free hit counter code Ekowisata Situwangi Hasil Revitalisasi jadi Andalan Baru Pariwisata Ciamis - JuaraNews Inspirasi Semangat Muda web stats service from statcounter

Hot News


Opini


    Ekowisata Situwangi Hasil Revitalisasi jadi Andalan Baru Pariwisata Ciamis
    (humas pemprov jabar) Gubernur Jabar Ridwan Kamil meninjau Situwangi hasil revitalisasi yang baru diresmikan di Desa Winduraja, Kecamatan Kawali, Kabupaten Ciamis, Sabtu (19/2/2022).

    Ekowisata Situwangi Hasil Revitalisasi jadi Andalan Baru Pariwisata Ciamis

    • Sabtu, 19 Februari 2022 | 20:41:00 WIB
    • 0 Komentar

    JuaraNews, Ciamis - Gubernur Jabar Ridwan Kamil meresmikan obyek wisata Situwangi hasil revitalisasi di Desa Winduraja Kecamatan Kawali Kabupaten Ciamis, Sabtu (19/2/2022).

     

    Kini, situ seluas 5 hektare tersebut tak hanya punya fungsi ekologi saja tapi juga sosial yang bernilai ekonomi yakni ekowisata.

     

    "Ini aspirasi warga waktu dulu saya datang ke sini, lalu saya pikirkan revitalisasinya dan memang yang namanya ekologis harus punya fungsi sosial juga untuk meningkatkan kebahagiaan dan ekonomi khususnya pariwisata," ujar Gubernur.

     

    Revitalisasi Situwangi yang dirancang sendiri oleh Ridwan Kamil dan dikerjakan selama 7 bulan dengan biaya bersumber dari APBD Jabar. Perubahan Situwangi begitu kentara. Sebelum direvitalisasi Situwangi hanya digunakan untuk irigasi sawah dan aktivitas memancing warga. Kini sejumlah fasilitas hadir seperti jalur pejalan kaki, menara pandang, fasilitas olahraga, area pertunjukan seni, tugu macan, gazebo, restoran hingga untuk resepsi pernikahan luar ruangan.

     

    Kang Emil memastikan, walaupun fungsi sosialnya ditingkatkan namun fungsi airnya terjaga dengan baik. "Hari ini sudah diperlihatkan fungsi airnya terjaga dengan baik tidak ada perubahan lalu fungsi sosialnya kita hadirkan dirapikan," kata Emil.

     

    Emil meyakini, Situwangi akan menjadi destinasi wisata terbaik di Ciamis. Apalagi mendatang pihaknya akan menambah fasilitas perahu berukuran besar dan penyediaan homestay. Pelebaran jalan masuk juga akan dilakukan oleh Pemkab Ciamis agar kendaraan besar seperti bus bisa terfasilitasi.

     

    "Ini akan jadi destinasi wisata situ terbaik di Ciamis, seiring waktu perahu dan lainnya akan ditingkatkan," ucapnya.

     

    Emil meminta pengelola wisata Situwangi untuk berkomitmen agar tidak ada komplain dari wisatawan yang berkunjung. "Untuk manajemen pastikan harus zero complain tourism," pintanya.

     

    Selain itu, walaupun angka kasus penularan Covid-19 di Ciamis masih terbilang rendah, Emil meminta wisatawan untuk tetap menjaga protokol kesehatan. Pengelola pun diminta untuk tegas bagi pelanggar prokes.

     

    "Karena masih Omicron tentunya prokes harus dijaga untuk memastikan semua dalam keadaan sehat. Si pengelola wisata mengatur proksenya jangan terlalu ngumpul," pesan Emil. (*)

    jn

    0 Komentar

    Tinggalkan Komentar


    Cancel reply

    0 Komentar


    Tidak ada komentar

    Berita Lainnya


    Cerita Pegawai PLN Tak Mudik Demi Amankan Listrik
    Dirut PLN Lakukan Inspeksi SPKLU Jalur Mudik
    Layanan Operasional Terbatas & Weekend Banking
    Operasi Pasar Ditarget Tuntas pada H-4 Lebaran
    KAI Operasikan 58 Perjalanan di Wilayah 2 Bandung

    Editorial



      sponsored links