free hit counter code Laku Rp4,2 Juta, Ridwan Kamil Serahkan Hasil Jual Lukisan Seniman Braga melalui NFT - JuaraNews Inspirasi Semangat Muda web stats service from statcounter

Hot News


Opini


    Laku Rp4,2 Juta, Ridwan Kamil Serahkan Hasil Jual Lukisan Seniman Braga melalui NFT
    (humas pemprov jabar) Gubernur Jabar Ridwan Kamil saat menyerahkan uang hasil penjualan lukisan milik penjual lukisan di Jalan Braga, Kota Bandung, yang ia bantu penjualannya lewat NFT (Non-Fungible Tokens) Opensea, Selasa (25/1/2022).

    Laku Rp4,2 Juta, Ridwan Kamil Serahkan Hasil Jual Lukisan Seniman Braga melalui NFT

    JuaraNews, Bandung - Gubernur Jabar Ridwan Kamil menyerahkan uang hasil penjualan lukisan milik penjual lukisan di Jalan Braga, Kota Bandung, yang ia bantu penjualannya lewat aplikasi NFT (Non-Fungible Tokens) Opensea.

     

    Kang Emil menggunakan akun Opensea miliknya menjual lukisan kaligrafi milik Solihin yang laku seharga 0,09 ETH atau setara Rp4,2 juta. Padahal lukisan tersebut biasa dijual di Jalan Braga, Kota Bandung, secara langsung seharga Rp500 ribu-Rp1 juta.

     

    "Sesuai janji bahwa eksperimen menjual lukisan di NFT ternyata berhasil, yang biasanya dijual Rp500 ribu sampai Rp1 juta, sekarang laku Rp4,2 juta," kata Emil seusai acara di Jalan Braga, Selasa (25/1/2022).

     

    Beberapa hari sebelumnya, Emil mendatangi lapak lukisan milik Solihin untuk menawarkan menjual lukisannya di NFT.  Emil mengatakan, penjualan barang melalui digital khususnya NFT merupakan cara baru yang terbukti berhasil. Bila cara tersebut banyak dilakukan para penjual lukisan, ia meyakini kesejahteraan seniman akan meningkat.

     

    "Inilah cara baru dalam menyejahterakan seniman atau pelaku seni bahwa cara menjual lewat platform digital NFT sangat menjanjikan," tandasnya.

     

    Emil berharap, para seniman lainnya dapat mengikuti cara penjualan yang dilakukannya. "Mudah-mudahan cerita di Braga ini menjadi inspirasi, tolong sampaikan supaya mereka mengikuti ini," harapnya.

     

    Pihaknya pun akan menyusun langkah-langkah untuk membantu pembuatan akun Opensea dengan pihak terkait bagi para pedagang yang memang cukup sulit bila dilakukan sendiri.

     

    Solihin (52), sang pemilik lukisan mengaku tak menyangka lukisannya terjual hingga lebih dari 4 kali lipat dari harga normal. "Biasanya saya jual lukisan di kisaran Rp1 juta, paling rendah Rp500 ribu. Luar biasa jadi beberapa kali lipat, ini di luar dugaan. Waktu itu Pak Gubernur datang menawarkan seperti ini," ucap Solihin.

     

    Menurut Solihin, para pedagang lukisan di Braga sudah ada yang tertarik menjual lukisannya di NFT kendati hanya beberapa pedagang. Alasannya, mereka kebanyakan masih belum memahami tentang teknis NFT.

     

    "Respons dari pelukis ada, tapi masih kecil peminat karena mungkin mereka belum paham tentang NFT. Tapi saya akan komunikasikan terus kepada mereka," tutur Solihin. (*)

    jn

    0 Komentar

    Tinggalkan Komentar


    Cancel reply

    0 Komentar


    Tidak ada komentar

    Berita Lainnya


    Bawa Pulang Voucher Belanja
    Belanja ke Pasar Bayar Cahsless Dapet Hadiah
    KAI Commuter Siapkan Layanan Angkutan Lebaran
    Bazar CABUT Ramadan Fest 2.0 Promo Diskon 70 %
    Ini Syarat & Cara Tukar Uang Baru Lebaran di Bank

    Editorial



      sponsored links