cedera hamstring, begitu juga dengan Febri yang harus menjalani proses pemulihan cedera. Beruntung 2 pemain asing, yakni Nick Kuipers dan David da Silva yang sempat cedera, kini sudah pulih dan bisa diturunkan menghadapi Bhayangkara.


        “Jadi untuk Ciro mungkin kami bisa melihatnya kembali ke tim dalam 2 pekan ke depan. Untuk Victor bisa 4-6 bulan karena tergantung pemulihan cederanya. Teja setidaknya masih dibutuhkan satu bulan pemulihan, Ricky butuh 2 pekan, Ezra 1 pekan, dan Febri 2 pekan. Jadi kami memiliki cukup banyak daftar pemain yang seharusnya main pada laga besok tapi sampai saat ini mereka belum siap,” paparnya.


        Dengan demiikian ada 9 pemain yang ditinggal di Bandung. Selain Teja, Ignonefo, Ciro, Febri, Ezra, dan Ricky Kambuaya yang sedang proses pemulihan cedera, pemain lain yang tak diboyong ke Cikarang, yakni Made Wirawan, Ferdiansyah, dan Erianto. Sisanya sebanyak 21 pemain yang diboyong Coach Robert ke Cikarang.


        Kendati kondisi timnya pincang, Coach Robert tetap optimistis bisa menghadapi Bhayangkara yang kini ditangani Pelatih Widodo C Putro. Menurutnya, situasi tersebut masih bisa dikendalikan karena ada pemain pelapis yang bisa menggantikan peran mereka yang cedera. Hal ini justru menjadi kesempatan bagi pemain pelapis  untuk unjuk gigi.


        “Tentunya sebagai pelatih, tidak ingin ada banyak pemain yang absen. Tapi di waktu yang bersamaan, ini merupakan kesempatan untuk memberi tempat bagi pemain lain untuk bersinar,” ujar pelatih 67 tahun ini.


        Dia menilai, komposisi timnya musim ini lebih seimbang dibanding sebelumnya. Menurutnya, pemain pelapis memiliki kualitas yang tidak jomplang dengan pemain inti. Selain itu, Robert juga bersyukur karena Da Silva sudah pulih sehingga barisan depan tetap punya tukang gedor meski Ciro absen.


        “Jika melihat kekuatan dari skuat Persib Bandung, kami memiliki kedalaman skuat dan jika ada satu pemain tidak bisa tampil, maka kami punya pengganti yang cukup pada posisi tersebut. Tapi tentu saja jika tim kehilangan dua striker berkualitas bersamaan seperti Ciro serta David, tentu saja itu memberikan dampak yang besar,” ujarnya.


        Menurutnya akan menjadi masalah ketika di satu posisi, kedua pemain yang disiapkan sama-sama menderita cedera. Dirinya sempat merasa khawatir jika Ciro Alves dan Da Silva terpaksa absen bersamaan. Namun kini di setiap posisi ada pemain pelapis yang siap diturunkan dan dia berharap kekuatan tim tidak merosot drastis.


        “Liverpool juga pernah kehilangan dua bek andalannya dan mereka kesulitan di sepanjang musim dan gagal untuk jadi juara, itu contohnya. Ada dampak besar ketika dua pemain kunci di posisi yang sama harus cedera secara bersamaan. Tapi jika hanya satu pemain dan pemain lainnya tidak ada masalah, maka kami bisa mengatasinya. Dan itu yang harus kami perlihatkan besok,” pungkasnya.

         

        Bhayangkara Maksimalkan Status Tuan Rumah
        Dari kubu tuan rumah, Pelatih Widodo C Putro pun menilai laga perdana menghadapi Persib, sangat penting untuk dimenangkan. Widodo ingin pasukannya memanfaatkan sebaik-baiknya status tuan rumah untuk mengalahkan Maung Bandung. Widodo tak mau memberikan kesempatan Persib untuk mendapatkan poin pada laga nanti.


        “Pertandingan awal pertama ini di Liga 2022-2023, saya berharap kami sebagai tuan rumah di sini teman-teman (pemain) bisa memaksimalkan sebagai tuan rumah dan meraih poin maksimal. Tentunya harapan kami semua berdoa Liga ini semakin bagus dan sukses untuk hajatan kita ini,” ungkap Widodo dalam sesi konferensi pers jelang laga di Bekasi, Sabtu (23/7/2022).


        Menurut bintang Timnas Indonesia era 1990-an tersebut bermain di kandang baru di Stadion WIbawa Mukti, mengundang suasana baru bagi penggawa The Guardians. Ia berharap Wibawa Mukti bisa membawa keberuntungan untuk The Guardian.


        “Terima kasih, kami menempati Wibawa Mukti, tentunya kami berharap pada masyarakat sekitar support dan doa untuk Bhayangkara. Karena tanpa sinergi kita tidak ada apa-apa,” kata Widodo.

        Di lain pihak, Widodo mengakui timnya masih memiliki masalah terutama dalam penyelesaian akhir.
        Hal tersebut terlihat saat laga uji coba kontra Dewa United pada 16 Juli lalu, yang berakhir dengan kekalahan 0-1. Mantan pelatih Persita Tangerang musim lalu itu menjelaskan, perbaikan intensif soal aspek penyelesaian akhir akan terus digenjot oleh dirinya dengan memberikan porsi latihan yang tepat.


        "Jadi itu (penyelesaian akhir) yang menjadi kendala bagi kami dari Piala Presiden sampai kemarin (uji coba kontra Dewa United). Banyak peluang yang didapat, tapi belum bisa menjadi gol," ungkap Widodo, dikutip Antara


        Pertemuan terakhir dengan Persib di Piala Presiden juga menjadi pelajaran bagi timnya dalam menyongsong laga perdana Liga 1 musim ini.  "Makanya di latihan ini kami fokuskan untuk penyelesaian akhir. Baik dari crossing, kombinasi, dan juga dari open play. Hal itu terus dilakukan sampai hari official training," jelas Widodo.


