free hit counter code Pemerintah Siapkan 3 Transformasi Besar Ekonomi - JuaraNews Inspirasi Semangat Muda web stats service from statcounter

Hot News


  • Sekretariat DPRD Jabar Gelar Halal Bihalal
    Sekretariat DPRD Jabar Gelar Halal Bihalal
    • 17 April 2024 | 17:41:00 WIB

    Sekretariat DPRD Jabar menggelar acara halal bihalal dengan tema Mari Perkuat Silaturahmi dan Sucikan Hati untuk Menggapai Kemenangan Hakiki.

Opini


    Pemerintah Siapkan 3 Transformasi Besar Ekonomi
    (humas pemprov jabar) Presiden Joko Widodo didampingi Gubernur Jabar Ridwan Kamil saat kunjungan kerja di Universitas Katolik Parahyangan, Kota Bandung, Senin (17/1/2022).

    Pemerintah Siapkan 3 Transformasi Besar Ekonomi

    • Senin, 17 Januari 2022 | 15:15:00 WIB
    • 0 Komentar

    JuaraNews, Bandung - Presiden Joko Widodo didampingi Gubernur Jabar Ridwan Kamil melakukan kunjungan kerja ke sejumlah titik di Kota Bandung dan Kabupaten Purwakarta, Senin (17/1/2022).

     

    Lokasi pertama yang dikunjungi Presiden adalah menghadiri Dies Natalis ke-67 Universitas Katolik Parahyangan.

     

    Dalam arahannya kepada sekitar 10 ribu civitas akademika yang hadir secara hibrida (hybrid), Jokowi menyampaikan 3 transformasi besar ekonomi yang sedang disiapkan pemerintah.

     

    Pertama, yaitu transformasi ekonomi menuju ekonomi yang mempunyai nilai tambah tinggi. Salah satunya dengan menghentikan ekspor bahan mentah. “Stop ekspor bahan mentah. Setelah batubara, akhir tahun ini stop bauksit, tahun depan stop tembaga,” tegas Presiden.

     

    Jokowi meminta semua bahan mentah tersebut diproduksi menjadi produk jadi di dalam negeri, sehingga menghasilkan nilai tambah ekonomi dan membuka lapangan pekejaan yang luas. “Kita harus hilirisasi industri, maka kita siapkan teknologi dan ilmunya,” ujar Jokowi.

     

    Tranformasi kedua, yaitu ekonomi hijau. Jokowi mengungkapkan, produk ekonomi hijau kini semakin diminati oleh pasar global. Apalagi Indonesia memiliki potensi energi terbarukan sebesar 418 Gigawatt yang bisa dimanfaatkan menjadi nilai tambah ekonomi. ”Semoga dalam waktu 4 sampai 5 tahun ke depan bisa terwujud secara bertahap,” harapnya.

     

    Berikutnya adalah transformasi ekonomi digital. Jokowi mengatakan, pasar digital Indonesia diprediksi tumbuh pesat di tahun 2025 dengan nilai ekonomi mencapai USD146 miliar.

     

    Untuk itu, Jokowi meminta perguruan tinggi menyiapkan sumber daya manusia unggul yang siap menyambut era digitalisasi ekonomi. “Siapkan SDM, itu yang penting, kalau infrastukturnya kita sudah siap,” ujar Jokowi.

     

    Dalam kesempatan tersebut, Jokowi juga menyampaikan tentang progres pemindahan ibu kota baru ke Kalimantan Timur. Ia menegaskan, pemindahan ibu kota baru bukan sekadar memindahkan kantor pemerintahan. Akan tetapi, ibu kota baru juga sejalan dengan 3 transformasi ekonomi yang tengah disiapkan.

     

    “Saya ingin tegaskan tentang ibu kota baru, bahwa itu bagian dari transfomasi besar-besaran yang ingin kita lakukan. Jadi bukan hanya memindahkan fisik ibu kota, tapi membagun Indonesia berbasis inovasi, smart, dan green digital,” ungkapnya.

     

    Sementara terkait vaksinasi Covid-19, Jokowi mengapresiasi 30 provinsi yang capain vaksinasinya sudah melebihi target 70 persen. “Termasuk Jawa Barat vaksinasinya sudah mencapai 83 persen,” ucapnya.

     

    Total vaksinasi di seluruh Indonesia kini sudah mencapai 297 juta. Capaian ini menjadikan Indonesia negara tertinggi keempat di dunia dalam cakupan vaksinasi Covid-19. “Vakisnasi kita nomor 4 di dunia setelah China, Brasil dan Amerika Serikat,” katanya.

     

    Seusai memberi arahan pada Dies Natalies ke-67 Unpar, Jokowi kemudian meresmikan Gedung Pusat Pembelajaran Arntz-Geise di area Kampus Unpar.

     

    Setelah itu Jokowi yang masih didampingi Gubernur Jabar, melanjutkan kunjungan kerjanya ke Pasar Sederhana Kota Bandung untuk memberikan Bantuan Langsung Tunai (BLT) kepada para pedagang kaki lima dan warung. Kunjungan kerja diakhiri dengan peninjauan terowongan proyek pembangunan kereta cepat Jakarta-Bandung di Kabupaten Purwakarta. (*)

    jn

    0 Komentar

    Tinggalkan Komentar


    Cancel reply

    0 Komentar


    Tidak ada komentar

    Berita Lainnya


    Cerita Pegawai PLN Tak Mudik Demi Amankan Listrik
    Dirut PLN Lakukan Inspeksi SPKLU Jalur Mudik
    Layanan Operasional Terbatas & Weekend Banking
    Operasi Pasar Ditarget Tuntas pada H-4 Lebaran
    KAI Operasikan 58 Perjalanan di Wilayah 2 Bandung

    Editorial



      sponsored links