blog counter

Hot News


Opini


    Ridwan Kamil: Ekonomi Digital Cara Kita jadi Negara Adidaya

    • Kamis, 27 Januari 2022 | 22:18:00 WIB
    • 0 Komentar


    Ridwan Kamil: Ekonomi Digital Cara Kita jadi Negara Adidaya
    Gubernur Jabar Ridwan Kamil Emil merasakan langsung menjadi kurir belanja online dengan mengguna motor listrik di sela-sela Kick-off Ceremony Gerakan AKAR Digital Jawa Barat bersama Lazada, Kamis (27/1/2022). (humas pemprov jabar)

    JuaraNews, Bandung - Gubernur Jabar Ridwan Kamil mengatakan, ekonomi digital menjadi salah satu cara Indonesia menjadi negara adidaya. Apalagi sejak pandemi Covid-19 melanda, digitalisasi menjadi sebuah keharusan bagi masyarakat termasuk dalam bidang ekonomi.

     

    Hal itu dikatakan Kang Emil saat menghadiri Kick-off Ceremony Gerakan Akselerasi Karya Rakyat (AKAR) Digital Jawa Barat bersama Lazada di Lazada Warehouse, Kabupaten Bandung, Kamis (27/1/2022).

     

    "Ekonomi digital Jawa Barat lompat 60 persen selama Covid.  Yang kedua ekonomi digital adalah cara kita menjadi negara adidaya. Tapi butuh sebuah proses tidak hanya e-commerce-nya tapi society-nya," kata Kang Emil.

     

    Emil juga menitipkan beberapa hal kepada Lazada Indonesia. Pertama, Ridwan Kamil berharap Lazada ikut berperan untuk mengedukasi masyarakat tentang berjualan online di e-commerce. Misalnya, dengan menyediakan education center atau pusat pembelajaran untuk pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). Mengenai tempatnya, Emil mengusulkan agar setiap warehouse dilengkapi dengan education center.

     

    "Jadi karena itu saya mengapresiasi setiap e-commerce yang membantu peningkatan percepatan itu. Saya titip juga jangan fokus di e-commerce-nya karena masyarakat butuh diedukasi. Jadi titip juga di edukasi center, invest juga di digital center di desa-desa," kata Emil.

     

    "Suatu hari semua desa akan terkoneksi digital, desa kota enggak ada bedanya semua melek digital, nanti yang untung Lazada sendiri kalau investasinya lebih strategis dalam jangka panjang dan pendek," imbuhnya.

     

    Dengan begitu, kata Emil, akan semakin banyak pelaku UMKM yang melek jual beli online.  "Jadi sebagai pemerintah provinsi saya sangat mendukung ada program AKAR. Karena UMKM Jawa Barat yang go digital baru 1 juta dari 5,5 juta masih ada 4 sekian juta," kata Emil.

     

    Dalam acara tersebut, Emil merasakan langsung sensasi menjadi kurir belanja online dari e-commerce Lazada. Dengan menggunakan motor listrik, Emil mengantar paket dari Lazada Werehouse ke rumah yang berada di kawasan Batununggal.

     

    Aksi Emil ini sebagai bentuk dukungannya kepada penggunaan motor listrik untuk kurir paket. Mengingat, Emil juga menjabat sebagai Ketua Umum Asosisasi Daerah Penghasil Migas dan Energi Terbarukan (ADPMET).

     

    Selain itu, aksi Emil ini juga sebagai bentuk dukungan kepada Lazada atas gerakan Akselerasi Karya Rakyat (AKAR). AKAR sendiri merupakan salah satu inisiatif yang dilakukan oleh Lazada Indonesia dalam rangka menjadikan UMKM Indonesia raja di negeri sendiri.

     

    "Terima kasih juga karena pakai motor listrik. Motor listriknya bagus, tadi orang yang dikirim (paket) mau beli (motor listriknya). Pokoknya kalau digital saya terdepan, kalau ekonomi hijau saya di depan," tandas Emil. (*)

    jn

    0 Komentar
    Tinggalkan Komentar
    Cancel reply
    0 Komentar
    Tidak ada komentar
    Berita Lainnya
    BIJB Kertajati Bakal Layani Penerbangan Umrah di 2022
    Tol Cibitung-Cilincing Resmi Beroperasi, Distribusi Barang ke Tanjung Priok jadi Lebih Cepat
    7 Oleh-Oleh Khas Palangka Raya yang Sayang untuk Dilewatkan
    Inspeksi ke Pasar Tradisional, Gubernur Ridwan Kamil Pastikan Harga Sembako Masih Stabil
    Cucu Sutara: BIJB Harus Dirasakan Manfaatnya oleh Masyatakat Jawa Barat
    Berita Terdahulu

    Editorial


      iklan qposaja

      Data Statik Covid-19


      DATA COVID-19 INDONESIA

      😷 Positif:

      😊 Sembuh:

      😭 Meninggal:

      (Data: kawalcorona.com)

      Ads