        Pada laga nanti, Widodo masih akan mengandalkan Youssef Ezzejjari yang pada musim sebelumnya tercatat sebagai salah satu pencetak gol terbanyak, dengan 19 gol dari 32 laga  bersama Persik Kediri. Hal tersebut diharapkan bisa kembali ditampilkan Ezzejjari bersama Bhayangkara musim ini.


        Sedangaka soal kekuatan lawan, Widodo menilai Persib datang dengan skuat yang mumpuni. Namun Widodo mengaku tak gentar dengan materi pemain Persib. Bahkan ia meyakini timnya bisa meladeni dan menyulitkan Maung Bandung.


        “Persib ini tim bagus mereka juga punya kekuatan yang merata di semua lini. Tapi di sepak bola itu kan tidak ditentukan juga oleh beberapa pemain bintang, tapi ditentukan juga oleh kerja sama tim,” tandas Widodo.


        “Persib ini sama dengan kita, kemarin juga dia tidak lolos Piala Presiden dan kita juga tidak lolos. Tapi saya yakin kami bisa berbicara di pertandingan nanti,” pungkasnya.

         

        Head to Head
        21 Juni 2022                    Piala Presiden 2022       Persib Bandung 1-0 Bhayangkara FC
        6 Februari 2022                Liga 1 2021-2022           Persib Bandung 0-1 Bhayangkara FC
        16 Oktober 2021              Liga 1 2021-2022           Bhayangkara FC 0-2 Persib Bandung
        23 Oktober 2019              Liga 1 2019                     Bhayangkara FC 0-0 Persib Bandung
        30 Juni 2019                     Liga 1 2019                     Persib Bandung 1-2 Bhayangkara FC
        3 November 2018            Liga 1 2018                     Bhayangkara FC 1-2 Persib Bandung
        31 Mei 2018                      Liga 1 2018                     Persib Bandung 0-1 Bhayangkara FC
        24 September 2017         Liga 1 2017                     Persib Bandung 1-1 Bhayangkara FC
        4 Juni 2017                       Liga 1 2017                     Bhayangkara FC 2-0 Persib Bandung
        12 Oktober 2016              ISC 2016                          Persib Bandung 2-1 Bhayangkara United
        11 Juni 2016                     ISC 2016                         Bhayangkara United 4-1 Persib Bandung
        12 Maret 2016                  Persahabatan                 Persib Bandung 3-1 PS Polri

        5 Laga Terakhir Bhayangkara FC
        16 Juli 2022           Uji Coba                            Bhayangkara FC 0-1 Dewa United
        16 Juli 2022           Uji Coba                            Timnas Indonesia U-19 0-1 Bhayangkara FC
        21 Juni 2022          Piala Presiden 2022       Persib Bandung 1-0 Bhayangkara FC
        16 Juni 2022          Piala Presiden 2022       Bali United 1-2 Bhayangkara FC
        13 Juni 2022          Piala Presiden 2022       Bhayangkara FC 1-1 Persebaya Surabaya

        5 Laga Terakhir Persib Bandung
        16 Juli 2022           Uji Coba                            Persib Bandung 9-0 Persib U-20
        12 Juli 2022           Uji Coba                            Persib Bandung 4-0 Porprov Kota Bandung
        1 Juli 2022             Piala Presiden 2022       PSS Sleman 1-1 Persib Bandung (pen 4-2)
        21 Juni 2022          Piala Presiden 2022       Persib Bandung 1-0 Bhayangkara FC
        17 Juni 2022          Piala Presiden 2022       Persebaya Surabaya 1-3 Persib Bandung


        Perkiraan Susunan Pemain
        Bhayangkara FC
        Awan Setho Raharjo; Anderson Salles, Indra Kahfi, Ruben Sanadi, I Putu Gede; Muhammad Hargianto, Wahyu Subo Seto, Katsuyoshi Kimishima; Youness Mochtar, Youssef Ezzejjari, Andik Vermansyah
        Pelatih: Widodo C Putra

        Persib Bandung
        Fitrul Dwi Rustapa; Achmad Jufriyanto, Zalnando, Henhen Herdiana, Nick Kuipers; Marc Klok, Beckham Putra Nugraha, Frets Butuan, Erwin Ramdani; Ridwan Ansori, David da Silva
        Pelatih: Robert Rene Alberts. (*)

        jn

        0 Komentar
        Tinggalkan Komentar
        Cancel reply
        0 Komentar
        Tidak ada komentar
        Berita Lainnya
        Budiman Waspadai Serangan Balik PSS yang Bikin Persib Tersingkir di Piala Presiden 2022
        Bertandang ke Markas PSS Sleman, David da Silva Bertekad Tambah Koleksi Gol
        Persib Boyong 22 Pemain Bertandang ke Markas PSS Sleman, Ini Daftarnya
        Sudah Pulih dari Cedera, Dokter Tim Persib Izinkan Bechkam Putra Ikut ke Sleman
        Persiapan Hadapi PSS Sleman, Skuat Persib Bandung Kembali Latihan Selasa Ini
        Berita Terdahulu

        Data Statik Covid-19


        DATA COVID-19 INDONESIA

        😷 Positif:

        😊 Sembuh:

        😭 Meninggal:

        (Data: kawalcorona.com)

        Ads


        Klasemen Liga Indonesia

        Tim M Point
        1 PSM Makassar 4 10
        2 Madura United 4 10
        3 Persikabo 1973 4 10