blog counter

Begini Caranya Minyak Goreng melalui Aplikasi Sapawarga



Begini Caranya Minyak Goreng melalui Aplikasi Sapawarga

JuaraNews, Bandung - Warga Jabar kini semakin mudah untuk membeli minyak goreng.


Pembelian minyak goreng khusus curah, kini dapat dipesan lewat aplikasi Sapawarga setelah secara resmi diluncurkan Pemprov Jabar yang dilakukan Gubernur Jabar Ridwan Kamil di Kota Depok, Jumat (8/4/2022).


Pemesanan minyak goreng curah ini merupakan kolaborasiP Dinas Komunikas dan Informatika melalui tim UPTD Pusat Layanan Digital, Data & Informasi Geospasial (Jabar Digital Service) dengan Dinas Perindustrian dan Perdagangan, serta PT Agro Jabar.


Pemesanan ini dapat dilakukan melalui koordinasi ketua RW setempat. Pertama, ketua RW pengguna Sapawarga wajib melakukan update aplikasi Sapawarga ke versi terbaru 3.1.1.


Kedua, setelah masuk aplikasi, klik pada banner PEMIRSA BUDIMAN. Kemudian ketua Rukun Warga (RW) mengisi formulir pemesanan minyak goreng curah sesuai instruksi pada halaman awal formulir.


Selanjutnya ketua RW akan mendapatkan notifikasi informasi jadwal pengiriman minyak goreng, dan mulai melakukan pengumpulan uang pemesanan dari warga pemesan.


Namun sebelum melakukan pendaftaran, ketua RW dibantu RT setempat melakukan pendataan permohonan minyak goreng curah ke warga setempat melalui Sapawarga.


Dengan syarat, setiap satu kepala keluarga boleh memesan minyak goreng curah bersubsidi maksimal 3 liter dengan harga Rp14.000 per liter.


Warga melalui RW mendapatkan informasi jadwal pengiriman minyak goreng dengan estimasi waktu penerimaan minyak goreng adalah 7 hari setelah kuota minimal pengiriman minyak goreng terpenuhi.


Ketua RW dibantu RT setempat melakukan pengumpulan uang pembayaran dari warga pemesan dan menunggu kurir pengiriman minyak goreng datang ke alamat Ketua RW. Selanjutnya ketua RW dibantu RT setempat membagikan minyak goreng sesuai pesanan warga.


Gubernur Ridwan Kamil mengatakan, Permirsa Budiman merupakan program sementara yang dilakukan di masa krisis ditengah kondisi kenaikan harga bahan pokok dan BBM di bulan Ramadan.


"Jadi dalam masa krisis seperti ini kami tugaskan PT Agro Jabar untuk mencari minyak goreng kemudian dibagikan kepada rumah-rumah tangga dengan cara yang nyaman," ungkap Kang Emil.


Adapun teknis pemesanan minyak goreng di Aplikasi Sapawarga tak bisa dilakukan oleh pribadi, melainkan dikoordinasi oleh RW dengan prioritas wilayah yang harganya minyak gorengnya masih tinggi. Selain untuk meredam lonjakan permintaan, pihak  RW lebih mengetahui siapa saja warga yang paling membutuhkan minyak goreng.


"Jadi di aplikasi Sapawarga yang dipegang Ketua RW, tinggal diklik saja pemesanan minyak gorengnya, masukan alamat, berapa jumlahnya, nanti dikirim. Jadi ibu-ibu tak usah antre lagi," tuturnya.


Proses Pemesanan Minyak Goreng lewat Sapawarga
1. Warga dapat informasi permohonan migor curah dari Ketua RW.
2. Pendataan pesanan warga oleh Ketua RW.
3. Pesanan terkonfirmasi.
4. Ketua RW mendapatkan notifikasi jadwal pengiriman minyak goreng.
5. Ketua RW menghimpun uang pembayaran dari warga  dengan pegawasan melekat dan ketat.
6. Ketua RW menunggu kurir pengiriman minyak goreng datang. 
7. Ketua RW menyerahkan uang pembayaran ke kurir pengiriman.
8. Ketua RW dibantu RT setempat membagikan migor sesuai pesanan warga. (*)

jn

0 Komentar
Tinggalkan Komentar
Cancel reply
0 Komentar
Tidak ada komentar
Berita Lainnya
Digital Internal Influencer Sebagai Juru Bicara Perusahaan Sangat Butuhkan
173 Perusahaan di Jabar Dilaporkan karena Tak Memenuhi Hak THR Karyawan
Pemprov Jabar Dorong Pelaku UKM Perempuan  Melek Digital
Unit Bisnis Pesantren Penerima Program OPOP di Jabar Makin Berkembang
Hyundai Hadirkan Mobil Listrik IONIQ 5 di Kota Bandung
Berita Terdahulu

Editorial


    Lebaran Fraksi PKB Jawa Barat
    iklan qposaja

    Data Statik Covid-19


    DATA COVID-19 INDONESIA

    😷 Positif:

    😊 Sembuh:

    😭 Meninggal:

    (Data: kawalcorona.com)

    Ads